18 Apr

Perbedaan protocol email POP3 dan IMAP

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Kita sering mendengar atau pernah membaca istilah POP3 dan IMAP dalam dunia email tapi apakah anda sudah tau atau mengerti istilah dua kata tersebut. nah kalau belum mengerti teruslah membaca artikel berikut yang akan membahas kedua istilah tersebut.

  • POP3 atau Post Office Protocol  Version3. Tugasnya adalah mengambil email dari server dan menampungnya untuk sementara sampai email tersebut ada yang mengambil dari sebuah komputer atau gedget lainnya.
  • IMAP atau Internet Messege Accses Protocol juga tugasnya hampir sama yaitu mengambil email dari server akan tetapi IMAP memiliki tugas tambahan yaitu menanyakan kepada user apakah emailnya setelah di download itu mau langsung di hapus atau di simpan dalam sebuah folder. Atau mungkin User masih ingin mencari email lain.

Jadi sangat jelaslah perbedaan kedua robot tersebut Pada POP3 tugas tidak begitu banyak dan ribet hanya mengambil email dari server dan menampung saja untuk sementara. Komunikasi antara POP3 dan user hanya terjadi satu arah saja. POP3 tidak memberikan pilihan apapun pada USER. Berbeda dengan IMAP selain mengambil email dari server dan menampungnya IMAP juga memberikan pilihan komunikasi dengan user.

Nah sekarang anda sudah mengetahui kedua istilah tersebut. Juga anda sudah mengetahui perbedaan diantara keduanya.  Anda tidak perlu gumun atau mengernyitkan dahi lagi saat teman anda membahas IMAP dan POP3. Sekarang anda bisa bergabung membahas kedua istilah tersebut. Selamat mencoba semoga sukses.


  • tugas pop3 dan imap

Share this

Leave a reply