09 Apr

Notebook, Apa Saja Sih Kelebihannya?

Saat ini, notebook semakin mendapatkan tempat di masyarakat. Yang disukai dari notebook tentunya adalah ukuran yang cukup kecil. Tidak berat saat dibawa kemana – mana.

Notebook memang kecil, tetapi saat ini spesifikasinya juga lumayan. Jika kita lengkapi dengan memori 8GB, maka secara umum akan kuat untuk mengedit gambar juga.

Meskipun begitu, kekuatan utama notebook adalah pada ukurannya. Layar notebook berkisar 13 inchi sd 18 inchi. Kemudian, prosessor notebook jaman sekarang sebenarnya lebih cepat dari pentium 4 jaman dulu. Jadi, bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan pentium 4 jaman dahulu.

Untuk pekerjaan kantor, spreadsheet atau presentasi, notebook sudah mencukupi. Untuk membuat laporan, notebook juga sudah cukup. Bagi programer, sebuah notebook sebenarnya bisa sangat cukup.

Notebook juga bisa dipergunakan para pelajar. Untuk membuat laporan dan berinternet, notebook mencukupi. Dan, harganya juga relatif terjangkau.

Bagi penulis sendiri, untuk pekerjaan biasa lebih enak untuk membawa notebook daripada membawa laptop besar. Yang pasti berat dan lebih ribet ketika dipergunakan.

Memang, layar yang besar menguntungkan karena pandangan luas dan jelas. Tetapi berat baterai laptop terasa signifikan dan juga chargernya berat.

Jika sekedar untuk bekerja biasa, notebook sudah memenuhi syarat.

Tetapi, bagaimanapun, tetap ada keunggulan notebook dibandingkan PC atau laptop berukuran besar.

notebook

Lebih fleksibel

Perangkat ini termasuk lebih fleksibel mendukung pekerjaan kita. Kita bisa melakukan hampir semua pekerjaan yang bisa dilakukan dengan PC. Kecuali, mungkin untuk grafis yang berat. Tetapi mobilitas kita lebih terjaga.

Baca Juga :   Cara Mudah Cari Uang di Internet

Performa yang bagus

Percaya atau tidak, performa intel celeron untuk notebook generasi tahun 2020 lebih baik dari pentium 4 di masa lalu. Padahal, pada masanya, pentium 4 juga kita andalkan untuk membuat gambar 3D.

Jika Anda mencari notebook dengan performa jagoan, kita bisa menggunakan acer Spin 5. Layarnya hanya 13,3 inchi. Tidak sebesar laptop biasanya tetapi processor sudah intel i5. Hardisk sudah menggunakan SSD. Jadi jika kita tambah OS 64 bit dan memori 8 GB, maka performanya sudah jauh melampaui PC Desktop game generasi tahun 2010.

Artinya, kita bisa juga mengedit video dengan notebook tersebut atau main game. Jika mencari yang performanya benar – benar bagus untuk grafis, bisa mencari notebook seperti Lenovo Legion. Notebook ini memang didesain untuk bermain game berat.

Saat ini, perkembangan teknologi microprosessor sudah sangat cepat. Karenanya kecepatan notebook juga semakin meningkat.

Hemat baterai

Yang paling menarik dari notebook generasi entry level adalah, baterai yang awet. Penulis pernah memiliki notebook dengan baterai yang tahan diatas 5 jam. Ini adalah hal yang sulit ditandingi laptop dengan layar besar. Memang, dibanding netbook berlayar 10 inchi, baterai jelas kalah awet. Tetapi, notebook jaman sekarang sudah lumayan bisa membantu pekerjaan kita saat keluar rumah.

Laptop dengan layar besar pastinya akan membutuhkan listrik yang lebih banyak. Untuk laptop ukuran besar, kita harus terhubung ke listrik lebih sering dibanding notebook.

Praktis dipergunakan setiap waktu

Notebook lebih praktis digunakan sewaktu waktu. Pada kondisi apapun. Untuk menggunakannya ditempat sempit, lebih mudah. Kita bahkan bisa membawanya ke perpustakaan tanpa takut mengambil tempat terlalu banyak dan mengganggu pengunjung lainnya.

Untuk notebook terbaru dengan hardisk ssd, maka kepraktisan semakin meningkat. Kita tidak terlalu takut jika notebook terkadang terbentur dan goncangannya merusak hardisk.

Baca Juga :   Cara Praktis Berjualan Online

Ukuran layar masih nyaman

Bagaimanapun, ukuran layar 13 inchi atau 14 inchi masih nyaman untuk bekerja. Memang bukan yang paling nyaman untuk melihat film, tetapi bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan secara praktis.

Resolusi lumayan besar dengan layar yang jernih

Meskipun layarnya kecil, tetapi resolusi layar lumayan besar. Jadi kita masih bisa melihat gambar serta video HD dengan jernih.

Kapasitas penyimpanan besar

Saat ini, kapasitas penyimpanan notebook sudah cukup besar. Biasanya berkisar 500GB untuk generasi terbaru.

Selama kita tidak memenuhinya dengan film, maka kapasitas ini biasanya mencukupi untuk file pekerjaan hingga 1 tahun lebih sebelum perlu dihapus yang sudah tidak terpakai.

Berbagai laporan, video atau foto kegiatan masih bisa kita simpan sampai tidak diperlukan lagi.

Untuk yang memilih jenis hardisk SSD, maka kapasitas ini juga mencukupi jika berkas kerja kita terbatas tanpa menyimpan video, rekaman rapat atau gambar yang taerlalu banyak.

Sistem keamanan sudah lengkap

Saat ini, notebook ada yang memiliki teknologi fingerprint misalnya. Sistem keamanan ini membuat notebook hanya memberikan akses penuh kepada pengguna yang sidik jarinya sudah dikenal saja.

Secara umum, notebook memang kecil, tetapi kemampuannya kini tidak kecil lagi. Barangkali, penghalang utama adalah ukuran keyboard yang relatif kecil juga. Tetapi, dibanding kelebihan lainnya, termasuk keawetan baterai, notebook masih merupakan pilihan yang sangat baik bagi mereka yang mobilitasnya tinggi. Salam sehat dan sukses luar biasa!

ingin buat website ? harga website sekarang sudah sangat terjangkau, hubungi kami sekarang juga

Leave a reply