12 Apr

Bagaimana strategi SEO dan PPC dapat bekerja bersama untuk mendorong keberhasilan bisnis

Banyak pengecer e-commerce menganggap strategi pemasaran PPC dan SEO mereka sebagai entitas yang terpisah. Kadang-kadang, mereka bahkan dipandang sebagai alternatif satu sama lain, dengan merek hanya berinvestasi dalam satu per satu.

Tentu saja, ini adalah kesalahan tragis karena PPC dan strategi SEO diperlukan untuk berintegrasi satu sama lain agar situs dapat mencapai potensi penuhnya di SERPs.

SEO adalah metode untuk meningkatkan lalu lintas organik situs melalui peningkatan visibilitas dan otoritas situs. Atau, iklan bayar per klik (PPC) berupaya menghasilkan lalu lintas melalui iklan yang ditargetkan dan dibuat dengan cermat di mesin pencari, sosial, dan tujuan online populer lainnya.

Meskipun masing-masing berbeda, mereka berdua bertujuan untuk mencapai tujuan yang sama. Selain itu, strategi SEO dan PPC sering bergantung pada satu sama lain, memberi makan yang lain dengan informasi penting untuk membantu meningkatkan kinerja yang lain.

Untuk sepenuhnya memahami hubungan simbiosis antara kedua metodologi pemasaran ini, mari kita telusuri kedua taktik ini secara mendalam, bagaimana mereka berbeda, bagaimana mereka sama dan menguraikan secara tepat bagaimana SEO dan PPC saling memberi makan hasil masing-masing.

SEO dan PPC: Perbedaannya
Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah disiplin yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas yang diterima situs dari mesin pencari seperti Google atau Bing. Ada berbagai teknik SEO untuk meningkatkan peringkat, termasuk pembuatan konten, optimasi teknis, pembuatan tautan, dan kegiatan lainnya.

Di sisi lain, iklan PPC adalah model pemasaran digital di mana pengiklan membayar jumlah yang dialokasikan setiap kali seseorang mengklik salah satu iklan mereka.

Meskipun kedua taktik ini keduanya berada di bawah payung pemasaran mesin pencari (SEM), ada beberapa perbedaan utama antara kedua konsep ini.

Pertama, iklan berbayar (biasanya) muncul di bagian atas daftar mesin pencari – di atas peringkat organik – yang dipengaruhi oleh implementasi optimisasi mesin pencari.

Kedua, pengiklan yang menghasilkan lalu lintas dari iklan mereka harus membayar untuk kunjungan situs tersebut. Hal yang sama tidak berlaku untuk cantuman organik yang memperoleh klik sebagai hasil mendapatkan visibilitas dengan memanfaatkan praktik terbaik SEO.

Ketiga, hasil yang dihasilkan dari kampanye PPC – baik itu kesadaran, lalu lintas, konversi atau semua hal di atas – langsung. Namun, begitu promosi berakhir, metrik situs kemungkinan akan kembali ke level pra-kampanye.

Atau, strategi SEO sering membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan momentum dan bisnis mungkin tidak melihat pengembalian investasi mereka selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Namun, begitu strategi optimasi pencarian perusahaan mulai membuahkan hasil, perubahan itu cenderung bersifat jangka panjang dan sangat makmur

Baca Juga :   Mengapa Jaringan Komputer komputer dibutuhkan

EO dan PPC: Kesamaan
Meskipun PPC dan SEO berbeda dalam banyak hal, mereka juga berbagi beberapa kesamaan yang jelas.

Pertama, kedua taktik ini bertujuan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web dan sering juga bertujuan menghasilkan konversi. Sementara satu melakukan ini melalui cara berbayar dan yang lainnya melalui slog mendaki SERPs secara organik, tujuan akhirnya tetap sama.

Kedua, SEO dan PPC adalah strategi yang digerakkan oleh kata kunci. Sementara pengiklan akan melakukan penelitian kata kunci untuk mengidentifikasi frase makmur yang akan ditawar dan yang tidak relevan untuk dikecualikan melalui daftar kata kunci negatif, SEO juga akan menganalisis istilah yang relevan untuk memahami cara mengoptimalkan judul, konten, elemen teknis, dan aspek penting lainnya di situs.

Dengan perbedaan dan persamaan dari kedua strategi ini, mari kita telusuri bagaimana menggunakan SEO dan PPC bersama-sama adalah formula untuk kesuksesan mesin pencari.

Bagaimana PPC dan SEO saling membantu
Tidak hanya benar bahwa SEO dan PPC sering mengejar tujuan yang sama, tetapi masing-masing taktik sebenarnya mendukung yang lain, menghasilkan keuntungan di kedua kampanye. PPC membantu upaya SEO dengan:

Memaksimalkan cakupan SERP
Ketika sebuah situs menjalankan iklan PPC, mereka muncul di bagian atas hasil pencarian, dengan demikian menjadi hal pertama yang dilihat pencari.

Ketika digabungkan dengan upaya SEO, merek berpotensi dapat mengkonsumsi sebagian besar dari SERP, menampilkan iklan di bagian atas dan daftar organik di bawah ini. Karenanya, jika seorang pencari melompati bagian iklan dan langsung menuju peringkat organik, mereka akan menemukan bisnis di sana juga.

Ini secara efektif memungkinkan situs untuk mendapatkan dua kali lipat paparan jika mereka hanya menggunakan salah satu dari strategi ini, sehingga meningkatkan kemungkinan bahwa pengguna akan mengklik-tayang ke situs merek.

Selain itu, mengingat bahwa perusahaan tertentu sangat terwakili dalam SERPs, ini memberikan konsumen dengan keyakinan yang meningkat bahwa bisnis adalah yang memiliki reputasi baik yang menyediakan produk atau layanan berkualitas.

Dengan menggabungkan PPC dan SEO, organisasi dapat lebih efektif memandu prospek ke situs mereka dan mendorong keterlibatan di antara konsumen.

Simbiosis kata kunci
PPC dan SEO keduanya sangat bergantung pada pengoptimalan kata kunci ke permukaan untuk pencarian terkait. Agar bisnis muncul di SERP untuk pertanyaan yang relevan, mereka harus menargetkan kata dan frasa yang benar.

Untuk merek yang telah mengoptimalkan situs mereka untuk pencarian cukup lama, mereka sudah memiliki data kata kunci yang dapat membantu menginformasikan kampanye PPC mereka untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.

Namun, bagi mereka yang baru mengenal SEO, mengukur keefektifan upaya mereka dapat menjadi tantangan mengingat hasil membutuhkan waktu untuk ditampilkan. Tetapi, karena kampanye PPC menghasilkan hasil langsung, pengiklan dapat memanen kata kunci yang telah terbukti menguntungkan dan meneruskan informasi itu kepada tim SEO untuk mengoptimalkan halaman untuk meningkatkan visibilitas dan lalu lintas.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website di Cawang, Jakarta Timur

Memanfaatkan informasi kata kunci dari kampanye PPC dapat membantu SEO untuk memahami jenis istilah yang dicari pengguna untuk membuka halaman perusahaan. Alih-alih menunggu data SEO untuk mulai bergulir, pemasar dapat memanfaatkan data PPC untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk kampanye SEO.

Kemudian, ketika hasil SEO mulai muncul, informasi itu dapat diumpankan kembali ke pengiklan PPC untuk membantu meningkatkan efektivitas promosi mereka.

Peningkatan kesadaran merek
Ketika seorang konsumen mengklik iklan PPC, mereka akan dibawa ke halaman arahan di mana mereka belajar tentang bisnis dan penawarannya. Dari sana, mereka dapat menjelajahi situs lebih jauh untuk mendapatkan ukuran yang lebih baik untuk merek. Dalam kasus lain, mereka mungkin terganggu dan terpental dari halaman.

Meskipun ini mungkin terasa sedikit mengecewakan, konsumen itu baru menyadari perusahaan dan apa yang ditawarkannya melalui iklan PPC. Ketika individu tersebut mencari produk atau layanan serupa di masa mendatang, mereka cenderung mengingat interaksi mereka dengan situs web perusahaan dan mengklik daftar organiknya.

Ketika calon pelanggan semakin akrab dengan suatu merek, mereka lebih cenderung untuk terlibat dengan konten yang terdaftar secara organik, sehingga menghasilkan tingkat lalu lintas yang tinggi dan (berpotensi) konversi.

Pada akhirnya, iklan PPC membantu menghasilkan kesadaran untuk bisnis, bahkan jika prospek tidak segera mengonversi, yang dapat menyebabkan lebih banyak lalu lintas organik di masa depan.

Ini hanya beberapa cara yang SEO dan PPC saling menguntungkan.

Namun, jika pemilik bisnis tidak mengerti cara melacak dan mengukur informasi ini, penjelasan ini sia-sia.

Cara melacak dan mengukur kinerja
Faktanya adalah bahwa bisnis yang berbeda akan memiliki tujuan yang berbeda. Karena KPI yang digunakan untuk mengukur sasaran ini akan bervariasi, kami akan menjelajahi topik ini melalui dua target paling umum dari bisnis online: Lalu lintas dan konversi.

Sasaran SEM bisnis tidak perlu rumit. Namun, mereka juga seharusnya tidak terlalu sederhana.

Karena itu, tujuan harus mencakup informasi seperti:

Jumlah lalu lintas yang diinginkan untuk dihasilkan
Anggaran yang akan dibelanjakan untuk lead tersebut
Garis waktu untuk mendapatkan lalu lintas di dalam
Ada berbagai KPI PPC penting yang harus diukur oleh pengiklan. Namun, dalam konteks percakapan ini, yang paling penting untuk dipantau adalah rasio klik-tayang dan konversi.

Dengan menganalisis klik-tayang dan konversi yang dihasilkan oleh kata kunci tertentu, iklan dapat memahami istilah mana yang terbukti bermanfaat dalam membuat konsumen mengambil tindakan yang diinginkan dan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Jasa Pasang Parabola

Kata kunci yang telah terbukti paling bermanfaat kemudian dapat dimasukkan ke departemen SEO bisnis untuk optimasi dan pembuatan konten di tempat.

Dari sisi SEO, Google Analytics akan menjadi sumber utama mereka untuk mengukur hasil dari upaya optimasi. KPI yang ingin dianalisis oleh individu-individu ini meliputi:

Peringkat kata kunci
Waktu dihabiskan di halaman
Lalu lintas organik
Konversi organik
Mengukur metrik ini melalui Google Analytics akan memberi tahu pemilik situs jika mereka menargetkan kata kunci yang tepat, jika konsumen menemukan situs dengan persyaratan tersebut, jika pengguna menemukan pengalaman di tempat mereka yang menarik dan jika pengunjung mengonversi hasilnya.

Dengan mengukur dan melacak informasi ini, tim PPC dan SEO dapat bekerja bersama untuk meningkatkan kinerja dan keuntungan setiap metodologi.

SEO dan PPC memiliki banyak kesamaan, sebagian besar bahwa mereka masing-masing bekerja dalam mengarahkan tujuan bisnis.

Karena kedua taktik ini terkait secara intrinsik, sangat penting bagi pengecer belajar bagaimana memberi informasi bolak-balik antara tim SEO dan PPC mereka karena ini adalah rahasia sebenarnya untuk mendominasi persaingan di SERPs

 

 

Leave a reply