31 Aug

Bagaimana Cara Mudah Membuat Channel YouTube untuk Bisnis

Cara mudah membuat channel YouTube untuk meningkatkan brand awareness bisnis.

Cara membuat channel YouTube sebenarnya mudah. Kita juga bisa memakai 1 akun dari Google untuk membuat beberapa channel YouTube.

Akun YouTube yang kita gunakan sama dengan akun Google kita. Kalau channel YouTube adalah nama saluran yang isinya video kita.

Kita bisa punya 1 akun Google dengan 3 channel. 1 channel untuk bisnis toko genset. 1 Channel untuk review produk, jalan – jalan atau channel untuk jadi vlogger. 1 channel lainnya bisa untuk channel jasa arsitektur.

1. Login akun Google atau membuat akun Google

Akun Google diperlukan untuk membuat channel YouTube. Jika belum punya maka kita harus membuatnya. Saat membeli HP Android baru, kita akan mendapatkan “jatah” untuk membuat akun Google.

Cara login Google seperti biasanya. Tetapi jika Anda belum tahu, beginilah caranya.

Masuk ke gmail atau mencari Gmail di Google search. Klik di hasil pencarian yang paling atas.

Setelah itu, kita perlu membuat akun Gmail. 

Jika akun gmail sudah dibuat, maka kita akan masuk akun Youtube.

Akun Youtube ini berbeda dengan channel Youtube. Akun YouTube adalah admin panel. Kita login di admin panel ini dan mensetting semuanya. Termasuk channel kita.

Jika mau masuk akun YouTube, ya tinggal klik ikon YouTube saja. Atau, masuk YouTube dari manapun.

Kemudian kita klik login. Kita akan masuk ke akun YouTube juga. Kotal untuk klik login ada di pojok kanan atas. Warnanya biru.

cara-membuat-channel-youtube

Masuk ke akun Youtube, kita sudah mendapat channel dengan nama sesuai nama akun kita di Google.

Tetapi, nama ini kan kurang keren. Atau, mau diganti yang mudah diingat dan sensasional. Atau, nama sesuai bisnis kita.

2. Mengganti nama channel YouTube

Kita klik ikon channel yang ada di pojok kanan atas. Disini, ada juga foto profil kita di akun Google.

cara-membuat-channel-youtube-1

Kila klik ikon / icon channel yang ada di pojokan kanan atas. Tampilannya berupa foto profil. Kemudian, jika ada ringkasan detail akun kita, kita klik icon roda gigi / gear yang ada disamping ikon profil kita.

cara-membuat-channel-youtube-2

Pada bagian ini, ada yang penting. ada tulisan Buat Channel Baru atau Add New Channel.

Ingat, yang nama channel nya dibuat sendiri atau diedit. Kecuali, nama di akun Google itu sudah benar.

cara-membuat-channel-youtube-3

Kalau salah membuat nama, nama channel ini baru bisa diedit kembali setelah 90 hari. Bagaimana? Asyik kan kalau salah nama? Bikin akun Google baru lagi dong!.

Kemudian, kita klik buat atau create.

Sekarang, channel YouTube Anda sudah selesai dibuat.

cara-membuat-channel-youtube-4

Kemudian, tugas kita sekarang adalah mempopulerkan channel Youtube kita. Kita bisa share channel kita di medsos. Bisa juga dengan mengiklankannya lewat YouTube Ads.

Jika Anda punya bisnis yang pasarnya banyak menggunakan YouTube, cara ini mungkin bisa sukses membangun brand awareness. 

Untuk membangun audience atau subscribber lewat cara organik, bisa saja. Tetapi, akan butuh waktu lebih lama.

Menggunakan YouTube Ads lebih cepat menjangkau audience dan meningkatkan merk kita. Video kita akan ditayangkan juga saat audience membuka video lain yang berhubungan dengan video kita.

Untuk channel seperti Ramayana Department Store, mereka dahulu beriklan. Tetapi, kini sudah viral dan banyak dicari meskipun tanpa beriklan.

Youtube adalah platform media sosial yang banyak disukai. Saat ini, orang lebih banyak menonton video dibanding tahun lalu. Untuk tahun depan, tampaknya trend akan semakin meningkat juga.

Tampil di YouTube saat ini menjadi “keharusan” bagi sebuah bisnis. Secara alamiah, menonton video meskipun video promosi lebih menarik dibandingkan membaca. Meskipun, terkadang saya pribadi sengaja memilih membaca buku untuk mengurangi intensitas mata melihat layar setiap hari.

Memang berpromosi tanpa video YouTube saat ini memang kurang. Interaktif yang kita harapkan kurang bisa didapatkan.

3. Cara membuat channel Youtube di iPhone

Cara membuat channel YouTube di iPhone dan iPad prosedurnya mirip dengan cara membuat channel YouTube di laptop dan Android. Yang berbeda, barangkali beberapa tampilan saja.

Kita harus sudah membuat akun Google. Caranya seperti didepan.

  • Buka aplikasi YouTube
  • Tap ikon akun kita

Yang ikonnya bergambar orang setengah badan di sisi kanan atas.

  • Tap login
  • Tap tulisan Tambahkan akun +

Jika sudah masuk akun Google, tetapi ingin menggantinya dengan akun baru:

  • Membuka akun YouTube
  • Tap ikon akun kita
  • Tap tulisan Ganti akun
  • Tap lagi tulisan Tambahkan akun +

Secara umum, caranya sama dengan cara membuat akun YouTube dab Cara membuat Channel YouTube menggunakan Android. Ini karena kita sedang membuat akun yang ada di Google. Jadi, prosedurnya sama saja.

Kemudian, ada tips untuk menghindari akun YouTube kita kena banned atau suspend.

4. Penyebab akun YouTube terkena suspend / penalti

Supaya akun kita tidak kena suspend, maka kita harus mengerti alasan akun terkena suspend. Tentunya supaya tidak dilanggar.

Secara umum, video hasil upload ulang atau duplikat akan mudah kena suspend. Jadi, mending membuat video sendiri. Saat ini banyak kok ide untuk membuat video sendiri ketimbang upload ulang video orang lain. Upload ulang ini sama dengan konten duplikat pada website.

Isinya dianggap hanya fotokopi. Jadi, menambah beban server YouTube saja.

Coba kita bayangkan, kita bisa menonton video YouTube secara gratis. Jika kita hitung bandwidth kuota yang kita pakai, berapa harganya?

Itu karena pihak YouTube sudah menyediakan server cepat dengan bandwidth besar untuk keperluan streaming.

Coba kita hitung, kita bisa memutar video YouTube ini tanpa terputus jika koneksi kita sangat kuat. Artinya, Google juga menyediakan kapasitas koneksi sebesar itu untuk masing masing pengguna / penonton YouTube. Termasuk untuk video HD, dan, gratis.

Jika banyak video duplikat, akan bikin penuh server dan membuat bandwidth terlalu besar juga. Akhirnya ya banyak video duplikat terkena suspend.

  • Alasan utamanya tentu faktor biaya mereka untuk menyediakan server dan bandwidth.

  • Alasan utama lainnya adalah melindungi creator utama video di Youtube.

  • Akurasi video dan melindungi penonton.

Yup, Google ingin apa – apa yang ada di paltformnya akurat. Pencarian di mesin pencari dan juga termasuk video di YouTube. Akurasi ini bisa melindungi penonton dari konten yang tidak sesuai dengan yang ditawarkan pada judul misalnya.

Jadi, secara praktek, Apabila kita mengupload video yang melanggar salah satu alasan diatas, baik langsung atau tidak langsung. maka akan bisa terkena suspend.

Sebenarnya, ada beberapa praktek yang merugikan mengapa akun YouTube terkena suspend.

  • Video duplikat

Alasannya jelas seperti yang diterangkan diatas. Google ( YouTube ) tidak suka file fotokopi. Mereka hanya suka menyimpan file asli saja.

  • Robot player

Jangan mencoba memainkan video di channel kita dengan robot untuk mengejar rating. Cara ini juga menghabiskan sumberdaya server YouTube. Pasti menjadi alasan utama suspend.

  • Menggunakan TAG berlebihan

Sama dampaknya dengan yang 2 diatas. Video yang terlalu banyak TAG cenderung tidak relevan dengan TAG yang dipergunakannya. Jadi, gunakan TAG yang sewajarnya saja.

  • Judul Klik Bait

Sama dengan menggunakan TAG berlebihan. Judul klik bait menawarkan video yang tidak dibutuhkan penonton. Tujuannya tentu mengejar rating. Jadi, penontong rugi menghabiskan kuota dan YouTube rugi menyediakan server dan bandwidthnya.

  • Spam

Membagi link channel atau video kita ke orang lain itu wajar saja. Yang tidak wajar kita kita terlalu banyak membaginya.

Atau, kita juga bisa memberi komentar spam di video milik orang lain. Apalagi, jika komen itu juga copy paste. Pasti bermasalah nantinya.

Sekarang, untuk akun bisnis, kita ingin akun YouTube yang kita gunakan untuk bisnis aman dan lancar. Jadi, kita mestinya menghindari cara – cara yang merugikan seperti diatas.

Resikonya tidak sebanding dengan kehilangan kita. Apalagi, jika akun Youtube kita subscribbernya sudah banyak dan mampu menghasilkan penjualan lumayan.

Inilah sedikit panduan tentang cara membuat channel di Youtube. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa.

Leave a reply