28 Jan

Tips Menulis Menggunakan Fitur Lengkap di Editor WordPress

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Bagi anda yang menulis posting langsung di wordpress, penulis mempunyai tips untuk menulis lebih cepat menggunakan fitur lengkap di editor wordpress dengan “Visual Editor”.  Visual editor adalah fasilitas untuk menulis dengan tampilan visual. Sebaliknya bagian “Text Editor” adalah bagian untuk menulis dan menambahkan code Html pada text tersebut. Visual Editor adalah bagian yang mudah dibandingkan bagian Text Editor. Dan jika kita mengetahui beberapa teknik tambahan untuk memanfaatkannya, maka akan semakin menambah produktifitas dan kreatifitas kita dalam menulis post di wordpress.

Visual Editor pada wordpress ini sebenarnya menggunakan TinyMCE yang merupakan software open source juga seperti software wordpress sendiri. Visual Editor wordpress ini software yang bisa dikembangkan dan kita bisa menambah options dan tombol – tombol didalamnya. Kita akan membahas bagaimana menambah fungsi – fungsi ini nantinya.

  • Keyboard shortcuts

Keyboard shortcut untuk wordpress mirip dengan keyboard shortcut saat mengetik di microsoft word.  Kita bisa menggunakan Ctrl + C untuk meng-copy text dan Ctrl + V untuk mempaste text tadi. Kita juga bisa membuat text dengan underline dengan shortcut Ctrl + U. Untuk menambahkan link, kita bisa menggunakan shortcut CTRL + K.  Beberapa shortcut lain bisa kita dapatkan sesuai gambar berikut.

wordpress-keyboard-shortcuts

  • Membuat spasi ganda dan tunggal

Seperti halnya di microsoft word, di Visual Editor wordpress kita juga bisa mengatur spasi tunggal atau ganda. Jika ingin membuat paragraf baru dengan spasi ganda, kita bisa langsung tekan enter. Tetapi jika kita hanya ingin berganti baris baru, kita bisa menekan tombol Shift + Enter.

  • Mengatur layar editor

Untuk Post Editor di wordpress, editornya memiliki fitur lebih seperti beberapa  metabox yang bisa berisi kotak categories, kotak author, custom field dan sebagainya. Saat menulis, biasanya kita hanya memakai beberapa bagian saja dan yang lainnya hanya ada disana saja tanpa pernah terpakai. Jika kita tidak ingin tampilan yang ribet, kita bisa mengatur ulang tampilannya dengan cara seperti berikut:

  • Menggunakan full screen untuk menulis

Jika kita hanya ingin konsentrasi menulis, kita bisa menggunakan mode menulis Full Screen dengan klik tombol Full Screen. Rombol full screen ini sama penampilannya dengan tombol full screen di youtube dan yang lain.

  • Mengganti font di posting

Secara default wordpress memang hanya menyediakan cara mengganti font dengan H1, H2 hingga ukuran paragraph normal. ukuran font H1 hingga H6 ini mestinya cukup untuk banyak keperluan.

cara-ubah-ukuran-font-di-wordpress-editor-wp-font-size
Jika anda ingin menggaanti beberapa font yang ada, anda bisa menginstall plugin TinyMCE Advanced editor. plugin ini versi afvanced dari yang digunakan langsung oleh wordpress dan pastinya akan cocok.

Dengan memakai plugin ini, anda benar – benar bisa mengganti beberapa font yang ada. Tetapi kekurangannya, jika mengganti theme, anda harus meneliti lagi font yang pernah anda ubah di setiap post.

Sayangnya, jika anda ingin mengubah font secara permanen atau untuk seluruh paragraph, maka anda mesti mengubahnya di Styling >> style.css.

  • Menambah kolom di post editor

Cara pertama adalah mengubah mode editor ke Text Editor. setelah itu anda bisa menambah code Html untuk membuat kolom.

Tetapi jika bingung, anda bisa install plugin “Advanced WP Columns” atau yang semacam ini. Setelah aktivasi, anda akan melihat ikon “Advanced WP Columns”. Untuk menambahkan kolom, anda tinggal menarik (drag & drop) pilihan kolom yang ada. Selain itu, anda juga bisa mengatur lebar setiap kolom yang ada.

  • Membuat tabel

Membuat tabel tidak bisa kita lakukan dari editor wordpress default. Sehingga, terkadang anda perlu menginsert data tabel di post wordpress. Cara gampang yang lain adalah dengan menambah tabel dengan menggunakan online table generator. Tetapi, hasil yang ada tidak terlalu bagus dan anda mungkin perlu menambah kemampuan membuat tabel dengan memasang plugin.

cara-mudah-membuat-kolum-kolom-di-posting-wordpress-dengan-plugin-1

http://www.lawangtechno.com/wp-content/uploads/2018/01/cara-mudah-membuat-kolum-kolom-di-posting-wordpress.png

Salah satu plugin yang bisa digunakan adalah “Table Press”. dengan “Table Press” ini anda akan mudah membuat tabel ukuran berapapun.

  • Menambah video Youtube

Sebagai pegangan, kita tidak perlu mengupload video langsung ke wordpress. Akan jauh lebih baik jika anda upload ke youtube dan anda embed di wordpress anda. Dengan ini, anda tidak perlu memakai space dan bandwidth anda untuk video tersebut.

  • Berganti ke editor text dengan HTML

gunanya jika anda kesulitan mengedit tulisan anda di mode Visual. dengan memindah ke mode text, anda akan lebih mudah mengeditnya.

Jika anda mengupload gambar ukuran besar di mode Visual, dan kemudian kesulitan untuk membuat atau mengatur line baru, maka masuk ke mode text akan memudahkan pengaturan baris baru.

  • Membuat tombol baru tanpa shortcode

Cara mudah: instal plugin “Forget About Shortcode Buttons” dan aktifkan. setelah itu anda akan bisa tidak hanya menambah tombol, namun juga mengedit tampilannya langsung.

http://www.lawangtechno.com/wp-content/uploads/2018/01/cara-mudah-membuat-kolum-kolom-di-posting-wordpress.png

Untuk yang hanya membuat shortcode, anda tidak akan bisa melihat preview tombol anda secara live.

  • Mengecek kesalahan gramar dan tulisan

Bagi anda yang menulis dalam bahasa Inggris, cara yang gampang mengecek grammar adalah menambah plugin  TinyMCE Spellcheck. Plugin ini adalah jalan kita untuk melakukan cek grammar ini secara otomatis karena wordpress tidak memiliki aplikasi defaultnya.

cara-menambahkan-plugin-wordpress-untuk-cek-grammar-dan-spelling-proofreading-settingsUntuk seting, anda ambil minimal pilih opsi “complex phrases, double negatives, phrases to avoid dan passive voice. Jika sudah dipilih, klik tombol “update profile” dan selesai. Plugin ini hanya bisa digunakan untuk wordpress versi 3.6 keatas. sekarang, plugin ini tidak diupdate lagi sebagai stand alone. Tetapi, plugin ini sudah menjadi bagian dari plugin jetPack.

setelah menulis, maka anda akan mudah menemukan yang seperti gambar dibawah:

cara-mudah-cek-grammar-untuk-wp-spell-check-posts

Untuk anda yang tidak suka plugin, anda bisa menggantinya dengan ekstensi untuk Google Chrome dan Mozilla Firefox. Ekstansi ini bernama “After The Deadline” dan bisa diunduh secara gratis / free.

Ini adalah tips dari penulis untuk menulis dengan fitur lengkap di wordpress editor. Dengan menambahkan fitur – fitur yang belum ada di wordpress pada editor post, kita bisa jauh lebih cepat menulis, lebih leluasa membuat format baru dan bisa menyelesaikan lebih banyak post juga.

Please rate this



Share this

Leave a reply