19 Jan

5 Tips untuk Menjaga Situs Web Anda Tetap Aman di tahun 2020

Website Anda adalah komponen mendasar dari keberadaan online Anda. Baik itu untuk bisnis Anda, portofolio pribadi, atau blog hobi, itu kemungkinan akan menjadi titik kontak utama antara merek Anda dan audiens yang Anda coba jangkau. Situs Website yang dibangun dengan baik akan menarik dan mengonversi pelanggan dalam industri apa pun.

Namun, seperti semua hal yang berharga, situs yang bagus tentu saja akan menjadi sasaran peretas yang ingin merusaknya, menempatkan tautan spam di atasnya atau menahannya sampai Anda membayar uang tebusan. Faktanya, sebuah studi dari awal tahun ini menunjukkan bahwa lebih dari 150.000 situs web bisnis kecil dapat terinfeksi malware pada saat tertentu di AS saja. Salah satu dari kejadian tersebut dapat merusak merek Anda, jadi di sini ada beberapa cara untuk mencegah peretas mendapatkan akses ke situs Anda.

1. Gunakan kata sandi aman.

Biasanya, ini seharusnya tidak ada artinya, tetapi Anda akan terkejut dengan jumlah orang yang menggunakan kata sandi dasar seperti “Kata Sandi” (ya, benar-benar) untuk login yang aman. Kata sandinya harus kompleks, idealnya terdiri dari beberapa kata acak bersama dengan angka dan karakter khusus. Dengan begitu, itu akan menjadi tugas yang sulit untuk menebak atau menghancurkannya dengan program brute-force.

Untuk membuat segalanya lebih mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi manajemen kata sandi, yang kemungkinan akan menyarankan memilih kata sandi yang kompleks, menyimpannya dan membuatnya diisi secara otomatis sehingga Anda tidak harus mengingatnya. Anda mungkin harus membayar biaya dimuka atau berlangganan, tetapi itu sangat berharga

2. Selalu perbarui semua perangkat lunak.

Apa pun platform yang Anda pilih untuk meng-host situs Anda, pembaruan adalah fakta yang bertahan lama dari kehidupan seorang webmaster. Periksa secara teratur untuk pembaruan sistem operasi server Anda, plugin dan perangkat lunak lain. Menurut Siney Mojica, CEO TechSavvy, “Banyak dari pembaruan itu akan mencakup perbaikan untuk kesalahan keamanan, dan kegagalan untuk memperbarui segera akan membuat situs Anda terbuka terhadap serangan. Peretas memindai ribuan situs dalam hitungan jam mencari situs web yang memiliki kerentanan dalam perangkat lunak mereka, jadi Anda juga harus tetap di atas permainan Anda. ”

3. Gunakan firewall aplikasi web.

Ada banyak jenis firewall yang dapat Anda gunakan untuk melindungi situs Anda, beberapa berbasis perangkat keras dan lainnya hanya perangkat lunak. Mereka menganalisis semua bit lalu lintas masuk dan keluar dari server situs web Anda dan mencegah sebagian besar upaya peretasan. Saat ini, pilihan yang paling populer adalah berbasis cloud. Akan ada beberapa biaya dimuka, tapi itu akan sia-sia dalam jangka panjang.

“Anda juga harus memilih basis yang sangat aman untuk mengembangkan bot Anda sendiri,” saran Michael Ross-Johnson, CEO Chatex. “Protokol MTProto dapat digunakan untuk mengenkripsi data pengguna, dan selain itu, penyimpanan data cloud dan end-to-end -kirim enkripsi dengan permintaan. “Ross-Johnson lebih suka menggunakan teknologi lain seperti chatbots ketika menyangkut transfer dan penyimpanan data sensitif.” Mungkin itu tampaknya tidak perlu, “lanjutnya,” tetapi jika Anda menjalankan situs web e-commerce atau segala jenis situs lain yang berisi informasi sensitif, Anda harus mempertimbangkan untuk mensimulasikan serangan sehingga Anda dapat menemukan dan memasang kerentanan dengan cepat dan efektif. Ada baiknya berkonsultasi dengan penyedia keamanan cyber, karena ketika menyangkut data sensitif, Anda perlu pastikan itu sepenuhnya dilindungi. ”

4. Instal SSL.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa beberapa situs web memiliki ikon hijau di sudut bidang URL browser Anda? Itu adalah lambang yang menunjukkan bahwa situs-situs tersebut telah mengaktifkan protokol SSL terenkripsi, yang melindungi informasi pengguna Anda karena itu diangkut antara situs web dan basis data Anda. Enkripsi membuatnya jauh lebih sulit bagi siapa pun untuk mengakses situs Anda dan lalu lintasnya tanpa otorisasi.

Memperbaiki ini tidak hanya akan mengamankan situs web Anda tetapi juga memberikan peningkatan SEO, karena Google lebih memilih untuk peringkat situs web yang lebih aman. Pelanggan Anda juga akan menghargai upaya ekstra untuk menjaga data mereka aman dan kemungkinan akan didorong untuk melindungi bisnis Anda daripada pesaing yang tidak memiliki lapisan keamanan ekstra.

5. Cadangkan secara teratur.

Jika semua tindakan pencegahan sebelumnya gagal dan Anda masih berhadapan dengan peretasan, hanya cadangan terbaru yang dapat membantu Anda pulih sepenuhnya. Anda dapat mengatur frekuensi sesering yang Anda inginkan, bahkan hingga beberapa kali sehari. Semakin sering semakin baik, dan yang terbaik adalah menggunakan sistem save bergulir sehingga Anda memiliki beberapa cadangan yang tersedia jika Anda perlu mengisolasi waktu yang tepat masalah terjadi.

Selain itu, cadangan Anda harus di tempat dan di luar situs sehingga bahkan dalam serangan terburuk, Anda masih dapat pulih sepenuhnya. Selain dari serangan, bencana alam atau malfungsi di pusat data host web telah diketahui menyebabkan hilangnya data secara permanen, jadi menyimpan salinan cadangan situs web Anda di dekat juga bisa berguna.

Pada akhirnya, penting bagi Anda untuk memperlakukan situs web Anda seperti halnya kantor Anda, karena itulah tepatnya: kantor virtual Anda di internet. Menjaga keamanannya adalah suatu keharusan ketika Anda berinteraksi dengan pelanggan, menghasilkan penjualan, dan mengembangkan bisnis Anda

Leave a reply