09 Sep

Panduan SEO Website Terbaru

SEO atau Search Engine Optimization yang efektif. Beberapa langkah yang selalu terpakai sejak jaman dahulu hingga sekarang.

SEO yang baik akan membuat website kita bisa masuk halaman 1 Google. Tentunya, banyak pengunjung yang akan didapatkan. Jika kata kunci yang kita bidik adalah kata kunci bisnis, maka peluang mendapatkan penjualan juga semakin besar.

Kata kunci bisnis adalah kata kunci yang digunakan pencari produk dan bisnis kita di Google. Kata kunci bisnis adalah kata kunci yang paling menjual. Meskipun pengunjung sedikit, tetapi banyak yang memang berniat membeli. Hasilnya, persentase penjualan besar dibanding jumlah pengunjung.

Untuk kata kunci umum, biasanya banyak pengunjungnya. Tetapi, persentase penjualan jauh lebih kecil. Kata kunci umum memang banyak dicari, tetapi sekedar untuk mencari informasi saja.

Misalnya, mobil. Kata kunci mobil banyak sekali penggunanya. Namun mereka hampir pasti tidak berniat membeli mobil.

Berbeda dengan kata kunci: Toyota Calya. Kata kunci ini sudah mendekati kata kunci pembelian. Kata kunci ini lebih spesifik. Mungkin, penggunanya ingin membeli Toyota Calya.

Tentu saja, ada juga kata kunci pembelian. Kata kunci ini sangat spesifik. Dan bisa digunakan untuk memutuskan pembelian.

Kata kunci pembelian bisa sangat spesifik. Bisa juga diturunkan dari kata kunci yang sudah spesisfik. Jika kita berbisnis, kita harus tahu apa yang sebenarnya dicari konsumen dari produk kita. Dan, bisa kita buat hal itu menjadi kata kunci untuk optimasi website kita.

Panduan SEO Website Terbaru

  • Membuat website yang relevan dengan kata kunci target

Website yang tidak relevan dengan kata kunci, pastinya akan sulit mendapat tempat bagus. bagaimana jika website saya isinya sepeda. Sedangkan kata kunci saya tentang olahraga?

Memang sepeda bisa untuk berolah raga. Tetapi, ada juga penjual sepeda online. Mereka lebih cocok dengan konten tentang sepeda.

Google memiliki algoritma tersendiri. Ia mengidentifikasi website kita berdasar tema – tema tertentu. Jika temanya selaras, maka rangkin juga semakin baik di tema tersebut.

  • Meta tag yang tepat

Judul dan deskripsi yang baik dan lengkap. Judul website harus sesuai dengan tema besar yang diambil. Selain itu, juga merupakan kata kunci yang dicari pengunjung. Hasilnya, website bisa lebih fokus untuk berada di suatu niche atau pasar tertentu.

Baca Juga :   Teknik Dasar SEO 2018, Mengapa Berbeda

Untuk deskripsi, selain deskripsi yang tepat juga gunakan deskripsi yang menarik. Gunanya supaya orang tertarik melihat situs Anda di hasil pencarian.

  • Website harus terindeks Google

Jika Anda menggunana website CMS, biasanya ada pengaturan indeks website. Bisa diatur on atau off. Pastikan pengaturannya on. Jika off, maka Google tidak pernah mau membaca situs kita dan mengindeksnya.

Website CMS adalah konten Management System. Biasanya berupa WordPress. Ini adalah yang paling umum. Ada juga Drupal atau Joomla. Tetapi, jika Anda bisa menggunakan Drupal, maka mungkin tidak lagi perlu melihat panduan SEO seperti ini. Karena Anda sudah berpengalaman.

Untuk melihat apakah situs kita sudah masuk ke indeks Google, silahkan ketik di pencarian Google: ( site:lawangtechno.com ). Anda ketikkan nama website Anda setelah site:.  Oh ya, tanpa tanda kurung lho.

Cara ini juga akan melihat berapa halaman yang terbaca oleh Google. Jika konten Anda ada 200, tetapi hanya terbaca 120, maka ada konten yang tidak / belum terbaca. Jika terbaca semua, maka jumlah data yang ada lebih banyak dari jumlah konten yang ada.

Selain menggunakan nama domain, bisa juga untuk mencari indeks halaman tertentu. Misalnya:

site:lawangtechno.com –> untuk melihat indeks seluruh website

Atau untuk halaman tertentu

site:lawangtechno.com/panduan-seo-website-terbaru/

Pada lawangtechno.com, silahkan diganti nama website Anda.

tips panduan SEO terkini

  • Navigasi website bagus

navigasi yang baik memudahkan pengunjung. Navigasi yang baik juga memudahkan Google membuat indeks atau menyimpan data website kita.

Karena pentingnya navigasi, maka harus dibuat dengan baik.

Jika Anda menggunakan CMS, maka akan ada semacam categories atau katagori untuk posting. Silahkan dipergunakan yang sesuai. Misalnya, kategori “Toyota.” tag-nya bisa Avanza,  Innova atau Yaris.

Untuk kategori, kita gunakan seperti batang pohon. Tag adalah cabang atau rantingnya. Jika dibuat secara sistematis, Google juga mudah melakukan pembacaan. Dan bisa menilai dengan lebih baik dibanding jika tidak sistematis.

  • Sitemap

Salah satu cara mudah memberi link yang bagus untuk Google adalah membuat sitemap. Sitemap atau peta situs memuat link yang langsung menuju ke konten tersebut. Karena itulah, mudah diikuti.

Selain Google, pengunjung juga mudah melihat konten website kita melalui sitemap. Disana terkumpul banyak link menuju konten kita.

Baca Juga :   Bikin Website

Bagi pengguna WordPress, sitemap bisa dibuat dengan plugin. Plugin untuk sitemap banyak jenisnya. Dan mudah didapatkan. Bahkan yang gratis.  Sitemap adalah salah satu cara termudah membuat situs kita terindeks dengan baik di Google.

  • Menggunakan Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools memberikan banyak sekali insight tentang apa yang dilihat Google pada website kita. Juga membuat rekomendasi apa saja yang perlu dilakukan. Jadi, kita tinggal mengikutinya saja. Tanpa perlu mencari – cari apa yang perlu diperbaiki.

Google memberikan saran mulai dari cara penlisan program untuk website. Hal ini berguna jika Anda juga tahu caranya.

Jika tidak, ada juga data tentang kata kunci yang memberikan pengunjung paling banyak untuk kita. Juga halaman mana yang terbanyak dikunjungi. Asal pengunjung serta demografi lain para pengunjung.

Hal semacam ini memudahkan kita untuk mengoptimasi konten. Juga, memudahkan dalam membuat konten yang lebih baik untuk selanjutnya.

  • Menggunakan plugin SEO

YOAST SEO adalah yang paling kami rekomendasikan. Itu jika Anda menggunakan WordPress. YOAST SEO memberikan saran apa saja yang harus diperbaiki pada konten kita. Mulai dari pemberian judul, hingga penamaan gambar atau media.

Selain itu, YOAST SEO juga menunjukkan apakah konten kita cara penulisannya cukup baik. Atau cenderung sulit dibaca. Jika warna pada YOAST SEO sudah hijau, maka SEO halaman yang kita buat biasanya sudah bagus. Dan, biasanya juga lebih mudah masuk halaman atas di Google.

Menggunakan YOAST SEO sangat direkomendasikan. Alasan utama, belum ada plugin SEO WordPress lain yang setara. Yang kedua, kita bisa mengerti SEO on-page hanya dengan mematuhi saran dari YOAST SEO.

  • Membuat konten teratur

Konten yang dibuat teratur disukai Google. Seperti rumah makan, semakin sering dibuka artinya semakin aktif. Begitu juga dengan website. Jika konten kita posting rutin, maka website akan dinilai lebih tinggi dibanding yang tidak rutin.

Bagi pengunjung, adanya konten rutin juga lebih baik. Website akan terlihat  masih aktif dan lebih profesional. Jika perlu, setiap hari ada konten baru.

  • Link building yang baik

Link ada 2 macam. Internal link dan juga external link. Link internal adalah link yang berasal dari website yang sama. Link eksternal berasal dari website lain.

Link internal sangat disarankan untuk dibuat. Link untuk menuju ke halaman website kita yang lain. Bisa dibuat dengan anchor text yang sesuai.

Anchor text adalah text yang berisi link menuju halaman lain tersebut. Misalnya, harga website menggunakan anhor text berupa “harga website.” Link ini menuju halaman harga website di web kami sendiri.

Baca Juga :   Teknik SEO 2019 Terbaru (on Page dan Off Page)

Ini adalah contoh internal link.

Untuk link eksternal, berasal dari website diluar LAWANG TECHNO.

Link eksternal juga harus dibuat. Misalnya dengan berkomentar di web bertema serupa. Dan, meninggalkan link di profil komentar.

Tetapi, hati – hati, jangan sampai terkesan spam.

  • Membagi URL dengan sosial media

Membagi URL dengan sosial media juga bisa meningkatkan link. Tambahan lagi, bisa lebih cepat populer. Jadi, sangat disarankan untuk dikerjakan.

Jangan salah, kita memang perlu membuat website. Tetapi, sebagian pekerjaan dengan website bukan hanya membuat konten. Tetapi juga memperomosikan website kita.

Anda ingin melakukan SEO pada website Anda? Silahkan menerapkan tips tips diatas. Tetapi, jika bingung, kami juga siap melayani jasa SEO untuk Anda. Salam sukses luar biasa!

Leave a reply