22 Jul

Jasa SEO Jogja Murah Terbaik

Jasa SEO website di Yogyakarta untuk masuk halaman pertama Google. Mempercepat penjualan karena pengunjung website bertambah.

Memiliki website dengan SEO yang baik akan menambah kemudahan berbisnis. Bisnis dengan website halaman satu dipastikan akan mendapat order secara pasif. Bisnis yang websitenya ada di halaman banyak, akan perlu mencari pasar kemana – mana.

Produktifitas juga bertambah. Jika dengan SEO ada penjualan 5 sehari, akan beda jika tanpa SEO yang penjualannya 3 sehari.

Jumlah ini tentunya hanya hipotesa. Jumlah pastinya tentu tergantung jumlah pelanggan di bisnis Anda yang mencari produk Anda secara online.

Bagi Anda yang sudah memiliki website atau belum memiliki website, bisa menggunakan jasa kami. Jika belum memiliki website, kami juga menyediakan jasa pembuatan website yang terpercaya.

SEO adalah salah satu cara pemasaran yang membuat perusahaan kecil bisa bersaing langsung dengan perusahaan besar. Cara pemasaran perusahaan biasanya beriklan. Perusahaan kecil, mungkin akan lebih merasa mahal membayar iklan setiap hari. Tetapi, dalam skala bisnis mereka, tetap bisa membuat produk dan layanan setara kualitas perusahaan besar. Meskipun jumlah produk atau layanan lebih sedikit.

Mereka, perlu promosi yang efektif. Jika perusahaan besar bisa beriklan dengan budget besar, perusahaan lebih kecil bisa beriklan dengan jangkauan luas juga, yaitu dengan SEO.

SEO seperti membuka pintu belakang bagi promosi kita. Layanan dan produk Anda, sama dengan perusahaan yang beriklan di TV, tetapi, kita mungkin kemahalan jika membayar di TV nasional.

Tampil di pencarian halaman pertama di Google membantu merk kita untuk dikenal masyarakat dengan baik.

Sering dilihat dan dilihat orang banyak akan memberikan dampak berbeda. Hasil akhirnya bisa meningkatkan merk kita dihadapan konsumen.

SEO memberikan konsumen tertarget yang lebih baik.

Bagi Anda yang berminat dengan Jasa  SEO Terbaik di Jogja, kami Lawang Techno siap memberikan yang terbaik bagi bisnis Anda.

Layanan SEO untuk masuk halaman 1 Google. Silahkan menghubungi 08-22-33-66-99-40 sekarang juga. 

Tetapi, jika ada waktu sedikit untuk membaca, maka kami akan menjelaskan sedikit tentang SEO.

Apa itu SEO?

Adalah cara masuk halaman depan Google. Sebisa mungkin, pada peringkat yang bagus.

SEO ( Search Engine Optimization ) pada masa ini berbeda dengan SEO pada masa yang lalu. SEO telah mengalami banyak sekali perkembangan sejak tahun 2000 an.

Nama SEO sendiri sebenarnya adalah nama yang diberikan para praktisinya. Nama ini bukan berasal dari Google.

Kata Optimization adalah kata yang diberikan karena website hanya “dioptimasi” tanpa ukuran yang sangat pasti.

Misalnya saja: 

Salah satu faktor SEO adalah berupa tampilan iklan yang tidak terlalu banyak pada bagian “above the fold.” Jika iklan terlalu banyak, rangking website turun.

Above the fold adalah bagian website yang langsung terlihat setelah loading.

Berapa nilainya?

Nilainya 30%. Jika area iklan melampaui 30% area konten pada above the fold, rangking website akan turun.

Tetapi, mungkin ada juga gradasinya, bagaimana jika 27% atau 15% misalnya? Pembobotan apa yang dikurangi dan berapa nilainya?

Praktisi SEO tidak pernah mengetahui hal ini secara pasti.

Rangking website kita dihitung oleh komputer super canggih milik Google. Mesin ini meng-crawl atau mendatangi dan mengindeks halaman kita. Mesin pencari ini mengkopi halaman kita ( dalam bentuk file html) dan membandingkannya dengan file yang masih satu tema dengan milik situs lainnya.

Kemudian, saat ada pencari di Google mengetikkan sebuah kata kunci, Google membandingkan banyak ( sekali ) halaman website dengan tema sesuai kata kunci tersebut.

Kemudian menampilkannya secara berurutan berdasarkan yang dianggap paling relevan oleh Google terhadap kata kunci tadi.

Kita melihatnya ada di halaman pencarian Google.

Nah, kita berharap halaman website kita tampil di urutan 10 besar atau halaman pertama saat ada pencari di Google yang mencari dengan kata kunci pembelian.

Kata kunci pembelian ini adalah kata kunci yang berpotensi menjadi penjualan bagi produk kita. 

Pekerjaan SEO ini adalah menjadikan website beserta seluruh halamannya menjadi yang paling relevan untuk kata kunci pembelian bagi produk atau jasa kita.

Saat ini, perhitungan perbandingan ini sangat berbeda dibandingkan tahun 2000.

Perbandingan SEO dahulu dengan SEO sekarang

Pada tahun 200 awal, faktor SEO ditentukan oleh konten yang terakhir muncul di internet.

Saat itu internet masih sangat jarang. Penulis masih mengalami membuka sebuah halaman website pada tahun 1997 dengan lama hingga 5 menit per halaman.

Saat itu, mesin pencari sudah memikirkan relevansi konten dengan kata kunci sepertinya. Tetapi masih sangat rendah kemampuannya dibanding saat ini.

Relevansi ini ditandai dengan adanya pemberian nilai untuk backlink bagi suatu website atau halaman website. Backlink atau link referensi dari situs lain ini memberikan nilai lebih tinggi bagi situs tujuan.

Tetapi, faktor SEO yang lain masih lebih terbatas lagi.

Google memberikan rangking paling atas pada konten yang paling akhir muncul.

Jadi, praktek SEO pada waktu itu adalah memposting lagi konten secara berturut – turut supaya menjadi yang paling akhir. Dan, menjadi yang teratas. Tentunya, sambil membuat backlink.

Kemudian, ada perubahan, Mesin pencari Google mulai membaca string dan melihat kepadatan kata kunci sebagai faktor untuk memberi rangking di Google.

huruf Abcd memiliki string berbeda dibandingkan ab,.   c.  d. Jadi, rangking di Google akan berbeda.

Kata Malioboro akan berbeda string dengan ma.  li.  o.  bo.  r.o. Dan, hasil pencarian dengan dua kata kunci seperti itu pasti berbeda hasilnya. ( Pada masa itu. Untuk saat ini, Google faham jika ma.  li.  o.  bo.  r.o adalah malioboro  yang sama ).

Pencarian dengan string yang sesuai ini masih digunakan untuk banyak situs lain hingga saat ini. Termasuk media sosial atau situs populer lainnya.

Meskipun medsos mencoba membuat pencarian lebih natural, tetapi teknologi dasarnya masih terlihat.

Untuk Google, pencarian dengan string ini mulai sangat diperbaiki pada tahun 2008. Mereka menampilkan banyak parameter lain selain kesesuaian string dan backlink

Sebelumnya, para praktisi SEO hanya membuat artikel dengan copy paste dan kata kunci banyak – banyak di artikel. Plus, diberi backlink.

Nah, akhirnya banyak sekali website berkonten copy paste atau duplikat.

Hal ini diperparah oleh para programer yang melakukan “copy paste” konten secara otomatis. Mereka mampu membuat ribuan bahkan puluhan ribu halaman website dengan sekali klik. dan langsung diupload begitu jadi.

Pada tahun 2004, Google memperkenalkan Google adsense. Google Adsense ini adalah iklan yang dibayarkan per klik dan tampil di halaman website lain yang memiliki tema sama.

Jika saat ini mendaftar adsense itu sulit, maka pada tahun itu mendaftar Adsense langsung diterima. Bahkan, ada komisi bagi yang mengajak teman dengan link referal.

Adsense dan programer model pembuat konten otomatis ini sepertinya cocok sekali saat itu.

Mereka membuat situs, banyak situs hingga ratusan, Dengan ribuan hingga puluhan ribu halaman secara otomatis per situs. Plus, menempatkan iklan Adsense disana. Hasilnya memang besar, bisa membeli rumah.

Tetapi, hasil pencarian Google menjadi kacau. Hasil pencarian di rangking pertama, kedua hingga beberapa puluh isinya sama semua.

Hal ini membahayakan.

Bayangkan jika ada orang mencari website dokter atau rumah sakit dalam kondisi darurat. Saat itu belum ada WA dan medsos. Jadi, mencari website RS dengan nomor telepon yang bisa dihubungi segera. Pasti sangat sulit karena tertutup hasil pencarian milik website copy paste tersebut.

Jadi, Google mengeluarkan algoritma duplikat. Konten duplikat akan mendapatkan penalti dan di banned dari rangking Google.

Cara mencari duplikat, ya dengan membandingkan string tadi. Jika sama maka konten yang ditemukan selanjutnya setelah yang pertama akan kena banned.

Kemudian, hadir yang namanya software untuk suffle artikel atau mengacak artikel. Biasa dikenal sebagai article spinner.

Dengan spin artikel atau mengacak artikel secara otomatis, maka string menjadi berbeda.

String berbeda artinya praktek copy paste bisa dilanjutkan. Bedanya, artikel di spin sebelum diposting. Ya, secara otomatis dan bulk atau banyak artikel sekaligus.

Pada masa ini, rangking atas Google dipenuhi artikel berbahasa Inggris yang sulit dibaca.

Baik grammar ataupun lainnya dari artikel bersangkutan banyak sekali salahnya. Bahkan, artinya juga sangat berbeda ketika dibaca.

Sekali lagi, Google diuji kemampuannya.

Mem-banned artikel semacam ini bisa saja dilakukan saat ditemukan. Tetapi, jumlahnya banyak sekali. Jadi, perlu algoritma khusus untuk menghentikan praktek semacam ini.

Akhirnya, perlahan – lahan Google meluncurkan berbagai algoritma. Ada algoritma yang mampu membaca grammar, konteks kata dengan kalimat dan sebagainya.

Ada algoritma penguin, panda dan sebagainya yang diluncurkan.

Kemudian, artikel semacam ini hilang mulai tahun 2012. Dan pada tahun 2014, hasil pencarian Google sudah bersih dari praktek semacam ini.

Saat ini, Google menambahkan banyak kevcanggihan baru di mesin pencariannya. Plus, Google juga memiliki fitur lainnya yang sangat menarik.

Saat ini, pencarian di Google bisa menggunakan 100 lebih bahasa. Bisa dihubungkan dengan peta serta foto 3D. Serta bisa menampung masukan pengguna yang memberi tagging tempat – tempat tertentu. Yang, akhirnya menjadi banyak sekali karena semua orang memberi tag di peta.

Tidak ada mesin pencari lain di bumi yang saat ini secanggih Google.

Plus, tidak ada juga yang memiliki data sebanyak yang sudah dikumpulkan Google.

Awalnya, perlu waktu 1 bulan bagi Google meng-crawl 300.000 website dan merangkingnya. Sekarang, kita bisa memposting partikel, gambar atau video baru dan melihat rangkingnya di Google “mapan” dalam 2 hari pertama. Tidak peduli berapa juta atau milyar kompetisi yang ada.

Google mampu membaca intent keyword atau alasan orang menggunakan kata kunci bersangkutan.

Google bisa memberikan hasil yang sesuai dengan intent keyword ketimbang sekedar membaca string saja. Mesin pencari lain belum ada yang bisa.

Jika Google saat ini digunakan oleh 2 milyar orang sehari, maka jumlah itu sangat wajar.

Sekarang, bagaimana menjadi “yang paling relevan” untuk pencarian di Google dengan kata kunci pembelian bisnis kita.

Oh ya, mesin pencari pertama bukan Google, tetapi “Archie” buatan Alan Emtage. Saat itu ia masih mahasiswa McGill University di Montreal.

Tetapi, Google ini kami bahas karena Google adalah mesin pencari paling sukses hingga saat ini. Dan, yang paling dominan saat ini.

Kami memiliki pengalaman dalam hal ini. Minimal ada perhitungan berdasar pengalaman yang cukup panjang.

Kami bisa membantu Anda dalam hal ini.

Beberapa faktor penting SEO

Ada lebih dari 200 faktor SEO untuk saat ini. Tetapi, tentunya jika dibahas semua disini, artikel ini akan setebal buku jika dicetak.

Kami akan membahas beberapa faktor SEO dan cara kita untuk mengoptimasinya.

  • Kata kunci

Kata kunci adalah hal yang sangat penting. Terutama, saat kita berurusan dengan judul sebuah artikel. Kata kunci harus kita gunakan di judul dan sub judul artikel atau konten kita. Bisa juga, kita gunakan di artikel dengan proporsi sekitar 2 sd 5 %.

Kata kunci bisa kita gunakan juga pada nama domain kita. Misal: www.jasalistrik.com. Nama jasa listrik ini menurut Google tidak berpengaruh lagi di SEO. Tetapi, pada kenyataannya, masih berpengaruh juga meskipun sedikit.

Gunakan kata kunci yang memberikan penjualan untuk bisnis kita. Atau, untuk artikel bisa menggunakan kata kunci yang kira – kira dicari orang yang sedang dalam tahap akan membeli produk yang kita tawarkan.

  • Click Through Rate ( CTR )

CTR adalah berapa kali website kita mendapatkan klik dari pengunjung jika tampil di halaman pencarian Google. Untuk 2 buah situs yang tampil bersamaan di halaman pencarian Google, keduanya akan memiliki pengunjung berbeda. Alasannya karena perbedaan meta description.

Apa itu meta description?

Kita lihat hasil pencarian tinggi ring basket di Google.

jasa seo jogja

Pada saat artikel ini ditulis, penulis memberi contoh meta description dengan mencari di Google dengan kata kunci “tinggi ring basket.” 

Ini lah hasilnya.

Ada answer box atau kotak jawaban dari Google untuk tinggi ring basket. Yang, disertai sumber websitenya.

Yang menarik adalah, situs kabar sport dot com justru ada di rangking dua dan bukan rangking satu pencarian. Tetapi, situs ini mampu memberikan meta description yang diinginkan para pencari. Dan, akhirnya diambil oleh Google dan masuk ke answer box. 

Terus terang saja, sulit masuk answer box seperti ini. Selain rangking untuk kata kunci ini harus tinggi, juga meta description harus benar – benar akurat.

Sekarang,jika Anda melihat 2 hasil pencarian seperti diatas, mana yang dibuka pertama kali?

Secara naluriah, jelas kabar sport dot com.

Inilah yang menentukan angka CTR.

Angka CTR milik kabar sport dot com pasti lebih tinggi dibanding sirus rangking satu: topteknikdasarpermainanbolabasket.blogspot.com.

Jika CTR untuk situs rangking dua yang lebih tinggi berlangsung terus – menerus, maka posisi rangking bisa berbalik. Tentunya, mempertimbangkan hal lainnya juga.

seperti:

  • Backlink

Backlink adalah salah satu faktor penting SEO. Sejal Google memulai mesin pencarinya dengan nama Backrub, backlink telah mendapatkan perhatian.

Backlink dianggap sebagai faktor referensi dari situs lain untuk situs kita. Karena itulah, situs yang mendapat referensi oleh situs besar dan juga banyak direferensikan akan mendapat rangking lebih baik dibanding lainnya.

Tetapi, Jika akan mencari backlink, maka kita harus hati – hati. Jangan membeli backlink karena situs bisa mendapat banned dari Google.

Backlink yang dibeli biasanya berasal dari link farm atau situs khusus yang memang melayani pemberian link. Jadi, banyak link keluar ari situs tersebut menuju ke berbagai website. Yang menyulitkan, link ini ada yang menuju situs judi, situs travel dan juga situs lainnya seperti situs berita.

Hasilnya, link dari mereka dipandang rendah oleh Google dan bahkan bisa dianggap spam. Jika sudah dianggap spam, maka akan kena banned.

Yang harus kita fahami, Google mengeluarkan banyak dana untuk mengindeks semua website dan semua halamannya.

Mereka menerjunkan robot crawl yang banyak sekali jumlahnya. Robot ini membaca halaman yang ditemui, mengkopi bagian yang baru jika ada atau mengkopi halaman baru semuanya. Data disimpan dalam database. Google berusaha memahami apa isi konten halaman tadi. Dan, saat ada yang mencari dengan kata kunci yang sesuai halaman tadi, maka halaman itu akan dibandingkan dengan banyak ( sekali ) halaman lainnya dan mendapat rangking untuk ditampilkan.

Yang dianggap paling relevan, akan berada di rangking paling atas.

Robot crawl perlu dana besar untuk dibuat. Robot itu perlu dana untuk digerakkan. Server perlu dana untuk maintenance. Database mereka luar biasa besar. Untuk membandingkan semua, perlu mesin komputer sangat canggih yang biayanya sangat mahal.

Jika ada konten spam, pastinya hanya memberatkan sistem mereka dan membuang dana. Jadi, ya kena banned. Sesederhana itu.

  • Kecepatan website

Kecepatan website saat ini sangat penting. Website yang cepat membuat pengunjung senang dan Google senang. Google mengikuti trend oleh penggunanya. Jadi, situs cepat rangkingnya akan lebih baik dibanding yang lambat.

Jika ingin situs Anda cepat dan handal, maka server cloud bisa menjadi pilihan. Anda bisa memesan server cloud kepada kami.

Sebenarnya, ada banyak, lebih dari 200 faktor SEO yang diketahui saat ini. Tetapi, jujur saja, tidak semua akan sempat dikerjakan.

Untuk masuk ke halaman satu Google, SEO adalah cara yang sustainable atau berkelanjutan. Dengan catatan, cara SEO nya tidak bersifat spam.

Keuntungan SEO

  • SEO menarik pembeli potensial lebih banyak dibanding media sosial

SEO menarik lebih banyak potensi pelanggan dibanding media sosial. Para pencari di Google adalah pencari yang memang berminat terhadap sesuatu.

Jika Anda mencari di Google dengan kata kunci” rental mobil” maka pasti rental mobilah yang ingin Anda cari, meskipun mungkin sekedar info saja.

Anda tidak sedang mencari sepeda atau mencari buku.

Hal ini membuat SEO menjadi sangat tertarget. Kita tinggal membuat situs kita relevan dengan kata kunci pembelian di bisnis kita. Kata kunci ini, pastinya berbeda dibandingkan dengan kata kunci utama atau kata kunci untuk mencari informasi.

Untuk media sosial, kita mencari taerget audience. Yang agak sulit, target audience yang pernah pergi ke Bali belum tentu cocok jika kita beri iklan tour ke Bali. Mungkin, ia sedang ingin pergi ke Makassar?

Mencari target audience yang akurat di media sosial lebih sulit dibandingkan mendapatkan kata kunci pembelian di Google.

  • SEO sangat tertarget

Karena alasan diatas, SEO menjadi sangat tertarget. Sekali kita berhasil menempatkan kata kunci atau beberapa kata kunci pembelian bisnis kita di halaman satu Google, maka order pasif sudah menunggu. Website dan halaman kita akan selalu mendapat kunjungan dan diharapkan, akan selalu ada order.

  • SEO meningkatkan kepercayaan

Website halaman pertama di Google sangat dipercayai pelanggan. Ini sangat alamiah. Mereka menganggap kredibilitas kita lebih baik dibandingkan orang lain.

  • SEO untuk jangka panjang

SEO berlaku untuk jangka panjang. Sekali masuk halaman depan, biasanya akan bertahan cukup lama. Kecuali tentunya untuk produk atau jasa yang kompetitif.

Misal: jasa SEO jogja. Kata kunci ini kompetitif dan rangking cepat berubah karena masing – masing berebut hampir setiap hari mengupdate SEO mereka.

Tetapi, secara umum rangking SEO akan bertahan berbulan – bulan hingga 1 tahun di halaman pertama.

Bagi Anda yang berharap mendapat pelanggan baru secara online, jasa SEO di Jogja bisa menjadi pilihan Anda. Salam sukses luar biasa!

Leave a reply