21 Jan

6 Langkah Sederhana untuk Membangun Website Dasar untuk Bisnis Kecil

Apakah membuat situs web terasa seperti tugas yang menakutkan? Apakah Anda menunda membuat website untuk bisnis, nirlaba, atau portofolio Anda karena sepertinya terlalu banyak pekerjaan? Jika belajar membuat kode, mencari foto, dan mencari tahu cara membuat formulir terdengar luar biasa, saya mendapat kabar baik.

Anda tidak perlu tahu bagaimana melakukan semua itu untuk membangun website dasar.

Hari-hari ketika Anda membutuhkan desainer atau pengembang web yang mahal untuk membangun situs web sederhana sudah lama berlalu. Hari ini, yang Anda butuhkan adalah siang dan (tergantung pada alat yang Anda gunakan) antara $ 20 dan $ 100.

Dan inilah masalahnya: Jika Anda ingin membangun dan menumbuhkan bisnis yang sukses, sebuah situs web adalah suatu keharusan.

97% orang mencari internet ketika mereka mencari bisnis lokal

Jadi dalam pos ini, kami akan memandu Anda melalui semua yang perlu Anda lakukan untuk membuat situs web dasar:

Tentukan tujuan situs Anda
Pilih perusahaan hosting situs web
Pilih pembuat situs Anda
Buat garis besar halaman web Anda
Optimalkan situs web Anda
Siapkan pemroses pembayaran
Mari kita mulai.

1. Tentukan tujuan situs Anda

Sebelum terjun untuk benar-benar membuat situs web Anda, Anda perlu meluangkan waktu untuk menentukan apa tujuan situs web Anda nantinya.

Memahami fungsi situs web Anda akan menjadi penting saat Anda mempertimbangkan alat mana yang digunakan.

Sebelum memulai, jawab pertanyaan ini tentang situs web Anda:

Apa tujuan utama situs Anda? Apakah Anda ingin mendorong lalu lintas pejalan kaki, menjual produk secara online, berbagi menu mingguan, menerima pesanan online, atau yang lainnya sama sekali? Jawaban atas pertanyaan ini akan memengaruhi host mana yang Anda pilih, pembuat situs yang Anda gunakan, dan setiap keputusan lain yang Anda buat.
Bagaimana Anda memasarkan bisnis Anda saat ini? Strategi pemasaran Anda akan berdampak pada alat yang Anda butuhkan. Misalnya, jika pemasaran email penting bagi bisnis Anda, Anda harus menambahkan pendaftaran email. Jika Instagram mendorong banyak lalu lintas, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menanamkan umpan Instagram Anda di situs Anda.
Fungsi apa yang dibutuhkan situs Anda? Apakah Anda menjual produk secara online? Anda harus memilih pembuat situs dan host yang berspesialisasi dalam e-commerce. Bagaimana dengan produk digital? Anda akan memerlukan kemampuan untuk mengirim file secara otomatis. Apakah Anda ingin memberikan arahan ke lokasi fisik toko Anda? Buatlah daftar fitur dan fungsi yang Anda butuhkan. Anda akan merujuk ke daftar ini saat Anda mempertimbangkan host web atau pembuat situs mana yang harus dipilih.
Di mana Anda melihat bisnis Anda dalam beberapa tahun ke depan? Fitur atau strategi pemasaran apa yang ingin Anda jelajahi? Jika Anda memiliki rencana untuk menggunakan iklan berbayar, misalnya, Anda mungkin ingin memastikan host yang Anda pilih dapat mendukung peningkatan lalu lintas yang besar dan pembuatan halaman arahan yang mudah.

2. Pilih perusahaan hosting web

Menyiapkan situs web memerlukan tiga komponen utama: host (yang menyimpan file situs web Anda dan mengirimkannya ketika pengguna memintanya), nama domain (yang berfungsi sebagai lokasi online situs), dan pembuat situs (yang merupakan alat digunakan untuk membuat halaman, menambahkan salinan, mengunggah gambar, dan sebagainya).

Baca Juga :   Apakah yang Disebut Sebagai Jaringan 5G?

Tiga fitur ini sering ditawarkan dalam paket all-in-one dari host web seperti GoDaddy, BlueHost, dan SiteGround. Ada puluhan host web, dan masing-masing menawarkan berbagai paket, yang dapat membuat memilih host menjadi rumit.

Berikut ini cara memilih host web yang tepat untuk situs web Anda:

Tentukan jenis hosting yang Anda butuhkan: Hosting bersama atau cloud lebih murah dan akan cukup untuk sebagian besar situs web bisnis kecil. Lalu lintas tinggi atau merek e-niaga besar harus mempertimbangkan hosting khusus atau VPS.
Perhatikan uptime: Jika situs Anda tidak tersedia, Anda akan kehilangan uang. Cari host web yang menawarkan uptime setidaknya 99,9% dan akan mengembalikan sebagian biaya Anda jika mereka gagal memenuhi jaminan mereka.
Pertimbangkan keamanan: Host ditugaskan untuk menjaga keamanan file web Anda, jadi Anda menginginkan host yang peduli pada keamanan. Cari fitur seperti sertifikat SSL yang disertakan, firewall, dan perlindungan malware.
Pikirkan masa depan: Jika situs Anda untuk tujuan informasi, paket hosting yang murah dan dibagikan mungkin baik-baik saja. Namun, pertimbangkan apakah lalu lintas akan meningkat secara substansial ketika bisnis Anda tumbuh dan mencari penyedia hosting dengan rencana yang akan tumbuh bersama Anda.
Lihat fitur: Host sering menawarkan berbagai produk lainnya, termasuk pembangun situs, sertifikat SSL (yang memberikan awalan https situs Anda), nama domain gratis, kredit pemasaran, dan hosting email. Pilih host yang menawarkan apa yang Anda butuhkan, bukan paket yang lebih mahal yang menyertakan fitur “gratis” yang tidak akan pernah Anda gunakan.
Perhatikan detail harga: Banyak host menawarkan diskon pada tahun pertama atau nama domain “gratis” yang memperbarui pada tingkat yang jauh lebih tinggi. Sebelum Anda membeli, periksa harga perpanjangan untuk tahun kedua layanan hosting Anda.
Terakhir, baca ulasan masing-masing platform hosting sebelum Anda melakukan pembelian. Meskipun memindahkan host bukan hal yang mustahil, ini bisa menjadi rumit.

3. Pilih pembuat situs Anda

Di masa lalu, membangun situs web adalah proses rumit yang bisa memakan waktu berminggu-minggu. Hari ini, dengan bantuan templat dan pembuat situs seret-dan-lepas, Anda bisa membangun situs fungsional hanya dalam beberapa menit.

Langkah pertama Anda harus melihat apa yang ditawarkan host Anda. Banyak penyedia hosting menyertakan pembuat situs berpemilik atau akses ke pembuat pihak ketiga dengan paket hosting Anda.

Siteground, misalnya, menawarkan penggunaan Weebly atau WordPress gratis dengan setiap paket hosting.

Berikut ini sekilas tentang pembuat situs paling populer di pasar.

WordPress
Sebagai sistem manajemen konten paling populer di internet, Anda mungkin pernah mendengar tentang WordPress.

Ada dua opsi: WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com adalah layanan berbayar yang menyediakan hosting dan membantu menjaga keamanan situs Anda. WordPress.org mengacu pada file gratis yang dapat Anda unduh ke penyedia hosting Anda.

WordPress bisa serumit atau sesederhana yang Anda suka, dan ada beragam tema untuk dipilih. Jika Anda berencana untuk memperluas situs Anda, WordPress adalah opsi yang sangat baik.

Squarespace
Squarespace adalah alat pembuatan situs berbasis template dan platform all-in-one. Mereka menawarkan hosting, domain, pembuat situs, dan bahkan fitur e-commerce.

Baca Juga :   Cara Menjadi Ahli Programmer / Developer

Situs Squarespace cukup fleksibel, tetapi pilihannya sedikit terbatas dibandingkan dengan WordPress.

Pilihan template termasuk situs untuk restoran, portofolio, acara, pernikahan, band, dan toko online.

Jika Anda tidak ingin dipusingkan dengan membangun situs Squarespace sendiri, Anda dapat menyewa desainer Squarespace yang dapat membangun situs untuk Anda.

Weebly
Weebly adalah pembuat situs berbasis template yang super mudah digunakan dengan fitur seret dan lepas.

Menambahkan fitur dan bahkan toko itu sangat sederhana; namun, Weebly membatasi kemampuan Anda untuk menyesuaikan. Untuk situs sederhana, kustomisasi terbatas mungkin baik-baik saja.

Weebly juga menawarkan nama domain, jika Anda belum membelinya.

Weebly telah semakin populer, terutama untuk bisnis kecil yang tidak memerlukan situs dengan fungsi yang kompleks. Ini adalah pilihan yang terjangkau, tetapi bisnis yang ingin berekspansi akan dengan cepat melampaui Weebly.

4. Garis besar halaman web Anda

Setelah Anda memiliki host dan pembuat situs Anda, sekarang saatnya untuk mulai menulis dan membuat halaman situs Anda. Sementara jumlah halaman akan bervariasi secara drastis berdasarkan bisnis Anda, ada beberapa halaman yang harus dimiliki setiap situs web.

Perlu diingat, pengguna tidak harus menggali untuk menemukan informasi. Jika sebuah halaman penting, pastikan untuk mencantumkannya di bilah navigasi utama atau footer.

Berikut adalah beberapa halaman situs web utama yang harus dimasukkan oleh setiap situs:

Home page: Ini adalah pitch elevator Anda, kesan pertama Anda. Jelaskan siapa perusahaan Anda dan nilai-nilai Anda. Sertakan CTA ke halaman lain, seperti kontak dan produk atau layanan.
Halaman layanan atau produk: Sertakan satu halaman untuk setiap layanan utama atau lini produk yang ditawarkan bisnis Anda. Misalnya, toko roti mungkin menyertakan kue, pai, dan halaman katering.
Tentang halaman kami: Melihat sejarah dan orang-orang di belakang perusahaan Anda. Apa kisah pendiri Anda? Latar belakang apa yang ingin Anda bagikan? Apakah Anda seorang veteran, mantan polisi, apakah Anda memiliki keluarga?
Halaman kontak: Bagaimana pengunjung situs dapat menghubungi Anda? Halaman kontak Anda dapat menyertakan formulir online, nomor telepon, alamat, jam, dan peta Google yang disematkan.
Pernyataan privasi: Ini adalah halaman di mana Anda menjelaskan informasi apa yang Anda kumpulkan dari pengunjung situs dan apa yang Anda lakukan dengan informasi tersebut.
Pastikan untuk memasukkan ajakan bertindak, atau CTA, di setiap halaman. Misalnya, di bagian bawah setiap halaman WordStream, Anda mungkin memperhatikan tombol oranye besar ini:

Bergantung pada model bisnis Anda, Anda dapat menggunakan CTA untuk mengarahkan pengunjung situs ke daftar email Anda, halaman kontak, atau halaman produk Anda.

5. Optimalkan situs web Anda

Setelah situs web Anda daring, bagaimana pengguna dapat menemukannya?

Sebagian besar pengguna menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan mengetikkan (atau berbicara) pencarian ke Google. Misalnya, keluarga yang mencari toko pakaian anak-anak mungkin mengetik “pakaian anak-anak di dekat saya.”

Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk menentukan situs apa yang akan ditampilkan, dan mengoptimalkan situs Anda akan memberinya peluang peringkat yang lebih baik untuk industri dan lokasi Anda. Alat yang Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs Anda akan bergantung pada pembuat situs dan host yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Untuk Rental / Sewa Mobil www.unietrans.com

Jika Anda menggunakan WordPress, unduh plugin Yoast SEO.
Jika Anda menggunakan WordPress.org, pastikan Anda mengunduh JetPack dan gunakan panduan ini untuk SEO untuk mengoptimalkan situs Anda.
Pengguna Squarespace dapat menggunakan daftar periksa ini yang disediakan oleh Squarespace.
Pelajari lebih lanjut tentang fitur SEO di Weebly di sini.
Panduan untuk dasar-dasar SEO ini menyediakan informasi lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan situs Anda untuk pencarian.

6. Siapkan pemroses pembayaran (jika perlu)

Jika Anda berencana untuk menjual produk secara online atau mengizinkan pemesanan online, maka situs Anda akan membutuhkan cara untuk menerima pembayaran.

Opsi pembayaran populer termasuk PayPal, Stripe, dan Square, meskipun ada banyak opsi prosesor pembayaran lainnya. Tuan rumah yang Anda pilih dapat juga menyediakan opsi e-niaga.

Berikut ini ikhtisar cepat dari tiga opsi prosesor pembayaran paling populer:

Stripe adalah API pembayaran online yang berfungsi dengan baik untuk perusahaan e-commerce. Collect for Stripe juga akan memungkinkan Anda menerima pembayaran secara langsung.
PayPal adalah salah satu pemroses pembayaran online paling populer. Mereka menawarkan checkout online, faktur, dan pembayaran yang bekerja dengan baik untuk sebagian besar bisnis e-commerce.
Square menawarkan berbagai sistem POS, checkout online, dan faktur yang bekerja dengan baik untuk bisnis online dan bisnis bata-dan-mortir.

Saat memilih prosesor pembayaran, pertimbangkan bagaimana audiens target Anda lebih suka membayar dan juga berapa biaya setiap prosesor.

Tetap berpegang pada dasar-dasarnya
Jika Anda memiliki bisnis kecil, Anda mungkin pernah mendengar betapa pentingnya memiliki setidaknya sebuah situs web sederhana dan sederhana, tetapi sebenarnya membuat situs web dapat terasa luar biasa. Dengan beragam alat dan solusi di pasaran saat ini, membuat bisnis Anda online tidak lagi membutuhkan pengetahuan cara membuat kode atau menghabiskan ribuan dolar.

Leave a reply