21 Jul

5 Dasar SEO Teknis Teratas untuk Situs Web SaaS

5 Dasar SEO Teknis Teratas untuk Situs Web SaaS

 

Mencari cara untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur di situs web SaaS Anda?

Bahkan jika Anda tergoda untuk menggali kata kunci dan mulai menulis artikel blog yang bercita-cita tinggi, tempat pertama untuk memulai harus selalu SEO teknis.

Alasannya sederhana – Anda ingin memastikan bahwa GoogleBot merayapi halaman Anda dan AI-nya memahami dengan benar konten di dalamnya. Ini adalah persyaratan pertama untuk dimasukkan dalam indeks Google dan diberi peringkat untuk kata kunci yang Anda inginkan. Setelah Anda menyelesaikannya, ada juga peningkatan teknis yang bagus yang akan membantu Anda meningkatkan peringkat Anda.

Untuk membantu Anda memulai dengan mudah, kami telah menyusun daftar 5 dasar SEO teratas yang perlu Anda bahas sebagai dasar untuk strategi SEO untuk SaaS Anda. Semuanya membutuhkan investasi finansial yang sangat rendah atau tidak sama sekali, hanya beberapa jam dari waktu Anda.

1) Gunakan perayap untuk melihat situs web melalui sudut pandang Google

Situs web Anda mungkin terlihat bagus bagi Anda dan tim Anda dalam hal desain, UX, dan konten. Namun, perayap Google mungkin mendapatkan gambaran yang sangat berbeda, jadi Anda perlu memastikan bahwa konten situs web Anda terlihat sama bagi mesin telusur dan pengguna.

Cara mudah untuk memeriksanya adalah alat kegunaan seluler Google atau fungsi “inspeksi URL” di Google Search Console. Periksa beberapa halaman dan tinjau tangkapan layar dan kode untuk melihat apakah semua elemen penting ada di sana – yaitu tautan navigasi utama, judul dan kotak teks, gambar.

Jika ada elemen yang hilang atau tangkapan layar sangat berbeda dari yang Anda lihat di browser, periksa file Robots.txt Anda. Alamatnya selalu domainanda.com/robots.txt dan berisi informasi tentang bagian dan sumber situs mana yang dapat diakses oleh mesin pencari dan mana yang tidak. Pastikan bahwa sumber daya Javascript dan CSS untuk situs web tidak diblokir – ini adalah alasan nomor 1 untuk masalah ini.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Cetak Outdoor

Jika bukan robots.txt, situs web Anda mungkin menggunakan kerangka kerja Javascript yang membuat sebagian konten Anda tidak dapat diakses oleh mesin telusur. Ikuti rekomendasi dari pedoman resmi Google tentang Javascript SEO untuk menyelesaikan masalah ini.

2) Pastikan Anda tidak memiliki konten duplikat

Sebagian besar situs web SaaS tidak memiliki banyak halaman dan masalah dengan anggaran perayapan yang didedikasikan Google untuk mereka jarang terjadi. Namun, sangat penting untuk memastikan bahwa situs web Anda tidak memiliki versi duplikat.

Untuk memeriksanya, instal add-on browser untuk pelacakan pengalihan, misalnya, Jalur Pengalihan untuk Chrome. Kemudian, ketik nama domain Anda dan uji empat variasi utamanya:

https://domain.com
http://domain.com
https://www.domain.com
http://www.domain.com
Hanya satu dari mereka yang mengembalikan kode 200 OK, dan tiga lainnya harus memiliki pengalihan 301. Jika tidak, situs web Anda akan memiliki versi duplikat, yang akan dirayapi oleh Google dan coba diklasifikasikan sendiri.

Pengalihan ini juga harus ada untuk setiap URL situs web. Memeriksa satu halaman dari setiap bagian (Fitur, Tentang kami, Blog, Studi Kasus) sudah cukup untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

Jika ada masalah apa pun, Anda dapat menyiapkan pengalihan di tingkat server, atau mendapatkan dukungan pengembang.

Satu langkah lebih jauh pada konten duplikat adalah dengan menggunakan perayap seperti Screaming frog (gratis hingga 500 URL) dan meninjau laporan konten duplikat. Cara yang disukai untuk mengatasi jenis masalah ini adalah pengalihan. Opsi lainnya adalah tag kanonik.

3) Siapkan & Pantau Google Search Console

Langkah penting untuk SEO situs web SaaS adalah akses ke Google Search Console (GSC). Ini adalah alat gratis yang disediakan oleh Google untuk setiap pemilik situs web. Anda perlu mengaturnya mengikuti pedoman resmi, yang biasanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit. Dalam beberapa hari pertama, Anda tidak akan melihat banyak data, tetapi setelah itu, alat tersebut akan memiliki data kinerja dan indeksasi yang cukup untuk situs web Anda. Laporan utama yang harus Anda lihat adalah:

Kinerja: Menampilkan klik, tayangan, RKT, dan posisi rata-rata Anda. Anda dapat memanfaatkan berbagai filter (URL, Kueri, Negara, Perangkat) untuk membuat analisis terperinci tentang visibilitas Anda di hasil pencarian.
Cakupan: Menampilkan halaman yang termasuk dalam indeks Google, dan halaman yang dikecualikan karena kesalahan atau faktor lainnya. Laporan adalah fitur yang relatif baru dan dapat memberi Anda informasi yang sangat berharga tentang halaman yang rusak atau tidak dapat diakses karena kesalahan.
Peta Situs: Memberi Anda opsi untuk mengirimkan peta situs XML dan melacak pengindeksan URL di dalamnya. Lihat detailnya di item nomor 4.
Core Web Vitals: Menampilkan data tentang kecepatan dan faktor pengalaman pengguna berdasarkan data pengguna sebenarnya untuk situs web. Anda dapat melihat skor Anda untuk perangkat Desktop dan Seluler, dengan rekomendasi peningkatan jika diperlukan.
Setelah GSC berhasil disiapkan, Anda akan mendapatkan laporan bulanan singkat dan pemberitahuan untuk kesalahan baru. Namun, biasakan untuk memeriksa konsol setiap minggu, karena mungkin ada masalah penting yang harus dikenali tanpa pemberitahuan.

Baca Juga :   harga desain web

4) Buat dan kirimkan peta situs XML Anda

(s)
Dalam rekomendasi di atas, kami menyebutkan peta situs XML. Itu adalah daftar semua URL situs web yang ingin Anda indeks. Ini memiliki format khusus yang dimaksudkan untuk digunakan oleh mesin pencari, bukan pengguna.

Hampir semua sistem CMS memiliki peta situs XML yang dibuat secara otomatis yang dapat Anda lihat saat mengakses domain.com/sitemap.xml. Yang perlu Anda lakukan adalah meninjau apakah daftar tersebut benar (tidak ada konten tipis atau bukan halaman 200 OK) dan apakah dibuat ulang secara teratur untuk menyertakan halaman baru yang Anda buat.

Anda harus menyertakan link ke peta situs XML Anda di file robots.txt, dan mengirimkannya ke konsol pencarian Google dan alat webmaster Bing. Peta situs diperlakukan dengan prioritas oleh mesin pencari, sehingga halaman di dalamnya akan sering di-crawl.

5) Uji & tingkatkan kecepatan halaman Anda

Sangat sedikit orang yang akan berlangganan produk SaaS dengan situs web yang membutuhkan waktu lama untuk dimuat. Memastikan bahwa halaman Anda cepat sangat penting tidak hanya untuk SEO, tetapi juga untuk menjaga tingkat konversi yang baik dari kampanye untuk lalu lintas berbayar.

Alat teratas untuk memeriksa kecepatan Anda adalah Google Lighthouse, yang tersedia di alat Chrome Dev. Pastikan untuk menguji beberapa halaman, baik untuk Desktop dan Seluler. Sangat penting juga untuk menjalankannya dalam mode penyamaran, tanpa add on apa pun di browser yang dapat memengaruhi skor.

Buat daftar item yang paling sering ditampilkan di seluruh halaman Anda dan hubungi agensi web Anda dengan permintaan untuk mencapai skor setidaknya 80.

Setelah Anda menyelesaikan semua itu, Anda dapat mulai mengerjakan Strategi Konten yang baik. Penting juga untuk terus memantau kesehatan SEO situs web untuk kesalahan baru atau peluang perbaikan.

Baca Juga :   Jasa Bikin Web Di Surabaya

Dengan dasar teknis yang baik, Anda pasti akan mulai melihat hasil pertama untuk situs web SaaS Anda setelah beberapa bulan.

Leave a reply