07 Dec

5 contoh sistem informasi

5 contoh sistem informasi

 

Sistem informasi adalah sebuah kombinasi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan informasi yang bertujuan untuk mengolah, menyimpan, dan menyajikan data untuk keperluan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Sistem informasi dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam suatu organisasi, serta mempermudah akses dan pengolahan data.

Contoh sistem informasi yang dapat ditemukan dalam organisasi antara lain:

  1. Sistem informasi akuntansi Sistem informasi akuntansi merupakan sistem yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data keuangan organisasi, serta menyajikan laporan keuangan seperti neraca, laba rugi, dan laporan arus kas.
  2. Sistem informasi manajemen (SIM) Sistem informasi manajemen merupakan sistem yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data operasional organisasi, seperti data produksi, persediaan, dan pemasaran. SIM dapat membantu manajer dalam mengambil keputusan operasional seperti perencanaan produksi dan pemasaran.
  3. Sistem informasi kesehatan (SIKES) Sistem informasi kesehatan merupakan sistem yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data kesehatan pasien, serta menyajikan laporan kesehatan seperti catatan medis, diagnosa, dan tindakan medis.
  4. Sistem informasi perpustakaan Sistem informasi perpustakaan merupakan sistem yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data buku, serta menyajikan informasi buku seperti judul, pengarang, dan ketersediaan.
  5. Sistem informasi kurikulum Sistem informasi kurikulum merupakan sistem yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data kurikulum, serta menyajikan informasi kurikulum seperti mata kuliah, dosen, dan jadwal.

Sistem informasi dapat membantu organisasi dalam mengolah dan menyimpan data, serta mempermudah akses dan pengolahan data. Dengan adanya sistem informasi, organisasi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengambilan keputusan.

Rate this post
Baca Juga :   5 Strategi Desain Web Yang Terbukti Berdampak Kepada Pengalaman Pelanggan

Leave a reply