26 Sep

Sejarah WordPress dan Statistiknya di Tahun 2017 – Mengejutkan Lho!

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Sejarah singkat tentang WordPress dan statistiknya untuk tahun 2017.

WordPress adalah open source CMS (Open Management System) yang sering digunakan untuk membuat blog. WordPress ini terkenal sangat stabil, aman sekaligus sangat mudah digunakan. WordPress juga SEO (Search Engine Optimisation) friendly dan cocok digunakan untuk situs besar ataupun kecil

Kemudian, WordPress masih mampu melayani sangat banyak pengunjung.

Ada seorang kenalan yang menggunakan wordpress sebagai basis situs yang pengunjungnya tembus 2 juta orang sebulan.

Situs wordpress lain seperti freshome.com bahkan memiliki pengunjung lebih dari 7 juta orang sebulan.

WordPress sangat handal dan penggunanya tidak salah memilih wordpress.

Jika Anda pengguna WordPress, tahukah Anda tentang sejarah WordPress?

Sejarah WordPress

WordPress diciptakan oleh Matt Mullenweg. Matt pada tahun 2000 an biasa menulis di b2 (bbpress.org). Tetapi bbpress.org tidak lagi beroperasi pada tahun 2002.

Ia kemudian mengembangkan blogware sendiri. Pada tahun 2003, Matt mengajak rekannya Mike Little untuk mengembangkan WordPress. Dan akhirnya, pengembang b2, Michael Valdrighi ikut bergabung bersama Matt mengembangkan WordPress.

Rilis versi pertama WordPress dilakukan pada tanggal 27 Mei 2003. Versi ini kemudian diikuti versi WordPress wiki atau codex.wordpress yang dirilis pada tahun 2003 juga di bulan Desember.

Popularitas wordpress saat itu meningkat pesat. WordPress pun diupdate besar – besaran pada tahun 2004. Sejumlah fitur ditambahkan seperti fitur edit link, multiple category serta admin interface yang lebih baik.

Pada update bulan Mei 2004, WordPress merilis arsitektur untuk plugin pada WordPress versi 1.2. Arsitektur untuk plugin ini memungkinkan para developer untuk mengembangkan fungsi WordPress.

Untuk WordPress versi 1.5 yang keluar pada tahun 2005, WordPress mencetak sejarah dengan telah diunduh sebanyak 900 ribu kali. WordPress versi ini juga dilengkapi system theme yang sama sekali baru beserta theme default kubrick.

Kita bisa mendapatkan seluruh weblog berjalan dengan satu file seperti sebelumnya atau menggunakan template berbeda untuk setiap kategori.

Pada Desember 2005, WordPress 2.0 diluncurkan. Fitur terbarunya adalah user bisa menambah tag serta kategori di sebuah post tanpa meninggalkan halaman post editor. Kemudian, kita juga bisa menghapus komentar tanpa harus reload screen komentar kita.

pada tahun ini juga plugin anti spam Akismet diluncurkan. Juga ada plugin untuk backup database yaitu plugin “wp-db-backup.” Tetapi plugin terakhir ini tidak lagi menjadi plugin default sejak tahun 2007.

Kemudian, ada juga penambahan file “functions.php” di versi ini.

Pada tahun ini juga, WordPress.com diluncurkan.

Pada bulan Maret 2006, merk dagang “WordPress” beserta logonya diregistrasikan oleh “Automattic.” Perusahaan yang didirikan oleh Matt Mullenweg.

Pada tahun 2008, Happy Cog bergabung dengan WordPress dan bersama mengadakan study tentang User Interface dari halaman Admin WordPress.

Dan pada tahun tersebut, 2008, serangkaian update ditambahkan. Ada shortcodes, instalasi plugin built-in serta fitur update dengan satu klik.

Tahun 2010. Automattic mentransfer kepemilikan atas WordPress kepada “WordPress Foundation. Ini adalah langkah besar wordpress sehingga WordPress tidak lagi tergantung kepada perusahaan atau para kontributor / developer freelance untuk perkembangan mereka.

17 Juni 2010. WordPress 3.0 diluncurkan. Veri wordpress ini memiliki fitur baru seperti custom post. WordPress juga memperbaiki custom taxonomi, custom backgrounds, menu, header dan sebagainya.

Kemudian ada juga release untul jaringan multisite serta theme default menjadi Twenty Ten.

Tahun 2011. Ada fitur baru berupa “format post” serta “admin bar.”

Pada tahun – tahun itu juga, ada plugin ecommerce yang sangat bagus dan powerful untuk WordPress. Dengan plugin ini, maka pengguna WordPress bisa membangun toko online sendiri.

Tahun 2012. WordPress meluncurkan fitur baru berupa “theme customizer,” “theme preview” serta media manager.

Fitur terakhir ini sangat membantu untuk membuat galeri gambar serta mempreview theme baru sebelum benar – benar digunakan.

Tahun 2013. WordPress meluncurkan update otomatis untuk update minor. Fitur ini sangat mirip dengan yang dilakukan browser Google Chrome.

Tetapi, beberapa user ternyata tidak menyukai update otomatis tersebut. Tetapi untungnya juga, fitur ini bisa dimatikan.

Pada tahun ini, WordPress telah menjadi platform CMS paling populer didunia.

WordPress 3.8 diluncurkan dengan desain responsif / menyesuaikan untuk gadget.

16 April 2014. WordPress 3.9 diluncurkan. Fokusnya pada meningkatkan “visual post editor.” Kini kita bisa mengupload gambar secara drag and drop.

Selain itu, ada fasilitas edit gambar di editor ini plus live widhet preview, audio playlist dan beberapa peningkatan lainnya.

Pada tahun 2014 ini, download wordpress versi bahasa diluar bahasa Inggris jumlahnya telah melampaui download WordPress bahasa Inggris.

Tahun 2015. Diluncurkan WordPress versi 4.2, 4.3 serta 4.4. Release baru ini fokusnya untuk meningkatkan pengalaman lokal, custom template serta mendukung penggunaan emoji. Update juga dilakukan untuk menambahkan basis infrastruktur baru untuk WordPress REST API.

Tahun 2015 ini, WooCommerce yang merupakan plugin e-commerce terkemuka diakuisisi oleh Automattic.

Tahun 2016. WordPress versi 4.5, 4.6 dan versi 4.7 keluar. Setaip versi tentunya terdapat perubahan, Yang patutu dicatat, perubahan terbesar tahun itu adalah update yang lebih mudah untuk plugin dan themes. Kemudian ada fitur content recovery menggunakan penyimpanan browser serta fitur custom CSS untuk mengkustomisasi template.

Kemudian, pada akhir tahun WordPress secara terang – terangan mensupport penggunaan SSL atau HTTPs.

Tahun 2017. WordPress 4.8 dan 4.9 dikeluarkan. Rilis ini desertau beberapa penambahan widget baru untuk menambah audio, video, gambar, galeri, rich text serta HTML.

Update ini juga menambahkan infrasytruktur dasar yang nantinya akan gipergunakan untuk proyek “Gutenberg.” Proyek ini ditujukan untuk memberikan pengalaman baru yang modern untuk publikasi melalui WordPress.

Tahun 2018. Pengembangan proyek Gutenberg dilanjutkan. Gutenberg yang merupakan antarmuka editing yang berbasis blok akan semakin diperkenalkan di versi WordPress mendatang.

WordPress sendiri adalah platform yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Jadi akan semakin dikembangkan mengikuti kebituhan kita juga.

Dan pada tahun 2017, WordPress telah menorehkan catatan yang luar biasa. Mari kita simak catatannya.

Statistik WordPress

  • Kerumitan dan kompleksitas WordPress perlu dibangun hingga 112 tahun.

Ya, wordpress perlu dibangun oleh seorang programer selama 112 tahun atau 112 programer dalan 1 tahun kerja.

Hasilnya adalah 423,759 baris code atau program komputer serta dana lebih dari 6 juta USD untuk membiayainya. Ini di tahun 2017.

  • WordPress adalah CMS dengan pengguna terbanyak.

Menurut W3Tech, WordPress digunakan oleh 58,55% pasar CMS. Jumlah ini melampaui jumah pengguna CMS lain seperti Drupal, Joomla dan lainnya secara bersama – sama.

BuiltWith menyatakan bahwa WordPress digunakan oleh 51% pasar CMS. Meskipun angkanya berbeda, tetapi tetap saja merupakan jumlah yang sangat masif.

  • 27% website menggunakan WordPress.

Netcraft menyatakan bahwa 27% website diseluruh dunia menggunakan WordPress. Jadi, dari sekitar 172 juta situs aktif di dunia pada 2017, ada 75 juta situs yang menggunakan WordPress. Sebagai catatan, separunya atau sekitar 37,5 juta situs merupakan bagian dari WordPress.com atau yang dikenal sebagai wordpress gratis.

Artinya, Situs WordPress yang self-hosted atau dengan hosting sendiri jumlahnya masih lebih banyak daripada 20%.

  • WordPress versi 4.7 telah didownload lebih dari 19,7 juta kali.

Ini adalah angka download untuk versi WP terakhir di 2017. Ya, tidak semua download akan berakhir menjadi situs live juga.

Kita sebenarnya bisa melihat di situs WordPress.org untuk melihat berapa banyak versi terakhir didownload.

Ingin tahu berapa jumlah totalnya? Kepo ya?

Okelah kami jawab. Dari sekitar 30 versi WordPress, Download terakhirnya mencapai lebih dari 196 juta kali.

WordPress semakin tumbuh. WordPress memiliki komunitas loyal yang jumlahnya luar biasa. Hingga tahun 2017, ada 635 “WordCamp yang telah diselenggarakan oleh komunitas lokal WordPress di 68 kota diseluruh negara. Pada tahun 2016, ada 65 WordCamp yang diselenggarakan diluar Amerika.

statistik pada tahun 2016 menunjukkan:

  • 115 WordCamp diselenggarakan di 41 negara.
  • 3.193 Meetup even di 58 negara.
  • Video milik WordPress.tv yang dipublikasikan meningkat hingga 26,7%.
  • WordPress Foundation memperoleh revenue 4,3 Juta USD. Meningkat dibanding 2,8 Juta USD di tahun sebelumnya.
  • WordPress tersedia di 50 bahasa.

WordPress memiliki team ahli bahasa yang menerjemahkan ke lebih dari 65 bahasa. Mereka berniat untuk menerjemahkan hingga 160 bahasa.

  • Konten WordPress ditulis dalam lebih dari 120 Bahasa oleh para penggunanya.

Yang terbanyak adalah blog berbahasa Inggris (71%), Spanyol (4,7%), Bahasa Indonesia (2,4%), dan bahasa Portugis (2,3%).

Nah, ternyata pengguna WordPress dari Indonesia sangat besar juga ya…Ini belum dihitung pengguna orang Indonesia yang menulis dalam bahasa Inggris.

  • Ada 14,7% situs WordPress di top 100 website di seluruh dunia.

Kita bisa menyebutkan nama – nama seperti: TED, NBC, CNN, TechCrunch, The NFL, CBS Radio, People Magazine, UPS dan Best Buy.

Silahkan melihat di peta ini. Kita bisa melihat aktivitas para pengguna WordPress di seluruh dunia. Di Indonesia ternyata terhitung ramai juga lho.

Halaman WordPress.com mendapatkan lebih dari 175 view halaman per bulan. Ini adalah di server gratis WordPress ya Gaess. Yang terbanyak page view nya hingga 2017 adalah pada 2016 pada saat pemilu di Amerika.

Pengguna WordPress memposting 41,7 juta posting setahun. Untuk komen, ada 60,5 juta komentar setahun.

  • Pada tahun 2016 WordPress mempublikasi 117,939,148,357 kata.

Sekitar 117 milliar kata lebih secara total. Kalau kita sih, seumur hidup pastinya bakal (sangat) kesulitan mengucapkan kata – kata sebanyak itu.

Blog – blog di wordpress.com mendapat lebih dari 409 juta viewer perbulan. Pada tahun 2017, ada 409 juta viewer yang membaca 22,4 juta halaman per bulan.

  • WordPress telah menerima hampir 5000 kontribusi dari 70 kontributor.

Secara total, ada lebih dari 430.000 baris kode program.

  • WordPress adalah software publikasi blog yang tumbuh paling cepat.

Berdasar data yang dikumpulkan sejak tahun 2004 hingga 2017, kata kunci pencarian di Google yang berupa WordPress dan sejenisnya dicari lebih banyak daripada CMS lainnya.

Jika ingin mendapat trafik banyak, silahkan menulis saja tentang wordpress karena memang pasarnya jauh lebih besar.

  • WordPress menyediakan pekerjaan bagi ribuan orang.

WordPress mampu menyediakan solusi bagi banyak bisnis. Jadi, memiliki skill sebagai developer wordpress akan memberikan penghasilan yang terhitung layak. Saat ini banyak freelancer wordpress yang dibutuhkan. Untuk ukuran orang barat, bisa mendapat 30 sd 200 dolar per jam lho.

Coba dicek disini gaes, mungkin ada yang bisa kamu lakukan.

  • Ada lebih dari 3000 + free theme dengan lisensi GPL untuk wordpress.

Untuk template berbayar, ada lebih banyak lagi. Themeforest memiliki lebih dari 8.600 template untuk dijual.

WordPress dapat diinstal kurang dari 5 menit. Ini adalah fitur yang selalu menjadi keunggulan WordPress, instal dengan beberapa klik!

  • Ada 48.500 lebih plugin free untuk WordPress.

Jumlah ini adalah jumlah plugin free di direktory plugin wordpress resmi. Diluar itu, ada plugin pihak ketiga serta plugin berbayar.

  • Lebih dari 39% toko online dijalankan lewat WooCommerce.

WooCommerce adalah plugin toko online atau e-commerce paling terkenal. Plugin ini digunakan sekitar 10% pasar e-commerce dunia.

  • Jetpack, plugin resmi WordPress diinstall pada lebih dari 2 juta situs baru pada 2016.

Jetpack berguna untuk beberapa hal:

  • Posting otomatis ke media sosial.
  • Mengoptimasi, membuat cookie gambar serta menayangkan lebih dari 29 juta gambar perhari dari CDN WordPress.com.
  • Melindungi keamanan wordpress termasuk 23 juta kali percobaan membobol password dan username.

plugin ini adalah plugin buatan Automattic, perusahaan yang didirikan pendiri WordPress sendiri.

  • Akismet plugin melindungi pengguna dari 80 juta komentar spam.

Plugin ini digunakan untuk melindungi komen kita dari spam, bots dan hal – hal buruk lainnya.

  • WordPress.com hanya punya 532 pegawai (termasuk 12 pegawai bernama Michael).

Para pegawai ini tersebar di 51 negara.

Jumlah ini mungkin terlihat biasa saja. Tetapi, coba bandingkan, wordpress.com menangani 175 juta pengunjung unik (unique visitors) dengan jumlah pegawai yang lebih sedikit dibanding pegawai perusahaan internet lainnya.

  • WordPress menolak hingga 41% “DMCA Takedown.”

Sebelumnya, DMCA takedown adalah:

Jika kita merasa konten kita yang berhak cipta diambil orang, kita bisa mengisi DMCA Takedown dan menuntut yang mengambil konten tadi.

Minimal kita bisa meminta konten tadi dihapus atau menuntut ganti rugi jika diperlukan.

Tetapi, Ada juga DMCA yang diisi tidak benar. WordPress.com memiliki daftar DMCA yang diisi dengan tidak benar tadi.

Selain itu, kita juga bebas memodifikasi software WordPress sesuai keinginan kita sendiri tanpa batasan. Dan, mendistribusikan hasil modifikasi kita dengan cara yang kita sukai.

  • WordPress menolak 65% permintaan informasi.

Permintaan informasi ini datang dari beberapa pemerintah. Dari 499 situs yang diminta, wordpress mengeluarkan informasi untuk 35% nya. WordPress tampaknya lebih transparan dalam hal ini dibanding CMS lainnya.

Jadi, itulah sekilas mengenai sejarah WordPress serta pencapaian yang diraihnya hingga kini. Jadi, ini adalah semacam “start-up” generasi awal internet, begitu. Yang, kini telah tumbuh sangat besar. Sampai jumpa…

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply