13 Jan

Apakah bedanya Website dengan Blog dan Mana Yang Harus Dipilih?

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Apakah bedanya Website dengan Blog dan Mana Yang Harus Dipilih?

 

  1. Beda antara Blog dan Website

Banyak calon blogger dan webmaster pemula yang menanyakan hal ini. Jawabannya mungkin secara teknis dan fungsi awalnya  berbeda antara website dan blog. Namun, saat ini keduannya bisa menjadi mirip juga.

Pada awalnya, website dipergunakan untuk menggambarkan sebuah site yang statis. Site ini memiliki halaman depan yang kurang lebih sama dan hampir tidak pernah berubah.

Blog, dilain sisi berawal dari media untuk menuangkan tulisan di internet. Tulisan ini biasanya singkat dan biasanya penulisnya menulis tulisan semacam ini cukup sering atau bahkan setiap hari. Tulisan ini bisa berupa catatan tentang hal tertentu, catatan harian perjalanan atau tulisan ringkas lain yang biasanya dibawah 2000 kata. Karena setiap hari ada kejadian baru, maka tulisan blog bisa bertambah setiap hari juga. Ini berbeda dengan website yang lebih statis.

Contoh blog yang paling baik barangkali adalah blogspot. Untuk Blogspot kita hanya perlu mengisi artikel setiap hari dan menambah media berupa gambar atau video yang bisa kita embed dari youtube.

Merapi Hosting bisa menjadi contoh yang baik untuk membedakan blog dan website. merapihosting.com sendiri adalah website layanan pendaftaran domain dan pembelian / sewa hosting. Namun pada bagian footer terdapat artikel yang memuat tulisan blog yang dibuat setiap hari.

Namun, perbedaan ini kini semakin kabur seiring tuntutan para pemilik website sendiri yang mengharapkan hal yang lebih. Untuk website suatu pemda, anda bisa dengan mudah mendapatkan suatu website dengan tampilan depan yang statis ditambah dengan artikel yang selalu baru seperti blog. artikel ini juga tampil di halaman utama namun fungsi utama website suatu Pemerintahan Daerah tersebut tetap sebagai website.

  1. Mana yang Harus Dipilih, Blog atau Website?

Semua kembali kepada keperluan anda

  1. Untuk keperluan profesional, Saran kami tentunya, milikilah website.

keperluan profesional ini bisa berupa berjualan online, website Company Profile, website sekolah dan sebagainya.

Namun, isi juga dengan artikel mengenai kegiatan yang dilakukan atau penawaran produk baru juga. Disini, artikel yang ada akan membantu website anda untuk terindeks lebih baik di search engine dan meningkatkan jumlah pengunjung.

  1. Untuk anda sendiri, pilihan mempergunakan website atau blog adalah ditangan anda. Anda bisa saja menulis suatu blog setiap hari jika anda lebih nyaman. Atau anda bisa memilih suatu website yang lebih statis jika anda kurang memiliki waktu untuk menulis atau mendapatkan sumber tulisan dari pihak lain.
  2. Untuk keperluan menjadi publisher adsense dan sebagainya, maka memiliki blog sudah mencukupi.

Saat ini, banyak platform blog yang bisa dibuat menjadi platform website yang statis. Anda bisa memulai mempergunakan Content Management System (CMS) wordpress untuk keperluan tersebut. WordPress ini mudah dipergunakan namun sangat flexibel.

WordPress mulanya adalah platform blog juga. Tetapi hari ini fiturnya sangat lengkap. Apalagi jika anda menambahkan plugin dan theme yang baik, wordpress bisa berubah menjadi suatu website yang 100% untuk keperluan profesional dan formal.

Anda bisa meluangkan waktu untuk membaca tutorialnya di internet yang banyak jumlahnya.  Ada juga video yang bisa anda pilih. Namun, jika anda berharap website anda segera online dan tampil profesional, maka anda bisa menghubungi merapi hosting untuk desain dan penawaran harga terbaik.

Sealin wordpress, CMS lain yang baik untuk mebuat website atau blog adalah Drupal dan Jomlaa. Keduanya cukup banyak dipergunakan oleh pengembang website untuk membuat website bagi klien mereka.

Untuk jaman now, terdapat trend baru yaitu video blogging atau vlog. Untuk keperluan ini, anda lebih baik meng-upload video anda di youtube dan meng-embed di blog anda. Cara ini akan menghemat ruang penyimpanan data server anda dan bandwidth server anda juga.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply