12 Jun

Cara Membuat Video di HP dengan Kinemaster

Cara Membuat Video di HP dengan Kinemaster

Ingin tahu cara menggunakan aplikasi KInemaster bagi pemula? Ada tutorial kinemaster disini. Cukup lengkap untuk dasar – dasarnya.

Video serta foto bisa kita buat menjadi 1 video yang keren. Kita upload di Youtube untuk alasan eksis atau seperti saya. Bisa mendapat penyimpanan gratis yang mudah didownload lagi ketika butuh.

Tetapi, jika memang ada pengunjungnya, rasanya juga akan lebih puas. Karena itulah, membuat video kita tampak lebih keren, dengan transisi atau efek, pastinya akan lebih baik. Kita sebagai pemilik juga akan terlihat lebih profesional.

Untuk akun medsos, video juga lebih disukai. Sekarang ini, video mendapatkan tempat yang baik di medsos. Bahkan, jika internet semakin kencang ( dan murah ), video akan semakin mendapat tempat yang lebih luas.

Saat ini, mengikuti trend, banyak aplikasi yang dibuat. Khususnya yang diperuntukkan untuk editing video serta gambar.

Banyak juga aplikasi yang dibuat untuk dipergunakan di smartphone. Fitur yang ada juga cukup lengkap. Meskipun, keterbatasan jelas ada.

Yang utama, biasanya soal presisi. Misalnya, memotong atau menghilangkan background. Pasti beda jika dilakukan dengan mouse dan laptop dibanding dengan jari. Sentuhan kita tidak sepresisi hasil di laptop.

Tetapi, kesempatan dan kemampuan untuk melakukan edit video atau gambar di HP, jelas sangat bermanfaat. Kita tidak selalu gampang mengakses laptop. Misalnya, saat di perjalanan.

Bagaimanapun juga, saat ini teknologi HP sudah canggih. HP murah 1 jutaan sudah lebih cepat dibanding komputer tahun 2000 tengah yang canggih. Kita, sekarang bisa mengambil video di HP, mengedit, dan mengupload dengan kualitas yang layak untuk dilihat banyak orang. Ini hal yang sangat penting. Kedepan, tentunya akan semakin meningkat.

Baca Juga :   Cara Mengaktifkan Mode Gelap Instagram Dan Whatsapp

Aplikasi video editor, saat ini sangat banyak. Misalnya, Camtasia, FilmoraGo, Windows Movie Maker untuk PC dan juga Kinemaster. Yang terakhir disebut ini akan kita bahas disini.

KineMaster Adalah

KineMaster adalah aplikasi edit video yang tersedia untuk Android dan juga iPhone ( iOS ).

Aplikasi ini dibuat perusahaan di Seoul dan juga memiliki cabang di USA, Spanyol, China dan Taiwan.

Hingga saat ini, pengguna KineMaster telah mencapai jutaan untuk iOS dan Android. Untuk perusahaan pembuatnya, NexStreaming, mereka juga telah menghasilkan banyak aplikasi. Misalnya saja NexPlayer. Yang terkini, tersedia untuk HTML5. Serta, ada juga Android TV.

Antarmuka KineMaster

Untuk antarmuka dan fungsi, KineMaster hanya memberikan fungsi yang “powerful” saja.

Cara Membuat Video di HP dengan Kinemaster

Untuk antarmuka depan, hanya ada 4 tombol utama. Tombol merah bundar besar adalah tombol untuk masuk. Tombol dengan roda gerigi adalah tombol pengaturan. Yang tanda tanya adalah tombol bantuan. Untuk yang bergamabar ( ikon ) rumah adalah tombol toko. Disini kita bisa mendapatkan elemen penunjang misalnya audio.

cara menggunakan aplikasi KInemaster bagi pemula

Saat pertama membukanya, kita langsung masuk ke tampilan landscape. Untuk pengaturannya, tombol dan tampilan terkesan sederhana. Tampaknya, pembuat KineMaster memang hanya dibuat oleh para programer. Ya, mereka jagoan tetapi kelihatannya kurang sentuhan desainer disana. Agak terkesan kaku. Bagi yang merasa tertarik jika harus melihat barang yang blink – blink, maka KineMaster bukan seperti itu.

Kita baru akan terkesan jika sudah menggunakan berbagai fiturnya yang sangat bagus.

Fitur KineMaster

Ada 2 tipe project yang mengawali pembuatan video di KineMaster. yang ertama adalah Project Assistant dan yang kedua adalah Empty Project.

Untuk pemula, lebih mudah menggunakan Project Assistant. Disana memberikan rangkaian pembuatan video step by step. Setiap langkah dari awal sudah ada rangkainnya. Jadi tinggal Anda ikuti setiap proses yang ada untuk mengedit / membuat video.

Empty Project adalah proyek baru juga. Tetapi dari nol. Apa yang perlu dilakukan terserah Anda sendiri. Tidak ada urutan untuk diikuti. Artinya, tidak ada “pelajaran” atau tutorial yang bisa didapatkan.

Baca Juga :   Cara Menghilangkan Noise Pada Video

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Kinemaster Bagi Pemula

Yang termudah, mengikuti panduan step by step di bagian Project Assistant.

Anda membuat project baru dengan memilih project assistant ini. Jadi, akan dipandu cara memilih video. Kemudian, dipandu dan diarahkan untuk menggunakan filter. teks, dan berbagai fungsi lainnya.

Setelah hafal, bisa mengulang sendiri dan mulai mengerti membuat Empty Project. Atau, mengedit sendiri sesuai keperluan. Misal, hanya menambah text saja.

Kelebihan KineMaster:

Kelebihan lainnya, KineMaster memiliki banyak fitur yang bisa kita pergunakan. Misalnya:

  • Mendukung Banyak Media

KineMaster mendukung banyak format video yang bisa dihasilkan HP. Meskipun, tidak mendukung semua format video juga.

Kita bisa memilih video dari folder tertentu, tidak bisa. Juga, video kita akan ditampilkan semua.

Untuk folder buatan KineMaster, ada 3 folder yang bisa dipergunakan. Background, Favorite dan Cloud Storage.

  • Memiliki Banyak Tema

Anda bisa memilih Theme atau tema dengan pilihan Basic, On-Stage, Serene dan juga Travel.

  • Pilihan Teks

Kita bisa menambah teks pada video kita. bisa untuk pembuka, penutup serta ada pilihan editing untuk teks. Jadi, lumayan juga untuk dipergunakan.

  • Menambah Audio di Video di HP

Untuk audio, kita bisa memilih mulai dari toko di KineMaster hingga pilihan di perangkat gawai kita. Untuk pilihan dari KineMaster, ada Music Assets dari Store / Toko dan juga SFX Assets.

Selain itu, bisa juga memilih untuk merekam suara jika diperlukan.

cara mengganti suara di video menggunakan aplikasi KInemaster di HP bagi pemula

  • Tools Editing Lengkap

Sekarang, jika video, text dan juga suara sudah dipilih. Kita bisa mengaturnya di jendela editing utama.

Fitur yang ada disini banyak. Misalnya saja:

Banyak layer. Bisa membuat video dengan berbagai Lapisan / layer supaya efeknya lebih keren.

Voice Over. Menampilkan suara lain diatas video.

Sharing.

Cut, Copy video dan Crop. Tentunya, bisa copy dan paste video dengan mudah juga.

Baca Juga :   Cara Membuat Animasi Tombol Subscribe Youtube dan Lonceng

Filter Warna.

Color Adjustment. Bisa mengatur warna, kecerahan, lebih bluish atau kemerahan dan sebagainya.

Vignette.

Trimming. Memotong video.

Split. Membagi video

Rotate. Memutar video

Record. Merekan dari kamera atau camcorder.

Drag & Drop. Bisa melakukan edit dengan klik, tahan dan tarik ke jendela yang diinginkan.

Capture Frame. 

Duplicate.

Undo / Redo. Mempermudah editing. Jika jelek, di – undo saja. Atau sebaliknya.

KineMaster ini memang memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Ditambah dengan fitur panduannya pada Project Assistant , maka akan lebih friendly atau ramah untuk pengguna pemula. Saran kami, jika Anda baru dan ingin menggunakannya, mulailah dengan Project Assistant. jadi, ada yang memandu apa saja yang diperlukan untuk cara edit video di HP. Sekian, semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

5/5 - (1 vote)

Leave a reply