27 Oct

Harga Jasa Pembuatan Website di Jakarta

Apa yang menjadi pertimbangan untuk menentukan harga jasa pembuatan website di Jakarta? Yang pertama tentunya adalah tujuan penggunaan website. Apakah website kita akan menjadi website konten ataukan website aplikasi.

Untuk penggunaan sebagai website Aplikasi, harga yang ada sangat berbeda tergantung jenis aplikasi yang diharapkan bisa dijalankan.

Sebenarnya, sebuah website sendiri sudah merupakan aplikasi. Tetapi, ada aplikasi yang sudah sering dibuat. Ada juga yang baru pertama kali dibuat. Jadi, harga website bisa sangat tergantung pengembang situsnya sendiri.

Jika jasa pengembang website memiliki banyak stok code program yang tergolong lengkap, maka pembuatan website bisa menjadi cepat.

Untuk pengembang website yang baik, yang selalu membuat standar dalam penulisan code pemrogramannya, maka akan lebih mudah “menyambungkan” satu code dengan program lainnya.

Hasilnya, pengembangan website menjadi cepat karena ada banyak code program yang bisa “copy dan paste” saat digunakan.

Tetapi jika semua ditulis dari nol, maka harganya mungkin lebih mahal.

Apakah tidak ada standarnya?

Agak susah menentukan standar biaya / harga jasa pembuatan website di Jakarta. Kami sudah menentukan standar kami. Ini adalah daftar harga website kami. Untuk perusahaan lain, mereka memiliki standar sendiri.

Tetapi, memang apa yang diambil untuk menjadi standar bisa cukup berbeda. Hal semacam ini juga biasa ada di perusahaan jasa yang lainnya.

Secara umum, kami perusahaan jasa pembuatan website menggunakan beberapa pertimbangan dalam memutuskan harga.

  • Kerumitan website dan aplikasi di dalamnya.
  • Banyaknya konten.
  • Biaya karyawan.
  • Biaya hosting dan domain.

Apa saja yang dipertimbangkan disini:

  • Kerumitan website dan aplikasi di dalamnya.

Kerumitan website ini adalah hal yang utama. Apakah aplikasi web akan melibatkan pelaporan keuangan? apakah pelaporan itu formatnya disa cocok dengan format Microsoft Excell misalnya?

Apakah aplikasi ini untuk tiketing online?

Ada perusahaan jasa pembuatan website yang sudah terbiasa membuat situs tiketing online. Dan, sudah memiliki “bahan” lengkap yang tinggal dimodifikasi jika diperlukan.

Diantara mereka, ada yang menurunkan harga jasanya dibanding saat awal membuat dahulu.

Tetapi, jika website tiket online ini adalah pengalaman baru, maka harganya bisa menjadi sedikit lebih mahal. Dan, pembuatannya mungkin lebih lama.

  • Banyaknya konten.

Ada situs yang perlu memasukkan “katalog” produk hingga ribuan. Harganya tentu berbeda dibanding yang kontennya lebih sedikit. Ada jam kerja yang harus dipertimbangkan disini.

Meskipun, memasukkan konten bisa jadi tergolong pekerjan mudah. Tetapi jika banyak, maka banyak jam kerja yang terpakai.

  • Biaya karyawan.

Untuk jasa pembuatan website freelance, maka harganya bisa lebih murah. Jika jasa pembuatan website ini memiliki karyawan, maka pengeluaran perusahaan menjadi berbeda.

Jangan salah, ada freelancer yang keahliannya melampaui para profesional di perusahaan besar. Mereka hanya ingin bekerja lebih bebas. Tetapi, bagaimananpun, sebuah perusahaan besar tetap perlu mempertimbangkan pengeluaran untuk para karyawannya.

  • Biaya hosting dan domain.

Biaya hosting dan domain jarang mencapai 1 juta setahun. kecuali, website Anda pengunjungnya mencapai 1 juta orang sebulan. Jadi, Anda perlu server cepat.

Biasanya, biaya semacam ini tidak terlalu besar jika kita memesan “website aplikasi.” Saya menggunakan tanda petik karena secara umum sebuah website sudah merupakan aplikasi.

Tetapi, ada jasa pembuatan website yang menggunakan CMS atau Content Management System. Bisa membeli atau buatan sendiri. CMS ini memudahkan klien untuk mengupdate website sendiri.

CMS ini akan menurunkan harga biaya pembuatan webiste di Jakarta ( dan kota lainnya juga).

CMS akan dipakai lagi di situs klien selanjutanya dengan modifikasi yang diperlukan. Tetapi, ibarat memodifikasi mobil, kita sudah memiliki mobil yang menjadi basis modifikasi.

Hal inilah yang menghemat biaya jasa pembuatan website.

Untuk website konten, biasanya menggunakan CMS seperti ini. Ada 2 keuntungannya.

Memudahkan klien untuk melakukan update.

Memudahkan modifikasi situs yang diperlukan. Tidak perlu membuat situsnya dari nol lagi.

Untuk kami, kami menggunakan CMS yang membuat klien mudah membuat perubahan di situs web masing – masing. Hal ini bisa membuat harga jasa pembuatan website kami lebih terjangkau.

Jika Anda membuat website di jasa pembuatan website, bisa melihat apakah Anda akan mudah memodifikasi situs Anda.

Jika setiap perubahan, update atau penggantian harga perlu diubah oleh developernya, maka pasti biaya Anda kedepan akan menjadi besar.

Untuk menambah artikel, kita sebaiknya bisa menambahnya sendiri tanpa repot. Untuk mengganti harga, juga demikian.

Website kita semestinya lebih mudah kita kelola sendiri. Ini adalah soal kepraktisan. Ya, soal biaya kedepan juga sih.

Inilah beberapa hal yang penting tentang komponen biaya harga jasa pembuatan website di Jakarta. Semoga bermanfaat. Salam sukses luar biasa!

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply