27 May

Traksi Bisnis Startup Digital- Sudahkan Anda Miliki?

Traksi bisnis startup adalah hal mendasar yang menjadi pertimbangan investor. Kita bisa saja mencari pendanaan untuk startup kita tanpa startup ini harus untung terlebih dahulu. Tetapi, ada syaratnya. Memang ada beberapa hal yang dipertimbangkan oleh calon investor. Yang pasti, mereka perlu menilai apakah bisnis kita akan bisa berkembang atau tidak. Dan, berapa besar potensi pengembangannya.

traksi bisnis startup digitalApa yang dicari investor ini disebut sebagai “traksi.” Traksi ini dapat ditafsirkan sebagai sumber daya tambahan yang bermanfaat untuk melejitkan bisnis. Traksi sangat berkorelasi dengan pertumbuhan bisnis ( growth ). Jika sebuah bisnis startup memiliki traksi bagus, maka bisa diharapkan untuk berkembang.

Secara umum, sebuah startup diharapkan memiliki pertumbuhan yang bagus. Juga, memiliki basis pelanggan. Atau, juga disebut sebagai “user” yang luas. Basis pelanggan luas menunjukkan bahwa startup diterima pasar, dibutuhkan dan memang mampu mengembangkan diri. Kemudian, perlu juga memiliki merk atau brand yang dikenal kuat. Tambahan lagi, perlu memiliki sumber daya yang mampu menghasilkan produk yang baik, memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Serta, memenuhi keperluan pelanggan.

Jika minimal hal – hal tadi dipenuhi, maka traksi yang dimiliki bisa dikatakan positif. Investor akan mempertimbangkan proposal founder bahkan ketika startup belum menghasilkan keuntungan.

Traksi Bisnis Startup Digital

Untuk memperoleh traksi bisnis startup yang baik, kita mestinya memenuhi setidaknya 3 hal sebagai berikut.

  • Formasi

Intinya, bagaimana founder startup tahu cara untuk meningkatkan traksi bisnisnya. Jadi, menyediakan produk serta solusi untuk user tidaklah cukup. Perlu juga untuk mengetahui cara untuk mengembangkannya.

Sebuah ide bisnis memerlukan validasi pasar. Apakah ide ini diterima. Apakah memang diperlukan masyarakat. Apakah memberikan solusi.  Semua ini merupakan hal yang penting. Juga, bagaimana Anda akan mengembangkan bisnis Anda. Anda mesti tahu apa yang bisa menyebabkan bisnis Anda membesar. Juga cara untuk melakukannya.

Baca Juga :   Tutorial Bagaimana Cara Menggunakan Plugin All in One SEO Pack di Wordpress

Anda juga memerlukan sebuah website. Website bisnis ini bermanfaat untuk memberikan berbagai informasi. Informasi produk dan juga layanan Anda. Selain itu, website juga menjadi sarana promosi bagi bisnis Anda.

Sebuah bisnis startup sebenarnya sama dengan bisnis konvensional lainnya. Hanya saja, bisnis ini lebih terkait dengan teknologi. Tetapi, keperluan validasi pasar serta manajemen yang baik tetap sangat diperlukan.

  • Pelanggan

Ini hal yang sangat penting untuk dimiliki. Pengguna pada startup disebut sebagai “USER.” Adanya user atau basis pengguna sangat penting. Investor bisa yakin bahwa bisnis Anda berpotensi jika basis user bisnis Anda cukup luas. Mereka inilah, user, yang akhirnya bisa Anda monetisasi.

Lebih jauh lagi, Anda memerlukan pengguna berbayar. Bukan sekedar pengguna aktif. Pengguna berbayar inilah yang pada akhirnya mengembangkan bisnis kita. Anda harus memiliki pengguna yang berkualitas. Artinya, yang mempu benar – benar mendukung pengembangan bisnis startup Anda.

Untuk mendapatkan pelanggan seperti ini, Anda mesti benar – benar memiliki produk dan jasa yang memberikan solusi. Dan, mampu melayani pelanggan untuk menyelesaikan masalah mereka dengan jasa atau produk Anda.

  • Produk dan Tim Pengembang

Produk yang bagus pastinya dikembangkan oleh tim pengembang yang kompeten. Anda harus mendapatkan keduanya.

Investor, tentu akan melihat latar belakang SDM Anda. Terutama, para pengembang produk Anda. Tentu saja, mereka akan mengeluarkan uang untuk Anda. Mereka menginginkan resiko sekecil mungkin.

Anda, tentu mesti mendapatkan SDM / tim pengembang yang memiliki pengalaman serta kompetensi yang sesuai. Jika mereka ( tim pengembang ) dan produk yang solutif Anda dapatkan, maka pendanaan dari investor akan selalu bisa diharapkan.

Memang, mencari berbagai sumber daya yang kompeten untuk membangun startup bisa menjadi pekerjaan yang merepotkan. Tetapi, pemerintah kini mendorong dan memfasilitasi para founder Startup yang ingin mengembangkan bisnis secara profesional.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Pemborong Aspal

Ada program berupa Startup Studio Indonesia ( SSI ) yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika / Kominfo RI.

Jika Startup Digital Anda sudah mencapai tahap “Product market Fit,” Anda bisa mengikuti program ini. Program ini dibuat untuk menyediakan sebuah ekosistem digital di Indonesia yang memiliki banyak sumber daya potensial. Anda, founder startup digital bisa mengakses sumber daya potensial ini untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Tujuannya, adalah untuk menciptakan transformasi digital di Indonesia.

Jika Anda adalah founder startup digital, maka silahkan mengakses program dari Startup Studio Indonesia ini. Salam sehat dan salam sukses luar biasa!

Leave a reply