20 Mar

Apa itu Server Proxy?

Apa itu server proxy?. Dengan perkembangan terkini dalam jaringan, pertukaran data dan informasi memainkan peran paling penting, dan keamanan jaringan bertanggung jawab untuk memastikan keamanan data selama transmisi.

Apa itu proxy?

Proxy adalah cara untuk mengakses informasi di Internet menggunakan alamat IP berbeda yang ditetapkan ke sistem saat terhubung ke server proxy.

Misalnya, Anda ingin mengakses situs web, tetapi karena alasan tertentu sistem Anda tidak dapat mengaksesnya. Masalahnya di sini berasal dari alamat IP Anda dan pertimbangan keamanan untuk situs tersebut.

Tetapi dengan menggunakan server proxy, Anda dapat menyembunyikan IP sumber dan mengakses situs menggunakan IP berbeda yang diizinkan oleh situs web tujuan.

Apa itu server proxy?

Server proxy adalah sistem jaringan yang dirancang untuk bertindak sebagai perantara antara permintaan klien dan situs web target atau sumber daya Internet yang diminta pengguna.

Server proxy memberi pengguna fungsi-fungsi berikut:

Perlindungan dari serangan dunia maya Nama fungsi ini menunjukkan bahwa server proxy memberi penggunanya akses aman ke data dan melindungi sistem dari serangan dunia maya , seperti upaya peretasan.
Agen jaringan untuk data dan sumber daya Internet.

Saat Anda online untuk mencari informasi sensitif, proxy bertindak sebagai topeng untuk alamat IP asli Anda. Itu menyembunyikannya menggunakan alamat IP yang diberikan oleh proxy.

Selanjutnya, dalam buku teks Apa itu Proxy?, Anda akan mempelajari cara kerja server proxy.

Apa itu server proxy dan mengapa menggunakannya?

Sekarang, dengan menggunakan layanan proxy, Anda dapat memanfaatkan banyak layanan bermanfaat, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga :   Pengertian Client Server

Pencegahan Cybercrime – Layanan proxy melindungi pengguna dari upaya peretasan. Ini mencegah penyerang mengakses data alamat IP dengan memberikan alamat IP proxy ke alamat IP klien.

Permintaan keamanan. Layanan proxy juga mengenkripsi permintaan informasi pengguna untuk mencegah potensi ancaman mengaksesnya.

Kecepatan tinggi dan bandwidth lebih rendah. Ketika data diakses melalui server proxy, agen meng-cache informasi yang diakses oleh pengguna. Ini dilakukan untuk memberikan akses berkecepatan tinggi ke data menggunakan file cache berdasarkan permintaan ulang.

proses proksi

Saat klien meminta data tertentu atau mengakses situs web, permintaan diteruskan ke server proxy untuk langkah awal. Kemudian proxy mengirimkan permintaan atas nama klien untuk mengakses situs target.

Server proxy mengubah alamat IP sumber untuk mencegah serangan siber dan memberikan perlindungan dari sumber daya Internet.

Jenis proxy

Bergantung pada permintaan klien atau layanan yang disediakan, Anda dapat membagi proxy ke dalam format yang berbeda, beberapa di antaranya adalah:

Forward Proxy server – Di server proxy ini, permintaan pengguna diteruskan dari server internal ke Internet, dan melewati pemeriksaan firewall. Firewall dikonfigurasi untuk menolak atau mengizinkan permintaan klien, tergantung pada data atau situs web yang sedang diakses.

Anonymous Proxy Server / Proksi Anonim – Proksi ini tidak dikonfigurasi untuk menyembunyikan alamat IP pengguna. Sebaliknya, itu memberikan status anonim ke sistem klien.

Transparent Proxy Server. Server proxy ini menyediakan layanan steganografi kepada klien. Server proxy ini dapat menyembunyikan bagian tertentu dari data pengguna, sedangkan data lainnya tetap tersedia di Internet.

HTTP Proxy. Proxy ini dirancang untuk menyimpan data cache situs web dan informasi yang diakses oleh pengguna. Langkah ini meningkatkan kinerja dan waktu akses penyimpanan saat pengguna mengunjungi kembali situs web atau data yang di-cache.

Baca Juga :   vps linux murah kualitas oke

Kerugian menggunakan proxy

Daftarkan permintaan pelanggan. Banyak server proxy, seperti yang saya pahami sebelumnya dalam panduan ini, dikonfigurasi untuk menyimpan alamat IP pengguna dan permintaan yang dibuat oleh pengguna untuk digunakan nanti, tetapi ini pada gilirannya merusak privasi pengguna.

Layanan proxy gratis. Menggunakan layanan proxy gratis yang tersedia di Internet dapat lebih merugikan daripada menguntungkan permintaan sensitif pengguna dan data web yang disediakan oleh layanan proxy.

Gunakan enkripsi. Penting untuk memverifikasi bahwa server proxy menerapkan enkripsi yang sesuai untuk data dan informasi jaringan klien yang diminta oleh pengguna.

Kesimpulan Apa itu server proxy?

Dalam panduan tentang Apa itu Proxy?, Anda telah melihat informasi tentang layanan proxy. Anda telah mempelajari tentang fitur yang disediakan server proxy bagi penggunanya untuk mengakses data dan informasi di Internet tanpa mengorbankan data sensitif dan mencegah serangan dunia maya .

5/5 - (1 vote)

Leave a reply