16 Apr

FUNGSI WEBSERVER DAN DATA BASE

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Fungsi server adalah lokasi di mana script-script di kumpulkan jadi satu, dan di situ pula kita bisa menemukannya. Kita bisa menyewa server ini pada penyedia jasa online server atau install sendiri softwarenya di computer anda sebelum  script itu di onlinekan dan bisa di akses oleh pengunjung.

Jika anda sudah punya server tool berikut  yang harus  anda install adalah database (MYSQL). Database ini berfungsi untuk menyimpan pengolahan script. Sebetulnya tanpa database pun PHP pada website anda bisa berjalan dan bekerja. Akan tetapi hasilnya akan mirip dengan penulisan pada sebuah HTML.

Ada beberapa macam software yang bisa di gunakan sebagai webserver di antaranya ada Apache, IIS, Juga PHP atau personal webserver. Atau dengan software database atau kita mengenalnya dengan istilah DBMS  (Data Base Management System), Anda bisa menggunakan mysql, SQL server, Oracle dan lain-lain.

Lalu bagaimana instalasi PHP server tersebut? Webserver yang sebutkan di atas adalah webserver yang sudah memiliki lisensi terpercaya jadi jangan khawatir ada masalah dengan instalasi. Untuk menginstal PHP dan pendukungnya, anda tidak perlu melakuan instalasi satu persatu, namun bisa langsung anda install secara bersama –sama.  Karena saat ini banyak software bundling yang di dalamnya sudah ada PHP server, apache dan mysql. Beberapa software tersebut antara lain Appserv dan Xampp.

Jadi demikianlah fungsi webserver dan data base pada sebuah website anda. Semoga istilah pada tulisan yang sedikit ini bisa menambah wawasan anda di dunia pemrograman, atau paling tidak saat orang berbicara masalah data base dan webserver anda sudah pernah membacanya di sini. Selamat mencoba dan sukses selalu.

5/5 (2)

Please rate this



Share this

Leave a reply