22 Jan

50 Tips cara mengoptimalkan website

50 Tips cara mengoptimalkan website

1 – Periksa tautan dan dofollow internal yang rusak.

Pastikan semua tautan internal yang rusak dihapus atau diperbaiki. Mereka bisa…

2 – Pastikan tag judul Anda menggambarkan konten dengan kata kunci di awal.

Kata kunci sangat penting untuk mesin pencari untuk menunjukkan website Anda kepada mereka yang mencari apa yang Anda tawarkan. Mengoptimalkan tag judul Anda adalah salah satu perubahan tercepat yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda!

3 – Tautkan halaman Anda yang lebih otoritatif ke halaman landing key Anda.

Halaman resmi yang mengarah ke halaman pendaratan utama Anda akan meningkatkan peringkat dan lalu lintas di halaman pendaratan yang Anda inginkan.

4- Tinjau kesalahan cakupan Google Search Console Anda.

Cobalah untuk meminimalkan jumlah kesalahan dalam laporan ‘cakupan’ Google Search Console. Memperbaiki kesalahan cakupan cukup penting karena jika tidak, halaman ini tidak akan muncul di Google yang dapat berarti hilangnya lalu lintas ke situs Anda. Alat ini akan memberi Anda beberapa indikasi tentang cara memperbaiki setiap kesalahan.

5 – Perbaiki semua kesalahan 404 Anda.

‘Kesalahan 404 tidak ditemukan ‘akan sering menyebabkan pengguna meninggalkan situs web Anda sama sekali karena itu melemahkan kepercayaan mereka dan akan menghabiskan waktu mereka untuk mencari apa yang mereka inginkan. Mereka biasanya muncul ketika konten telah dihapus, dalam hal mana tautan harus dihapus, atau dipindahkan ke URL lain, dalam hal mana tautan tersebut harus diedit.

6 – Perbaiki semua pengalihan internal Anda, rantai pengalihan dan pengalihan loop.

Arahan ulang menambah ‘hop’ untuk pengguna dan crawler mesin pencari. Jika ini merupakan pengalihan internal, Anda dapat dengan mudah memperbaikinya sehingga tidak memberi bot pekerjaan ekstra! Gunakan ScreaingFrog.com untuk memeriksa pengalihan situs web Anda menggunakan SEO Spider mereka.

7 – Tinjau indeksasi situs web Anda menggunakan situs: domain.com

… dan pastikan semua konten Anda diindeks!

8 – Tinjau kecepatan situs web Anda dengan Google’s Lighthouse.

Google’s Lighthouse adalah alat yang hebat untuk mengaudit “kinerja, aksesibilitas, aplikasi web progresif, SEO, dan lainnya” di situs web Anda.

9 -Tulis konten Anda untuk pengguna, bukan untuk bot.

Menulis konten yang ditargetkan untuk bot akan membuatnya kurang menyenangkan untuk dibaca bagi pengguna yang mengarah pada penurunan waktu sesi dan peningkatan rasio pentalan, yang pada akhirnya menurunkan SEO.

10 – Sertakan tautan keluar ke situs web resmi.

Tautan keluar membantu mesin pencari lebih memahami konten pada halaman Anda dan dapat membantu meningkatkan relevansi, reputasi, dan skor nilai Anda sekaligus mendorong backlink.

11 – Hindari begitu banyak 301 pengalihan di situs web Anda.

Ini akan memengaruhi kecepatan situs web Anda dan menghabiskan anggaran perayapan.

12 – Jangan meremehkan deskripsi meta.

Uraian meta yang kuat akan meningkatkan RKPT (Rasio Klik-Tayang) Anda karena pengguna lebih mengetahui tentang isi halaman Anda, membuat mereka lebih cenderung mengkliknya.

13 – Ingat bahwa 302 redirect tidak mengirim ekuitas tautan.

Jika Anda telah menerapkan 302 pengalihan, ingatlah ini pengalihan sementara. Pengalihan 301 lebih disukai untuk pengguna dan mesin pencari dan akan membawa bobot tautan dari halaman asli ke URL baru.

14 – Sertakan kata kunci LSI dalam konten Anda. Google akan menyukainya!

Kata Kunci Pengindeksan Semantik Laten adalah “istilah yang terkait secara konseptual yang digunakan mesin pencari untuk memahami secara mendalam konten pada halaman web”.

Kembali pada hari itu, kepadatan kata kunci sangat penting seolah-olah sebuah kata tidak digunakan beberapa kali mesin pencari akan berjuang untuk memahami bahwa itulah yang dimaksud dengan halaman tersebut. Tapi sekarang, Google juga dapat mencari kata-kata yang berhubungan secara semantik dan lebih memahami halaman melalui mereka.

15 – Periksa situs web Anda ramah seluler dan responsif.

Sekarang penting untuk mempertimbangkan bagaimana situs web Anda terlihat dan bekerja di ponsel sebanyak, jika tidak lebih, dari pada desktop atau laptop. Dengan orang yang terus-menerus bepergian, kita hidup di era mobile-first di mana orang semakin sering menggunakan ponsel mereka untuk melihat situs web dan membeli secara online.

Berikut 6 tips penyederhanaan situs web sederhana dari Adom Enfroy via SEW:

Kurangi jumlah halaman di situs Anda
Tambahkan fitur pencarian yang ditingkatkan sehingga pengguna masih dapat menemukan apa yang mereka butuhkan
Tingkatkan ruang putih untuk mengurangi tampilan kekacauan
Gunakan garis bersih dan batas lebar
Gunakan font sederhana dan buat lebih besar
Jaga maksimal dua kolom di ponsel

16 – Perbarui plugin WordPress Anda secara teratur untuk menghindari masalah keamanan.

Lebih dari 80% situs web diretas karena pembaruan tidak terjadi. Jangan membahayakan situs web Anda!

17 – Lakukan pengujian A / B menggunakan Google Optimize untuk meningkatkan UX.

“Pengujian A / B adalah metode sederhana dan hemat biaya untuk segala aspek bisnis Anda. Ini memberi Anda analisis mendalam dan pandangan mendalam pada kinerja elemen yang Anda uji, ”kata Jade Nguyen.

Proses ini berguna untuk semua bisnis, besar atau kecil, untuk membantu menentukan opsi yang tepat untuk situs web Anda yang paling mendorong tindakan yang diinginkan. Ini pada dasarnya menghilangkan segala dugaan dan pra-konsepsi tentang apa yang Anda yakini akan disukai dan direspon audiens Anda, dan sebagai gantinya mengujinya.

18 – Tautan internal kontekstual memiliki nilai SEO jauh lebih tinggi daripada tautan internal navigasi.

Tautan kontekstual adalah tautan yang ditemukan di dalam teks isi halaman Anda dan teks jangkarnya mengelilingi gagasan tautan itu sendiri sebagai lawan dari tautan internal navigasi yang dapat ditemukan, misalnya, di tajuk halaman untuk mengarahkan Anda kembali ke beranda atau halaman arahan kunci lainnya. Mereka memberikan nilai SEO yang lebih besar karena tautan kontekstual ini menawarkan lebih banyak nilai dan wawasan ke bagian tertentu yang disertakan pada halaman itu.

19 – Hindari mengubah struktur URL situs web Anda.

Mengubah URL Anda dapat menyebabkan banyak pengalihan internal dan semua posting yang sebelumnya diposting akan mengarah ke URL yang salah.

20 – Tinjau kata kunci peringkat pesaing Anda dan Anda tidak.

Tinjau di mana pesaing Anda berhasil tetapi Anda tidak. Mungkin Anda melewatkan trik yang dapat dengan mudah ditunjukkan oleh mereka!

21 – Ingatlah untuk menyertakan tag ‘disponsori’ ke tautan afiliasi.
Tag ‘disponsori’ dapat mewakili keterlibatan dan dukungan dari perusahaan lain, memberikan wewenang pada posting Anda. Ini dikenali oleh bot dan pengguna. Namun, tergantung pada keadaan, berhati-hatilah di mana Anda mencari ini. Sebagai contoh, banyak pengguna media sosial menunjukkan ketidakpercayaan terhadap posting ‘disponsori’ dari influencer karena mereka sadar dibayar untuk mempublikasikan posting dan tidak murni memposting dari pengalaman menyenangkan suatu produk atau layanan.

22 – Tetap up to date dengan ulasan Blog Pusat Google Webmaster.
Apakah ada sumber lain yang lebih dapat diandalkan untuk selalu mengikuti berita SEO terbaru? Sebagai pemasar digital harus selalu mengawasi blog ini. Jika Anda tidak punya waktu, jangan khawatir, kami meminta Anda bergabung dengan MintTwist Google News Roundups. Periksa yang terbaru di bulan Desember di sini.

23 – Gunakan strategi kata kunci singkat di situs web Anda memetakan kata kunci ke URL.
Pastikan Anda tidak terkena kanibalisasi kata kunci dengan memetakan kata kunci ke URL. Pada akhirnya, yang Anda butuhkan adalah memiliki konten unik di setiap halaman dan tidak memiliki rangkaian kata kunci yang sama yang saling bersaing di SERP.

24 – Periksa ulang kata kunci GSC dengan banyak tayangan dan beberapa klik.
Jika Anda mengidentifikasi kata kunci dengan banyak tayangan dan hanya beberapa klik, Anda mungkin ingin mengidentifikasi alasannya. Cobalah untuk mengubah Tag Judul atau Deskripsi Meta untuk teks yang lebih menarik untuk mendorong pengguna mengklik. RKPT Anda harus meningkat dan begitu juga peringkat Anda.

25 – Pastikan Anda tidak memiliki konten duplikat.
Memiliki konten duplikat akan menyebabkan kebingungan untuk Google dalam versi apa Anda harus peringkat. Bukan hanya ini tetapi, jika diambil oleh pengguna, mereka akan menganggapnya sebagai upaya tingkat rendah dan waktu telah masuk ke situs web, mengurangi kepercayaan mereka pada situs web dan berpotensi keseluruhan persepsi merek Anda.

Gunakan Siteliner.com untuk memeriksa situs web Anda untuk konten duplikat.

26 – Tinjau maksud pencarian kata kunci yang ingin Anda optimalkan sebelum menulis artikel Anda.
Tidak memahami mengapa kata kunci menerima pencarian tinggi dapat menyebabkan Anda menulis konten yang tidak relevan sehingga pengguna tidak tertarik membaca atau akan membuat Anda menargetkan kata kunci yang salah sama sekali.

27 – Gunakan peta panas untuk meningkatkan kegunaan situs web.
Heatmaps situs web mengumpulkan data untuk secara visual menunjukkan perilaku pengguna di halaman web. Warnanya bervariasi dalam warna untuk mewakili berbagai tingkat keterlibatan dan dapat membantu mengidentifikasi area yang ingin Anda lihat keterlibatan tinggi tetapi saat ini tidak. Mungkin Anda perlu memindahkan atau menyorotnya untuk meningkatkan keterlibatan dengan fitur tersebut.

28 – Setiap halaman web harus memiliki Tag Judul yang berbeda.
Tag judul duplikat akan menyebabkan mesin pencari hanya memberi peringkat Anda untuk 1 halaman di situs web Anda. Intinya, hindari menjadi pesaing Anda sendiri. Periksa Screaming Frog untuk menemukan judul duplikat.

29 – Sinkronkan GSC, Analisis, dan Ahrefs dengan Screaming Frog untuk membuat keputusan yang lebih baik.
Kami menyukai data, bukan?

30 – Cari tahu tautan yang dimiliki oleh pesaing Anda dan cobalah untuk mendapatkannya.
Demikian pula untuk meninjau peringkat peringkat pesaing Anda, Anda juga dapat meninjau backlink mereka. Ini mungkin menemukan situs web resmi dengan afiliasi kuat ke halaman Anda. Mendapatkan ini akan mengurangi keunggulan kompetitif yang mungkin mereka miliki atas Anda.

31 – Tinjau plugin yang tidak digunakan dan hapus untuk menghemat ruang.
Banyak plugin yang sebenarnya memperlambat kecepatan situs Anda. Karena itu, jika tidak digunakan, hapuslah!

Klik di sini untuk pengujian khusus WordPress untuk melihat apakah plugin Anda memperlambat situs Anda.

32 – Tetapkan sasaran situs web di Google Analytics menggunakan Google Pengelola Tag dan identifikasi laman landas yang berkinerja buruk.
Baik itu mengonversi untuk mengirimkan formulir, menonton video atau melakukan pembelian, halaman web Anda memiliki tujuan dan tindakan yang diinginkan. Lacak mereka untuk lebih memahami bagaimana pengguna menavigasi situs web Anda dan halaman mana yang menghasilkan arahan kurang positif daripada yang lain untuk meningkatkannya.

33 – Kompres semua gambar di atas 100kb untuk meningkatkan waktu buka situs web.
Gambar dapat dikompres melalui situs web seperti TinyPNG.com. Ini adalah proses yang sangat cepat yang dapat meningkatkan kecepatan memuat situs web Anda secara dramatis!

34 – Buat sitemap xml dan unggah ke Google Search Console dan Bing Webmaster Tools untuk meningkatkan indeksabilitas.
Peta Situs adalah cara ampuh untuk membuat halaman Anda diindeks di Google. Ini sangat penting bagi situs web dengan jumlah halaman yang tinggi untuk memudahkan Googlebot menemukan konten dan mengindeks halaman Anda.

35 – Tinjau file Robots.txt Anda dan pastikan Anda tidak melarang halaman yang tidak perlu.
Anda mungkin ingin memblokir halaman tertentu untuk dirayapi oleh Google mis .: halaman terima kasih, halaman admin WordPress, URL parameter, dll. Ada waktu-waktu tertentu Anda mungkin ingin Google memblokir direktori lengkap dan memblokir secara tidak sengaja mengimpor halaman atau sumber daya penting. Anda atau pengembang situs web Anda ingin untuk sementara waktu memblokir seluruh domain dan lupa untuk mengaktifkannya kembali.

Untuk menghindari kesalahan ini, periksa status robots.txt Anda dari waktu ke waktu atau periksa Google Search Console untuk kesalahan Robots.txt.

36 – Hanya membangun tautan dari situs web terkait industri dengan skor spam rendah.
Mesin pencari menggunakan tautan di situs web Anda untuk lebih memahami isinya. Karenanya, hanya tautan ke yang ada di bidang terkait. Situs web Anda akan diungkit melalui afiliasi kuat dan tautan resmi.

37 – Sertakan URL sitemap Anda di Robots.txt agar Googlebot dapat menemukannya dengan lebih mudah.
Bantu Google untuk menemukan peta situs Anda dengan memasukkan URL di akhir file Robots.txt Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

38 – Pastikan jumlah URL cocok dengan kira-kira dengan URL yang diindeks di SERP.
Gunakan situs: operator domain.com untuk mengidentifikasi berapa banyak URL yang telah diindeks di mesin pencari pilihan Anda dan bandingkan dengan URL yang ditemukan alat crawler Anda. Jika jumlahnya berbeda satu sama lain secara signifikan, Anda mungkin memiliki masalah indeksasi.

39 – Dapatkan sertifikat ‘https’ jika Anda belum melakukannya.
“84% pembeli online mengatakan bahwa mereka meninggalkan pembelian ketika mereka menyadari bahwa situs web itu tidak aman.” SSL memberikan situs web Anda gembok kecil di bilah peramban dan dapat menguntungkan situs Anda secara dramatis.

40 – Sertakan Teks Alt deskriptif dalam gambar Anda.
Ini membantu Google memahami apa gambar itu untuk menyajikannya dalam hasil pencarian.

41 – Cobalah untuk mendapatkan kutipan lokal dari direktori tepercaya dengan konsistensi NAP (Number, Address, Phone).
Ini adalah cara yang bagus untuk memberikan informasi utama Anda kepada orang-orang lokal serta membantu Anda peringkat yang baik secara lokal.

42 – Minta klien, kolega, dan penyedia Anda memberi Anda ulasan positif di Google, Yelp, Trustpilot, dan Glassdoor.
Orang menghargai pendapat dan ulasan orang lain. Pernyataan jauh lebih dapat diandalkan jika itu tidak datang langsung dari merek. Tidak hanya itu tetapi individu akan sering melihat merek / situs web dalam urutan nilai ulasan rata-rata mereka. Jadi memastikan Anda memiliki banyak ulasan positif akan membantu mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

43 – Jangan berlebihan menggunakan anchor text yang tepat.
Terlalu banyak tautan masuk dengan teks jangkar yang sama persis dapat membuatnya tampak mencurigakan dan spam jadi pastikan itu berbeda setiap kali.

44 – Tinjau semua halaman web Anda memberikan nilai kepada pengguna dan memiliki konten yang cukup.
Konten yang kuat akan mendorong tingkat keterlibatan yang lebih tinggi yang semakin kuat dalam mendorong peringkat halaman.

45 – Pastikan Anda tidak memiliki versi duplikat situs web Anda (www, non-www, http, dan https).
Pandangan cepat menggunakan situs: operator domain.com dapat memberi tahu Anda jika Anda memiliki versi duplikat situs web. Jika itu masalahnya, pilih satu versi dan arahkan sisanya ke yang dipilih.

46 – Buat akun Google Bisnisku dan optimalkan untuk meningkatkan SEO lokal Anda.
Mengoptimalkan akun Google Bisnisku akan membantu Google memahami apa yang ditawarkan bisnis Anda dan karenanya memberi Anda peringkat lebih tinggi untuk pencarian terkait di area lokal Anda.

47 – Sertakan penulis nyata untuk konten Anda dengan tautan ke halaman profil dengan biografi.
Penulis asli memberikan otoritas konten Anda. Orang-orang jauh lebih mungkin terlibat dan mempercayai sebuah tulisan jika ditulis oleh seorang ahli di bidangnya.

48 – Sertakan testimonial klien di situs web Anda untuk memberikan kepercayaan.
49 – Sertakan kata kunci Anda yang paling penting dalam judul halaman beranda.
Bantu bot dan pengguna memahami tentang apa situs web Anda dengan memasukkan kata kunci Anda yang paling penting dalam judul beranda Anda.

50 – Menangani URL parameter dengan tag kanonik yang menunjuk ke sumber konten utama.
Trik ini akan menyelesaikan masalah duplikat konten Anda dan memberikan otoritas ke konten utama Anda

Leave a reply