29 May

Apa Arti Torrent dan Fungsinya

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Apa arti torrent dan fungsinya? Apa yang dimaksud dengan download torrent? Apakah file torrent aman dan bukan virus?

Banyak pertanyaan semacam ini dari pengguna internet saat mencoba mendownload file besar. Biasanya, penggemar film pernah mendapatkan pilihan untuk mendownload file torrent sebelum mendownload file lainnya.

Bagi yang belum pernah, mungkin heran karena mereka diminta mendowload torrent terlebih dahulu. Kemudian, ukuran file torrent yang diunduh ukurannya jauh lebih kecil daripada file aslinya. Sebagian lagi bahkan mengganggap file torrent ini seperti virus yang berbahaya. Jika di-klik, maka aktif dan terinstal di komputer.

Arti file torrent

File torrent sebenarnya adalah file yang menunjukkan informasi dimana file yang akan kita unduh berada. Torrent hanya beberapa informasi mengenai file yang kita akan download. Informasi ini berupa informasi tracker, nama file beserta ukuran dan struktur folder. Serta beberapa informasi lainnya.

Untuk benar – benar mendownload file yang kita inginkan, kita perlu menginstal downloader khusus yang mendukung protokol Bittorrent. Aplikasi ini dikenal sebagai bittorent client. yang terkenal diantaranya adalah Utorrent atau Qbittorrent. Setelah aplikasi diinstal, maka ekstensi .torrent akan terdaftar di sistem komputer kita.
Kemudian, download bisa kita lakukan dengan meng-klik file torrent tadi.

Bittorrent sendiri diciptakan pertama kali tahun 2001 oleh Bram Cohen. Sebelumnya, Bram bekerja di MojoNation, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan software open source untuk sharing file low bandwith dengan sistem peer to peer.

Berbeda dari sistem biasa, jaringan peer to peer biasa terdiri hanya dua komputer. Sumber file download berasal dari satu komputer saja. Tetapi, sistem ini membagi sumber download di berbagai komputer.

Sebuah file film misalnya, dipecah dalam banyak bagian kecil yang disebut pieces. Sebuah server pusat atau tracker akan mengarahkan kita ke komputer yang memiliki seluruh pieces yang akan kita download secara lengkap. Komputer ini disebut sebagai seeder. Tracker kemudian menginstruksikan seeder membagi file kepada komputer Anda (leecher).

Selain itu, Anda juga bisa berbagi file yang sama dengan leecher lain yang sedang mendownload file yang sama. Setelah download selesai dan file telah terunduh sempurna, Anda akan menjadi seeder dan bisa membagi file yang sama untuk orang lainnya.

Beda cara download torrent dengan cara biasa

Download biasa mengunduh 1 file langsung dari 1 sumber. Download dengan torrent mengunduh “pieces” dari banyak sumber di internet. Kecepatan download torrent akan semakin meningkat jika semakin banyak orang yang terlibat dalam pengunduhan file tersebut.

Pada sistem torrent ini, pendownload juga sekaligus bertugas menjadi pengupload file untuk keperluan banyak orang.

Biasanya, masalah torrent terletak kepada penggunanya. Sebagian menggunakannya untuk mendownload software bajakan dan file ilegal lainnya. Jika sudah demikian, yang terjadi biasanya hacker akan menyusupkan virus atau malware disana.

Karena itulah, ada saja orang yang justru membatalkan download ketika melihat file torrent.

Sebenarnya, sebuah virus dirancang untuk aktif tanpa kita mengaktifkannya. Jadi, lebih baik jika kita menggunakan antivirus atau firewall untk komputer kita. Dengan cara ini, kita tidak perlu takut mendownload menggunakan torrent.

Untuk malware, sebuah anti virus gratis biasanya tidak mendeteksi malware. Tetapi, ada aplikasi bernama “malwarebytes anti malware” yang bisa digunakan untuk menghilangkan malware.

Menggunakan torrent sebenarnya merupakan cara yang cepat untuk mendownload sebuah file. Masalahnya, kini ada orang yang memasang instruksi download dari website bervirus.

Tetapi, jika kita menggunakan antivirus untuk komputer kita, maka virus yang masuk bisa difilter juga. Jadi, menggunakan torrent sebenarnya tidak perlu menjadi menakutkan bagi kita.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply