17 Apr

Tahukah Anda Perbedaan Malware, Virus, Trojan, Spyware dan Worm?

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Selama ini apabila komputer kita error, data hilang, serta programnya tidak jalan kita sering menyebut bahwa komputer kita sedang kena virus. Apalagi sekarang media online sedang marak-maraknya di negeri kita, hal ini merupakan hal serius yang harus dapat perhatian, karena sangat berbahaya dan sangat merugikan sekali bagi kita semua.
Dalam kesempatan ini Lawang Techno sebagai jasa pembuatan website, toko online dan SEO ingin berbagi informasi mengenai malware, virus, trojan,spyware dan worm,dan apakah mereka?nah dibawah ini kami mencoba menjelaskan atau mendiskripsikan sedikit apa itu :

1.Malware (Malicious Software)
Malware adalah sebuah software atau kode yang diciptakan untuk tujuan tertentu dan tentunya untuk merusak dan merugikan orang lain. Malware ini adalah program komputer atau software yang dapat mengubah data(menghapus, menyembunyikan dan mencurinya), dapat menghabiskan bandwith dan sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer,atau website.
2.Virus Komputer
Virus Komputer adalah malware yang menginfeksi sebuah komputer ,dengan pihak ketiga untuk mengaktifkan/menjalankan dirinya. Virus tidak bisa otomatis mengaktifkan drinya sendiri tetapi harus dibantu oleh pemiliknya komputer. Karena tidak tahu pemilik komputer itu mengklik virus, karena si pembuat virus sering mengecoh melalui program JPG,Doc atu Folder dan biasanya agar lebih menarik lagi si pembuat virus akan memalsukan virusnya dengan bentuk icon atau ekstensi gambar porno.
3.Worm Komputer
Worm adalah malware yang bisa mengaktifkan sendiri tanpa adanya bantuan pihak ketiga, apabila worm sudah masuk dalam komputer atau jaringan, dan secara otomatis dapat berpindah ke komputer lain yang ada dalam jaringan itu.
Tetapi worm hanya bisa masuk apabila ada celah keamanan(vulnerability) sebuah software yang ada dalam komputer tersebut. Worm sendiri tidak dapat menginfeksi komputer apabila celah keamanan(vulnerability) sudah ditutup/ditambal(patch)
4.Spyware
Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korbanya,awalnya mengintai profil pengguna komputer.
5.Trojan
Trojan adalah program yang dibuat seperti program(crack,game atau program lain) /software yang dapat membantu pengguna komputer, akan tetapi ketika sudah diinstall ke komputer, program ini bersifat destructive sebagai pengintai, pencurian data, dan dapat mengirimkan data dengan ketikan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh si pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut.
Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda, dan harus tetap hati-hati dan waspada y!

Please rate this



Share this