13 Jan

Tutorial / Panduan Bagaimana Cara Membuat Website Profesional

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Tutorial / Panduan Bagaimana Membuat Website Profesional

 

Di dunia online saat ini, dimana hampir semua informasi tersedia hanya dengan melihat smartphone, maka sebuah website profesional menjadi sangat penting. Sebuah website profesional bisa bertindak terus-menerus menjadi marketing anda, menjadi platform untuk toko anda dan juga menjadi display penting untuk hasil-hasil karya kebanggan anda. Sebuah website profesional, dengan identitas khas sesuai bisnis anda, akan jauh lebih berkarakter dimata para pengunjung daripada website yang asal-asalan. Hal ini akan membangkitkan image positif dan meningkatkan nilai “brand” anda atau perusahaan anda.

Ada beberapa hal yang membuat sebuah website menjadi sarana yang efektif baik untuk berbisnis maupun berkomunikasi selain terlihat indah. Disini, kami akan menggambarkan beberapa kunci penting apa saja untuk sebuah website menjadi suatu website yang berkarakter dan profesional.

  1. Anda perlu strategi khusus untuk meningkatkan merk anda

Pemilik website semestinya memiliki beberapa strategi untuk meningkatkan merk. Termasuk tujuan utama website, siapa target pasar dan pengunjungnya dan juga termasuk bagaimana desain yang ada menimbulkan kesan yang anda harapkan bagi pengunjung website.

Hal-hal diatas terkait dengan tujuan sebagai berikut”

  1. Identikasi target pasar anda

Kita perlu mengetahui target pasar jasa atau bisnis kita, demografi mereka dan sekaligus hal-hal yang mereka suka lakukan. Kita juga semestinya mengetahui bagaimana mereka memandang diri mereka. Hal ini penting supaya cara berkomunikasi anda bisa lebih efektif. Lalu, jika anda sudah mengetahuinya, bagaimana bisnis atau website anda bisa memberikan pengaruh kepada mereka.

  1. Lakukan riset tentang apa yang dilakukan kompetitor anda

Anda bisa melihat apa kekuatan dan kelemahan mereka. Lalu, bagaimana cara anda mengisi pasar yang ada.

  1. Bagaimana anda mendefinisikan merk anda

Jika boleh ditanyakan, bagaimana gambaran merk anda jika digambarkan dalam 3 kata? Apakah visi khusus dibelakang merk anda? Jika sudah anda jawab, jabarkan hal-hal tersebut dengan sesuatu yang bisa dirasakan pengunjung website anda melalui warna, pilihan kalimat serta gaya website secara keseluruhan.

  1. Persiapkan bahan yang konsisten untuk merk anda

Bahan-bahan yang membantu image merk anda seperti logo, slogan dan video misalnya secara konsisten mesti anda pergunakan untuk berbagai media. Media ini termasuk website, radio ataupun televisi dan surat kabar jika diperlukan.

  1. Pendekatan Desain

Untuk desain, supaya anda memperoleh desain yang pas untuk menggambarkan brand anda, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

  1. Memilih theme atau template desain. Kecuali anda mampu membuat theme sendiri, ini adalah pilihan yang jauh lebih mudah. Pilih template dengan desain yang paling mendekati visi anda.
  2. Ubah template anda sesuai yang anda harapkan dan sesuai identitas merk anda. Warna, pemilihan font dan sebagainya supaya konsisten dengan identitas merk yang anda bangun.
  3. Navigasi dan konten

sebuah website tidak hanya perlu terlihat indah saja, namun perlu navigasi yang intuitif dan konten yang menarik. Untuk ini, diperlukan beberapa hal:

  1. Struktur website yang juga jelas dan intuitif

Pastikan para pengunjung anda mudah berselancar di website anda dan menemukan konten yang anda miliki.

  1. Hierarki konten yang jelas

Pastikan bahwa hal yang terpenting akan dilihat terlebih dahulu. Jadi, anda harus membuat  “Landing Page” yang menarik, dan sekaligus berisi informasi yang paling anda harapkan dilihat oleh pengunjung anda.

  1. Anda perlu tombol “Call to Action” yang baik

Jika website anda berisi layanan tertentu seperti bengkel panggilan atau jasa pindahan rumah, maka anda semestinya membuat konten dan juga tombol “hubungi kami” yang mengundang pengunjung untuk mengklik tombol tersebut.

  1. Nyaman dibaca

Sebuah website dengan layout yang baik yang nyaman dibaca tentunya lebih menyenangkan bagi pengunjung. Pastikan layout secara keseluruhan tidak “mengganggu” kenyamanan pengunjung anda. Gunakan font yang harmonis dengan styling secara keseluruhan dan memiliki “white space” yang cukup supaya terbaca jelas.

  1. Gunakan Footer

Footer mungkin terletak di bagian paling bawah, namun footer bisa cukup berfungsi bagi website anda. Anda bisa memempatkan link sitemap difooter, nomor telepon dan semua informasi lainnya disini.

  1. Persiapkan Untuk Search Engine Optimization (SEO)

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengunjung dalam jumlah signifikan adalah memakai teknik SEO. cara ini juga biasanya akan bertahan untuk jangka waktu yang lama juga. SEO bukanlah hasil tebak-tebakan, tetapi sebuah ilmu yang bisa dipelajari. Google mempergunakan algoritma khusus untuk mengindeks dan meranking milyaran halaman website yang ada. Untuk saat ini ada beberapa hal mendasar yang bisa anda lakukan sendiri.

  1. Riset kata kunci (keyword)

Anda mesti mengetahui atau mencari tahu kata kunci apa yang dipergunakan pengguna google yang seharusnya membuatnya datang ke website anda. Kata-kata kunci inilah yang nantinya akan anda targetkan bagi website anda.

  1. Optimasi kata kunci di halaman text anda

Gunakan halaman yang ada, text di blog, pengantar di halaman utama dan sebagainya untuk memuat kata kunci yang anda targetkan. Namun, jika anda ingin website anda tetap berkelas dan profesional, maka anda perlu teknik khusus mempergunakan kata kunci yang tidak terlihat seperti iklan. Jika banyak kata kunci yang dipergunakan secara berturut-turut dan terlihat seperti iklan ,maka ranking website kita justru bisa turun. Google memakai program dengan kecerdasan buatan yang mampu mendeteksi praktek semacam ini. Jadi, ini adalah masalah kita mengatur bahasa.

  1. Alt text

Alt text adalah alternative text atau tulisan untuk mengganti nama gambar. Search engine pada saat ini sudah sangat canggih dan mampu meranking milyaran halaman website. Namun, search engine belum mampu membaca gambar. Jadi, memberi alt text pada gambar akan memberi petunjuk pada search engine tentang apakah gambar tersebut.

  1. Meta tags

Meta tags tidak akan terlihat langsung oleh pengunjung website namun akan terbaca oleh search engine. Jika anda pergunakan meta tags, anda dapat memberikan gambaran yang lebih jelah pada pengunjung tentang website anda saat membaca hasil pencarian search engine.

  1. Link building

Ini salah satu faktor penting dalam SEO dan sekaligus yang termasuk sulit dan lama untuk dilakukan. Untuk saat ini, anda bisa memulai submit website anda ke direktory, membuat link dari sosial media anda atau dari forum jika memungkinkan. Serta, anda bisa mendorong pengunjung anda untuk berbagi halaman website anda di sosiaL media mereka dengan misalnya, membuat tombol share.

  1. Buat pengunjung anda lebih terikat

Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara seperti membuat blog, menambahkan embed video anda di youtube dan sebagainya. Jika anda pemilik bisnis property, anda bisa membuatkan program untuk menghitung KPR. Hal semacam ini akan membuat pengunjung datang lagi karena fasilitas lebih tersebut.

Membuat sebuah website profesional tentunya berbeda dengan membuat website yang biasa saja. Dari mulai desain, konten hingga fitur yang ada tentunya harus mewakili identitas merk anda juga.

Please rate this



Share this

Leave a reply