05 Apr

Pemilihan Hardware Sangat Penting dan Menentukan Kehandalan Server Kenapa

Ppemilihan hardware sangat penting dan menentukan kehandalan server kenapa. Server adalah komputer yang menyediakan layanan seperti email, situs web, dan transfer file. Meskipun demikian, komponen server seringkali tidak jauh lebih kuat daripada komputer desktop Anda.

Lalu, apa yang membedakan komponen server dari komponen desktop? Dan mengapa komponen server lebih mahal saat menggunakan teknologi yang sama dan memiliki kinerja yang sama?

Berikut adalah X alasan mengapa:

Modularitas dan Aksesibilitas

Server perlu memiliki sistem modular yang sepenuhnya modular dengan tingkat aksesibilitas komponen yang tinggi. Hal ini diperlukan karena perusahaan memiliki persyaratan hardware yang berbeda-beda.

Keandalan

Server seringkali bertugas menyimpan data penting untuk berbagai layanan. Kegagalan atau kesalahan pada server bisa menyebabkan hilangnya catatan medis, reset log bank, atau akun game Anda terhapus.

Redundansi

Karena server dimaksudkan untuk berjalan 24/7 selama bertahun-tahun, beberapa bagian mungkin perlu diganti saat rusak dan ditingkatkan jika diperlukan. Oleh karena itu, mengganti bagian dengan mulus selama operasi adalah fungsi yang penting bagi server.

Daya tahan

Untuk melanjutkan operasi selama bertahun-tahun tanpa henti dan kerusakan, server perlu menggunakan komponen yang tahan lama.

Optimisasi Beban Kerja

Sementara PC desktop dirancang sebagai komputer umum yang dibangun untuk bermain game, menjelajahi internet, menonton video, dan melakukan berbagai tugas produktivitas, server dibangun untuk meng-host aplikasi atau fungsionalitas tertentu.

Dukungan

Dengan komponen server yang semakin kompleks untuk diinstal dan dikonfigurasi, memiliki dukungan teknis dari produsen sangat penting.

Bagian Proprietary dan R&D

Meskipun beberapa komponen server dibuat dari jalur perakitan yang sama dengan bagian PC desktop, banyak dibuat di fasilitas yang lebih khusus.

Komponen server lebih mahal karena Anda tidak hanya membayar untuk kinerjanya tetapi juga untuk kemampuannya untuk bekerja 24/7 selama bertahun-tahun tanpa gagal.

Untuk lebih detail lagi, inilah alasannya.

Ppemilihan hardware sangat penting dan menentukan kehandalan server kenapa.

1. Modularitas dan aksesibilitas

Meskipun mungkin tidak begitu penting untuk komputer desktop, memiliki sistem modular yang lengkap dengan tingkat ketersediaan komponen yang tinggi merupakan fitur penting yang harus dimiliki setiap server.

Baca Juga :   5 Tipe Hosting Saat Ini

Server perlu sistem modular karena banyak perusahaan memiliki persyaratan perangkat keras yang berbeda. Sementara beberapa mungkin hanya membutuhkan server dengan spesifikasi yang sama dengan komputer biasa Anda, beberapa mungkin menginginkan server yang dikuatkan secara gila-gilaan dengan lusinan prosesor, RAM terabyte, ratusan drive memori, dan sekumpulan kipas yang kuat.

Untuk memudahkan pemasangan dan pemeliharaan komponen modular ini, server sering menggunakan rak untuk menahan komponen di tempatnya. Unit rak ini juga memiliki lebar dan tinggi yang berbeda, dan memiliki bingkai terbuka atau tertutup.

Dengan rak dan komponen modular, server dapat memberikan tingkat kesiapan tertentu di masa depan untuk organisasi berskala besar yang mungkin perlu terus ditingkatkan seiring pertumbuhannya.

2. Keandalan

Server sering bertugas menyimpan data penting untuk berbagai layanan. Satu kegagalan atau kesalahan pada server dapat menyebabkan hilangnya catatan medis, pengaturan ulang catatan bank, atau akun game Anda dihapus.

Untuk server mission-critical, mereka memerlukan komponen perangkat keras yang andal dengan kemampuan pencadangan dan pemeriksaan kesalahan. Akibatnya, server sering menggunakan penyimpanan Redundant Array of Independent Disks (RAID) dan memori Error Correction Code (ECC) untuk memastikan keamanan data selama pemrosesan dan penyimpanan data.

3. Redundan / ganda atau triple dst

Karena server dirancang untuk bekerja sepanjang waktu selama bertahun-tahun, beberapa bagian mungkin perlu diganti jika rusak dan ditingkatkan jika perlu. Oleh karena itu, pergantian suku cadang yang lancar selama pengoperasian merupakan fungsi penting yang harus dimiliki server.

Hot swapping komponen hanya dimungkinkan jika terdapat redundansi komponen dalam sistem. Untuk memiliki komponen yang redundan, motherboard harus didesain untuk mendukung banyak komponen, dan komponen itu sendiri harus bekerja sebagai satu kelompok.

Apa pun yang dibutuhkan server untuk bekerja harus memiliki beberapa redundansi. Bahkan listrik disuplai secara berlebihan oleh sistem tenaga cadangan otomatis yang bisa memiliki cadangan sendiri.

4. Daya tahan

Agar server dapat berjalan selama bertahun-tahun tanpa downtime atau downtime, mereka harus menggunakan komponen yang tahan lama. Daya tahan komponen sangat erat kaitannya dengan kehandalan server. Bahkan dengan redundansi dan sistem koreksi kesalahan, komponen yang tahan lama mengurangi keausan, mengurangi potensi kesalahan dalam jangka panjang.

Baca Juga :   Pengertian File Server dan Cara Kerjanya

Dan karena server menjadi panas, berisik, dan penuh getaran, komponennya harus lebih tahan lama daripada komputer desktop pada umumnya. Komponen sering didesain ulang di tingkat server untuk menangani faktor lingkungan tertentu yang dapat menyebabkan kerusakan perangkat keras.

5. Optimalisasi beban kerja

Sementara komputer desktop dirancang untuk komputer biasa yang dirancang untuk bermain game, menjelajahi Internet, menonton video, dan melakukan berbagai tugas produktivitas, server dirancang untuk menampung aplikasi atau fitur tertentu.

Dan meskipun prosesor server dan desktop sudah dapat berjalan pada kecepatan clock yang sama, prosesor server memiliki lebih banyak inti fisik daripada prosesor PC biasa, dan untuk alasan yang bagus.

Karena server sering menggunakan hypervisor mesin virtual untuk menghosting berbagai fungsi seperti email, transfer file, server web, dan basis data, memiliki lebih banyak inti fisik untuk ditugaskan ke masing-masing aplikasi ini memungkinkan penggunaan prosesor server yang lebih efisien.

Motherboard server juga dirancang untuk bekerja dengan prosesor yang lebih besar seperti prosesor Intel Xeon dan AMD Epyc. Selain menangani CPU yang lebih besar, motherboard ini juga memiliki banyak slot CPU, lusinan slot RAM, dan banyak slot ekspansi.

6. Dukungan

Karena komponen server baru menjadi semakin sulit untuk dipasang dan dikonfigurasi, dukungan vendor sangat penting. Perusahaan yang memproduksi komponen ini dapat mengirimkan teknisi mereka sendiri untuk memasang dan mengkonfigurasi produk mereka di server.

Komponen server juga memiliki jaminan yang lebih kuat jika produknya gagal dan memerlukan perbaikan, penggantian, atau pemecahan masalah.

7. Bagian yang dipatenkan serta penelitian dan pengembangan

Sementara beberapa komponen server dibangun di jalur perakitan yang sama dengan komponen desktop, banyak yang diproduksi di fasilitas yang lebih khusus. Dan karena banyak pabrikan ingin pelanggan mereka setia pada merek, mereka mulai mengembangkan suku cadang mereka sendiri, yang dibuat khusus dan dibutuhkan untuk produk mereka yang lain. Tentu saja, penelitian dan pengembangan desain ini menambah biaya tambahan untuk produk akhir yang dirilis.

Contoh komponen berpemilik di tingkat server termasuk motherboard, CPU, memori, dan pengontrol penyimpanan.

Ini membuat komponen server lebih mahal karena Anda harus membeli komponen berpemilik lainnya dari pabrikan yang sama untuk membuatnya berfungsi sebagai sistem. A

pa yang membuat mereka lebih mahal adalah banyak dari suku cadang ini juga memerlukan perangkat lunak berpemilik jika Anda perlu menyesuaikan dan memantau kinerjanya. Meskipun beberapa produsen desktop menggunakan komponen berpemilik, mereka kurang umum dibandingkan komponen server.

Baca Juga :   Apa Itu Mainframe Server

3. Bagian server dibangun secara berbeda

Komponen tingkat server adalah salah satu komponen paling andal untuk komputer. Meskipun banyak di antaranya mungkin memiliki karakteristik yang mirip dengan komputer desktop biasa Anda, perangkat keras server dibuat berbeda. Biaya komponen server tinggi karena Anda membayar tidak hanya untuk performanya, tetapi juga kemampuannya untuk berjalan 24/7 tanpa gagal.

Server biasa biasanya berharga antara £5.000 dan £20.000 – dan itu tidak masalah. Tetapi sebagai konsumen umum, Anda benar-benar mendapat manfaat dari ini karena memastikan bahwa server tidak mengeluarkan biaya untuk memberi Anda pengalaman terbaik saat menjelajahi web dan mengelola akun Anda secara online.

Dan jika Anda secara pribadi ingin memiliki server sendiri, Anda dapat menemukan komponen server bekas secara online dan mendapatkannya dengan harga yang relatif murah karena perusahaan selalu memperbarui dan menjual kembali server lama. Anda bahkan dapat membangun server rumah Anda sendiri dengan komponen komputer bersama, atau jika Anda benar-benar kekurangan uang, Anda bahkan dapat membangun server dengan Raspberry Pi!

5/5 - (1 vote)

Leave a reply