08 Jul

Cara Membuat Stylus Pen Sendiri

Ketika perlu bekerja dan menggunakan sarung tangan, sering kita sulit menggunakan layar sentuh. Karena itulah kita memrlukan stylus pen. Tetapi, stylus standar bisa rusak juga. Membeli universal bisa. Tetapi, ternyata membuat sendiri juga bisa. Jadi, bisa menjadi proyek kecil yang menarik bagi Anda yang suka utak – atik membuat alat.

Sebelumnya, kita harus jenis mengenal layar sentuh kita dahulu.

Layar sentuh kapasitif tidak bisa digunakan dengan stylush. Untuk iPhone, iPad, Kindle, Android dan banyak jenis ponsel pintar layarnya kapasitif. Dan, hanya bisa disentuh manusia.

Layar sentuh resistif  perlu tekanan untuk mengenali tempat kontaknya. Tekanan ini bisa dibuat dengan tubuh atau dengan benda apapun. Misalnya tutup pulpen. Jika layar merespon sentuhan tutup pulpen, maka layar itu adalah jenis resistif.

Sekarang, masuk ke bagian cara membuat stylus pen sendiri.

Cara membuat stylus pen untuk Android sendiri dengan mudah

Ada beberapa jenis stylus pen yang akan kita buat. Stylus pen spons, stylus pen DIY aluminium, dan stylus pen sumpit kayu.

  • Cara mudah membuat stylus pen sendiri dengan spons

Untuk membuat stylus dengan spons, yang pertama kita siapkan bahannya.

Spons bersih

Balpoin

Gunting

Kemudian, potong spons dengan lebar sesuai balpoin. Pada bagian yang menyentuh layar, perlu dilapis spons supaya layar tidak tergores.

Buka balpoin. Lepaskan isinya. masukkan spons hingga penuh kedasar. Biarkan ujung spons keluar kita – kira 0,6 cm dari ujung boloin. Bentuk dan lembutkan dengan menggunakan jari.

Baca Juga :   Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop / Komputer Tanpa Kabel USB

Stylus ini lebih baik fungsinya jika dipegang dari dekat.

  • Cara mudah membuat stylus pen sendiri dengan aluminium

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat stylus dengan aluminium foil.

Lembaran aluminuim foil ukuran 30 cm

Selotip

Pisau

Pensil

Untuk pensil, kita raut tetapi jangan sampai tajam. Bisa merusak layar HP. Kita bisa merautnya dengan pensil dan bukan dengan rautan pensil biasa.

Yang penting, ujung stylus ini nantinya datar. Karena itu juga, sebaiknya menggunakan pensil yang tidak terlalu keras saat diraut.

Pada bagian ujungnya, harus ada ujung dengan ketajaman sekitar 4 ml. Ujung ini bisa dibentuk dengan menggunakan pisau. Kemudian, perlu kita buat supaya permukaan diujung halus. Bisa dihaluskan dengan ampelas / kertas amplas. Ujung yang berkerut membuat sentuhan tidak rata dan kurang terbaca.

Sekarang, stylus DIY ( Do It Yourself ) ini sudah bisa dipergunakan. Tetapi, bisa kita hias dengan aluminium foil supaya terlihat rapi. Supaya alumium ini kuat, maka perlu ditambahkan selotip.

Untuk ujung stylus, bagaimanapun tetap terbuat dari bahan yang aslinya tajam. Karenanya, kita lindungi dengan selotip bahan scotch.

Jika ternyata stylus belum lancar, artinya ujungnya kurang datar. Dan perlu didatarkan lagi.

  • Cara mudah membuat stylus pen sendiri dengan sumpit kayu

Beberapa bahan yang disiapkan untuk membuat stylus dengan sumpit kayu.

Sumpit

Kertas amplas

Selotip

Pisau tajam

Cat

Salah satu cara mudah membuat stylus adalah menggunakan kayu sumpit. Bentuknya sudah sesuai. Tinggal dihaluskan ujungnya saja. Ukurannya juga tidak terlalu besar dibanding stylus asli. Bisa dipotong jika dirasa terlalu panjang.

Untuk membentuk ujungnya, yang termudah adalah menggunakan pisau tajam. Jika dengan peraut pensil, maka cemderung menghasilkan ujung yang sangat runcing.  Sedangkan yang kita butuhkan, adalah ujung tumpul dan halus. / Datar.

Baca Juga :   Membersihkan Karang Gigi yang Efektif – Begini Lho Caranya

Jika menggunakan peraut pensil elektrik, maka akan mudah patah sumpitnya.

Setelah di peruncing, tetapi tidak runcing sekali. Maka kita haluskan dengan ampelas kertas.

Stylus ini bisa jadi punya warna seperti sumpitnya. Itu jika sumpit kayunya berwarna. Jika tidak, maka bisa dihias sendiri. Misalnya dengan menggunakan kertas warna.

Tentusaja, Anda berfikir ada bahan lain yang bisa dijadikan stylus. Bisa saja. Selama ujungnya jangat terlalu runcing dan merusak layar. Juga, ujungnya halus atau bisa dihaluskan.

Cara membuat stylus pen untuk layar resistif sebenarnya mudah. Cara ini bisa diterapkan dengan mudah. Dan tidak perlu waktu lama untuk stylusnya jadi.

Cara untuk membuat stylus pen untuk layar kapasitif bisa saja dilakukan. Tetapi tidak terlalu praktis. Kita bisa menggunakan stylus spons dan dibasahi. Kemudian dilapis dengan aluminium foil.

Layar kapasitif membutuhkan induksi dan hantaran listrik. Jadi, stylus untuk layar kapasitif kita harus menghantarkan listrik juga. Atau menjadi “perpanjangan” dari tubuh kita.

Nah, itulah cara untuk membuat styluspen untuk Android. Semoga bermanfaat. Salam sukses luar biasa!

5/5 - (2 votes)

Leave a reply