26 Feb

3 Cara Mudah untuk Memperbaiki Masalah Konten Duplikat di Website Anda

3 Cara Mudah untuk Memperbaiki Masalah Konten Duplikat di Website Anda

Game pemasaran digital telah berkembang pesat. Dan tidak seperti satu dekade yang lalu, hari ini, ada beberapa cara untuk mempromosikan bisnis Anda untuk meningkatkan lalu lintas dan meningkatkan penjualan untuk meningkatkan keuntungan Anda.

Ini bisa melalui media sosial, pemasaran email, Google Ads, dll. Tetapi tidak peduli seberapa kuat taktik pemasaran ini, tidak ada yang seefektif menarik lalu lintas organik ke situs web Anda.

Namun, mencapai lalu lintas organik yang konsisten hanya mungkin dengan mempertahankan SEO yang kuat untuk situs web Anda. Dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menjauhkan konten duplikat dari situs web Anda.

Jadi, apa itu duplikat konten?

Jika Anda menerbitkan konten di situs web Anda yang telah diterbitkan di situs web lain sebelum Anda melakukannya, konten yang diterbitkan di situs Anda disebut konten duplikat.

Mengindeks konten yang sama persis lebih dari sekali akan membingungkan mesin telusur dalam menentukan halaman mana yang akan ditampilkan dalam hasil penelusuran. Ini mungkin berdampak parah pada SEO Anda, dan situs web Anda bahkan mungkin berhenti muncul di kueri penelusuran.

Itulah mengapa penting untuk mengikuti praktik terbaik untuk menghindari duplikasi konten di situs Anda.

Masalahnya, bagaimanapun, adalah bahwa konten duplikat tidak selalu dibuat dengan sengaja. Terkadang bisa juga karena masalah teknis. Namun Google tidak memahami alasan di baliknya. Jadi, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa situs web Anda bebas dari konten duplikat.

Baca Juga :   Jenis Akun email

Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya, berikut adalah 3 langkah penting yang harus diikuti yang dapat membantu Anda menghapus konten duplikat dari situs Anda dan menjaga SEO Anda tetap utuh.

1. Identifikasi Masalah Konten Duplikat

Langkah pertama untuk memperbaiki masalah konten duplikat di situs web Anda adalah mengidentifikasi apakah masalahnya ada pada laman tertentu atau pada seluruh situs web Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Google. Cukup tambahkan yang berikut ini di Google untuk menemukan URL yang berisi kata kunci X (X dapat berupa kata kunci pilihan Anda) di situs web Anda.

site: sample.com intitle: “Kata Kunci X”

Sekarang Google akan langsung mengidentifikasi dan menyajikan kepada Anda semua URL dari situs web Anda yang berisi kata kunci tertentu.

Anda juga dapat menggunakan proses yang sama untuk menemukan konten serupa di situs web lain di internet. Satu-satunya hal yang perlu diingat di sini adalah membuat bagian intitle dari kueri lebih spesifik.

Misalnya, Anda ingin mencari semua situs web yang berisi kata kunci “praktik SEO terbaik”. Jadi Anda bisa menggunakan:

intitle: “Kata Kunci X – praktik SEO terbaik”

Google akan segera menampilkan semua hasil dengan judul yang mirip. Terkadang beberapa pengikis mungkin mengubah judul dan menggunakan konten yang sama persis dari kiriman Anda. Jadi mungkin efektif untuk melakukan pencarian menggunakan kalimat acak dari artikel Anda.

2. Siapkan Pengalihan 301

Terkadang Anda mungkin secara tidak sengaja menggunakan konten serupa di dua halaman berbeda di situs Anda. Hal ini dapat membingungkan Google tentang halaman mana yang perlu ditampilkan dalam hasil pencarian. Akibatnya, ini mungkin mencegah kedua halaman muncul dalam kueri penelusuran.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Jual Genset

Kabar baiknya adalah jika situasi seperti itu pernah muncul, Anda dapat mengirimkan sinyal yang jelas ke Google tentang halaman mana yang awalnya perlu diindeks. Ini dapat dilakukan dengan menyiapkan pengalihan 301 ke halaman yang berisi konten duplikat.

Pengalihan 301 terutama digunakan untuk membawa pengunjung Anda ke lokasi baru jika mereka mencoba mengakses URL yang telah dihapus. Jadi, alih-alih mendarat di URL lama, pengunjung Anda akan dibawa ke tujuan baru yang Anda ingin mereka kunjungi.

Saat Anda menyetel 301 redirect ke halaman dengan konten duplikat, Anda memberi tahu Google bahwa pengunjung Anda perlu diarahkan ke halaman dengan konten asli. Ini akan menghindari kebingungan dan menjaga SEO Anda tetap utuh.

3. Gunakan Rel = “Canonical” Tag

Cara lain yang sangat efektif untuk memperbaiki masalah duplikat konten adalah dengan menggunakan tag Rel = “canonical”. Proses ini efektif jika Anda memiliki dua halaman serupa di situs Anda dengan konten yang sama. Menggunakan tag ini adalah cara mudah untuk memberi tahu mesin telusur versi mana dari URL tertentu dari situs web Anda yang ingin Anda munculkan di hasil penelusuran.

Jadi alih-alih tidak menampilkan salah satu dari dua URL tersebut, itu akan secara otomatis mengarahkan semua pengguna Anda ke halaman dengan konten asli.

Meskipun konten duplikat dapat memengaruhi SEO Anda, kabar baiknya adalah masalah apa pun yang terkait dengannya dapat diperbaiki. Jadi, jika Anda menemukan masalah seperti itu di situs Anda, lakukan langkah-langkah penting sedini mungkin sehingga Anda dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada situs web Anda.

Leave a reply