28 Sep

Panduan Cara Optimasi SEO Video Youtube Supaya Banyak Mendapat View

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Panduan cara optimasi SEO video Youtube supaya banyak mendapat view.

Saat ini, penggunaan internet mulai beralih ke multimedia termasuk penggunaan video. Melihat video di Youtube jelas lebih menyenangkan dibanding membaca biasa saja.

Selain itu, Youtube sendiri memberikan kita peluang besar bagi halaman situs untuk tampil lebih tinggi di hasil mesin pencari. Mencari rangking yang bagus di Google dengan bantuan Video Youtube merupakan strategi yang baik.

Youtube sendiri dikunjungi lebih dari 1 miliar kali setiap bulannya. Perkembangan Youtube yang pesat terutama disebabkan karena pengguna bisa ikut mengembangkan Youtube dengan menambah Video mereka sendiri.

Youtube juga merupakan platform yang gratis bagi penggunanya. Tidak ada batasan berapa jumlah video yang kita lihat setiap saat. Tidak ada langganan bulanan dan sebagainya.

Kini, dengan iklan Adsense, Youtube menjadi semakin memikat. Banyak orang yang sengaja memproduksi video menarik untuk tujuan iklan Adsense disamping iklan lainnya.

Pada awalnya, iklan Adsense di Youtube ini hany dimiliki Youtube sendiri. Tetapi kemudian Youtube memberikan kesempatan kepada pemilik video untuk memasang iklan Adsense juga.

Bagi Youtuber, memiliki video populer dan channel populer merupakan impian. Mereka bisa mendapatkan penghasilan dari iklan mereka. Ada iklan Adsense dan tentunya mungkin ada iklan lain dari sponsor mereka.

Teknik SEO untuk video di nYoutube sendiri sebenarnya tidak terlalu penting. Biasanya, thumbnails serta judul yang bombastis yang akan membuat klik bait bagi video kita.

Tetapi, cara semacam ini tampaknya kurang bisa mengangkat channel kita secara keseluruhan. Kita bisa melihat ada 1 atau 2 video yang berhasil dengan klik bait itu. Tetapi, jika videonya sendiri tidak berkualitas, maka orang tidak akan menonton video lain di channel tersebut.

Tetapi, SEO ini bisa bermanfaat jika ada pencari yang mencari video dari mesin pencari. Jadi, akan selalu ada viewer baru juga untuk video kita.

Yang perlu diingat, kita menggunakan kata optimasi video ini agak berbeda dibandingkan dengan optimasi di mesin telusur Google.

Cara optimasi Video Youtube.

Menentukan niche yang relevan

Seperti halnya membuat website atau blog, kita perlu niche yang bagus dan abadi. Niche ini membuat channel kita lebih mudah dikenal.

Anda bisa membuat niche tips service mobil atau hal lain berkaitan dengan mobil. Anda juga bisa membuat niche memasak.

Niche abadi seperti ini juga akan membuat nilai channel kita semakin besar di Youtube. Seiring waktu, kita akan memiliki banyak video disana dan akhirnya, pengunjung kitapun akan menjadi banyak.

Nama channel

Memilih nama channel untuk Youtube kita sebaiknya sesuai dengan niche yang kita pilih. Kita bisa memilih channel yang mengandung kata tips atau kata mobil untuk channel tips service mobil kita.

Jika ada yang berfikir untuk membuat nama channel yang mirip dengan nama channel terkenal, bisa – bisa saja. Tetapi ada juga kekurangannya. Jika video kita lebih jelek, maka channel kita pastinya tidak akan laku.

Beri nama file video dengan nama yang relevan

Seorang yang mencari tips perbaikan mobil pastinya akan menggunakan kata kunci pencarian tertentu di Youtube. Misalnya: cara memperbaiki gardan atau yang semacamnya. Nah, kita perlu gunakan kata kunci tadi untuk memberi nama file kita. Jadi, ketika ada orang yang mencarinya, file video kita akan masuk di daftar.

Gunakan kata kunci

Gunakan kata kunci yang relevan juga untuk video kita. Kata kunci yang kita buat hanya perlu satu saja.

Kata kunci ini akan berguna untuk menampilkan hasil pencarian video di Google serta di Youtube sendiri.

Misal, kata kunci tips SEO Youtube adalah kata kunci yang akurat. Orang pasti memahami bahwa video ini tentang SEO Youtube dan bukan SEO blog atau website.

Gunakan tag dan kategori

Kita semestinga menggunakan tag serta katagori yang sesuai. Gunanya supaya Video kita bisa tampil di beranda orang yang mencari video dengan tag atau kategori serupa.

Judul yang menarik

Membuat judul yang menarik penting untuk pengunjung.

Judul kita mesti mengandung kata kunci dan mengundang penasaran. Judul yang membuat penasaran biasanya akan mendapat banyak klik.

Tetapi kembali kita ingat, cara ini tidak membuat channel video kita menjadi terkenal .

Jika judul tidak sesuai isi, yang ada mengkin orang kena klik baitnya. Tetapi menjadi jengkel dan tidak datang lagi ke video dari channel yang sama.

Video description atau gambaran videonya

Gunakan deskripsi yang sesuai dengan isi video ditambah kata – kata kunci yang sesuai. Gunakan cara seperti membuat sebuah sinopsis film. Google sebenarnya bisa mengekstrak sedikit konten dari video kita selama formatnya mendukung.

Tetapi, akan lebih baik jika kita memberikan deskripsi yang lebih lengkap.

Membuat thumbnails berkualitas tinggi

Hal penting untuk menarik perhatian viewer adalah menggunakan thumbnails berkualitas tinggi.

Selain itu, gunakan gambar yang secara visual menarik. Gambar thumbnail ini akan tampil sebelum video kita diputar.

Thumbnails yang bisa diterima Google biasanya ada di ukuran 160×90 hingga 1920×1080 piksel. Gunakan ukuran pixel yang besar dengan gambar menarik.

Anotasi

Anotasi memungkinkan kita menghubungkan satu video dengan lainnya. Kita harus kreatif untuk membuat pengunjung tetap berada di channel kita. Semakin lama viewer berada di channel kita, semakin banyak video yang akan dilihatnya.

Membuat video yang bermanfaat

Ini adalah hal yang paling mendasar sebenarnya. Sebuah video tentang cara membersihkan baju yang kotor terkena kecap pastinya akan memberikan manfaat ke banyak orang. Video semacam ini pasti dicari secara terus menerus dan akan menjadi video “abadi.” di Youtube.

Please rate this



Share this

Leave a reply