25 Jan

Cara Mengecek Reputasi Sebuah Website

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

 

Cara Mengecek Reputasi Sebuah Website

 

Jika anda tertarik dengan suatu website, positif atau tidak alasannya untuk tertarik, anda bisa melihat reputasi weebsite atau blog bersangkutan di internet. Saat ini, ada saja website yang kita kunjungi ternyata memiliki malware atau menularkan virus. Ada juga website yang menyediakan software download gratis yang sudah terisi adware atau malware.  Jadi, ketika softwarenya kita gunakan, malwarenya akan mengganggu performa komputer kita.

Jika kita meragukan website yang kita kunjungi, kita bisa melihat reputasi website bersangkutan melalui berbagai tools online yang ada di internet. Jika website atau blog tersebut dikenal menularkan virus, domainnya tentu sudah di blacklist. Untuk mengetahui bahwa website tersebut sudah di blacklist, kita bisa mempergunakan Blacklistalert.org.

Sebenarnya, yang mendapat blacklist adalah nama domainnya sendiri. Jika sebuah blog terkena blacklist, maka nama domainnya yang diblacklist.

Alat ini juga bisa anda pergunakan untuk mengecek blog atau website anda sendiri apakah sudah diblacklist. Untuk mengecek nama domain tertentu, anda tinggal menuliskan nama domain bersangkutan di kotak form yang sudah ada. Jika website anda mendapat tanda OK, maka tidak ada masalah. Namun jika ternyata web anda terkena blacklist, anda juga bisa mengetahui sebabnya.

Mxtoolbox. Juga menyediakan tools serupa untuk mengecek apakah sebuah domain sudah di blacklist atau tidak. Jika andai kata blog seseorang dimasukkan dalam suatu blacklist, maka dia bisa mencoba mencari tahu bagaimana cara menghilangkannya. Hal ini penting jika orang tersebut tetap ingin terlihat profesional dimata pengunjung.

Untuk website atau secara spesifik, domain yang sudah di banned oleh google, anda bisa mengecek di bannedcheck. Situs ini juga sangat berguna apabila anda ingin membeli domain lama. Domain lama adalah domain yang sudah pernah dipergunakan sebelumnya. Untuk domain lama, mungkin sudah pernah dipakai membuat lebih dari 2 atau 3 website.

Tools online ini juga bisa dipergunakan untuk mengecek blog anda juga seperti 2 tools diatas. Jika ada blog yang dudah di banned dari mesin pencari google, maka tidak bisa ditemukan lagi lewat pencarian google. Jika ada domain yang sudah di banned dari layanan google adsense, maka website yang menggunakan domain tersebut sudah tidak bisa menampilkan iklan adsense lagi.

Jika anda ingin tahu apakan blog anda servernya sedang down atau tidak, maka anda bisa mempergunakan http://downforeveryoneorjustme.com. Layanan ini memungkinkan anda melihat blog atau situs lain dengan server yang sama dengan anda sedang down juga atau tidak. Jika situs lainnya online, maka yang menjadi masalah barangkali adalah nama DNS anda atau IP address anda.

Untuk test yang lebih lanjut, anda bisa mempergunakan http://www.jonasjohn.de/test-tool/. Test ini memiliki banyak kategori yang bisa anda pakai. Anda bisa mengetes dari mulai validasi html, SEO, web proxies dan sebagainya. Sebenarnya website inni memberikan layanan dengan menghubungkan kita ke website lain yang memiliki tools yang kita cari. Untuk SEO tools saja, terdapat lebih dari 5 tools yang dipergunakan oleh web ini termasuk google backlink.

Jika anda mendaftarkan sebuah nama domain, maka secara default nama anda sebagai pemilik domain tersebut akan muncul di website “Whois”. Untuk mengetahui validitas data pemilik suatu domain, biasanya kita bisa melihat melalui website tersebut dan mengetikkan nama domain bersangkutan. Tetapi, kita juga bisa menggunakan layanan berbayar untuk menutup data di Whois ini dari publik. Sehingga ketika nama domain kita dicari melalui Whois, maka tidak akan terlihat siapa pemiliknya.

Jika anda ingin melihat faktor penting lain, silahkan anda lihat umur domainnya. Website untuk penipuan biasanya hanya berumur beberapa bulan saja. Jadi, anda bisa menggunakan tools Whois diatas untuk sekaligus melihat kapan nama domain tersebut didaftarkan.

Jika ingin melihat sejarah domain tersebut, maka gunakanlah waybackmachine. Tools ini menyimpang cache dari website yang ada di internet yang bisa kita gunakan untuk tanggal dan tahun spesifik. Anda bisa melihat pada tanggal n17 juni 2014, domain tertentu dipergunakan oleh website atau blog seperti apa.

Untuk melihat domain atau website dalam satu server, yang mudah kita gunakan tools online: https://www.yougetsignal.com/tools/web-sites-on-web-server/. Disini website ini akan menampilkan website apa saja yang ditempatkan pada server yang sama dengan blog atau website yang menarik perhatian kita tadi.

Inilah daftar beberapa website yang menyediakan tools gratis yang bisa kita pergunakan untuk mengecek suatu website termasuk kredibilitasnya. Anda bisa menggunakan tools online tersebut jika ada suatu website yang menarik perhatian anda, baik secara positif atau tidak. Disamping itu, anda juga bisa mempergunakan tools diats untuk mengecek blog anda sendiri. Tentunya, dengan tujuan untuk tidak membuat blog atau website yang akan menuai reputasi jelek.

Please rate this



Share this

Leave a reply