28 Aug

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube Paling Jitu 2019

Ini bukan tutorial kata – kata motivasi untuk mendapat uang dari Youtube. Tetapi teknik yang bisa dipraktekkan.

Mendapatkan uang di Youtube memang sangat bisa dilakukan. Biasanya, para Youtuber menggunakan Google Adsense untuk menghasilkan uang dari channel mereka. Tetapi, sebenarnya ada cara lain.

Menjadi endorse untuk suatu produk biasanya menghasilkan penghasilan yang lebih baik.

Tetapi, saat mulai biasanya banyak orang yang menggunakan Adsense untuk menghasilkan pendapatan dari Youtube. Karena, belum ada yang menawari endorse.

Nggak apa – apa. Yang penting pada akhirnya bisa besar juga.

Cara menghasilkan uang dari Youtube – Membuat channel Youtube

Ini adalah langkah pertama. Kita membuat channel di Ypoutube kita. Channel ini biasanya dibuat saat pertama kali upload video kita. Gunakan nama channel yang relevan serta mudah diingat. Atau, nama unik yang mudah diingat.

Monetisasi channel Youtube

Saat login ke akun Youtube, kita memilih menu “Account Information.” Tempatnya ada di sisi kanan atas. Kita klik tombol “Creator Studio.”

Pada menu di sebelah kiri, kita pilih “Channel” dan klik “Status dan Features.” Kemudian, kita pilih “Enable Monetisation.” Untuk form persetujuan, kita setujui saja.

Menyambung akun Adsense ke Youtube

Associate akun kita dan approve. Setelah proses ini, kita bisa menggunakan Youtube Analytic untuk melihat berapa penghasilan kita. Setelah melewati batas minimal pembayaran, uang kita bisa dibayarkan.

Sebenarnya, video Youtube itu baru bisa ada adsense-nya saat yang melihat ada minimal 10.000 orang. Jumlah views ini lumayan banyak. Karena itulah, kita perlu membuat video kita bisa mendapatkan banyak view.

Cara menghasilkan uang dari Youtube – Membuat video yang sangat…

Membuat video yang sangat lucu, sangat sedih, sangat sensasional atau sangat aneh. Jika cuma sekedar aneh, kadang dilewatkan orang.

Jika kita lihat, ada Youtuber terkenal yang bercerita kehidupannya sehari – hari. Menangis – nangis sepanjang video.

Kemudian, ada juga Youtuber yang minta ditarik mobil polisi.

Saat itu, jalanan New York ditutup karena salju sangat tebal. Jalanan kosong dan sang Youtuber menggunakan papan sky es ditarik mobil polisi keliling jalan raya.

Video kreatif ini tentusaja segera viral dan banyak penontonnya. Saat artikel ini ditulis, ada 19,185,621 views. Ya, 19 juta view lebih sejak tahun 2016.

Ada juga, Youtuber Indonesia yang mutar ke MCDonalds Drive Thru hingga 100 kali. Karena kreatif, ya viral juga.

Membuat video yang sangat…. itu penting. Jadi bukan cuma judulnya saja yang klik bait. Tetapi isinya memang beda.

Membuat video secara profesional

Cara menghasilkan uang di Youtube adalah: membuat video secara profesional. Jadi, meskipun alat terbatas, jangan sampai gambar bergoyang – goyang. Nggak enak dan membuat jengkel yang melihat. Jadi, bisa jadi video ini tidak dilihat sampai selesai. Dan, tidak mau melihat video lain di channel kita.

Kemudian, sebisa mungkin gambarnya juga dibuat dengan komposisi yang bagus antara action dengan backgroundnya.

Kedua cara diatas sebenarnya sudah merupakan kunci keberhasilan sebuah video di Youtube. Tetapi, ada faktor pendukung lain.

User friendly

Video yang user friendly atau mudah dilihat dan difahami. Jangan sampai penonton perlu berfikir 2 kali untuk faham jika kita memberikan penjelasan. Atau, memberikan ilustrasi atau animasi atau apapun.

Konten original

Jangan menggunakan konten milik orang lain. Konten original bisa dipasang iklan Adsense. Konten bukan original akan dihapus oleh Google.

Mengindahkan Terms of Service dan Community Guidelines

Video yang kita upload harus memperhatikan Terms of Service dan Community Guidelines dari Youtube. Jika ada pelanggaran, percuma. Akun Adsense kena banned atau Videonya kena banned.

Promo produk atau jasa kita secara langsung

Berpromosi di Youtube untuk produk dan jasa kita tidaklah salah. Kita tidak harus selalu menggunakan Google Adsense untuk mendapatkan uang dari Youtube. Kita bisa mempromosikan produk atau jasa kita dengan video di Youtube.

Untuk promosi ini, kita bisa saja melakukannya dengan cara soft selling. Artinya, kita menunjukkan manfaat prodyuk itu kepada penonton. Misal, sabun cuci yang bisa membersihkan lebih bersih.

Cara seperti ini bisa kita lakukan untuk menjual dengan halus tanpa kesan terlalu beriklan.

Misalnya, jika ada video musik, kita bisa meng highlight atau shoot produk yang digunakan artisnya.

Menjual video di website komersial

Ada website untuk menjual video kita. Tetapi, memang bukan di Youtube. Kita bisa membuat teaser dan penonton bisa menjual jika ingin melihat versi lengkapnya.

Untuk video semacam ini, yang paling mudah biasanya adalah video tutorial yang ,emarik banyak orang. Misal, cara editing video secara profesional dan lengkap. Cara service laptop. Cara menemukan kerusakan hingga cara memperbaikinya.

Video yang isinya bisa digunakan untuk mendapatkan uang atau memperbaiki kualitas hidup bisa kita jual.

Tetapi, video yang isinya hiburan juga bisa kita jual. Yang penting, kualitasnya juga layak.

Menggunakan traffik Youtube untuk link affiliate

Traffik yang ada bisa kita arahkan ke situs affiliate kita. Kita bisa mereview produk dan mengarahkan penonton dimana link untuk membelinya.

Pada jaman beberapa tahun lalu, affiliate biasanya dikerjakan dengan website. Sekarang, orang lebih menyukai melihat video ketimbang membaca panjang.

Ada sponsor

Video Youtube terkenal biasanya ada sponsornya. Kita bisa juga menarik sponsor jika kita bisa menjaga kualitas video serta mahir mencari view yang banyak.

Mengadakan streaming live

Jika subscribber kita atau penonton video sudah banyak, melakukan streaming live cukup disarankan. Gunanya supaya penonton lebih tertarik dan meningkatkan engagement.

Jika perlu, kita bisa membuatnya secara rutin sehingga penonton bisa menyesuaikan jadwalnya.

Tips tipe – tipe video yang menghasilkan uang di Youtube

Ada tipe – tipe video yang mudah disukai orang. Yang jelas, secara umum dibutuhkan atau memnuhi rasa ingin tahu. Bisa juga, karena ada faktor emosional disana.

  • Voice over

jenis video laris youtube

Video voice over adalah tayangan video suatu kejadian tetapi dengan suara yang berupa opini kita atau bisa juga review.

Video ini bisa kita buat untuk film, musik atau lainnya.

  • Tayangan list atau daftar

Secara umum, kita suka jika mengetahui apa yang tertinggi, terbesar, terlebar atau terlambat ( yang paling lambat ) dan sebagainya.

Keingintahuan ini secara umum memunculkan banyak orang yang kemudian merangking beberapa hal untuk dibandingkan. Misal, 10 sepeda termahal di dunia.

10 Rumah terluas di Indonesia dan sebagainya.

  • Video tutorial

Video tutorial berguna untuk memenuhi kebutuhan kita. Misal saja, cara membuat diagram MS Visio, Cara menggunakan rumus Microsoft Excel atau tutorial hijab atau riasan. Semua ini memang kita butuhkan. Jadi, membuat video tutorial yang baik dan atraktif bisa membuat channel Anda laris.

  • Video unboxing

Biasanya kita selalu penasaran dengan barang yang ingin kita beli. Nah, jika ada orang yang sudah melakukan unboxing, maka kita merasa puas karena rasa penasaran kita terbayarkan.

Bagi yang ingin membuat video unboxing, bisa melakukannya untuk gadget, laptop hingga kendaraan.

  • Video ilustrasi

Video ini mirip tutorial. Tetapi ada bedanya juga. Video tutorial biasanya digunakan untuk memandu cara melakukan sesuatu. Video ilustrasi untuk memandu Anda memahami suatu persoalan ekonomi, sosial dan sebagainya.

Jika ingin mencoba, kita bisa membuka channel Youtube Vox atau CrashCourse.

Tips membuat Video Youtube

  • Membuat video yang bagus

Membuat video yang bagus itu wajib. Kita perlu video yang jernih, diambil dari sudut yang baik dan jangan sampai bergoyang gambarnya.

Yang ideal, ya seperti kualitas video film atau sinetron itu.

Apakah tidak mungkin membuat video dengan HP? Bisa juga!

Meskipun peralatan terbatas, jaga pencahayaan tetap baik. Jaga juga suara tetap jernih dan juga jaga kualitas lainnya.

  • Membuat video yang menarik

Video yang menarik itu pasti. Kan yang melihat orang.

  • Mengajak berkomentar atau share atau like

Usahakan untuk mengajak penonton berkomentar dan share atau me-like video kita.

  • Mengajak menjadi subscribber

Mengajak penonton untuk menjadi subscribber juga perlu. Jika perlu, lakukan secara atraktif.

  • Memberi nama judul dengan kata kunci dan sesuai isi

Jika judul kita ada kata kuncinya, mungkin bisa ditemukan lewat pencarian di Google. Lumayan untuk menambah penonton atau views.

  • Sering upload video

Yang harus kita catat, Channel Youtube yang besar itu videonya juga banyak.

  • Sharing video di media sosial dan website

Berapa kira – kira penghasilan Adsense Youtube ?

  • CPM dan RPM

Angka CPM ini layak diperhatikan. CPM adalah Cost per Mille atau gampangnya, kita mendapat $1 untuk 1000 kali tayangan iklan. ( contoh saja $1 untuk 1000 impressi ).

Jadi, jika video kita ada 1000 biews, maka kita memperoleh $1.

Jika video kita mendapat 1.000.000 views, maka kita mendapat $1000.

Yang sebenarnya terjadi, nilai iklan ini tidak $1 untuk 1000 views flat. Jadi, tergantung kepada masing – masing iklannya. Bisa saja $0,50 hingga $10 per 1000 views.

RPM atau Revenue per Thousand Impressions. Untuk yang ini, Youtube mengambil nilai 45% dari keuntungan iklan yang tayang di channel kita.

Rumusnya adalah:

Pendapatan=Penghasilan÷Monetized playback video x 1000

Saat ini, tahun 2019 Youtube memiliki aturan untuk partnership sebagai berikut:

Minimal tayangan 4000 jam dan ada minimal 1000 subscribber dalam 12 bulan terakhir.

Jadi, itulah cara jitu untuk menghasilkan uang dari Youtube. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!


  • lomba berjalan diatas bambu

Share this

Leave a reply