28 Jan

Panduan Dasar – Dasar SEO untuk 2018

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Untuk anda yang ingin mengetahui dasar – dasar penting SEO untuk tahun 2018 kami mencoba membuat daftarnya, yang antara lain:

  • ·         RankBrain dan Pengalaman Pengguna
  • ·         Click Through Rate
  • ·         Konten Komprehensif
  • ·         Mobile Friendly
  • ·         Video
  • ·         Voice Search
  • ·         Kontent dan link

Jika anda melihat daftar diatas berbeda dari kebanyakan yang ada, maka dibawah ini penjelasannya.

Sejarah SEO

Sejak kemunculan search engine di sekitar tahun 1997 dan google di tahun 1998, search engine telah banyak berubah, menjadi semakin canggih dan sekaligus menyediakan fasilitas yang bahkan pada tahun 2005 saja, belum pernah terbayangkan akan benar –benar ada.

Sejak awal berdiri, google sebagai search engine utama ( Google awalnya bernama Backrub di 1995) terus melakukan inovasi dan akhirnya saat ini berhasil membuat sebuat search engine yang dibekali dengan kecerdasan buatan yang bisa belajar dari pengalaman dan membuat prediksi.

Selama berdiri, google telah memiliki banyak algoritma yang digunakan untuk mencari halaman yang paling sesuai dengan yang dicari oleh penggunanya.

Ada tahun –tahun awal search engine dimana konten dirangking berdasar yang paling akhir keluar. Hasilnya saat itu, banyak yang kemudian membuat script untuk mengambil konten website lain dan menampilkannya kembali di website nya secara otomatis. Jadi, jika kita mencari kata kunci tertentu, yang keluar adalah konten yang sama untuk rangking 1 hingga rangking 50 an.

Mereka selalu seting srcip tersebut untuk posting tidak hanya teratur, tetapi agresif sehingga bisa selalu menjadi yang terakhir dan terindeks paling atas.

Kemudian, ada tahun – tahun dimana search engine hanya membaca string yang paling sesuai dengan kata kunci saja.

Meskipun saat itu konten tidak dirangking berdasar yang paling baru, tetapi masih banyak konten duplikat yang keluar di hasil pencarian. Ini karena search engine hanya melihat string yang sama untuk mengindeks suatu halaman.

Contohnya, kata kunci “ma li o bo. Ro.”  (Yang seharusnya “Malioboro”). Untuk kata kunci pertama yang salah itu, hasil pencarian yang keluar adalah berasal dari tempat yang jauh dari yogyakarta, berbahasa asing dan tidak berhubungan sama sekali.

Untuk google yang sekarang, hasil pencariannya masih mengandung Malioboro Yogyakarta. Jadi search engine tidak mencocokkan hanya per karakter saja.

Untuk saat ini, masih ada juga mesin pencari yang lebih banyak membaca “string” saja yang menghasilkan hasil pencarian seperti dibawah:

Untuk hasil pencarian Google adalah:

SEO malioboro yogya

Karena saat itu kata kunci dibaca secara langsung stringnya, maka kemudian muncul banyak web spam yang hanya copy paste dari website lain. Copy paste ini ada yang dilakukan manual tetapi ada juga programer yang melakukan copy paste ribuan halaman sekaligus. Saat itupun, jika kita mencari di google untuk kata kunci “cara memperbaiki pengapian honda supra” maka akan keluar hasil yang sangat mirip satu dengan yang lain, hingga berpuluh – puluh halaman hasil pencarian.

Yang jelek, jika kita mengetikkan kata kunci “dokter 24 jam”, yang keluar adalah halaman, atau bahkan ribuan halaman yang mengandung kata kunci “dokter 24 jam” tanpa ada petunjuk sama sekali dimana alamat dokter yang bisa kita datangi.

Jika ini terjadi, maka urusan gawat darurat bisa menjadi fatal dan Google tidak menginginkan halaman dokter 24 jam kalah oleh halaman artikel biasa yang bukan halaman milik dokter atau klinik bersangkutan.

Algoritma pun akhirnya berubah berkali kali, ada algoritma duplikat, panda dan sebagainya. Semuanya bertujuan supaya hanya hasil paling relevan yang menjadi nomer 1 di hasil pencarian Google.

Algoritma duplikat misalnya, hadir untuk menghilangkan halaman copy paste yang jumlahnya sangat banyak tersebut. Banyak sekali halaman – halaman itu dulu dibuat secara otomatis. Programer yang cukup jago, membuat website yang bisa langsung mengambil konten dari website lain dan langsung diposting. Hasilnya adalah ribuan atau puluhan ribu halaman per hari dan bisa jutaan pengunjung per bulan. Ini adalah hasil yang jika disetarakan dengan pendapatan, adalah sangat banyak.

Algoritma Panda, akan mengecek grammar atau struktur bahasa yang digunakan di dalam sebuah website. Algoritma ini akan membandingkan struktur bahasa yang digunakan apakah baik atau tidak.

Dahulu, banyak spammer ini yang menggunakan web berbahasa inggris. Ada diantara mereka yang betul – betul tahu bahasa Inggris ada pula yang sekedar tahu. Yang betul –betul tahu bahasa Inggris yang benar pun tidak pernah memakainya dalam menulis posting. Mereka, semuanya, lebih senang membuat halaman otomatis semacam ini karena cepat menghasilkan.

Saat algoritma duplikat keluar, maka halaman – halaman tersebut menghilang. Tetapi, banyak yang kemudian menggunakan pengacak kata atau spinner untuk keperluan posting otomatis.

Hasilnya, ada waktu di tahun –tahun yang lalu yang kita kesulitan untuk membaca bahasa inggris dari suatu website. Ini karena web tersebut dibuat dengan pengacak kata tersebut.

Pengacak kata ini selama beberapa waktu, berhasil menghindari pembacaan string Google untuk mencari string duplikat. Untuk terminologi saat itu, string duplikat adalah string yang sama persis. Misalnya Mal1oboro berbeda string dengan Malioboro atau Jakarta berbeda dengan J4karta. Atau “Jalan Malioboro No. 4 Yogyakarta” berbeda dengan “Malioboro No: 4 Jogja” jika hanya dibaca string saja.

Saat itu juga ada spam yang namanya keyword stuffing. Ini adalah mengisi halaman dengan banyak keyword sekaligus yang ditargetkan. Karena hanya membaca string, maka ada keyword seperti “jual kaos kaki” dan “jual kaos kaki sekolah” menjadi 2 keyword berbeda.

Untuk saat ini, kecerdasan buatan google bisa memilih konteks yang paling pas berdasar konten anda secara keseluruhan tanpa anda harus mengulang – ulang kata kunci berkali – kali.

Saat algoritma Panda keluar, halaman – halaman hasil acak kata ini kemudian menghilang dari halaman pencarian Google.

Algoritma ini bekerja tidak hanya membaca string, namun juga mengecek kesesuaian struktur grammar dan kosa kata untuk suatu konteks kalimat.

Kemudian, Artificial Intelligence dari Google diluncurkan

AI atau kecerdasan buatan untuk search engine ini saat ini telah dan selalu dikembangkan oleh Google.

Contoh yang baik untuk hal ini kita bisa melihat hasil pencarian untuk “Om telolet Om” oleh google selalu dihubungkan dengan “Bis”.

Disini Google belajar bahwa pencarian “Om telotet Om” tersebut  selalu dihubungkan dengan pencarian bis atau beberapa PO bis pelopor klakson telolet tersebut. Jadi, google merangkumnya untuk anda.

Beberapa tahun berlalu, kini Google menjadi jauh lebih baik dengan AI mereka. Menjadi jauh lebih canggih dan akurat.

Untuk Tips SEO tahun 2018 yang kami berikan, tentunya berbeda dengan tips yang pernah anda peroleh pada posting blog yang ditulis beberapa tahun lampau. Untuk saat ini, kemajuan Google sangat pesat dan teknik SEO yang ada berubah cepat juga.

Inilah Tips SEO untuk 2018

·         RankBrain dan Pengalaman Pengguna

Jika anda ingin menang di Google, anda harus memberikan pengalaman yang baik untuk pengguna anda. Ini adalah rumus nomer satu.

Google selalu befokus menyajikan hasil pencarian paling relevan untuk penggunanya. Dan sekarang, mereka telah melangkah sangat jauh.

Jika anda mengetik kata kunci di google, apa yang terlihat pada hasil disana? Apakah deskripsi yang ada tampil menarik bagi pengunjung? Kemudian, setelah pengunjung membuka website kita, apakah mereka membaca kata demi kata atau langsung tutup dan pergi? Semua faktor ini sekarang dihitung untuk mendapatkan peringkat yang baik di Google.

Supaya pengunjung betah, satu – satunya jalan adalah mengisi blog atau website anda dengan konten berkualitas.

·         Click Through Rate

Apakah kita mampu menyajikan konten yang menarik untuk di buka pengunjung saat mereka mendapat deskripsi konten kita di hasil pencarian Google? Gunakan deskripsi yang membuat pengunjung membuka website anda.

·         Konten Komprehensif

Mungkin anda malas menulis konten yang “One stop Shopping” atau meng – cover semua. Tetapi untuk saat ini, hal ini menjadi penting. Konten “One Stop Shopping” juga membuat pengunjung lebih lama berkunjung di website anda.

·         Mobile Friendly

Selalu gunakan theme yang mobile friendly, tahun 2017 saja, laptop hanya digunakan untuk membuka website sebanyak 45% dari seluruh kunjungan website. Yang lain, pengunjung datang dari gadget atau perangkat mobile.

·         Video

Website yang menggunakan video akan lebih dipercaya search engine.

·         Voice Search

Ini adalah fitur baru Google. Sebaiknya anda gunakan kalimat posting anda yang baik untuk hasil “Voice Search”.

·         Kontent dan link

Selalu menjadi faktor penting sejak tahun pertama Google atau Backrub.

Untuk link, jangan menggunakan smbarang link yang berasal dari website yang tidak kredibel atau spam. Anda justru akan kena banned dari hasil pencarian Google.

Mengapa kami sering menyebut Google? Ini karena search engine saat ini didominasi oleh Google dengan kecanggihan yang sebenarnya, terpaut sangat jauh diatas search engine lain.

Jika anda tertarik dengan SEO, kami memberikan layanan SEO yang berkualitas untuk website anda. Kami menyediakan layanan dari pembuatan website hingga SEO website dan marketing online lainnya. Kami telah berpengalaman menghasilkan website yang kompetitif untuk pasar yang bermacam – macam selama bertahun –tahun. Kini, anda bisa mendapatkan implementasi SEO menyeluruh dengan menghubungi layanan SEO kami.

4.67/5 (3)

Please rate this



Share this

Leave a reply