21 Jan

4 Manfaat Menggunakan Media Sosial untuk Menumbuhkan Bisnis Anda

Bisnis yang tidak menggunakan media sosial untuk terhubung dengan pelanggan kehilangan potensi pertumbuhan yang sangat besar. Media sosial adalah salah satu cara paling efektif untuk memelihara bisnis Anda.
Mempelajari audiens target Anda dapat membantu Anda membuat keputusan pemasaran dan analitik yang informatif.

Taktik pemasaran media sosial yang tepat menghasilkan peningkatan keterlibatan, peringkat SEO yang lebih tinggi, dan bukti sosial untuk situs web Anda. Iklan hasil personalisasi dapat meningkatkan penjualan dan lalu lintas situs web Anda.

Pemilik bisnis memiliki berbagai alat pemasaran yang dapat mereka gunakan. Setelah memeriksa berbagai penelitian dan data dari perusahaan nyata, terbukti bahwa pemasaran media sosial adalah salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan bisnis kecil Anda.

Menurut HootSuite, saat ini ada 4,39 miliar orang online, dan 3,48 miliar orang menggunakan media sosial. Kedua angka tersebut meningkat 9% dari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa ada peluang bagus yang dapat Anda temukan dan pasarkan ke audiens target Anda di berbagai platform media sosial.

Setiap ceruk bisa mendapat manfaat dari paparan tambahan, peluang pemasaran, dan peluang untuk terhubung dengan pelanggan potensial. Tergantung pada industri Anda, pengalaman media sosial Anda mungkin berbeda dari yang lain, tetapi ini adalah manfaat umum yang berlaku untuk sebagian besar industri.

 

Pelajari tentang audiens target Anda

Manfaat pertama dan paling jelas dari menggunakan media sosial sebagai alat pertumbuhan adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiens target Anda. Pikirkan tentang itu; media sosial adalah tempat orang pergi ketika mereka ingin mengekspresikan pikiran, pendapat, atau pengalaman mereka. Dengan kata lain, orang yang online lebih mudah menerima merek dan produk dan senang berbicara tentang pengalaman mereka.

Anda dapat menggunakan data ini dengan memeriksa profil media sosial pesaing Anda, dan grup tempat orang berbicara tentang niche Anda. Misalnya, jika Anda ingin membuat konten untuk situs web berkebun Anda, Anda akan pergi ke grup Facebook Gardening 101 dan melihat apa yang sedang didiskusikan orang. Jika Anda perhatikan bahwa sebagian besar anggota memiliki poin rasa sakit yang sama atau pertanyaan tentang menumbuhkan bunga khusus iklim, Anda dapat menambahkan informasi itu ke lembar kepribadian pelanggan Anda dan mulai berpikir tentang bagaimana menggunakan informasi ini dalam strategi pemasaran konten Anda.

Luangkan waktu untuk mempelajari di mana audiens Anda suka nongkrong online. Target audiens Anda dapat menghabiskan waktu mereka di YouTube, yang berarti pemasaran influencer akan membantu Anda menjangkau konsumen ini. Jika Anda menemukan bahwa persentase besar dari pelanggan potensial seperti Twitter, luangkan waktu untuk membuat akun Twitter yang benar-benar berkembang di mana Anda berinteraksi dan merespons konsumen.

Semakin banyak Anda tahu tentang audiens target Anda, semakin personal Anda bisa membuat pengalaman pemasaran untuk mereka.

Buat iklan yang dipersonalisasi

Saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan potensial, Anda dapat membuat kampanye iklan hasil personalisasi pada platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen bersedia untuk menukar informasi mereka dengan iklan yang relevan. Orang ingin melihat produk dan penawaran yang relevan dengan kehidupan dan pengalaman mereka.

Ada beberapa cara Anda dapat membuat iklan hasil personalisasi di media sosial. Taktik pertama membutuhkan penargetan ulang piksel di situs web Anda. Ketika konsumen datang ke situs Anda tetapi pergi tanpa melakukan pembelian, situs web Anda menjatuhkan cookie browser pada alamat IP pengguna. Ketika orang itu meramban media sosial di kemudian hari, mereka akan mendapatkan iklan hasil personalisasi berdasarkan barang-barang yang ada di keranjang mereka, serta diskon untuk mempermanis kesepakatan.

Atau, Anda dapat menggunakan data yang Anda peroleh dari taktik yang disebutkan sebelumnya untuk membuat iklan yang dipersonalisasi untuk audiens target Anda. Misalnya, jika Anda mengetahui bahwa sebagian besar pelanggan Anda menginginkan kiat untuk menggunakan kembali alat berkebun, Anda bisa membuat ebook tentang topik tersebut dan menawarkannya sebagai magnet utama.

Buat halaman arahan di situs web Anda di mana pengikut media sosial akan mendarat ketika mereka mengklik iklan Anda. Sebelum Anda mulai mencari alat pembuatan halaman arahan terbaik, pikirkan tentang skala dan frekuensi iklan Anda sehingga Anda dapat membuat keputusan yang cerdas saat menyiapkan kampanye Anda.

 

Tingkatkan peringkat SEO Anda dan tingkatkan keterlibatan situs

Meningkatkan peringkat SEO Anda dan meningkatkan keterlibatan terkait erat. Bertentangan dengan kepercayaan populer, jumlah suka dan komentar tidak langsung berkorelasi dengan peringkat SEO Anda. Jika itu yang terjadi, akan mudah bagi siapa saja untuk memainkan sistem dan mendapatkan peringkat yang tidak layak.

Sebaliknya, Anda dapat menggunakan posting media sosial Anda yang menarik untuk mendorong konsumen pergi ke situs web Anda, yang dapat berdampak positif pada peringkat SEO Anda. Google perlu tahu bahwa situs Anda relevan dan bahwa orang-orang melihat dan berinteraksi dengan berbagai halaman di situs web Anda. Misalnya, mempromosikan hadiah di media sosial akan meningkatkan keterlibatan pemirsa, tetapi juga akan menyebabkan konsumen mendarat di beranda dan berpotensi meramban konten Anda.

Keterlibatan konsumen adalah salah satu pilar inti kepribadian merek Anda. Cara Anda berbicara dan berinteraksi dengan pengikut Anda akan menentukan bagaimana mereka terlibat dalam bisnis Anda. Merek-merek dengan kepribadian menarik bagi konsumen, tidak berpikir lebih jauh dari akun Twitter cepat saji Wendy dan maskot “lancang” mereka.

Bangun bukti sosial

Bukti sosial adalah fenomena psikologis di mana orang cenderung membeli produk jika mereka melihat orang lain menggunakan dan menikmati barang yang sama. Banyak bisnis menambahkan halaman testimonial ke situs web mereka sebagai cara untuk membangun bukti sosial. Taktik ini sangat bagus untuk menarik konsumen yang ingin tahu di situs Anda, tetapi Anda dapat membuat bukti sosial online melalui berbagai profil media sosial Anda.

Misalnya, jika salah satu pelanggan Anda menulis ulasan yang cemerlang tentang bisnis Anda dan memberi tag Anda, pastikan Anda membagikannya di profil Anda dan berterima kasih kepada mereka atas umpan balik mereka. Ketika orang menemukan profil Anda, mereka akan melihat retweet dan share Anda menunjukkan apa yang orang lain katakan tentang bisnis Anda.

Jika strategi pemasaran konten Anda melibatkan Anda menulis posting tamu untuk publikasi lain, Anda dapat membagikan posting mereka untuk bukti sosial tambahan. Katakanlah seseorang menemukan posting tamu Anda di situs yang sudah mereka ikuti dan percayai, mereka akan secara otomatis memiliki tingkat kepercayaan pada merek Anda karena hubungannya.

Tidak ada pertanyaan bahwa setiap bisnis kecil harus merangkul media sosial sebagai taktik pemasaran. Banyak orang menggunakan media sosial sebagai cara untuk memeriksa produk baru, merek penelitian dan akhirnya melakukan pembelian.

Adalah tugas Anda untuk menentukan target audiens Anda dan belajar tentang poin dan sasaran rasa sakit mereka. Setelah Anda memahami siapa yang Anda targetkan, mulailah membuat kampanye iklan hasil personalisasi untuk pelanggan potensial. Pelihara hubungan Anda dengan konsumen dengan berbagi komentar, membalas, dan berinteraksi dengan bisnis lain. Akhirnya, riset data analitik Anda dan tentukan apakah data pemasaran media sosial Anda untuk cara-cara baru untuk menumbuhkan audiens Anda dan meningkatkan penjualan.

Leave a reply