10 Apr

Tips Cara Promosi Online untuk Bisnis Kuliner

Marketing digital merupakan marketing yang menjadi keharusan untuk saat ini. Kita bisa menjangkau pasar yang sama sekali baru. Juga, bisa membentuk kesan atau impresi yang baik bahkan saat pelanggan belum datang ke alamat kita.

Tetapi, yang menjadi masalah, waktu untuk membuat impresi ini hanya singkat. Sekitar 2 detik saja. Saat itulah orang akan memutuskan apakah kita akan mereka percaya atau tidak. Apakah mereka mau membeli atau tidak. Apakah mereka mau menjadi follower atau tidak. Hanya maksimal 2 detik. Kemudian, bagaimana memberikan impressi yang baik kepada mereka?

Kini, bisnis kuliner juga menghadapai tantangan yang sama. Konsumen semakin banyak ada di dunia online. Kita harus menjangkau mereka. Dan, harus memberikan kesan yang baik kepada mereka.

Tanpa impresi yang baik, para calon pelanggan ini mungkin tidak pernah mau datang. Padahal, mereka belum melihat tempat kita. Bahkan, belum merasakan masakan yang disajikan. Tetapi, inilah dunia online. Konsumen merasa telah banyak memberi penilaian hanya dengan melihat sepintas.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan impressi yang baik bagi bisnis kuliner kita? Sekarang, kita akan membahasnya dalam 3 bagian utama.

Ada beberapa alasan untuk melakukan marketing secara online.

Hampir semua orang sudah online

Kini, semakin banyak orang yang online. Hal ini antaralain karena pengaruh harga smartphone yang semakin terjangkau. Ini adalah trend global dan kita tidak bisa untuk tidak mengikutinya.

Padahal, menurut Google, banyak kegiatan offline yang dimulai dari riset secara online. Misalnya, melihat cafe, melihat produk atau hal lainnya.

Berwisata biasanya juga didahului dengan pencarian tempat wisata secara online. Karenanya, kita harus tampil online jika ingin ditemukan orang.

Perlu Retargeting atau promosi kembali ke orang yang sama

Satu hal lagi, orang jarang yang membeli dengan sekali melihat produk. Biasanya, mereka akan perlu untuk “diingatkan” atau melihat promosi sekali lagi. Hal semacam ini disebut sebagai retargeting. Kita bisa melakukan retargeting dengan biaya lebih terjangkau jika menggunakan media online.

Kita bisa membuat retargeting ini lebih spesifik. Misalnya, menawarkan sepeda secara umum pada saat mereka berkunjung ke website kita. Untuk retargeting, kita bisa menawarkan sepeda dengan spesifikasi khusus untuk calon pelanggan ini.

Darimana kita tahu? Misalnya saja, dengan melihat apa yang ia lihat di situs kita. Misal, sepeda jenis tertentu, atau sparepart tertentu. Kemudian, kita promosikan kembali.

Ajaibnya, teknologi bisa kita manfaatkan supaya iklan kita muncul kembali tanpa mereka mencari produk kita. Atau, masuk kembali ke website kita. Ini adalah hal yang sangat membantu promosi kita. Produk ini bisa muncul saat membuka berbagai website. Juga, saat melihat berbagai konten medsos.

Anda tahu, retargeting bisa meningkatkan pencarian nama brand hingga 1000 persen lebih. Dan, juga meningkatkan pembelian hingga 70 persen lebih.

Salah satu cara untuk mendapatkan fitur ini, adalah menggunakan iklan digital seperti Google Display Network.

Memudahkan pelanggan menemukan resto atau cafe kita

Anda memiliki lokasi resto di daerah terpensil? Tidak masalah. Bahkan, banyak resto atau cafe yang dibangun di daerah yang termasuk pelosok. Lokasi di area pelosok justru banyak dicari karena menawarkan suasana yang berbeda. Begitu juga, lokasi di dalam kota yang ramai.

Baca Juga :   Cara Menggunakan Jangka Sorong

Salah satu hal penting, kita harus menempatkan bisnis kita di Peta Google. Kini, pencarian di Google akan menampilkan pencarian lokal terlebih dahulu. Pencarian restoran misalnya, menghasilkan resto yang terletak pada 1 kota. Bukan lagi menampilkan resto yang ada di luar pulau seperti pada tahun dibawah 2012.

Pencarian lokal menghasilkan hasil yang paling relevan dan terdekat dengan pengguna. Karenanya, kita harus masuk juga di pencarian lokal. Dan, pencarian lokal terbaik ada di Peta Google.

Google menyatakan, bahwa lebih dari 50% pencari akan mendatangi apa saja yang tampil di Peta Google. Ya, sebesar ini pengaruh hasil pencarian lokal.

Hal ini juga membuat lokasi bisnis kita menjadi kurang penting. Selama bisa masuk di Peta Google, lokasi kita akan tetap mendapatkan kunjungan.

Menampilkan info lebih lengkap tentang resto kita

Ada beberapa informasi yang diharapkan ada untuk setiap website bisnis atau medsos. Yaitu, foto profil, review di Google, posisi SEO dan juga harga produk yang ditawarkan.

Selain itu, ada juga review dari situs website lain dan juga kedekatan dari lokasi pencari.

Foto profil dan juga foto tempat usaha dan produk menjadi hal penting untuk kita onlinekan. Para konsumen mengharapkannya. Mereka berharap minimal bisa “melihat dan membayangkan” rasa makanan Anda dan semacamnya.

Review Google, biasanya hal ini ada di Peta Google untuk bisnis kita. Review yang baik membuat orang lebih senang dan mantab untuk datang. Karenanya, bagaimanapun juga layanan secara offline menjadi hal yang juga sangat penting.

Untuk posisi SERP atau SEO, hal ini juga penting. Jika website kita masuk halaman 1 Google, maka pengunjung akan lebih banyak. Belum lagi, kesan sebagai 10 besar di pencarian Google adalah sebagai bisnis yang baik. Meskipun sebenarnya itu merupakan hal terpisah antara bisnis kuliner dengan rangking Google. Tetapi, kesan masyarakat sekarang demikian.

Untuk tambahan lagi, Anda perlu info lain yang lebih banyak. Misalnya, menu makanan dan minuman. Jam buka restoran Anda. Juga, situasi tempat atau atmosfer yang ada di tempat Anda. Plus, fasilitas pendukung dan tentunya, harga.

Harga tetap merupakan info yang diharapkan ada oleh calon konsumen. Kita tidak bisa menghindarinya.

Jika Anda menampilkan info ini di Google Bisnisku, maka info ini tinggal kita inputkan ditempat yang sudah ada. Dan, ditampilkan dengan rapi dan mudah untuk dilihat.

Lebih hemat ongkos promosi

Digital marketing memang memerlukan keahlian baru. Dan, perlu juga dilakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Tetapi, biayanya jelas jauh lebih murah dibanding promosi konvensional.

Iklan di Google, FB Ads dan juga IG Ads lebih murah dari yang Anda bayangkan. Bahkan, mereka memiliki cara pembiayaan yang fleksibel.

Anda tahu, Google serta medsos seperti IG dan FB sangat banyak dipergunakan. Jika Anda berpromosi di 3 itu saja, maka konsumen potensial yang bisa diraih sudah sangat banyak. Apalagi, jika Anda tambah dengan LinkedLn dan Twitter. Kedua medsos terakhir ini juga memiliki banyak pengguna yang loyal.

Kita bisa menyasar target pasar yang lebih spesifik. misalnya, berbasis lokasi. Kota atau propinsi atau 1 Kabupaten saja. Kemudian, bisa juga mentargetkan usia dan hobi dari pasar yang kita tuju.

Selain beriklan, Anda juga memperoleh berbagai data terkait iklan Anda. Misalnya, demografi mereka yang melihat iklan Anda. Semua data ini jika dipergunakan dengan benar, akan membuat promosi kita lebih akurat kedepannya.

Lebih mendekatkan diri ke pelanggan

Kita bisa membuat image kita sebagai teman dari para pelanggan kita. Kita bisa berpromosi dengan apa yang disebut sebagai soft selling. Misalnya, mereview sebuah tempat wisata dengan berbagai foto menarik. Dan, pengunjung yang membaca tahu bahwa kita, yang melakukan review adalah sebuah biro travel. Dan, melayani paket wisata juga termasuk ke objek wisata tersebut.

Baca Juga :   Cara Menjadi Youtuber Modal HP

Bahkan, kita bisa membagikan sekedar cerita santai, cerita ucu dan sebagainya. Artinya, sekedar untuk menarik perhatian mereka tanpa harus langsung menjual kepada mereka.

Anda tahu, disinilah kekuatan sebuah website. Website bisa diciptakan untuk menjual sekaligus untuk berteman. Medsos, sejak awal didesain untuk berteman. Jika Anda ingin menjual, maka kesulitannya adalah harus lebih banyak melakukan soft selling.

Jika Anda hanya posting promosi sepanjang waktu, pastinya follower Anda akan mudah berguguran.

Karena itulah, kita tetap harus menguatkan pertemanan di medos dengan pelanggan. Tetapi, bisa berpromosi lebih gencar dengan website kita.

  • Tips berpromosi kuliner secara online

Pada bagian ini, kita akan membahas beberapa langkah praktis untuk langsung berpromosi secara online.

Foto, video dan copywriting

Ada 3 hal yang membuat pengunjung Anda benar benar mendatangi promosi Anda. Yaitu copywriting, foto dan video.

Copywriting inilah yang akan terbaca oleh Google. Dan, membuat para pencari menemukannya lewat kata kunci.

Foto, tentu menarik lagi jika terlihat secara langsung. Banyak orang berharap bisa melihat berbagai foto dari portofolio Anda. Mereka ingin memberikan penilaian atau minimal, tahu kondisi secara real. karenanya, Anda perlu foto dan juga, mungkin video.

Untuk video, Anda perlu untuk mengembednya dari Youtube supaya ringan saat dibuka di website. Plus, ada 2 keuntungan lain. Video Youtube yang diembed di website berpengaruh di rangkin video yang lebih baik. Jadi pengunjung yang melihat langsung di Youtube juga akan lebih banyak.

Untuk situs website sendiri, ada text, foto dan video akan dianggap lebih lengkap bagi Google. Karenanya, rangking pencarian bisa terbantu naik.

  • Foto untuk bisnis resto dan kuliner lain

Foto yang bagus akan mempengaruhi persepsi tentang rasa makanan kita. Ini hal yang perlu kita perhatikan. Rasa makanan tentunya perlu dirasakan secara langsung. Tetapi, adanya foto yang baik bisa mendorong orang untuk mencoba.

Kita harus membuat foto yang jelas. Dengan pencahayaan yang tepat. Juga, dengan background warna yang netral. Jadi, fokus pengunjung ada di makanan kita dan bukan yang lain. Selain itu, pengambilan sudut foto atau komposisi foto harus diambil semenarik mungkin.

  • Copywriting untuk bisnis kuliner

Ada beberapa teknik khusus untuk copywriting kuliner. Misalnya, menceritakan aroma masakan. Juga bercerita tentang rasa, bahan masakan dan cerita lainnya. Misalnya kisah resep tersebut atau cerita behind the scene lainnya. Semua ini akan menambah daya tarik pembaca untuk mencobanya.

Membuat website

Jika kita ingin tampil online jangka panjang, website menjadi hal penting untuk dibuat. Website memungkinkan kita menampilkan suasana lebih elegan, menu lebih lengkap dan sebagainya.

Mengoptimasi SEO

SEO membuat website Anda lebih mudah ditemukan di pencarian Google. Ini adalah hal penting. Hal ini membuat kunjungan ke situs meningkat.

Kita bisa membuat situs kita menjadi kompetitif untuk kata kunci tertentu. Tentunya kata kunci yang sesuai dengan bisnis kita.

Kini, ada Google Map atau peta Google yang menampilkan bisnis terdekat. Tetapi, peta Google ini lebih sulit untuk didapatkan rangkingnya. Untuk mencari rangking di kata kunci yang berpotensi penjualan, lebih mudah dilakukan dengan menggunakan website.

Buat profil Google Bisnisku dan KLAIM

Google Bisnisku merupakan tempat untuk membuat berbagai informasi penting bisnis kita. Kita bisa membuat sendiri serta ada juga berupa review pelanggan.

Baca Juga :   Jual Beli Mobil

Mengapa kita perlu Klaim? Supaya alamat yang ada bisa kita gunakan terus. Jika tidak, ada peluang alamat digeser ke lokasi bisnis orang. Jika bisnis kita terlanjur besar, dan pembeli dari Google Bisnis banyak, maka ini merupakan kerugian besar. Kita harus mulai dari awal lagi berpromosi di Google Bisnisku.

Aktif di media sosial

Rata – rata pengguna medsos di Indonesia menghabiskan waktu 142 menit sehari. Jadi, ada 2 jam lebih.

Jika ingin cek cafe atau resto, biasanya orang juga membuka medsos selain Google. Jadi, jangan sampai kita tidak aktif di medsos.

Menawarkan promo dan diskon

Promo dan diskon tentu banyak disukai orang. Jadi, promo dan diskon efektif untuk menawarkan bisnis kuliner.

Ada beberapa cara yang bisa dipergunakan. Diskon, diskon produk tertentu atau antar gratis produk tertentu. Atau, cara lain sesuai kreatifitas Anda.

Mengumpulkan data pelanggan

Untuk mengumpulkan data pelanggan, kita bisa menggunakan momen promosi. Misalnya, diskon 20% tetapi memberikan nomor HP atau lainnya. Atau, mendaftar di website untuk mendapat kupon. Mendaftarnya dengan email atau lainnya.

Bisa juga menawarkan voucher atau promosi lainnya. Tetapi, mendaftarnya lewat formulir yang meminta data tertentu.

Beriklan di FB Ads

FB Ads merupakan sarana berpromosi yang bagus. Iklan di FB Ads tidaklah terlelu mahal. Itu jika Anda belajar cara berpromosi di FB dengan benar.

Pada iklan FB, kita bisa menyetel target iklan kita. Misal, usia, jenis kelamin, hobi, lokasi, minat dan sebagainya. Karenanya, jika setting dilakukan dengan baik, kita bisa mendapatkan pasar yang lebih luas.

Salah satu fitur penting, adalah fitur Remarketing. Ini adalah fitur yang perlu kita gunakan. Kita bisa beriklan lagi ke pengunjung yang sama. Cara ini membuat mereka lebih ingat merk kita.

Beriklan di Google Ads

Iklan di Google Ads membuat situs website amsuk halaman 1 pencarian Google. bahkan, di 5 besar.

Untuk iklan ini, kita tidak perlu mencari target pasar. Tetapi, mencari kata kunci yang sekiranya dipergunakan calon pembeli kuliner.

Mereka tentu memiliki minat tertentu. Dan, menyatakannya langsung ke Google. Misal: ikan gurami bakar.

Untuk saat ini, Paid Search untuk bisnis kuliner masih jarang dilakukan. Tetapi, karena itulah justru pesaing menjadi sedikit dan perlu dicoba.

Bekerjasama dengan ojek online

Ini adalah hal yang cukup mudah dilakukan. Mereka akan meminta identitas Anda dan juga nomor NPWP. Kemudian, jika masuk, bisnis Anda akan mendapat pasar yang lebih luas tentunya. Lebih banyak orang yang melihat di aplikasi Ojek Online. Dan, peluang pasar juga lebih besar.

Berpromosi secara online itu sangat penting. Terutama untuk saat ini. Saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone. Artinya, mereka akan mencari bisnis kita di internet. Dan, kita harus siap untuk berpromosi secara profesional di dunia online. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses luar biasa!.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply