26 Sep

Ukuran Baja Ringan Lengkap Beserta Penggunaannya

Ukuran baja ringan lengkap beserta jenis dan penggunaannya. Bagi yang mau membangun rumah atau bangunan dengan baja ringan, ini gambarannya.

Baja ringan adalah baja karbon rendah dengan kandungan karbon antara 0,05% sd 0,25% dari beratnya.

Untuk baja karbon tinggi, kandungan karbonnya mulai 0,30% hingga 2%. Tetapi, jika kandungan karbon melampaui 2%, maka material tadi sudah masuk kategori sebagai besi tuang.

Baja ringan juga tidak mengandung chromium atau unsur baja biasa didalamnya.

Unsur karbon rendah ini membuat baja ini kekuatan tariknya lebih rendah. Tetapi lebih ulet atau bisa melengkung lebih banyak dan tidak mudah patah.

Untuk harga, karena logan campuran lain sedikit, maka harganya juga lebih murah. Tetapi, untuk bangunan di daerah lembab atau pedesaan, baja ini lebih menguntungkan. Kita tidak perlu lagi memikirkan tentang rayap atau kayu lapuk.

Baja-Ringan-Taso-atap

Cara pembuatan baja ringan

Baja ringan dibuat dengan cara seperti baja karbon lainnya. Biasanya, dengan melibatkan batu bara dan bijih besi.

Biji besi dan batu bara yang telah diekstrak dilebur bersama dalam sebuah tanur. Setelah meleleh, campuran ini dibakar di tungku lain untuk membersihkan semua kotoran didalamnya.

Setelah itu, baja ini akan didinginkan dalam bentuk persegi panjang. Kemudian, dibentuk dengan mesin roll dalam keadaan baja masih panas.

Sebenarnya, baja ringan ini digunakan dalam berbagai jenis penggunaan termasuk industri dan rumah tangga.

Untuk baja konstruski bangunan, kita mengenal baja truss, bondek dan spandek. Apa saja bedanya? mari kita bahas:

Baca Juga :   Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal

Jenis baja ringan

  • Baja Truss / Kaso

baja ringan truss

Rangka atap baja ringan. Jenis rangka ini ringan dan popular untuk penggunaan di Indonesia dan negara lainnya. Saat ini, salah satu yang terkenal adalah truss. Rangka atap ini populer dan memang awet, tahan lama.

Keunggulannya jelas, mudah dan cepat dipasang. Awet dan ada lapisan anti korosi. Serta, mudah dibongkar dan bisa dipasang ulang.

Kaso / Truss ini adalah plat baja berlapis seng dan aluminium atau galvalum. Tetapi, terkadang ada juga yang bahannya galvanis.

Bedanya apa?

Galvanis adalah baja dengan lapisan sengnya 99%, lapisan aluminium 1% dan lapisan campuran lain sampai 100%. Lapisan galvanis ini akan termakan karat lebih dulu dibanding baja..

Galvalum memiliki lapisan aluminium 55% dan lapisan zinc atau seng 45%. Nah, lapisan aluminium jauh lebih tahan karat dibanding seng. Tetapi tidak tahan lapuk dan tidak tahan semen.

Sekarang,, Anda bisa memilih sendiri yang kira – kira cocok dengan kebutuhan Anda. Bisa juga dikonsultasikan dengan arsitek Anda.

  • Baja ringan Bondek

baja ringen bondek

Salah satu jenis baja ringan yang bagus dipergunakan sebagai dek. Bondek juga bisa digunakan untuk bekisting dan tulangan positif satu arah. Baja ini bisa juga dipasang bersama dengan beton.

Untuk keunggulan lainnya, bondek bisa dipergunakan langsung sebagai plafon yang kuat dan awet.

Untuk setiap baja ringan, setidaknya sudah memenuhi uji kebakaran dan uji beban. Jika nilai minimal tercapai, maka baja akan dipasarkan.

Menggunakan bondek terbukti lebih awet untuk bangunan kita.

  • Baja ringan Spandek

harga baja ringan atap spandek

Spandek bisa dipergunakan untuk hampir semua bagian dari bangunan. Misal, dinding hingga atap.

Baja ini merupakan baja zincalume yang merupakan campuran dari zinc / seng, silicon serta aluminium. Jadi, jika campurannya tepat, ketahanan korosinya mencapai 4 sd 5 kali dibanding baja galvanis biasa.

Baca Juga :   Daftar Rekomendasi Topik Blog yang Selalu Populer

Selain itu, bentuknya yang bergelombang terlihat modern. Baja ini bisa dipasang untuk membuat atap karena termasuk sulit korosi.

Bagusnya, jika Anda membeli baja spandek kualitas tinggi, pengecatan pengecatan pada bahan inipun biasanya sudah sangat baik.

Tips ukuran baja ringan dan penggunaannya

Pada umumnya, sebuah konstruksi rumah pribadi menggunakan ukuran baja ringan sebagai berikut:

Antara 0,75 mm sd 1,00 mm pada batang utama / kuda – kuda. Untuk ukuran tingginya, antara 70 cm sd 100 cm.

Untuk keperluan reng, baja ringan yang dipergunakan ukurannya 0,4 mm hingga 0,6 mm. Untuk tinggi reng, antara 31 mm sd 60 mm. Beda ukuran ini tentunya sesuai beban yang akan didukung nantinya.

Tentunya, rangka ini kuat. Jika Anda sekedar berniat berjalan diatas atap, bisa kok. Toh mereka yang memasang juga jalan – jalan santai diatas atap Anda sebelumnya.

Balik lagi ke ukuran rangka atap baja ringan. Ukuran reng baja ringan bisa lebih kecil. Misal tebal 0,45 dengan tinggi 28 mm hingga 40 mm.

Baja-Ringan-Taso-Reng

Tetapi, harap dicatat, semakin tinggi profil reng, akan semakin kuat.

Untuk genteng beton, silahkan menggunakan reng dengan tinggi minimal 30 mm.

Itulah sedikit panduuan mengenai baja ringan, jenis, ukuran dan penggunaannya. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

Leave a reply