06 Nov

Bagaimana Menggunakan Website untuk Berbisnis

Menggunakan website dengan cara yang benar untuk menghasilkan penjualan yang baik. Sekaligus, meningkatkan image perusahaan di dunia online.

Pada tahun 2014, saya memiliki hobi yang peralatannya jarang bisa didapat dari kota asal saya. Jika ada, maka kualitasnya biasa saja atau kurang memenuhi harapan untuk penggunaan heavy duty.

Pada tahun – tahun itu, saya sering browsing di internet untuk mencari peralatan yang saya perlukan. Hasilnya, saya menemukan sebuah toko di sebuah mall di Mangga Dua yang menjualnya. Pada situs website toko ini, terdapat daftar produk, spesifikasi beserta foto – foto produknya. Lengkap. Apa yang mereka jual, mereka tampilkan disana.

Berdasar desain website, desainnya profesional. Berdasar alamatnya, toko ini punya alamat yang jelas. Untuk produknya, memang menarik.

Pada saat itu, saya juga senang browsing di sebuah situs forum terkemuka, namanya Kaskus.com. Disana ada forum untuk orang yang punya hobi seperti saya. Forum ini aktif, treadnya banyak sekali dan admin atau pemilik toko online ini tampaknya cukup terkenal di forum ini. Ia menjadi “suhu” atau “master”. Sebutan untuk mereka yang pengalamannya banyak di forum tersebut.

Berdasar hasil membaca diskusi di kaskus, melihat katalog toko serta review produk yang mereka jual. Terutama review dari situs barat untuk merk yang mereka jual, saya akhirnya memesan 1 produk mereka. Semuanya lancar, pengiriman pun lancar.

Pembelian ini berlanjut untuk beberapa item lagi dalam 1 tahun itu.

Pada tahun 2016, saya pindah ke Jakarta. Inilah saat saya bisa melihat sendiri toko yang bersangkutan. Dan, membeli 1 item secara langsung ditokonya. Toko ini begitu terkenal di forum Kaskus dan di hasil pencarian Google.

Suatu sabtu, saya datang ke mall di mangga dua itu. Ternyata tokonya tutup pada hari sabtu. Sayangnya, saya cuma libur pada sabtu minggu juga.

Baca Juga :   Langkah Mudah Buat Website dan Toko Online di Indonesia

Saya bertanya kepada satpam disana, toko ini buka hanya sampai jam 7 malam saja setiap senin sampai hari jumat.

Sayang, saya bekerja sering sampai hampir jam 6 sore. Apalagi, kantor saya ada di daerah Gatot Subroto. Saya hampir tidak berkesempatan berkunjung pada hari kerja biasa. Macet, pasti sampai di Mangga Dua sudah hampir tutup atau malah sudah tutup tokonya. Saya tidak pernah mencoba ke Mangga Dua, ke toko tadi sepulang kantor.

Yang mengejutkan saya, ternyata ukuran tokonya tidak sebesar reputasi mereka di forum Kaskus. Juga tidak sebesar reputasi mereka di mata pehobi di situs lainnya. Tokonya kecil saja, sama besar dengan toko sebelah.

Pada suatu waktu, setelah melakukan rapat diluar, di daerah Juanda di kantor Klien. Acara selesai jam 15.30 sore, Mau balik kantor tanggung dan kami dari kantor kami langsung pulang. Saya sebaliknya, saya masih menyimpan keinginan untuk menengok toko ini secara langsung. Untuk melihat sendiri keadaannya.

Akhirnya, niat saya kesampaian juga. Saat itu sudah sekitar 3 bulan setelah kunjungan saya di hari sabtu. Saya masuk mall dan langsung menuju toko bersangkutan.

Apa yang saya lihat memang tidak terlalu mengejutkan. Toko sangat ramai oleh pembeli. Bergerak saja agak susah. Istilahnya saya ada di mall membeli baju menjelang lebaran, padahal itu hari biasa.

Memang toko ini kecil saja ukurannya, tetapi jauh lebih ramai ketimbang toko tetangga yang ukuran fisiknya besar.

Reputasi online ternyata besar pengaruhnya. Saya sudah menduga jika “reputasi mereka di forum Kaskus, forum terbesar Indonesia itu, pasti sebanding dengan reputasi secara offline. Tetapi, website mereka yang profesional juga sangat berpengaruh.

Layout menarik, desain serta warna yang bagus jelas membuat pengunjung terkesan. Karena itulah, membagi pengalaman di Forum sambil membawa nama toko ternyata efeknya besar untuk penjualan.

Baca Juga :   Jasa Web Murah di Bali

Saat ini, jika kita memasarkan produk atau jasa kita, mungkin tidak lagi sekedar menggunakan cara promosi secara tradisional. Bisa juga dengan berbagi pengalaman, berbagi ilmu dan sebagainya. Kita bisa melakukannya lewat website kita, di forum – forum dan di berbagai tempat online lainnya.

Anda juga bisa membuat tutorial di Youtube, membuat video menarik atau lainnya. Yang jelas, promosi toko tadi tidak terkesan hanya berusaha menjual secara agresif.

Jika Anda ingin mengembangkan usaha, tampil online saat ini sudah menjadi keharusan. Saat ini hampir 80% penduduk Indonesia sudah online. Mayoritas mempergunakan Smartphone. Jadi mencari jasa atau produk juga akan dilakukan secara online.

Membuat website yang baik saat ini menjadi penting. Kesan pengunjung kepada kita akan kurang lebih sama dengan kesan yang mereka terima ketika melihat website kita.

Kemudian, Anda juga bisa berbagi pengalaman atau ilmu. Sebagai profesional yang menyediakan produk atau jasa, pastilah Anda punya banyak untuk dibagi kepada masyarakat. Inilah hal yang mereka hargai.

Anda boleh saja membawa nama bisnis atau nama usaha Anda di forum seperti kaskus. Yang penting, cara melakukannya saja yang jangan terlalu berkesan promosi. Misal, kita bisa sekedar menggunakan nama user sesuai nama website atau nama bisnis kita. Kemudian, diskusi disana kita isi saja secara natural dan jangan terlalu berfikir untuk promosi.

Kaskus ini adalah forum yang terkenal diisi oleh banyak orang berpengalaman. Memiliki reputasi baik disini artinya akan bagus juga reputasi Anda secara offline.

Untuk website, bisa saja Anda menyerahkan pembuatannya ke jasa pembuatan website di Jakarta yang profesional. Membuat website di jasa pembuatan website profesional praktis dan lebih mudah untuk memperoleh website yang baik, menarik dan meyakinkan para pengunjung.

Leave a reply