22 Jan

Cara Membuat Website Sekolah

Bagaimana cara membuat website sekolah mungkin tidak terlalu sulit. Anda bisa membuat website sekolah dengan ketelitian dan kesabaran. Itu jika Anda belum berpengalaman. Tetapi jika sudah berpengalaman membuat website, pastinya akan jauh lebih cepat.

Sebuah website sekolah adalah website institusi resmi. Jadi sangat baik jika kita memang berniat untuk membuat website yang elegan dan bagus dilihat. Sangat penting jika nama sekolah yang diwakilkan di website ini bisa terjaga.

Baca juga : Cara membuat website gratis.

Untuk membuat sebuah website sekolah, bisa menggunakan salah satu dari 3 cara ini.

Panduan / tips cara membuat website sekolah:

  • Tentukan tujuan website

Menentukan tujuan adalah hal pertama sebelum bekerja. Termasuk membuat website. Dengan memiliki tujuan jelas, maka apa yang kita lakukan bisa terarah dan lebih cepat dicapai.

Mungkin, awalnya Anda ingin mendapat ide atau inspirasi sebelumnya. Terus terang saja, banyak sekali yang bisa dipergunakan sebagai sumber inspirasi. Website sekolah lain, website lain hingga hal yang mungkin tidak berhubungan dengan website.

Mungkin, Anda bahkan ingin website sekolah yang memiliki kapasitas untuk forum siswa dan sebagainya. Bisa saja itu dilakukan.

Atau, website sekolah dengan platform blog untuk para siswa atau Guru. Atau bisa juga membuat keduanya.

Atau, bisa juga dengan format lainnya yang sesuai aktivitas sekolah Anda.

  • Daftarkan nama domain

Mendaftarkan nama domain sekolah itu penting. Saat ini, nama domain .sch.id memang memerlukan persyaratan untuk didaftarkan. Persyaratan dan contoh permohonan domain .sch.id adalah:

– Scan KTP Penanggung Jawab- Scan Surat Permohonan Kepala Sekolah- Scan Surat Kuasa Kepala Sekolah kepada penanggung jawab untuk pendaftaran nama domain

Contoh surat permohonan domain .sch.id

KOP SURAT SEKOLAH

 

————————————————————————————————————

 

Nomor     :

Lampiran :

Perihal     : Permohonan Nama Domain

 

Kepada Yth.

Pengelola Domain ID 

Di Jakarta

Dengan hormat,

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama

NIP :

Jabatan : Kepala Sekolah

Alamat

 

Dengan ini kami mengajukan penggunaan domain [namadomain.sch.id] untuk digunakan oleh sekolah kami. Hal ini sebagai salah satu upaya kami dalam meningkatkan mutu sekolah dan pendidikan di sekolah kami.

 

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan untuk dapat kiranya disetujui. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

[Tempat dan tanggal]

      Kepala Sekolah

 

                                                                          Dilengkapi stempel sekolah

      Nama Lengkap

Semua itu perlu dilakukan supaya Anda tidak repot karena ada orang lain yang membuat nama domain sekolah milik Anda. Sehingga website sekolah Anda ada 2 dengan 1 yang tidak resmi.

Untuk nama domainnya sendiri, sebenarnya tidak batasan. Untuk sekolan SMP Negeri 50 Bandung misalnya, nama yang digunakan bisa seperti:

smpn50bandung.sch.id atau smpnegeri50bandung.sch.id.

Bisa juga lainnya. Anda bisa memilih yang paling sesuai saja. Dan, karena harus ada permohonan resmi, tidak mungkin akan ada 2 website dengan nama seperti diatas.

  • Memilih web hosting

Memilih web hosting juga sangat penting. Hal ini menyangkut kecepatan dan waktu online website. LAWANG TECHNO memiliki server yang handal dengan waktu online yang sangat baik.

Semakin hari, server kami semakin baik dan semakin jarang trouble. Jika terjadi, maka support yang ada cepat menyelesaikan masalah server Anda.

Saat ini, kami memiliki 3 macam server yang bisa Anda pergunakan.

Cloud hosting

Adalah yang paling mahal tetapi juga paling handal. Cloud hosting menyediakan server di jaringan server di berbagai tempat. Karenanya, data website Anda akan tersebar juga. Dan, tidak akan mudah down atau offline karena server lain juga masih hidup.

Selain itu, cloud server juga handal untuk beban tinggi karena adanya jaringan. Juga, akan lebih sulit ditembus oleh hacker.

Anda bisa memesan Cloud Server handal juga di LAWANg TECHNO.

Shared hosting

Shared hosting adalah hosting berbagi yang 1 server dipergunakan oleh banyak website. Berapa banyak ? kita tidak terlalu mengetahuinya. Bisa puluhan tergantung pihak penyedia server serta kapasitas servernya.

Menurut pengalaman saya, blog di shared hosting bisa menampung lebih dari 60.000 pengunjung setiap bulan. Itu untuk blog dengan 5 atau 6 gambar setiap posting.

Tidak salah mempergunakan shared hosting untuk website sekolah. Tetapi, pastikan yang handal dan terbukti jarang rewel.

Selain itu, kecepatan juga penting. Untuk mengetahui ketiga faktor itu bagus atau tidak, kita perlu melihat review di jasa hosting bersangkutan atau forum.

Untuk Lawang Techno, kami menggunakan web server yang sama dengan para klien kami. Itu saja penjelasannya untuk server kami, ya kan…

VPS hosting

Jika ingin server handal dengan harga yang tidak terlalu mahal, maka server VPS atau Virtual Private Server adalah pilihan. Ini adalah server yang dibagi dengan lebih sedikit pengguna. ( Akun ).

Selain itu, antar akun ada software yang “membatasi” masing – masing. Salah satu akun punya virus maka diharapkan tidak menular ke  website di akun lain.

Selain itu, satu akun error dalam konfigurasi, maka akun dan website lain diharapkan tidak terganggu.

Jika untuk cara pembuatan website sekolah, ada baiknya Anda mempertimbangkan VPS Hosting.

Keuntungan lain, VPS hosting masih dikelola oleh pemilik server. Artinya Anda tinggal komplain jika ada masalah. Biasanya, gratis. ( Termasuk di LAWANG TECHNO Gratis ! ).

Jika tidak memiliki sumber daya IT sendiri, sebaiknya tidak memilih Dedicated Server. Karena Anda harus menyewa khusus orang untuk mengelolanya. Atau membayar lumayan besar ke pemilik server untuk membantu Anda.

Untuk instalasi semua software, dari mulai backend sampai CMS dan kofigurasinya, perlu dilakukan sendiri. Atau, membayar lumayan mahal.

  • Memilih platform untuk website

Memilih platform website ada 4 jenis atau cara. Salah satu jenis ada beberapa yang bisa dipilih.

Keempat jenis / cara ini agak berbeda tetapi tidak terlalu sulit dilakukan. Keempat jenis tools ini akan memberikan hasil yang berbeda. Karenanya, akan kami bahas apa saja keuntungan dan kekurangannya dibandingkan yang lain.

  • Sistem manajemen konten (CMS)

Content Management System adalah sistem yang membuat website mudah diupdate. Yang pasti, akan semudah update status di Facebook. Untuk update gambar dan juga video juga mudah. Karenanya, pihak sekolah akan memiliki kendali yang penuh atas website mereka.

Ada 3 CMS yang bisa dan mudah untuk dipergunakan. Diantaranya adalah :

Sistem CMS WordPress

Sistem CMS Wordpree menempati urutan pertama rekomendasi kami. CMS ini sangat mudah dipergunakan untuk membuat website dan mengelolanya. Jika Anda bisa mempergunakan MS Office seperti MS Word, Excel dan Powerpoint, pastinya akan bisa mempergunakan WordPress.

Memang, untuk memperoleh hasil yang baik itu karena latihan. Seperti halnya melakukan presentasi dengan Power Point itu mudah. Tetapi presentasi yang bagus tidak terlalu mudah dibuat bagi pemula.

Untuk mempergunakan WordPress, Juga mudah. Ini adalah CMS yang termudah dibanding ketiga CMS lainnya.

  • Kelebihan WordPress:
  • Tidak perlu mengetahui bahasa pemrograman

WordPress memiliki antar muka grafis yang mudah dipergunakan. Jadi kita tidak perlu untuk mengetahui bahasa pemrograman saat membuat website WordPress.

Meskipun begitu, jika minimal mengetahui bahasa html, css dan PHP, kita bisa membuat website wordpress berfungsi dan berpenampilan jauh lebih baik. Ya, karena kita bisa memodifikasi bagian “dalam” dari WordPress, theme atau pluginnya. Cara kerja dan penampilan bisa kita ubah cukup banyak.

  • Harga terjangkau

Untuk CMS WordPress, harganya gratis ! Kita bisa download sesuka kita kapan saja. Juga, update gratis saat ada update. Tidak ada kewajiban membayar pengembangnya.

  • Banyak pilihan Theme dan plugins

Theme adalah desain website sedangkan plugin memberikan fitur atau kemampuan khusus di website. Contoh plugin misalnya plugin untuk keamanan. Plugin untuk membuat angka halaman atau untuk membuat chat WhatsApp. Bisa juga, untuk membuat gambar bergerak atau animasi.

Untuk keperluan sekolah, Anda masih bisa menggunakan template gratis atau plugin gratis. Tetapi, kami tetap merekomendasikan theme berbayar.

Tema atau desain website berbayar harganya memang tidak terlalu murah. Tetapi murah jika sekolah yang membeli. Biasanya berkisar beberapa ratus ribu hingga sedikit juta rupiah.

Tetapi manfaatnya besar. Kita bisa membangun website jauh lebih mudah.

Jika Anda mengetahui soal desain grafis web plus mengerti CSS, html dan PHP, akan lebih mudah. Theme dan plugin gratis bisa kita pakai dan modifikasi sendiri. Dengan theme atau plugin gratis modifikasi, kita bisa menyamai fungsi theme dan plugin berbayar.

  • Informasi lengkap

Ada informasi teknis yang bisa kita pakai untuk mulai membuat website WordPress. Bahkan, informasi untuk membuat theme dan plugin sendiri juga ada. Jadi, kita bisa mengikuti petunjuk itu untuk membuat apapun yang kira – kira mencukupi untuk website sekolah.

  • Komunitas terbesar

Pengguna WordPress mencapai 33% dari seluruh website di dunia. Artinya, platform lain yang banyak jumlahnya memperoleh jauh lebih sedikit porsi.

Artinya juga, komunitas WordPress sangat besar. Orang – orang yang berpengalaman di WordPress bisa hidup dari WordPress. Tentunya karena penggunanya atau pasarnya sangat besar.

  • Cara Install WordPress

Menginstall WordPress itu mudah. Anda hanya perlu membuka cPanel saja. Setelah itu, Anda akan memilih install WordPress disana.

cara install wordpress

Setelah itu, Anda mesti mencatat informasi yang ada.

Misalnya, password yang kita gunakan serta username.

Untuk password, mungkin WordPress akan memberikan rekomendasi. Jika iya, bisa saja password itu dipakai. Tetapi harus dicatat karena rumit untuk diingat.

Kalau membuat password sendiri, bisa juga. Yang penting semua informasi penting dicatat.

Setelah diinstall, kita akan masuk ke Admin area atau Dasboard. Kita ketikkan namadomainsekolah.sch.id/wp-admin.

Setelah itu, kita masukkan username dan password yang ada.

  • Saat di halaman Dasboard

Kita bisa mengelola theme. Misal mengganti theme atau menambah plugin. Jika Anda merasa perlu fungsi yang tidak ada, bisa dicari plugin untuk theme tersebut.

Silahkan diinstall dan bisa dipilih yang cocok. Biasanya, ada banyak pilihan. Jika Anda mengerti pemrograman website, plugin yang kurang cocok silahkan diubah sendiri.

Cara mengubah theme atau plugin ini ( biasanya ) jauh lebih cepat daripada membuat sendiri. Terkadang, kita hanya menambah code hanya beberapa puluh baris saja.

Jika ingin mengganti theme, akan ada 6000 lebih di WordPress. Kita mencarinya di bagian kiri Dasbord. Di Appearance –> Themes.

Kita klik yang kita sukai atau yang kira – kira cocok dengan layout yang kita inginkan.

Kita klik Add New untuk melihat pilihan yang belum terlihat di halaman depan. Biasanya jumlahnya banyak sekali.

Kemudian, bisa juga menggunakan Search atau Pencarian. Caranya dengan klik tombol ikon yang bentuknya seperti kaca pembesar.

Kita bisa mencari misalnya School theme atau semacamnya.

Setalh dipilih, kita aktifkan. Bisa kita klik “Preview.” Cara ini bisa melihat seperti apa desain website kita.

Jika ingin mengkustom desain silahkan klik Appearance –> Customize.

  • Cara upload post, pages dan media

Halaman Pages

Setelah itu, kita bisa memulai untuk mengupload pages atau halaman.

Pages adalah halaman statis yang tampil di bagian menu. Bisa tampil terus diatas. Karenanya, cocok untuk halaman seperti : Profil Guru, Profil Kepala Sekolah. Profil Karyawan.

Bisa juga untuk Halaman perkenalan ekstra kurikuler, halaman untuk Pramuka, Osis, halaman silabus dan soal – soal dan sebagainya.

Halaman Posts

Halaman posts ini bisa kita ibaratkan seperti halaman berita. Bisa kita isi saat ada kabar terbaru atau event sekolah. Bisa juga pengumuman atau berisi berita event yang sudah terlaksana.

Posts bisa diisi kegiatan terbaru yang telah dilaksanakan. Ikut serta di lomba tertentu. Berita menjuarai kejuaraan tertentu dan sebagainya. Juga bisa berita untuk penerimaan raport, kelulusan atau lainnya.

  • Media

Media adalah gambar dan video. Untuk gambar, bisa diupload secara langsung di website sekolah. Untuk video, bisa diembed dari Youtube.

Sangat tidak disarankan untuk mengupload video langsung ke website. Alasannya jelas, menghabiskan tempat dan bandwidth server kita.

Plugins WordPress

Saat ini, membuat website sekolah bisa kita lakukan dengan cukup cepat. Juga, bisa kita tambahkan plugin untuk memberi fungsi yang lebih banyak.

Tetapi, ada juga beberapa plugin yang secara umum baik untuk dipergunakan.

Plugin Yoast SEO

Ini adalah plugin untuk mempermudah masuk halaman depan Google ( SEO ). Meskipun website sekolah, tetapi bisa juga digunakan. Misalnya, Anda ingin beberapa posting bisa cepat terkenal. Jadi bisa ditulis dengan panduan dari Yoast SEO.

Tetapi jika dianggap membebani sistem dan tidak dipasang juga tidak masalah.

All-in-one-WP Migration

Ini adalah plugin yang memungkinkan migrasi ke server lain menjadi mudah. Juga, berguna untuk melakukan backup website WordPress kita.

Bagusnya lagi, semua bisa dilakukan dengan 1 klik saja.

Kelebihan plugin All-in-one-WP Migration

  1. Bisa membackup penuh website WordPress
  2. Restore backup yang dibuat. Atau, kembali ke website yang online lagi.
  3. Mencari dan menemukan backup – backup yang ada di suatu area
  4. Bisa memilih elemen untuk diekspor dan impor

Really Simple SSL

Anda bisa memilih menggunakan SSL dengan membeli atau dengan plugin ini. SSL akan membuat website kita memiliki alamat HTTPS:// dan bukan sekedar HTTP://

Tanpa akhiras S tadi, Browser Google Chrome akan memberi peringatan bahwa website bersangkutan Not Secure atau tidak aman.

Plugin Beaver Builder

Beaver builder berguna untuk membuat layout post dan halaman lebih lengkap. Misalnya, membagi 2 kolom pada bagian atas. 1 kolom ditengan dan 3 kolom di bawah.

Ada juga, menambah elemen tertentu, misal gambar slider di kolom kanan atau lainnya.

Plugin ini mempermudah kita dalam membuat layout website WordPress.

Plugin Jetpack

Ini adalah plugin buatan WordPress sendiri.

Kelebihan Jetpack

  1. Ada fitur sharing di media sosial
  2. Highlight untuk posting terkait saat membuka suatu artikel atau konten.
  3. Memperbaiki kualitas gambar

Plugin Contact Form 7

Plugin ini membuat form kontak untuk pengunjung ke Admin. Selain itu, ada fasilitas Captcha supaya form tidak di Spam.

Wordfence

Adalah plugin keamanan untuk WordPress.

Kelebihan Wordfence: 

  • Bisa scan malware/virus.
  • Terdapat web application firewall.
  • Ada brute-force protection. Bisa membatasi login dalam satu waktu.
  • Memblokir IP Address berdasar IP nya atau IP satu negara tertentu. Bisa juga beberapa negara sekaligus yang suka Spam

Plugin bbPress

Ini adalah plugin untuk membuat kolom forum di Wordpres. Meskipun website sekolah tidak dibuat forum secara khusus, tetapi ada kolom untuk itu. Biasanya akan ramai juga percakapan disana.

Kelebihan plugin bbPress

  1. Bisa mengintegrasikan forum board.
  2. Menentukan roles atau peran untuk user forum. Misal, menjadi moderator.
  3. Membuat threads
  4. Mengirimkan email otomatis untuk user telah mendaftar.

Plugin Easy Table of Contents

Tugas plugin ini adalah membuat daftar isi secara otomatis. Plugin ini akan mengambil daftar isi berdasar heading atau subjudul yang kita buat di konten.

Jadi, kita bisa mulai menulis dengan sistematika yang lebih baik.

Selain itu, bisa ada pilihan untuk memunculkan atau tidak memunculkkan isi posting tertentu. Seting warna label, hirarki dan lain sebagainya.

Plugin TinyPNG

Gambar yang optimal akan bisa dibuka lebih cepat. Pada akhirnya membantu kecepatan loading situs.

Kelebihan plugin TinyPNG

  1. Bisa compress ukuran gambar setelah diupload di website
  2. Mengoptimasi media yang telah kita upload sebelumnya
  3. Statistik
  4. Rezise gambar

Inilah cara membuat website sekolah dengan CMS WordPress.

Sistem CMS Joomla

Joomla juga merupakan CMS populer sejak lama. CMS ini sering juga dipergunakan oleh mereka yang lebih berpengalaman.

Meskipun begitu, pemula juga bisa membuat website dengan Joomla. Ada banyak fasilitas yang mudah dipergunakan disana. Ada banyak Ekstensi dan Module yang bisa dipergunakan. Jadi, fungsi di Joomla bisa ditambah dengan ini tanpa memprogram sendiri.

Kelebihan Joomla adalah:

Membuat website hingga kelas enterprise

Ini adalah hal yang agak sulit disaingi oleh WordPress. Meskipun Kelas enterprise ini artinya sudah lebih besar daripada sekedar website sekolah yang kompleks sekalipun.

Terus terang saja, saya juga mengenal orang yang memiliki website WordPress dengan pengunjung lebih dari 3 juta orang sebulan. Dan, masih oke – oke saja dengan platform WordPress. Tidak ada kelambatan atau hal lainnya. Tetapi, memang ada modifiksi di beberapa tempat.

Bisa digunakan tanpa mengetahui permograman

Seperti halnya WordPress, Joomla bisa digunakan tanpa kemampuan pemrograman komputer. Kita tetap bisa membuat situs menarik dan dengan fitur yang baik untuk website sekolah.

  • Cara install Joomla

Sekali lagi, jika ada cPanel, maka menginstall Joomla menjadi mudah.

cara install joomla

Kembali kita bisa memilih untuk install Joomla. Ada pilihan disana yang tinggal klik saja.

Setelah itu, akan ada form seperti ini. Kita masukkan informasi dasar serta membuat Administrator User. Selanjutnya ke proses instalasi.

 

cara buat web Joomla

Setelah proses instalasi selesai, kita buat websitenya.

Untuk masuk ke Joomla, kita perlu mengetikkan seperti berikut:

namasekolah.sch.id/administrator/

Untuk WordPress, dengan wp-admin. Di Joomla dengan administrator.

Kita masukkan informasi username dan password. Kemudian login.

Setelah itu, ada semacam dasboard muncul. Disini berupa Admin Area. Disini kita bisa setting apapun yang berkaitan dengan situs kita.

  • Template dan Desain

Meskipun website sekolah, tetapi justru penampilannya harus sesuai untuk mewakili sekolah. Karenanya harus diusahakan untuk menggunakan template yang menarik dan cocok untuk sekolah. Template ini disarankan yang bergaya elegan dan lebih konvensional.

Meskipun, jenis gaya lain yang lebih dinamis juga bisa saja.

Untuk template bawaan atau default, ada 2 macam. Tetapi, desainnya masih yang basic atau dasar saja. Juga, fiturnya terbatas.

Untuk library tema, Joomla tidak menyediakannya yang bisa diakses langsung dari Admin Area seperti WordPress. Tetapi, ada 2 situs yang memiliki database untuk template dan extensions Joomla. Extensions disini seperti plugin di WordPress. Fungsinya untuk menambah fitur dan kemampuan. Misal, slider gambar, animasi, tabel yang menarik dan sebagainya.

Alamatnya ada di : https://www.astemplates.com/free-joomla-templates dan di https://www.joomdev.com/products/templates.

Silahkan membuka keduanya dan Anda bisa menemukan lumayan banyak Template dan Extensions untuk berbagai keperluan.

  • Cara install template

Ada 3 metode atau cara untuk upload template. Ketiganya sebenarnya sederhana saja caranya.

Upload Package File : Caranya adalah drag and drop template yang ada, yang masih dalam kompresi. Setelahnya akan diproses oleh Joomla.

Install dari Folder : Anda bisa mengupload template ke folder yang spesifik yang Anda pilih di dalam akun web hosting kita.

Install dari URL : Kita bisa install langsung dari link yang mengarah ke templat yang kita inginkan.

Untuk menggunakan template, akan lebih baik jika menggunakan template yang ada di situs resminya. Untuk theme pihak ketiga, kita harus – hati – hati dan melihat review yang ada tentang theme tersebut.

  • Konten

Untuk konten yang bisa kita buat di Joomla ada 3 macam.

Artikel : Artikel adalah artikel seperti yang biasa Anda temui setiap hari. Artikel bisa panjang atau pendek. Untuk post, fungsinya juga agak mirip seperti berita terbaru.

Halaman post ini akan turun setelah ada post yang lebih baru.

Page : halamannya akan tetap berada di menu diatas. Seperti WordPress, page bermanfaat untuk membuat halaman tentang, Halaman Guru dan Karyawan. Halaman / page OSIS dan sebagainya.

Untuk kegiatan OSIS sehari – hari misalnya, kita bisa masukkan di post saja.

Media : Media disini adalah gambar dan video. Gambar sebaiknya diberikan alt text serta video juga diberikan deskripsi.

  • Categories atau Kategori :

Kategori adalah pengelompokan untuk post yang ada. Misal, OSIS, atau kategori Pramuka.

Kategori bisa dianggap sebagai kategori utama dari post yang kita buat. Misal, Kategori Pengumuman.

  • Tag

Tag gunanya kurang lebih sama saja dengan WordPress. Sebaiknya kita gunakan Category dan Tag supaya posting – posting kita bisa rapi.

  • Ekstensi dan module

Ekstensi dan modul ini pastinya untuk menambah fungsi di website. Jika hanya menggunakan CMS Joomla saja, pastinya tidak ada fungsi yang spesifik untuk keperluan kita.

Misalnya saja, belum tentu ada fungsi pop up untuk pengumuman terbaru. Misalnya, pengumuman untuk event yang akan berlangsung dalam 3 hari mendatang.

Jika ada pop up, maka pengunjung website pasti diingatkan.

Beberapa Tools / Ekstensi Joomla yang bisa dipergunakan:

Akeeba Backup

Bisa dipergunakan untuk migrasi dan backup website kita. Kemampuan membuat backup ini sangat penting terutama saat menghadapi hacker atau server dengan hardisk yang corrupt.

Minimal, kita masih punya data saat website masih baik – baik saja. Tinggal mengisi lagi beberapa yang rusak.

Kelebihannya, 

  1. Membuat backup website secara penuh.
  2. Merestore backup ke server manapun selama mendukung Joomla. ( Artinya, hampir semua server ).
  3. Bisa melewatkan file atau folder tertentu.
  4. Bisa melewatkan tabel database tertentu.
  5. Ada beberapa format kompresi.

Breezing Forms

Berguna untuk membuiat form kontak yang aman. Untuk interaksi antara pengunjung dengan pihak sekolah atau Admin.

Kelebihan Ekstensi Breezing Forms Joomla

  1. Membuat contact form
  2. Ada captcha supaya aman dari Spam.
  3. Ada form untuk kritik dan saran.
  4. Ada beberapa pilihan contoh formulir

DJ-ImageSlider

Berguna untuk menampilkan gambar dengan slider atau slideshows. Tampilan gambar yang lebih menarik juga akan membuat situs terlihat lebih menarik juga.

Kelebikan DJ-ImageSlider

  1. Bisa dibuka atau kompatibel dengan browser internet utama.
  2. Cara membuat dengan drag and drop
  3. Banyak pilihan untuk custom
  4. Bisa dipasang di page, post atau widget.

JCH Optimize

Ini adalah ekstensi untuk mempercepat loading website. Website yang cepat pastinya lebih disukai pengunjung dan juga Google.

Untuk membuka website lebih cepat. Google juga bisa mengindeks lebih cepat.

Kelebihan JCH Optimize

  1. Bisa menggabungkan file CSS dan JS ke satu file.
  2. Membuat minification dan gzip.
  3. Gambar latar dibuat ke 1 sprite.

CSS termasuk file yang ukurannya tergantung pada cara membuatnya. Jika ada di 2 files, akan lebih besar. Jika penulisannya dengan spasi, akan lebih besar ukuran filenya.

Karenanya, minification bisa menghilangkan spasi yang tidak perlu.

Gzip, tentunya mengkompress file lebih kecil. Gambar – gambar juga bisa dikombinasikan menjadi 1 gambar atau 1 sprite.

Ekstensi Sh404SEF

Ini adalah ekstensi untuk SEO atau Search Engine Optimization di Joomla.

Apa yang dilakukan oleh ekstensi ini adalah membuat website lebih ramah dengan mesin pencari.

Kelebihan Sh404SEF

  1. Mengatur meta description dan judulnya
  2. Tag manager serta bisa terintegrasi Google Analytics
  3. Pengalihan dari halaman 404 ke halaman terdekat
  4. Custom halaman error ( halaman error 404; 500 )

Sebenarnya, error 404 tidak merusak SEO secara langsung. Itu adalah code jika halaman tidak tersedia lagi atau mungkin sudah dihapus.

Tetapi, bisa mengganggu pengunjung.

Ekstensi EasyBlog

Jika diperlukan, bisa juga menggunakan ekstensi ini. Meskipun ada kata Blog, bukan berarti hanya untuk blog saja. Ada fitur – fitur yang bisa bermanfaat untuk sebuah website sekolah secara keseluruhan.

  1. Interface artikel yang baik
  2. Bisa support dengan Google AMP dan Facebook Instan Article
  3. Integrasi media sosial
  4. Tool migrasi. Bisa untuk pindah dari platform CMS lain seperti WordPress.

Google AMP adalah Google Accelerated Mobile Page. Jadi, halaman khusus untuk versi gadget. Jika diaktifkan, maka AMP akan memajang hanya hal – hal penting di gadget. Lebih ringkas dibanding versi responsif biasa.

Tetapi, bisa jadi ada bagian desain yang bagus yang tidak tampil juga. Karena itu, silahkan diaktifkan atau tidak AMP adalah keputusan Anda.

Kalau untuk Google, mereka maunya semua website menggunakan AMP. Hal ini juga mempercepat indeks mereka dan menghemat biaya data mereka juga.

Ekstensi JFBConnect

Ini adalah ekstensi yang berguna untuk login atau menyambungkan pengunjung dengan lewat akun medsos mereka. Misal, login dengan Facebook.

Selain itu, bisa juga sharing artikel dengan FB, Twitter dan IG juga. Selain itu, waktu untuk sharing bisa dijadwalkan. Misal 1 jam setelah diposting di website.

Tetapi, ekstensi ini hanya tersedia versi berbayar saja.

Sistem CMS Drupal

Ini adalah sistem yang sangat fleksibel. Bahkan bisa digunakan untuk membangun website dengan berbagai skala.

Tetapi, Anda harus memahami soal web development.

Jika kita sudah faham, ini adalah CMS yang fleksibel dan enak digunakan untuk berbagai keperluan.

  • Kelebihan CMS Drupal
  1. Paling ideal bagi pengembangan website. Fleksibilitasnya paling tinggi. Ada website yang tidak bisa kita bangun dengan kedua CMS diatas, tetapi bisa kita lakukan dengan Drupal.
  2. Modul Gratis. Ada library lebih dari 40.000 module gratis. Yakin yang Anda perlukan belum ada disini ?
  3. Fokus pada pembuatan dan publikasi konten
Cara instalasi CMS Drupal

Cara menginstall Drupal juga mudah lewat cPanel. Ada tools untuk menginstalnya dengan beberapa klik saja.

cara instalasi CMS Drupal

Kembali kita masukkan beberapa informasi dasar seperti username, password, email dan sebagainya. Klik Install. Setelah itu, website akan jadi dalam waktu singkat.

Cara menggunakan Admin area di Drupal

Kita ketikkan  namasekolah.sch.id/user/login di browser kita. Setelah masuk, kita akan mengubah template website kita.

Repository Drupal memiliki lebih dari 2500 pilihan template. Kita bisa mencari dengan berbagai filter. Misalnya, versi Drupal, status temanya, stabilitas tema, keamanan serta berbagai hal lainnya.

cara membuat website sekolah dengan Drupal

Cara install template CMS Drupal

Klik bagian Appearance pada menu navigasi. Letaknya di atas.

Klik Install new theme

Pastekan URL atau link teme yang ada di online. Atau pilih dari komputer.

Install dan selesaikan prosenya.

konten

Untuk membuat konten atau page, bisa kita lakukan dengan masuk ke bagian Content.

cara membuat website sekolah

Seperti WordPress dan Joomla, Kita bisa membuat konten, Page dan sebagainya.

Bisa mengatur komentar dari pengunjung

Bisa menggunakan file untuk menyimpan gambar atau file lain saat konten sedang dibuat.

Module Drupal

Module adalah semacam plugin atau extension. Gunanya untuk menambah fungsi pada website.

cara membuat website sekolah 2

Untuk contoh diatas saja, ada module untuk ban IP address. Biasanya IP Address yang senang Spam atau pernah mengirim virus.

Ada juga Aggregator atau Automated Cron dan sebagainya.

Kita tinggal pilih sesuai fungsi dan install.

Untuk Modules, ada lebih dari 40.000 modules yang tersedia di repository drupal.

Cara Install module Drupal
  1. Klik pada install new module
  2. Paste URL Module yang online atau upload dari komputer.
  3. Pilih dan klik Install
  4. Meneruskan proses sampai module terinstal

Sekarang, panduan / tips cara membuat website sekolah dengan CMS sudah selesai.

Tetapi, ada tips lain cara membuat website sekolah dengan:

  • Website builder

Membuat website sekolah bisa dilakukan dengan website builder. Website builder ini adalah builder website bawaan dari hosting bersangkutan. Biasanya, cara penggunaannya agak mirip dengan CMS. Tetapi, bedanya tidak bisa kita pindahkan ke server lainnya.

Untuk website builder, ada juga fitur semacam plugin dan template. Jadi, ada cara untuk menambah fungsinya.

Website builder ini umumnya mudah dipergunakan. Bahkan, mudah untuk pemula. Tetapi kekurangannya ada satu. Hasil websitenya sulit dipindah ke server penyedia server lainnya.

Jika suatu saat kita ingin migrasi ke server yang lebih cepat, akan sulit memindah satu website secara utuh.

  • Website hasil coding sendiri

Website hasil coding sendiri adalah website yang paling custom. Anda bisa membuat website sesuai dengan keperluan Anda. Serta, dengan fitur apapun yang Anda suka.

Tips lain cara membuat website sekolah

Tips untuk memaksimalkan website sekolah. Ada beberapa hal yang terlihat penting saat membuat website sekolah.

  • Penggunaan lebih penting daripada estetika

Memang estetika sangat penting. Tetapi kemudahan penggunaan dan navigasi lebih penting lagi.

Struktur navigasi memang terserah kita untuk membuatnya. Tetapi memang harus dibuat supaya mudah digunakan.

Jika kita membuat halaman “Soal latihan matematika” misalnya, Pastikan soal semua kelas sudah ada di daftar. kemudian, bahan setiap semesternya juga.

Akan tidak baik jika ada bahan latihan yang tercecer dan muncul di halaman milik guru matematika. Tetapi tidak ada di halaman soal secara umum.

Agak berbeda jika bahan soal pelajaran ada di halaman milik guru pengampu pelajaran masing – masing. Termasuk, soal latihan matematika.

Tetapi, sebaiknya juga dibuat secara sistematis supaya mudah dicari.

  • Mudah dibaca dengan layout sederhana

Layout yang rumit menyulitkan navigasi. Selain itu, tulisan perlu mudah dibaca. Selain layout, warna juga tidak boleh terkesan membuat ribet dan rumit.

Saat ini, desain elegan yang terlihat sekali pada pandangan pertama sudah cukup. Setelah itu, konten dan navigasi yang profesional.

  • Menggunakan alur navigasi yang intuitif pada Homepage

Kita tidak bisa memasukkan semua hal penting di halaman pertama. Kita harus menempatkannya sesuai intuisi pengunjung. Jika ingin soal – soal misalnya, harus meng-klik di bagian soal atau halaman guru masing masing.

Atau, bisa juga klik di bagian silabus. Cara ini akan ( sangat ) mengurangi kesan ribet di halaman depan.

  • Ada berbagai fitur untuk memudahkan

Kita mesti menggunakan fitur form yang akurat. Yang bisa diisi dengan mudah. Jika perlu, diberi petunjuk cara mengisinya.

Terkadang terjadi, mengisi form salah, kemudian tidak bisa dihapus. Karena memang tidak ada menunya. Tetapi mengisi ulang yang benar. Akhirnya yang memeriksa menjadi repot sendiri dan menambah pekerjaan.

Masalah lain lagi, Form yang tidak bisa disave dengan mudah. Jika ada isian yang salah, form tidak mau disimpan. Tetapi, cara mengisinya tidak dijelaskan.

  • Memasang petunjuk cara pendaftaran dan semacamnya

Petunjuk cara pendaftaran siswa baru atau pendaftaran ulang sekolah penting. Bahkan sangat penting untuk dimuat. Selain itu, perlu juga petunjuk untuk prosedur ujian, baju yang digunakan pada hari tertentu. Jadwal rutin untuk ekstrakurikuler dan sebagainya.

Jika kegiatan sekolah sudah rutin dan ada cara kerja tertentu, sangat disarankan untuk dimasukkan.

Jika prosedurnya berubah, isinya tinggal kita ubah juga.

  • Memasang halaman Frequently Asked Questions ? atau FAQ / Pertanyaan yang sering diajukan.

Pertanyaan ini sebaiknya dikelompokkan berdasar katagori. Tetapi, bisa juga dimasukkan saja dalam 1 tempat.

Jenis pertanyaannya, misal cara menggunakan website, atau pertanyaan lain yang tidak ada pada petunjuk diatas. Dan, tidak sepenting diatas.

  • Profil Sekolah

Profil sekolah harus ada di website. Selain itu, bisa juga ditambah profil kepala sekolah atau lainnya seperti profil guru dan karyawan.

  • Peta sekolah

Saat ini, tidak bisa tidak kita harus membuat peta sekolah di website sekolah. Bagaimanapun, orang akan lebih senang sekedar mengetahuinya. Belum lagi yang memiliki kepentingan bertamu.

  • Kontak sekolah

Salah satu hal penting lain untuk masuk web sekolah adalah kontak sekolah. Alamat ( dengan peta ), nomor telepon, fax dan juga e-mail resmi sekolah. Jika ada nomor WA sekolah, boleh saja.

  • Galeri

Saran kami, sebaiknya, ada juga foto orang tua siswa di galeri. Hal ini membuat sekolah lebih terasa membumi.

Untuk galeri foto kegiatan, rugi besar jika tidak ada.

  • Jangan hanya memuat informasi sekolah

Sekali – sekali, kegiatan di luar sekolah juga dimasukkan. Misal kegiatan untuk kecamatan setempat atau 17 an.

Cara ini membuat masyarakat disekitar Anda merasa lebih dekat dengan sekolah.

  • Harus memiliki media sosial

Ini adalah hal yang juga jangan ditawar lagi. Anak – anak sekolah itu memiliki medsos. Sebaiknya sekolah juga memiliki akun media sosial.

  • Konten sering diupdate

Jangan lupa untuk mengupdate konten jika akan ada kegiatan, saat kegiatan atau mungkin setelah kegiatan.

Website sekolah yang rajin update juga lebih baik karena informasinya lebih baru.

Untuk calon siswa dan orang tua mereka, pastinya juga bisa menilai sekolah Anda dari kegiatannya juga.

Inilah beberapa tips tentang bagaimana cara membuat website sekolah dari kami. Anda bisa membuatnya sendiri atau kami buatkan saja, boleh juga. Silahkan menghubungi LAWANG TECHNO di WA 08180 – 4 – 1010 – 72 sekarang juga !

Salam sukses luar biasa !

Leave a reply