12 Jan

Perbedaan TCP dan UDP

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

TCP merupakan salah satu protokol utama dalam jaringan TCP / IP. Sedangkan protokol IP hanya dengan paket, TCP memungkinkan dua host untuk membuat sambungan dan pertukaran aliran data. TCP menjamin pengiriman data dan juga menjamin bahwa paket akan disampaikan dalam urutan yang sama di mana mereka dikirim.

UDP (User Datagram Protocol) adalah protokol komunikasi yang menawarkan jumlah terbatas layanan ketika pesan yang dipertukarkan antara komputer di jaringan yang menggunakan Internet Protocol (IP). UDP adalah sebuah alternatif untuk Transmission Control Protocol (TCP) dan, bersama-sama dengan IP, kadang-kadang disebut sebagai UDP / IP.

 

TCP dan UDP adalah anggota inti dari Internet Protocol suite dan berada pada lapisan transport jaringan. TCP umumnya digunakan dalam mengirim email serta browsing web, sehingga orang cenderung terbiasa dengan hal itu. Yang begitu, banyak pengguna yang terkejut ketika mereka mengetahui bahwa VoIP menggunakan UDP dan ingin tahu mengapa. Untuk menjawab itu, Anda perlu mengetahui perbedaan antara dua protokol. TCP dan UDP memiliki karakteristik tertentu yang membuat mereka lebih cocok untuk aplikasi tertentu.

TCP merupakan protokol berorientasi handal dan koneksi. Ini berarti bahwa sambungan harus mengatur antara dua endpoint sebelum data ditransmisikan. paket data dikirim melalui TCP yang dijamin untuk tiba di tempat tujuan dalam urutan yang sama di mana mereka dikirim. Jika paket hilang, maka akan dikirim lagi dan jika ada keterlambatan dalam menerima paket karena kemacetan jaringan, TCP akan secara otomatis mundur dari mengirim paket berikutnya.

Demikian pula, jika paket yang diterima dalam urutan yang salah mereka buffered dan mengatur kembali sebelum dikirimkan ke aplikasi. TCP juga membutuhkan pengakuan mengenai pengiriman akurat dari endpoint menerima sebelum ia akan mengirim batch berikutnya. Pada intinya, TCP mengutamakan akurasi dan keandalan atas kecepatan transmisi.

UDP di sisi lain, adalah protokol connectionless dan sangat ringan. UDP mulai mengirim data tanpa keadaan kesiapan penerima. Pengiriman paket tidak dijamin, tidak memiliki sistem pemesanan dan paket data mungkin hilang atau dalam urutan yang salah ketika mereka mencapai tujuan mereka. UDP nikmat kecepatan transmisi daripada keandalan, sehingga sangat cocok untuk VoIP.

Ketika panggilan suara dibuat, jitter dan latency yang lebih perhatian dari paket yang hilang beberapa di jalan. Jika beberapa paket tiba dalam urutan yang salah, mereka hanya menjatuhkan dan transmisi tidak terpengaruh. paket audio biasanya berisi 10 sampai 30 ms data dan menjatuhkan satu atau dua paket tersebut akan mengakibatkan hilang beberapa milidetik percakapan saja. Namun, jika TCP digunakan sebagai gantinya, paket tiba di urutan yang salah buffer dan kemudian dikirim yang mengarah ke penundaan yang lama. paket yang diterima mungkin akurat tetapi cenderung tidak berguna karena bagian dari percakapan tersebut sudah berakhir.

Inilah sebabnya mengapa panggilan VoIP umumnya menggunakan UDP untuk transmisi data. Sangat tidak dapat diandalkan dari protokol membuatnya lebih cocok untuk aplikasi streaming yang real-time seperti VoIP dan game online.


  • perbedaan tcp dan udp

Share this

Leave a reply