26 Jan

Masalah Bawaan WordPress

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

 

WordPress, 10 + Masalah Bawaan WordPress yang Menyebalkan

 

Jika kita menggunakan wordpress, maka ada beberapa hal yang “mengganggu” yang merupakan bawaan wordpress. Beberapa diantaranya, bisa cukup fatal akibatnya jika tidak kita atasi. Tetapi, kita juga sebenarnya mudah juga menyelesaikan ganjalan tersebut.

10 + Masalah bawaan wordpress yang menyebalkan, diantaranya:

  1. Tidak ada fasilitas backup bawaan
  2. Selalu ada kategori “Uncategorized” yang mungkin perlu dihapus
  3. Mengganti Username
  4. Perlu menambah pilihan untuk format Posts
  5. Shortcode tidak dibuat default
  6. Perlu me-non aktifkan semua plugin untuk troubleshooting
  7. Terkunci saat edit theme atau plugin
  8. Memperbaiki error umum di wordpress
  9. Tidak ada default seting untuk update plugin otomatis
  10. Sulit membuat gallery gambar secara default
  11. RSS feed yang menampilkan seluruh artikel
  12. Komentar Spam

 

  1. Tidak ada fasilitas backup bawaan

Ini adalah masalah yang bisa merepotkan dikemudian hari. Adanya backup diperlukan untuk migrasi atau berguna ketika website kena serangan hacker. Dengan backup yang baik, kita bisa segera membuat website kita online dengan cepat.

Untuk memperbaiki gangguan ini, kita bisa menginstall plugin untuk backup yang tersedia baik gratis atau berbayar. Jika sudah mengintal plugin backup, maka kita mesti membuat backup secara teratur juga.

  1. Selalu ada kategori “Uncategorized” yang mungkin perlu dihapus

Uncategorized mungkin sekedar contoh yang dibuat wordpress secara default tentang bagaimana cara memberi Kategori untuk post di wordpress. Tetapi, setelah waktu berjalan kita mungkin akan sedikit terganggu bila “uncategoirized” ini masih muncul di halaman atau sidebar kita.

Untuk post yang tidak dimasukkan dalam suatu category, maka secara default akan masuk ke “Uncategorized”. Hal ini bisa mengganggu tetapi mudah juga menghilangkannya.

Caranya adalah: anda masuk ke “Posts” lalu pilih “Categories”lalu delete “Uncategorized” tadi.

  1. Mengganti Username

Username default untuk wordpress adalah “Admin”. Hal ini akan mempermudah hacker membuka situs wordpress kita. Jika seorang hacker mencoba login ke wordpress dan menemukan bahwa username “Admin” adalah username yang benar, maka tugas untuk membobol website kita tinggal separuh lagi.

Untuk bagian login ini, secara default wordpress akan memberikan notifikasi bahwa “The password you entered for the username admin is incorrect”. Artinya, apabila username admin adalah benar, maka tinggal menebak passwordnya saja. Dengan teknik “brute force attack”, password ini bisa tertebak dal akhirnya website kita bisa dibobol.

Untuk mengganti username admin, yang untuk default wordpress juga meiliki role / fungsi sebagai admin juga sebenarnya mudah. Anda bisa menambah user dengan nama lain. Pada bagian dasboard, pilih Users à Add New. Jika sudah, berikan fungsi / role sebagai Admin dan log out.

Kemudian anda login lagi dengan nama user baru tadi dan hapus user admin. Untuk post yang dibuat oleh “Admin”, anda akan diminta untuk memindah attribute semua konten tadi ke user yang anda pilih. Setelah itu, klik”Confirm Deletion” dan semuanya selesai.

  1. Perlu menambah pilihan untuk format Posts

Untuk membuat post yang hanya berupa tulisan, maka kita tinggal ketik saja. Tetapi, jika ingin membuat post dengan format yang berbeda, kita akan perlu menggunaka mode “Text Editor”. Masalahnya, jika kita bolak-balik mengganti mode dari “Visual Editor” ke “Text Editor” maka format yang kita buat bisa hilang.

Untuk memperbaikinya, anda bisa menggunakan plugin TinyMCE advanced. Plugin ini memberikan format yang lebih banyak bagi yang ingin menulis post di mode “Visual Editor”.

  1. Shortcode tidak dibuat default

Shortcodes berguna untuk menambah fungsi di area text wordpress tanpa menambah kode program. Namun, secara default, shortcodes tidak bisa dipakai di widget text.

Untuk bisa menggunakannya, kita perlu menambah code sebagai berikut di “functions.php”:

add_filter(‘widget_text’,’do_shortcode’);

Jika anda tidak suka menambah code ini, anda bisa menggunakan plugin “Shortcode Widget”.

  1. Perlu me-non aktifkan semua plugin untuk troubleshooting

Jika kita mengalami beberapa masalah di website wordpress kita, mungkin kita akan diminta menonaktifkan plugin di wordpress. Jika anda ingin melakukannya sekaligus caranya adalah:

Masuk ke dasboard à pilih Plugins dan check bulk actions dan cetang semua plugin. Kemudian pilih deactive. Cara sebaliknya akan mengaktifkan semua plugin yang ada.

  1. Terkunci saat edit theme atau plugin

Terkadang kita akan terkunci di wordpress atau tidak bisa membuka apa-apa jika salah mengedit wordpress kita. Hal yang sama juga berlaku jika ada pemula yang ingin mengedit footer theme begitu saja. Untuk yang terakhir, pemblokiran ini disengaja oleh pembuat theme supaya “credit” atau backlink mereka tidak dihilangkan.

Cara yang paling gampang, masuk ke Cpanel dan hapus saja theme atau plugin bersangkutan untuk kemudian dinstall ulang.

  1. Memperbaiki error umum di wordpress

Ada beberapa error bawaan wordpress yang memerlukan pengetahuan lebih lanjut untuk memperbaikinya. Cara memperbaikinya anda bisa melihat panduan dari forum yang ada karena anda harus melihat kasus per kasus secara spesifik.

  1. Tidak ada default seting untuk update plugin otomatis

Untuk mengupdate apapun di wordpress, biasanya akan ada tanda notifikasi berwarna merah yang menunjukkan apa saja yang perlu di update. Tetapi, mungkin dengan banyak plugin dan sebagainya akan sering muncul notifikasi yang mungkin menjadikan sebagian orang kurang nyaman.

Untuk membuat update otomatis bagi plugin, anda bisa memambahkan code berikut di functions.php.

add_filter( ‘auto_update_plugin’, ‘__return_true’ );

untuk mengupdate theme secara otomatis, pada functions.php. juga anda bisa menambahkan:

add_filter( ‘auto_update_theme’, ‘__return_true’ );

tetapi, seperti biasanya, ada cara paling mudah untuk update otomatis dengan plugin: “Automatic Plugin Updates”.

Untuk selalu melakukan update akan memberikan kita keamanan yang lebih baik dan fitur yang lebih baik juga.

Untuk beberapa plugin dan theme, terkadang update yang ada tidak selalu cocok dengan yang lainnya. Jika anda mengalami masalah ini, maka anda perlu menginstall plugin “WP Rollback”.  Plugin ini bisa mengembalikan plugin dan theme kita ke versi yang lebih lama.

  1. Sulit membuat gallery gambar secara default

Untuk membuat gallery gambar yang baik, anda lebih baik menggunakan plugin daripada melakukannya secara manual. Ada beberapa plugin yang baik untuk digunakan seperti envira gallery dan sebagainya. Untuk menarik lebih banyak pengunjung, akan sangat baik apabila kita menggunakan gallery gambar juga badi blog atau wordpress kita.

  1. RSS feed yang menampilkan seluruh artikel

Untuk RSS feed, jika rss anda sudah menampilkan full post, pengunjung anda akan malas mengunjungi website anda karena mereka merasa sudah membaca semua. Untuk keperluan ini, anda bisa memperbaikinya di Setting à Reading kemudian pilih “For each article in a feed, show” dan pilih saja “Summary”.

Untuk Excerpts yang terlalu panjang yang ditampilkan di halaman home wordpress, akan membuat pengunjung kita tidak berminat untuk melihat lagi website kita. Mereka merasa sudah membaca posting yang lainnya lagi sehingga tidak perlu melihat halaman yang ada secara khusus. Untuk excerpts yang terlalu pendek, barangkali kita akan kehilangan makna kalimat slinya karena terpotong.

Cara paling mudah untuk mengatur Excerpts adalah menginstall plugin “Advance Excerpt”. Dengan plugin ini kita bisa mengatur berapa kata yang akan ditampilkan.

  1. Komentar Spam

Kita bersyukur wordpress adalah CMS dengan pengguna yang sangat banyak sehingga support yang ada juga sangat besar. Tetapi, ini juga berarti banyak yang tahu juga cara mengirimkan komentar Spam ke website wordpress.

Untuk menghindari komentar spam, kita bisa mengaktifkan plugin Akismet.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply