22 Feb

18 Masalah SEO Yang Menyebabkan Peringkat Pencarian & Lalu Lintas Website Turun

18 Masalah SEO Yang Menyebabkan Peringkat Pencarian & Lalu Lintas Website Turun

 

Masalah Di Lokasi Yang Dapat Menyebabkan Peringkat Turun

1. Anda Belum Memperbarui Situs Anda dalam Waktu Yang Lama

Meskipun ini sangat bergantung pada niche Anda, pembaruan rutin ke situs Anda sangat penting agar tetap kompetitif.

Analisis pesaing akan mengungkapkan apa yang mungkin perlu Anda lakukan untuk mengikuti situs lain dalam ceruk pasar Anda

Namun, secara keseluruhan, jika situs Anda tetap stagnan tanpa pertumbuhan apa pun (konten, tautan, atau aktivitas promosi online lainnya), Anda kemungkinan tidak akan memperoleh manfaat dari pertumbuhan.

Meskipun benar bahwa mengambil jalan lama dan menunggu bertahun-tahun untuk lalu lintas dapat membantu, ini adalah pengecualian yang sangat jarang daripada aturan. Jika Anda tidak mengambil tindakan, bagaimana Anda berharap mendapatkan keuntungan kompetitif yang nyata?

Strategi Anda bisa sesederhana membuat blog setiap hari, dan ini terutama berlaku jika Anda belum melakukan upaya signifikan baru-baru ini ke dalam blog Anda.

Atau, bisa jadi lebih kompleks, membutuhkan banyak kerja keras untuk melihat peningkatan.

Sebagai dasar, jika Anda hanya sekali-sekali ngeblog, mungkin itu tidak cukup konten segar untuk menghasilkan tautan yang diperlukan agar situs Anda tetap bertahan di ceruk pasar Anda.

Dengan melakukan analisis pesaing, Anda dapat mengetahui dengan tepat apa yang dilakukan pesaing Anda untuk mencapai puncak SERP.

 

2. Anda Belum Membuat Perubahan Yang Signifikan pada Konten Anda

Ini berperan dalam pembaruan yang sedang berlangsung dari diskusi kita.

Jika Anda belum membuat perubahan apa pun pada konten Anda, Anda dapat mengambil risiko untuk peringkat dan lalu lintas mesin telusur.

Dalam relung kompetitif di mana Anda harus selalu memperbarui situs Anda untuk bersaing di laman pertama, Anda bisa kehilangan posisi hanya karena dianggap tidak relevan.

Ketidakrelevanan, dalam hal ini, berarti Anda belum memperbarui situs atau mengubah konten Anda sama sekali, membuat situs Anda menjadi hasil yang tidak relevan dan usang.

3. Anda Memperbarui Situs Anda Dengan Desain Baru

Jika Anda memperbarui situs dengan desain baru, hal itu tidak berarti lalu lintas Anda menurun.

Ini terutama benar ketika Anda telah mempertimbangkan pengalihan, dan masalah lain yang mungkin mengganggu kemampuan perayapan dan pengindeksan situs Anda.

Misalnya, satu masalah yang dapat menyebabkan hilangnya peringkat mesin telusur adalah bahwa tema baru situs sangat berbasis JavaScript, yang dapat mengganggu perayapan dan pengindeksan.

 

Jika desain berbasis JavaScript Anda mengganggu dua fungsi inti laba-laba mesin pencari ini, kemampuan merayapi dan mengindeks Anda akan berkurang.

Jika Google tidak dapat merayapi atau mengindeks situs Anda, coba tebak apa yang akan terjadi?

Jika Anda menggunakan WordPress dan belum menonaktifkan “Mencegah mesin telusur mengindeks situs ini” di Setelan> Membaca setelah pembaruan, Anda juga akan mengalami masalah dengan peringkat dan lalu lintas mesin telusur.

Inilah mengapa penting untuk membuat profesional SEO Anda menjadi bagian dari proyek peluncuran situs baru.

Ada hal-hal yang dapat mereka temukan yang mungkin tidak diperhatikan oleh pengembang normal.

Meskipun pengembang mungkin bermaksud baik dengan memilih CMS tanpa kepala, jika hal itu mengganggu perayapan dan pengindeksan dasar, ini akan menghasilkan peringkat dan lalu lintas mesin pencari Anda.

Baca Juga :   Cara Cepat Kaya Dengan Hanya Memiliki Website dan Toko Online

Penting untuk memiliki pakar SEO yang berpengalaman dalam masalah sisi server, yang dapat berdampak negatif pada kinerja SERP Anda secara keseluruhan.

4. Anda Menghapus Konten Penggerak Lalu Lintas

Misalnya Anda memulai proyek audit konten baru.

 

Salah satu sarannya adalah menghapus konten tipis dan duplikat dari situs Anda.

Tapi ada masalah; audit tidak memperhitungkan apakah laman ini benar-benar menerima lalu lintas, hanya kualitas lamannya.

Jika ini terjadi, Anda berada dalam situasi di mana audit konten sebenarnya merugikan Anda, bukan untuk Anda.

Ada lebih dari satu perspektif untuk masalah konten, seperti yang diilustrasikan dalam contoh ini.

Di satu sisi, meskipun situs Anda mungkin memiliki konten duplikat dan tipis untuk ditangani, jika Anda tidak memperhatikan sisi teknis SEO dengan mempertimbangkan halaman mana yang menerima lalu lintas atau tidak, tidak masalah seberapa banyak konten yang Anda gabungkan menjadi bagian-bagian yang hebat.

Jika bagian yang Anda gabungkan dan hapus memiliki lalu lintas yang signifikan dan bagian baru kurang relevan atau cukup bagus, Anda berpotensi kehilangan lalu lintas dari laman lain tersebut.

 

5. File Robots.txt Anda Dapat Menyebabkan Masalah Pengindeksan

Ini adalah salah satu kesalahan teknis di situs paling umum yang saya temui selama audit: klien telah melarang perayapan untuk semua halaman dan folder karena konfigurasi robots.txt tidak tepat.

File ini dapat membuat atau menghancurkan perayapan dan pengindeksan Anda jika Anda tidak berhati-hati dan tidak sepenuhnya memahami cara (atau cara tidak) menggunakannya.

Misalnya, baris berikut: “Disallow: /” di bagian atas file robots.txt Anda akan menyebabkan mesin telusur berhenti merayapi dan mengindeks seluruh situs Anda, yang menyebabkan penurunan lalu lintas.

Peringkat Alasan Di Luar Situs Dapat Turun
Ternyata, ada banyak alasan di luar situs yang dapat menjadi faktor penyebab lalu lintas dan penurunan peringkat.

Ini akan membutuhkan penggalian lebih dalam dan analisis korelatif.

Misalnya, jika Anda kehilangan tautan dari situs yang sangat diperdagangkan, hal itu dapat menyebabkan lalu lintas Anda turun. Mari kita mulai dari sana.

6. Tautan Dihapus dari Situs

Ini terjadi lebih sering dari yang Anda kira.

Jika Anda mengalami penurunan lalu lintas, Anda mungkin ingin memeriksa dan memastikan bahwa Anda tidak kehilangan satu atau dua tautan yang mengirimkan lalu lintas tersebut, sebelum mengambil kesimpulan bahwa itu pasti penalti.

Webmaster suka membersihkan tautan mereka.

Mempelajari cara melakukan audit profil tautan dan penghapusan tautan adalah cara yang baik untuk menganalisis jenis tautan ini.

7. Situs yang Menghubungkan ke Anda Turun

Jika situs yang tertaut ke Anda turun secara permanen, Anda mungkin melihat kehilangan permanen dalam lalu lintas dari situs itu.

Sebenarnya tidak ada cara untuk mencegah atau melindungi hal ini terjadi.

Anda hanya perlu mengganti situs itu dengan yang lain, dalam hal akuisisi tautan.

Setelah Anda menemukan ini, Anda harus bekerja mencari situs lain untuk ditautkan ke Anda untuk meningkatkan lalu lintas itu.

8. Situs Yang Menghubungkan Anda Tidak Lagi Menerima Lalu Lintas

Jika situs yang menaut ke Anda dihukum dan dihapus dari indeks Google, Anda akan kehilangan lalu lintas dari situs tersebut sebagai akibatnya.

Sayangnya, ini adalah sesuatu yang mungkin tidak dapat Anda tunjukkan.

Inilah sebabnya mengapa aktivitas akuisisi tautan yang berkelanjutan sangat penting untuk terus meraih kesuksesan saat Anda mencapai rintangan seperti ini.

Perubahan pada SERP Google yang Mempengaruhi Peringkat Mesin Pencari

9. Fitur atau Perubahan Cuplikan Kaya

Jika Anda memiliki cuplikan unggulan, cuplikan kaya, atau jenis cuplikan lain yang mengarahkan lalu lintas, lalu lintas Anda akan berhenti semalaman jika SERP berubah dan tidak lagi menampilkan cuplikan tersebut.

Demikian pula, pesaing mungkin mengeluarkan sumber daya berkualitas lebih tinggi yang menjatuhkan sumber daya Anda dari cuplikan yang didambakan itu.

Jika beberapa SERP telah berubah, Anda harus menganalisisnya dan mencari tahu apakah kehilangan lalu lintas Anda disebabkan oleh hilangnya elemen SERP penting ini.

10. Perubahan Perilaku Pencarian Audiens

Perilaku penelusuran audiens dapat berubah dari waktu ke waktu, mengakibatkan lebih sedikit traffic ke halaman yang pernah diberi peringkat.

Hal ini dapat terjadi karena masalah makro seperti pandemi global, atau hal-hal yang tidak terlalu jahat seperti produk atau layanan yang sedang tren.

Baca Juga :   Cara Merubah Emoji di Android Mirip iPhone

Konsumen mengubah pikiran dan perilaku mereka. Itu hanyalah sifat dari binatang itu.

Jika Anda akan bersaing dalam SEO, Anda juga harus siap menghadapi penurunan lalu lintas karena perubahan musim.

Kesalahan di Sisi Server yang Dapat Mempengaruhi Peringkat Mesin Pencari

11. Kesalahan Klien 4xx, atau Kesalahan Server 5xx

Memiliki banyak kesalahan klien 4xx atau kesalahan server 5xx dapat menyebabkan lalu lintas turun dari laman yang berpotensi berharga.

Selain itu, halaman apa pun yang aktif dan diberi peringkat pada saat itu berpotensi kehilangan peringkat setelah turun.

Masalah lainnya adalah memiliki banyak soft 404. Ini adalah 200 halaman OK yang menyamar sebagai halaman konten asli.

Pada kenyataannya, mereka memiliki sangat sedikit atau tidak ada konten teks di halaman. Ini akan membutuhkan analisis yang lebih visual untuk menyelesaikan perbaikan.

Inilah mengapa pemeliharaan situs web secara teratur adalah suatu keharusan.

Jika Anda tidak melakukan audit rutin dan menemukan kesalahan ini, Anda dapat mengalami penurunan lalu lintas dan peringkat jika kesalahan ini menjadi terlalu besar.

 

Pelajari bagaimana beberapa jenis kesalahan lainnya dapat memengaruhi situs Anda.

12. Server Turun Terlalu Banyak Selama Jangka Waktu Kritis

Jika Anda memiliki masalah dengan server Anda yang tidak cukup untuk melayani situs web Anda, Anda mungkin mendapat masalah.

Gagasan tentang peringkat dan lalu lintas mesin pencari adalah bahwa situs web Anda akan naik untuk jangka waktu yang signifikan.

Google tidak ingin merekomendasikan Anda sebagai jawaban terbaik jika pengguna kesulitan mengakses jawaban itu.

13. Bagian Situs Anda Turun Selama Jangka Waktu Kritis

Ini hampir sama pentingnya dengan server Anda turun.

Jika bagian populer dari situs Anda dengan lalu lintas yang signifikan turun selama jangka waktu kritis, Anda dapat melihat penurunan lalu lintas yang signifikan.

Menerapkan alat waktu beroperasi seperti Robot Waktu Aktif dapat membantu Anda menentukan di mana waktu henti tertentu terjadi dan bagaimana hal itu memengaruhi lalu lintas Anda secara keseluruhan.

Masalah Sangkal File
Ya, bahkan file penolakan Anda dapat menyebabkan masalah dengan peringkat dan lalu lintas. Jenis masalah ini dapat berkisar dari menolak jenis link yang salah hingga tidak menolak semua jenis link yang buruk.

Inilah sebabnya mengapa peninjauan dan audit berkelanjutan terhadap profil tautan Anda sangat penting untuk memastikan bahwa situs Anda tidak kehilangan peringkat dan lalu lintas mesin telusur.

14. SEO Negatif

Jika Anda mendapatkan masuknya tautan yang cukup berisi spam, Google cukup pandai mengabaikannya.

Namun, masih ada kasus serangan SEO negatif di alam liar, jadi jika Anda melihat bahwa Anda mendapatkan masuknya tautan spam acak, Anda mungkin ingin menolaknya.

Ada juga situasi di mana Anda mungkin tidak ingin menyangkal setiap masuknya tautan berisi spam.

John Mueller menjelaskan secara mendetail di sini mengenai mengapa sebuah situs mungkin tidak ingin menolak tautan yang masuk karena mereka memiliki masalah yang lebih dalam – situs tersebut berada pada domain kedaluwarsa.

Masalah yang dapat ditimbulkan oleh file yang ditolak pada peringkat mesin telusur dan lalu lintas mencakup, namun tidak terbatas pada, dua masalah berikut.

15. Anda Menolak Tautan Baik

File yang Anda tolak mungkin penuh dengan tautan bagus.

Bagaimana Anda tahu kecuali Anda melakukan analisis yang lebih dalam?

Jika Anda menolak semua tautan baik Anda, menurut Anda apa yang akan terjadi?

Anda bisa kembali ke titik awal tergantung pada seberapa buruk penolakan tersebut.

Inilah mengapa penting untuk memastikan bahwa alat analisis Anda seakurat analisis manual Anda sendiri.

16. Anda Secara Tidak Sengaja Menolak Google

Itu bisa terjadi.

Anda menolak satu atau dua tautan yang merupakan tautan kembali ke Google Plus (yang sudah tidak ada lagi).

Selama pemformatan dan pemendekan URL ke domain, Anda tidak sengaja menyertakan domain Google biasa dalam penolakan Anda.

Tebak apa yang baru saja terjadi? Anda menyangkal Google.

Saya mungkin tidak perlu menjelaskan apa yang bisa terjadi selanjutnya.

Kesalahan dalam Data Google Analytics & Google Search Console

17. Anda Salah Menyematkan Tag Analytics Anda

Pelaporan yang akurat adalah bagian penting dalam melacak upaya Anda dengan benar.

Jika Anda tidak menerapkan tag Google Analytics atau GTM dengan benar, Anda dapat menyebabkan kesalahan dalam pelaporan Anda, yang memengaruhi jumlah lalu lintas Anda.

Baca Juga :   Tren Pengembangan Web Paling Penting pada tahun 2020

Meskipun peringkat Anda mungkin baik-baik saja, lalu lintas Anda dapat condong ke bawah.

Salah satu contoh hal ini bisa terjadi adalah jika Anda tidak menyertakan akun Google Pengelola Tag yang benar saat Anda menyiapkan pelaporan.

Ini bisa menjadi bencana. Selain itu, ini dapat menunjukkan penurunan lalu lintas padahal sebenarnya lalu lintas Anda tidak menurun sama sekali, yang menyebabkan kepanikan – dan rasa sakit yang tidak perlu – di pihak Anda.

Sisi lain dari koin juga dapat terjadi: Anda juga dapat memperkenalkan pelaporan berlebih jika Anda salah memasukkan lebih dari satu tag GTM.

Pikirkan Anda telah meningkatkan peringkat dan lalu lintas? Jika Anda secara tidak sengaja menyertakan lebih dari satu tag GTM dengan cara apa pun, Anda dapat melaporkan secara berlebihan, daripada meningkatkan kinerja SERP Anda.

Jika Anda yakin tidak membuat perubahan apa pun pada sisi pelaporan Anda, Anda akan baik-baik saja. Namun, sebaiknya periksa kembali bahwa Anda tidak menyertakan lebih dari satu tag GTM secara tidak sengaja.

18. Mungkin juga ada kesalahan dalam data Google Analytics dan bagaimana data itu diproses.

Salah satu contoh: bot nakal mengunjungi yo

Situs Anda, meskipun bukan merupakan kesalahan dari Google Analytics itu sendiri, namun tetap merupakan sesuatu yang dilaporkan yang dapat merusak data Google Analytics Anda.

Meskipun tidak menunjukkan penurunan, masalah pemrosesan GA dapat menunjukkan penurunan yang sebenarnya mungkin bukan penurunan.

Dengan terhubung ke komunitas SEO online dapat membantu Anda mengidentifikasi jenis masalah ini, terutama jika gangguan dan bug GA terjadi dalam skala luas.

Ini juga bisa terjadi jika Anda memiliki desain ulang.

Jika pengembang Anda tidak menerapkan Google Analytics dengan benar, atau mereka tidak memasang ulang Google Analytics sama sekali, Anda dapat melihat penurunan dalam semalam pada lalu lintas penelusuran Anda.

Jenis kesalahan ini juga dapat menyebabkan kurangnya pelaporan, yang menyebabkan hilangnya lalu lintas.

Kecuali jika ada korelasi dengan penurunan peringkat mesin telusur, Anda mungkin hanya mengalami penurunan lalu lintas dalam kasus ini.

 

Masalah Bonus: Kesalahan di Google Search Console

Bug dan kesalahan dalam pelaporan juga dapat terjadi di Google Search Console.

Meskipun jarang, hal ini dapat “menunjukkan” penurunan peringkat dan lalu lintas mesin pencari.

Sekali lagi, di sinilah terhubung dengan komunitas SEO online dapat bermanfaat.

Gangguan dan bug yang terjadi di alat Google tidak sering dilaporkan dalam alat itu sendiri, dan ini biasanya dilaporkan oleh komunitas saat tersebar luas.

Inilah alasan pentingnya mengesampingkan masalah umum yang memengaruhi pelaporan sejak awal dan sangat penting jika Anda pernah mewarisi sebuah situs.

Bisa jadi alasan awal pemilik situs mendekati Anda bukanlah alasan sebenarnya situs tersebut mengalami masalah sama sekali

 

Leave a reply