16 Apr

Kredit Dengan Agunan

Kredit dengan agunan adalah fasilitas peminjaman kredit yang memerlukan penjaminan aset. Aset ini tentunya berupa aset yang oleh peminjam dinilai berharga sebagai jaminan. misalnya saja, BPKB, sertifikat tanah atau lainnya. Kredit dengan agunan ini bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk modal usaha.

Saat ini, kita mengetahui bahwa memulai usaha setidaknya memerlukan sedikit modal. Modal ini bisa untuk membeli alat produksi, bisa juga menjadi modal untuk beriklan dan sebagainya.

Tetapi, sering terjadi tidak semua orang memiliki modal uang cash dalam jumlah mencukupi. Meskipun ia melihat peluang bisnis, tetapi eksekusinya mungkin menunggu uang cash datang.

Misalnya saja, orang yang ingin memulai bisnis susur gua yang indah. Gua itu dialiri dengan sungai jernih dan tenag. Pemandangan sekitar juga bagus dan udara sejuk.

Tetapi, ia belum memiliki perahu karet. Juga, perlengkapan untuk keamanan dalam aktivitas di air dan sebagainya.

Karena itulah, kesempatan bisnis ini belum bisa dimanfaatkan secara langsung. Ia memerlukan modal.

kredit dengan agunan murah

Untuk mendapatkan modal, seseorang bisa meminjam uang ke bank. Tentunya ia akan mengembalikan dan ada tambahan bunga. Bunga ini, semestinya bisa diperhitungkan supaya ia masih memiliki keuntungan yang dirasa layak. Karenanya, terkadang simulasi kredit itu menjadi penting.

Ada beberapa jalan yang bisa ia lakukan untuk mengetahui berapa besar pembayaran cicilan kreditnya nanti. Juga nilai totalnya.

Misalnya saja, ia bisa bertanya kepada bank bersangkutan. Ia bisa meminta simulasi cicilan kredit bank bersangkutan dan mengetahui berapa besar uang yang perlu ia bayarkan.

Ia bisa bertanya di setiap bank yang ada atau yang ia inginkan untuk meminjam uang.

Cara ini juga memungkinkannya untuk bertanya tentang syarat – syarat kredit yang ada. Juga klausul kredit yang lain. Pinalti yang ada jika telat membayar dan sebagainya.

Tetapi, cara seperti ini juga memiliki kekurangan. Ia harus kesana – kemari dan mengantri dengan customer lain sebelum bisa bertanya.

Kredit dengan agunan berbunga rendah

Daftar Isi

Tetapi, saat ini ada situs website yang bisa Anda jadikan tempat bertanya soal simulasi kredit dengan agunan. Situs ini adalah cekaja.com.

Selain sebagai tempat simulasi, situs cekaja.com juga bisa dipergunakan untuk memperoleh kredit secara online.

Situs ini memiliki aplikasi untuk menghitung cicilan kredit bank. Tentunya, Anda mesti menginput jumlah bunga dan kredit dengan tepat.

Selain itu, ada juga kesempatan untuk membandingkan beberapa lembaga peminjam kredit seperti bank atau leasing.

Disini Anda akan bisa menghitung besar cicilan kredit, lama kredit dan sebagainya.

Misalnya saja, kita mengajukan kredit kendaraan penumpang. Kita bisa memberi input besar kredit yang kita ambil. Kemudian untuk jangka waktu berapa bulan kredit akan berjalan.

Anda bisa juga memilih usia kendaraan. juga memilih kolom pekerjaan. Misalnya sebagai karyawan, wiraswasta atau profesional. Kemudian, ada juga kolom input penghasilan perbulan. Dan, juga perlu memberi input tempat tinggal Anda. misalnya di propinsi DKI Jakarta, Jawa Barat atau lainnya. Kemudian, juga kota tempat tinggal.

Setelah itu, Anda bisa klik “lanjutkan.”

Maka, akan terlihat ada beberapa lembaga pemberi pinjaman. Misalnya Mandiri tunas Finance atau lainnya.

Disana akan terlihat beberapa pilihan cicilan. Anda bisa memilih yang paling sesuai pembayarannya untuk Anda.

Hal yang sama juga berlaku untuk misalnya, peminjaman kredit sepeda motor, kendaraan angkutan atau juga properti.

Berdasarkan data ini, maka Anda bisa mengetahui kemana pilihan Anda. Anda, kemudian bisa menanyakannya langsung kepada beberapa lembaga peminjam yang merupakan kandidat kuat Anda.

Bukankah ini adalah hal yang menolong dan menghemat waktu?

Untuk peminjaman dengan agunan sendiri, biasanya akan ada beberapa persyaratan. Biasanya adalah sebagai berikut.

Syarat umum mengajukan pinjaman dengan agunan

  • Warga negara Indonesia ( WNI ) dan berdomisili di Indonesia

  • Minimum berusia 21 tahun saat mengajukan pinjaman. Maksimum 55 tahun saat waktu pinjaman habis.

  • Memiliki aset yang disetujui oleh lembaga peminjam

Dokumen yang dibutuhkan untuk memperoleh pinjaman

Pinjaman dengan agunan biasanya membutuhkan surat bukti kepemilikan aset yang dijaminkan. Jadi, jika jaminan berupa kendaraan, maka perlu BPKB. Jika yang dijaminkan adalah properti, maka diperlukan surat / akta tanah yang sah atas nama peminjam.

Baca Juga :   Jasa Review, Jasa Review Bisnis, Jasa Review Produk dan Toko Online

Seperti biasanya pada saat melakukan pinjaman. Maka bank atau lembaga pembiayaan akan melakukan verifikasi. Juga memberikan penilaian kelayakan pinjaman.

Salah satu tips adalah, jika Anda memiliki kartu kredit, bisa diusahakan supaya cicilan tetap lancar.

Biasanya, kartu kredit juga diberikan penilaian atas kemampuan finansial seseorang berdasarkan riwayatnya.

Tetapi, jika Anda tidak memiliki kartu kredit, juga tidak masalah. Untuk beberapa bank atau lembaga pembiayaan lain, terkadang ingin melihat juga apakah Anda memiliki tabungan.

Jika Anda sudah mencoba situs cekaja.com. Maka Anda akan melihat ada tombol dengan tulisan “Ajukan Sekarang.”

Artinya, kita bisa mengajukan kredit secara online melalui cekaja.com.

Setelah Anda memilih pinjaman dengan agunan yang Anda sukai, maka Anda akan perlu mengisi formulir.

Mengajukan pinjaman melalui cekaja.com yang memerlukan agunan juga perlu proses verifikasi manual seperti biasa. Memang pengajuannya secara online. Tetapi tentunya, pihak peminjam membutuhkan verifikasi surat – surat seperti BPKB atau sertifikat tanah / bangunan Anda.

Untuk kelebihan, cekaja.com memungkinkan kita untuk melihat dan membandingkan nilai cicilan dari setiap lembaga secara bersamaan. Cara ini tentunya mempermudah untuk membuat pilihan.

Sedikit tips dari kami, sebelum meminjam uang dengan agunan. Kita sebaiknya memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Tips meminjam uang dengan agunan

  • Ada tujuan meminjam uang yang jelas

Mengagunkan sertifikat tanah artinya meminjam dalam jumlah besar. Untuk keperluan ini, kita semestinya menggunakan hanya untuk keperluan yang besar juga. Misal pendidikan, kesehatan atau membangun rumah kost di rumah kita ( investasi ).

  • Jangan menjadi uang muka cicilan lain

Menggunakan uang pinjaman untuk uang muka akan membuat cicilan selanjutnya menjadi sangat besar. Meskipun untuk pembayaran uang pangkal kuliah sekalipun.

Pada waktunya, biaya harian akan tetap diperlukan. Juga, biaya cicilan bulanan akan menambah cicilan yang ada sekarang.

  • Mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan keuangan saat ini dan kedepan

Jangan sampai meminjam terlalu besar yang penghasilan dan tidak mampu melunasinya. Sertifikat tanah itu sangat berharga jika tidak bisa kembali.

Baca Juga :   Cara Membuat Stylus Pen Sendiri

Anda juga tidak perlu meminjam dengan nilai yang sama dengan nilai appraisal tanah Anda. Bisa saja, meminjam lebih kecil supaya pelunasannya menjadi ringan.

  • Menggunakan dan mengatur asuransi pinjaman

Asuransi pinjaman harus dipergunakan. Kita tidak benar – benar tahu masa depan kita. Kita hanya bisa mencoba mengaturnya saja. Karenanya, asuransi pinjaman, meskipun menambah biaya, harus diambil.

Anda pasti tahu, jika pinjaman besar, maka ahli waris peminjam belum tentu mampu untuk melunasinya. jadi, rumah bisa menjadi taruhannya.

Inilah sedikit tulisan tentang pinjaman dengan agunan dan fitur khusus perbandingan nilai pinjaman secara online di cekaja. Sumber: https://www.cekaja.com/kredit-dengan-agunan/.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply