29 May

Cara Diterima Prakerja

Tips bagaimana cara mendapatkan kartu prakerja pada masa pandemi covid-19 ini. Bagaimana mendapat manfaat lebih besar dengan kartu prakerja Anda.

Kartu prakerja adalah kartu untuk para pencari kerja atau mereka yang baru diputuskan hubungan pekerjaan. Prakerja memberikan pelatihan secara online untuk mendapatkan kompetensi yang diperlukan pada dunia kerja. Atau, dunia bisnis.

cara diterima kartu prakerja gelombang 17Prakerja gelombang ke 17 ada insentif yang diberikan sebesar Rp. 600.000 setiap bulan. Untuk 4 bulan. Jumlah ini diharapkan mampu menyokong para pencari kerja sebelum benar – benar mendapatkan pekerjaan dan penghasilan sendiri.

Gelombang ke 17 ini rumornya dikatakan akan dibuka segera setelah tulisan ini ditulis tanggal 29 Mei 2021. Saat ini tampaknya semua gelombang sebelumnya sudah hampir selesai dievaluasi.

Kartu Prakerja gelombang 17 ini memasukkan jatah dari mereka yang dibatalkan pada gelombang sebelumnya. Pembatalan terjadi karena tidak segera ikut pelatihan setelah diterima dan soal lainnya. Jadi, ada semacan “rekap” dari gelombang terdahulu. Jatah mereka yang batal saat lalu dimasukkan untuk kuota peserta baru di gelombang 17 ini. Karena itu, ada jeda agak lama pendaftaran gelombang 16 dan 17 prakerja.

Untuk selanjutnya, ada rencana program prakerja mungkin akan dilanjutkan ( setelah pandemi ). Tetapi, tanpa insentif. Selain itu, para PNS atau karyawan juga boleh ikut supaya mereka juga bisa meningkatkan kompetensi mereka. Jadi, prakerja setelah pandemi adalah untuk mendapat kompetensi yang penting untuk mengembangkan diri kita. Dan, boleh diikuti oleh orang yang sudah bekerja tetapi ingin kompetensi lebih untuk karirnya.

Khusus saat ini, gelombang 17 yang hampir dibuka. Gelombang 17 prakerja ini masih ada insentif. Untuk Gelombang 17 berlaku untuk mereka yang TIDAK sedang sekolah formal.

Sekarang, bagaimana cara supaya diterima prakerja

Cara diterima kartu prakerja

Daftar Isi

Yang pertama, adalah dengan memenuhi persyaratan untuk peserta prakerja

  • Harus WNI

Syarat pertama adalah WNI dan memiliki KTP serta Kartu Keluarga di Indonesia. Untuk 1 kartu keluarga, maksimal hanya ada 2 orang yang bisa mengikuti prakerja. Ini adalah aturan pada gelombang 12 hingga kini. Tentu, tujuannya supaya insentif ini lebih tersebar secara merata di masyarakat.

  • Usia 18 tahun keatas

Adalah usia minimal untuk mendapatkan kartu prakerja. Ini juga merupakan usia untuk bekerja secara resmi di Indonesia. Tentu saja, di usia 16 tahun Anda boleh membuka cafe sendiri. Tetapi, jika bekerja pada orang, status menjadi pekerja anak. Dan tentunya rawan akan eksploitasi terhadap anak.

  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal

Jadi, peserta tidak sedang sekolah atau kuliah di sekolah formal.

  • Lolos verifikasi dan test

Ada proses verifikasi serta test yang diadakan oleh prakerja. Test ini ada test psikologi dan test kemampuan dasar.  Tentu saja, peserta tidak harus orang spesial supaya lulus. Tetapi, dimanapun test psikologi, minimal peserta harus terlihat sebagai orang yang bersungguh – sungguh dalam melakukan pekerjaan.

  • Mendaftar

Tentu saja, Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebelumnya. Nah, untuk cara pendaftaran ini ada beberapa yang harus dipersiapkan.

Cara mendaftar prakerja hingga berhasil diterima

Masalah utama situs pemerintah, biasanya pengaksesnya banyak. Jadi, terkadang terasa lemot. Apalagi prakerja ini, pengaksesnya total tentu jutaan. Jadi, bisa mencapai puluhan ribu orang untuk 1 waktu. Tetapi, cara pendaftaran yang ada cukup sederhana dan tidak ribet.

Jika sudah berhasil mengakses, Anda perlu mendaftar. Pendaftaran ini mensyaratkan nomor HP, email yang masih berlaku, juga nomor KTP dan nomor KK.

Untuk nomor KTP dan KK, jika ada salah, maka tidak akan tersambung. Jadi, karena data kependudukan pemerintah tampaknya sudah lebih terintegrasi.

Baca Juga :   4 Kegunaan Dari Kabel Fiber Optic

Oke, secara urutan, Anda sebaiknya melakukan seperti dibawah.

  • Menyiapkan laptop

Sebisa mungkin Anda mendaftar dengan laptop. Ini karena tampilan layar besar dan mudah di klik tombol – tombolnya. HP berlayar lebih kecil dan jauh lebih rawan salah isi.

  • Menyiapkan foto KTP / Scan dan Foto selfie dengan KTP

Ini adalah data yang harus diupload ke situs prakerja.go.id. ( https://dashboard.prakerja.go.id/daftar ) Jadi, perlu memepersiapkan semuanya supaya lancar tanpa terputus proses dan tidak perlu mengulang lagi.

  • Menyiapkan nomor HP aktif

Akan ada verifikasi nomor HP. Jadi, silahkan menggunakan nomor HP ini hingga semua proses prakerja selesai. Termasuk proses pelatihan dan sebagainya. Jangan mengganti nomor HP sebelum semua selesai.

  • Menyiapkan email aktif

Ada verifikasi email selain verifikasi nomor telepon. Jadi, pastikan email kita aktif. Yang pasti, buka dahulu email yang akan kita gunakan. Jika bisa kita akses, baru kita gunakan email tersebut. Pastikan kita tidak lupa password dan memperlama proses yang perlu dilakukan.

  • Menyiapkan kuota internet yang cukup, jangan lemot dan terputus ditengah jalan sebelum selesai

Ini juga hal penting. Ingat bahwa jumlah pengakses prakerja.go.id banyak. Bahkan total mungkin jutaan orang. Jadi, jangan sampai internet Anda terhenti saat proses pendaftaran masih ditengah jalan.

Jika tidak yakin dengan internet Anda, mungkin Anda bisa menyiapkan wifi dari HP saudara atau teman.

Jika semua sudah Anda siapkan, silahkan :

  • masuk ke: https://dashboard.prakerja.go.id/daftar

Silahkan mulai mengisi data – data seperti yang diminta. Anda sebaiknya mencatat password yang Anda gunakan. Jangan sampai tidak bisa masuk saat diperlukan.

  • Cek email

Anda akan mendapat pengiriman email untuk verifikasi.

  • Login kembali

Anda perlu login lewat link dari email verifikasi dan dengan password yang sudah Anda buat sebelumnya.

  • Mengikuti proses lainnya

Setelah proses verifikasi email, maka akan ada berbagai proses lain. Misalnya memasukkan foto atau scan KTP dan sebagainya. Anda ikuti saja semua.

  • Ikut test

Setelah mendaftar Anda perlu ikut test psikologi dan kemampuan dasar. Pada test ini, sebaiknya dikerjakan dengan sungguh – sungguh supaya hasilnya juga terlihat bersungguh – sungguh. Untuk yang namanya test, mungkin Anda memerlukan alat tulis. Mungkin juga tidak. Tetapi, lebih baik dipersiapkan alat tulis.

Baca Juga :   Aplikasi Pendukung Whatsapp Yang Harus Dimiliki

Inilah panduan cara diterima mendaftar kartu prakerja. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply