28 Apr

5 Teknik Penting Google Ads untuk tahun 2021

5 Teknik Penting Google Ads untuk tahun 2021

 

Setiap tahun Google Ads dan pemasaran digital semakin kompetitif. Sekarang, lebih dari sebelumnya, perusahaan beralih ke periklanan online untuk mempromosikan bisnis mereka.

Sebagai pemilik bisnis atau pemasar, Anda mungkin bertanya-tanya apakah persaingan sudah terlalu tinggi untuk memulai.

Dalam artikel ini, saya akan meninjau strategi yang telah terbukti dan benar untuk kesuksesan Google Ads. Setelah 10+ tahun mengelola Google Ads, teknik ini adalah dasar untuk semua akun kami.

Persaingan yang meningkat membuat Google Ads semakin menantang, tetapi masih ada peluang bagi pengiklan cerdas untuk berhasil.

5 strategi di bawah ini adalah dasar-dasar yang kami andalkan saat mengelola akun di berbagai industri.

1. Memahami Jenis Pencocokan Kata Kunci

Kata kunci membentuk dasar dari Google Ads. Saat ini, ada 3 jenis pencocokan kata kunci di iklan Google. Setiap jenis pertandingan berbeda, dan Anda perlu mengetahui pro dan kontranya. Saya akan memberikan gambaran singkat di bawah ini:

Benar-benar cocok

Kata kunci sama sekali cocok dengan penelusuran pengguna
Misalnya, jika seseorang menelusuri “beli makanan anjing” dan Anda menawar pada kata kunci pencocokan tepat [beli makanan anjing], iklan Anda akan ditampilkan
Iklan Anda tidak akan ditampilkan untuk “makanan anjing” atau “beli makanan anjing”

Pencocokan Frasa

Kata kunci cocok dengan frase atau kata-kata yang terkandung dalam kata kunci, tetapi item tambahan dapat ditemukan dalam pencarian.
Untuk contoh di atas, kata kunci pencocokan frasa “beli makanan anjing” juga akan cocok dengan penelusuran “beli makanan anjing di dekat saya” atau “beli makanan anjing di toko-toko”

Pencocokan Luas

Google dapat mencocokkan Anda dengan penelusuran yang mirip dengan kata kunci asli Anda
Menggunakan contoh kita lagi, kata kunci pencocokan luas “beli makanan anjing” bisa cocok dengan “beli makanan anjing”, “beli makanan untuk anjing”, atau bahkan “makanan untuk anjing di dekat saya”
Setiap jenis pencocokan kata kunci memiliki tempatnya dalam menjalankan kampanye Google Ads dengan benar. Dan mengecilkan kapan harus menggunakan masing-masing sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Jasa Tukang Bikin Lemari

Meskipun dinamika yang tepat dari kata kunci Google Ads terlalu banyak untuk dibahas di sini, sebagian besar pembelanjaan kata kunci Anda harus tepat dan pencocokan frasa. Ini akan memberi Anda kontrol paling besar atas kampanye Anda dan memungkinkan Anda untuk menawar lebih tinggi pada istilah yang paling berharga.

Kata kunci pencocokan luas dapat digunakan untuk menemukan kata kunci baru yang mungkin ingin Anda targetkan. Tapi hati-hati dengan pencarian apa yang Anda cocokkan (lebih lanjut tentang ini di Langkah 3).

 

2. Siapkan Pelacakan Konversi yang Benar

Menyiapkan pelacakan konversi yang akurat sangat penting untuk membuat kampanye yang sukses. Anda harus membuat konversi yang tidak hanya berarti di Google Ads, tetapi juga merupakan tolak ukur langsung kesuksesan bisnis Anda.

Semakin dekat tujuan konversi Anda di iklan Google dengan KPI nyata dalam bisnis Anda, semakin mudah pengelolaan kampanye Anda nantinya. Ini akan memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengidentifikasi kampanye yang berhasil dan menghilangkan kata kunci dan kampanye yang kurang menguntungkan.

Jika Anda adalah bisnis E-commerce, tujuan ini akan lebih mudah untuk dibuat. Anda cukup mengimpor metrik penjualan dan pendapatan dari Google Analytics ke Google Ads.

Jika Anda adalah bisnis lead gen, ini menjadi sedikit lebih menantang. Tetapi dengan menyiapkan tujuan konversi seperti pengiriman formulir prospek atau panggilan dari situs web, pemantauan ini menjadi lebih mudah.

3. Meninjau Istilah Pencarian Anda Mingguan (jika tidak setiap hari)

Google akan menampilkan persentase dari semua pencarian di mana pengguna mengklik iklan Anda. Ini muncul di akun Anda sebagai “istilah penelusuran”.

Meninjau pencarian ini merupakan langkah yang diabaikan atau sering diabaikan oleh banyak pemilik bisnis. Untuk jenis kampanye di mana Google menampilkan istilah pencarian, itu bisa menjadi perbedaan antara berhasil atau gagal.

Meskipun Anda telah membuat daftar kata kunci terbaik, Anda harus memverifikasi pencarian yang sebenarnya. Pemeriksaan harian cepat untuk istilah pencarian ini dapat menghemat ribuan anggaran pemasaran yang terbuang percuma.

Tinjau setiap istilah, dan jika itu bukan penelusuran yang ingin Anda cocokkan, cekal ini menggunakan “Kata Kunci Negatif”. Kata Kunci Negatif akan menghentikan kemunculan iklan Anda pada penelusuran tertentu.

Baca Juga :   8 Cara Menjadi Konsultan SEO

Menggunakan contoh kami, jika Anda menambahkan “dekat” sebagai kata kunci negatif, Anda tidak akan muncul untuk penelusuran “beli makanan anjing di dekat saya” atau penelusuran lain yang berisi “dekat”
Jika Anda melihat penelusuran yang sering Anda cocokkan ternyata mengonversi dan bukan di akun Anda, Anda dapat menambahkannya sebagai kata kunci. Ini akan memberi Anda lebih banyak kendali atas persyaratan ini.

4. Buat Struktur Akun yang Terorganisir

Komponen dasar Google Ads adalah kampanye, grup iklan, iklan, dan kata kunci. Setiap kampanye memiliki satu atau lebih grup iklan. Kemudian grup iklan memiliki kata kunci dan iklan bersarang di dalamnya.

Secara visual terlihat seperti ini:

Kampanye -> Grup Iklan -> (Kata Kunci + Iklan)
Saat membuat akun, penting untuk mempertimbangkan bagaimana Anda menyiapkan kampanye atau “Struktur akun”.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan situs web Anda sebagai panduan. Produk yang berbeda akan menjadi tema setiap kampanye, dan cara orang menelusuri produk tersebut kemudian menjadi grup iklan.

Ada banyak strategi dan aliran pemikiran yang berbeda tentang cara terbaik menyiapkan akun Anda. Namun langkah terpenting adalah membuat kampanye yang masuk akal untuk bisnis Anda dan memungkinkan Anda menilai hasil dengan cepat.

5. Memilih Strategi Penawaran yang Benar

Dalam Google Ads, Anda menawar untuk setiap kata kunci di akun Anda. Tawaran ini, bersama dengan skor kualitas Anda (peringkat relevansi oleh Google), akan menentukan jika dan bagaimana urutan kemunculan iklan Anda.

Pada dasarnya ada dua cara menawar di Google Ads. Anda dapat menetapkan setiap tawaran kata kunci secara manual, atau Anda dapat mengizinkan Google untuk mengotomatiskan penawaran Anda berdasarkan algoritme pembelajaran mesin mereka.

Kedua strategi tersebut dapat membawa kesuksesan. Tetapi Anda harus memperhitungkan data dan volume konversi kampanye tertentu Anda.

Semakin akurat data konversi Anda dan semakin banyak klik dan konversi yang Anda miliki, semakin besar peluang strategi penawaran otomatis akan berhasil untuk Anda.

Tetapi berhati-hatilah jika Anda adalah bisnis kecil atau di ceruk pasar dengan lalu lintas minimal. Akun dengan data rendah tidak akan memberi Google banyak kesempatan untuk mengoptimalkan. Ini terutama terjadi jika pelacakan konversi Anda tidak 100% akurat. Kemudian Google akan mulai mengoptimalkan data konversi yang tidak lengkap.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Ungaran, Jasa Buat Web Ungaran

Strategi pilihan kami adalah memanfaatkan penawaran manual karena ini akan memberikan kendali terbesar. Dengan ini, Anda dapat mendorong kata kunci Anda yang paling sukses dan menawar setiap kata kunci sesuai nilainya. Tetapi setelah akun mengumpulkan cukup data, kami mungkin menguji strategi otomatis.

Kesimpulan

Baik Anda baru mengenal iklan Google atau sudah berpengalaman, Anda mungkin khawatir tentang lanskap yang berubah. Bukan rahasia lagi bahwa Google bergerak menuju otomatisasi setiap hari. Dengan ini, lebih banyak akun dan anggaran Anda ada di tangan Google.

Setiap tahun dunia pemasaran online semakin kompetitif. 2020 tidak terkecuali. Namun dengan tips ini, kami berharap Anda dapat meluncurkan atau meningkatkan kampanye Google Ads Anda pada tahun 2021.

Leave a reply