08 Oct

9 Mitos Umum WordPress dan Penjelasannya

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

9 mitos umum wordpress dan penjelasannya. Artikel ini kami tulis karena ada orang yang tidak mau menggunakan wordpress. Ada beberapa mitos umum tentang wordpress. Meskipun mitos – mitos tadi tidak benar, tetapi banyak yang meyakininya.

Ada sebagian yang kemudian memilih platform yang ribet untuk situs yang sederhana. Misal, hanya menambah posting saja harus mengganti code program. Hasilnya, pasti ribet dan mahal.

Jika sudah terlanjur memilih bukan wordpress, bisa membuat biaya kita membengkak. Jadi, inilah penjelasan tentang beberapa mitos wordpress.

Beberapa mitos wordpress:

  • WordPress hanya cocok untuk blog.

Awalnya wordpress diciptakan sebagai sarana untuk nge-blog oleh penciptanya. Tetapi kini telah menjadi platform website builder yang sangat lengkap dan handal.

Jika ingin membaca lebih lanjut, ini adalah sejarah lengkap wordpress.

Sekarang, wordpress digunakan untuk situs corporate, membangun situs online store, majalah online dan bahkan digunakan oleh gedung putih, berbagai universitas dan sebagainya.

beberapa surat kabar terkemuka di Amerika juga menggunakan wordpress seperti “The New Yorker.”

Ada lagi? Banyak! ada sekitar 40 perusahaan fortune 500 yang situsnya menggunakan wordpress!

WordPress sebenarnya sangat fleksibel untuk digunakan sebagai situs perusahaan.

Anda tahu, bahkan “Microsoft News Center” menggunakan wordpress?

Jika Microsoft menggunakan wordpress, maka mengapa kita tidak menggunakannya?

  • WordPress tidak aman

WordPress sebenarnya sangat aman. WordPress sendiri dibuat oleh banyak kontriburor ahli. Jadi pasti banyak orang yang mengaudit keamanannya.

Jika software khusus dikatakan lebih aman, itu karena alasan software tersebut hanya diketahui codingnya oleh sedikit orang. Tetapi, coba kita gambarkan:

  • Instalasi militer dengan prosedur keamanan standar tetapi dijaga oleh banyak profesional. 
  • Sebuah rumah di lokasi rahasia. Dibangun untuk menyimpan uang atau dokumen rahasia dengan keamanan yang diatur sendiri oleh pemilik rumah.

Mana yang lebih aman?

Kita tidak bisa mengatakan yang kedua pasti lebih aman. Banyak faktor yang berperan disana.

Faktanya, ada banyak fitur keamanan yang dahulu masih terlupakan kini sudah dibenahi. Ada tutorial keamanan tambahan yang dahulu berlaku kini di 2018 tidak diperlukan. Pengembang wordpress sudah melengkapinya tanpa harus kita tambahkan sendiri.

Bahkan jika keadaan darurat, saya yakin pasti lebih banyak orang yang ingin keamanan model instalasi militer tadi.

  • WordPress tidak cocok untuk toko online.

Faktanya, kita bisa membuat situs e-commerce atau marketplace sendiri menggunakan wordpress.

WordPress memang tidak memiliki shopping cart untuk order otomatis. Tetapi, ada plugin untuk membuatnya secara gratis.

  • Masa depan wordpress tidak pasti.

Open source bukan berarti tidak memiliki masa depan. Faktanya, kini ada ribuan orang, pengembang wordpress, plugin, theme dan sebagainya yang mendapat penghasilan dari wordpress. Mereka, secara aktif juga berkontribusi mengembangkan wordpress.

  • Dukungan untuk wordpress terbatas.

Kita memang tidak mendapatkan dukungan dari wordpress secara langsung jika ada masalah. Tetapi bukan berarti dukungan tidak ada. Banyak malah. Bahkan sebagian besar gratis.

Memang situs yang bermasalah tidak akan mendapat penbenahan secara langsung saat dibutuhkan. Misal, saat kena de-face atau penggantian halaman beranda oleh hacker, situs kita tidak akan diperbaiki oleh wordpress secara langsung. Tetapi, kita bisa meminta penyedia sewa hosting kita untuk menghilangkan hack tersebut. Biasanya sih gratis.

Meskipun begitu, untuk menseting kembali, kita perlu melakukannya sendiri. Tetapi, ada puluhan ribu anggota komunitas wordpress yang telah menghasilkan puluhan atau bahkan ratusan solusi untuk masalah sejenis yang kita alami.

Kita tinggal memilihnya saja.

  • Karena gratis, pasti kualitas wordpress rendah!

Apa yang penting dari konsep open source software?

Software ini pasti ditulis dengan standar yang paling baik. Semua yang terlibat disana pasti mudah membaca, mengedit serta menambahkan code program sendiri.

Instalasi listrik yang baik adalah yang pengkabelannya mengikuti standar. Modul – modul mudah ditambahkan tanpa mengurut kabel dari awal. Semua orang tahu dimana sesuatu harus ditempatkan, dengan cara penempatan yang benar.

Untuk peralatan mekanikal, kita faham bahkan sampai ke standar sekrup yang digunakan. Ukuran minimal untuk beban tertentu. Kemudian ukuran dan jumlah alur sekrup yang ada.

Ini adalah standar yang digunakan untuk wordpress.

Untuk theme serta plugin, selalu ada developer yang belum mampu mengikutinya. Tetapi, theme dan plugin premium, minimal populer, secara umum sudah mengikuti standar ini.

Karena mengikuti standar, theme dan plugin populer tadi bisa diterapkan tanpa error ke banyak situs dan menjadi populer.

Saat ini wordpress digunakan oleh CNN, Microsoft, Adobe, Bloomberg dan juga The New York Times disampaing yang lainnya.

  • Semua situs wordpress tampak sama.

Mitos yang ada menyebut bahwa situs wordpress akan tampak sama.

Jika melihat keterangan sebelumnya, wordpress bisa tampak berbeda. Situs Gedung Putih berbeda dengan situs milik the New York Times.

Yang terakhir adalah situs berita yang layoutnya sangat berbeda dengan layout situd gedung putih.

WordPress memiliki theme yang membuat tampilan menjadi berbeda. Kemudian, ada builder juga yang bisa membuat layout dengan lebih nyaman.

  • WordPress hanya untuk pemula.

WordPress biasanya dibebut hanya untuk pemula. Kenyataannya, banyak developer yang lebih senang menggunakan wordpress. Ini karena wordpress tetap bisa dimodifikasi sesuai keinginan para programer.

Untuk pemula, wordpress memungkinkan kita membuat situs dan menghasilkan uang tanpa perlu belajar prmrograman terlebih dahulu.

Sekarang, menggunakan mobil otomatis lebih cocok untuk pemula?

Tidak begitu juga. Adanya fasilitas transmisi otomatis justru mempermudah kita.

Meskipun, kita tetap bisa mengedit code wordpress atau membuat theme kita sendiri.

  • WordPress tidak untuk trafik yang besar.

Ini adalah asumsi yang salah.

Sangat jarang orang yang memiliki situs dengan 1 juta pengunjung sebulan atau lebih. Pemilik situs wordpress juga hanya sedikit yang mampu mendapatkan pengunjung lebih dari 1 juta orang sehari.

Tetapi, situs seperti The New York Times pengunjungnya pasti sangat banyak. Ada juga situs seperti freshome.com yang dikunjungi lebih dari 5 juta orang sebulan juga menggunakan wordpress.

Techcrunch adalah situs wordpress terkenal yang juga menggunakan wordpress. Pengunjungnya, mencapai jutaan orang setiap bulan.

Berdasar daftar diatas, maka akan sulit jika tidak menggunakan wordpress.

Jangan sampai kita membuat situs sederhana tetapi harus menghubungi pembuatnya jika ingin merubah produk kita. Hal semacam itu pasti akan berakhir menjadi mahal untuk kita.

Bayangkan jika produk atau posting kita akhirnya akan mencapai lebih dari 1000. Bagaimana usaha kita untuk menambahkannya.

Kita harus mudah mengupdate 1000 konten tadi semudah membuat posting di facebook atau Instagram.

Jika begitu, wordpress pasti sempurna, iya kan?

Kalau dikatakan sempurna tidak juga. Tetapi sangat banyak yang bisa kita lakukan dengan wordpress.

Kalau yang tidak bisa dilakukan wordpress?

Misalnya membuat situs seperti houzz.com. Jika permintaan kita seperti situs houzz.com atau lebih lengkap lagi, silahkan membuat platform sendiri. Tetapi jika kita sekedar ingin membuat portofolio bisnis atau menjual secara online, gunakan saja yang praktis dan murah. Gunakan saja wordpress.

Please rate this



Share this

Leave a reply