26 Jul

Cara Memulai Google AdWords

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Periklanan Google AdWords memungkinkan Anda menampilkan iklan kepada orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda, sementara memfilter orang-orang yang tidak.

Anda dapat melacak jumlah orang yang ditampilkan iklan Anda, berapa banyak dari orang-orang tersebut yang mengeklik iklan Anda dan lebih banyak lagi jika Anda mengintegrasikan akun Anda dengan Google Analytics. Dengan mengukur iklan Anda, Anda akan segera melihat ke mana menginvestasikan anggaran Anda dan meningkatkan laba atas investasi Anda.

AdWords paling umum didasarkan pada sistem biaya per klik, di mana biaya per klik adalah jumlah minimum yang diperlukan untuk mengungguli pengiklan pesaing. Dengan menggunakan contoh yang sangat sederhana, jika anggaran pengiklan bersaing per klik adalah $ 1 dan harganya $ 5, Anda hanya akan membayar $ 1,01 untuk klik itu.

Saat pertama kali memulai AdWords, ini bisa sedikit berlebihan. Google AdWords itu sendiri sangat besar, dan setiap slip-up bisa meniup anggaran Anda. Saya tahu beberapa orang yang telah dibakar dengan mencoba AdWords tanpa benar-benar memahaminya.

Untuk membantu Anda memulai, saya telah membuat beberapa tip bermanfaat yang telah saya pelajari selama ini.

Mulai

Buat Akun Google AdWords Anda

Google telah menyiapkan panduan langkah 7 untuk membuat akun yang mencakup dasar seperti membuat login, menyiapkan informasi penagihan dan anggaran harian.

Resist the Impulse to Activate Your Ads Just Yet

Tujuan Google pada saat ini adalah untuk kemudian mendorong Anda untuk memaksimalkan jumlah yang Anda belanjakan untuk iklan Anda. Ini adalah perangkap pertama untuk pemula. Anda akan memasukkan beberapa kata kunci, Google akan menyarankan lebih banyak kata kunci yang sangat membantu, namun hal berikutnya yang Anda tahu telah menghabiskan $ 150 dalam satu hari tanpa penjualan atau prospek meningkat.

Penelitian Kata Kunci Anda

Penelitian kata kunci menyeluruh sangat penting bagi keberhasilan periklanan AdWords Anda – jika Anda berfokus pada kata kunci yang salah, Anda hampir yakin bahwa iklan Anda tidak akan menguntungkan. Mulailah dengan situs web Anda untuk membuat daftar kata kunci yang relevan, cari kata-kata utama yang menggambarkan apa yang Anda lakukan, produk dan layanan Anda. Sejajarkan struktur akun AdWords Anda dengan situs web Anda.

Gunakan Google Keyword Tool

Setelah mendapatkan daftar kata kunci, Anda dapat menggunakan Google Keyword Tool untuk menemukan kata dan frasa terkait untuk daftar lengkap kata kunci yang mungkin. Orang mungkin menggunakan kata atau frasa yang berbeda saat mencari produk atau layanan Anda.

Alat ini kemudian akan menunjukkan kepada Anda volume pencarian rata-rata per kata kunci (tidak ada gunanya menawar kata kunci yang tidak dicari orang) dan biaya per klik rata-rata sehingga Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang anggaran yang dibutuhkan dan apa yang Anda mampu.

Dari pengalaman saya, biaya per klik terendah yang pernah saya lihat adalah sekitar $ 0.80c dan yang tertinggi adalah $ 16. Jadi, pilihlah dengan bijak. Pilih kata kunci umum dan spesifik, dan kelompokkan kata kunci yang serupa ke dalam grup iklan (ditujukan untuk 5-20 kata kunci per grup iklan).

Pilih Jenis Pencocokan Kata Kunci

Ini adalah jebakan lain bagi pemula. Setelan bawaan Google adalah ‘pencocokan luas’, yang memungkinkan Anda mencapai jumlah orang terbanyak, namun memberikan kontrol paling kecil saat iklan ditampilkan.

Misalnya, jika saya adalah pelatih pribadi dan saya menawar ‘pelatihan pribadi’ untuk menarik klien baru yang menggunakan pencocokan luas, iklan saya akan ditunjukkan kepada orang-orang yang juga mencari ‘kursus pelatihan pribadi’, ‘sertifikasi pelatihan pribadi’ dan ‘pelatihan pribadi gaji.’ Jelas, tidak satu pun dari orang-orang ini ingin menyewa pelatih pribadi. Saya akan menerima banyak klik yang tidak relevan yang menghabiskan anggaran saya, atau tidak ada klik, yang sama buruknya karena Google akan menghukum saya dengan skor berkualitas rendah dan saya harus membayar lebih.

Intinya, semakin tinggi Skor Kualitas Anda (dalam skala 1 sampai 10), semakin sedikit Anda harus membayar per klik. Relevansi adalah kuncinya. Kata kunci baru akan diberikan skor kualitas dalam waktu sekitar satu hari.

Pilihan Jenis Pencocokan Kata Kunci

Pencocokan Luas: Penelusuran seluas mungkin yang mencakup sejumlah kata kunci yang mungkin tidak relevan dengan bisnis Anda sama sekali mis. ‘Topi wanita’ bisa mencocokkan pencarian untuk ‘beli topi wanita’.

Pencocokan Frasa: Pilihan yang lebih bertarget yang akan cocok dengan orang yang menelusuri kata kunci yang Anda tentukan mis. ‘Topi wanita’ bisa mencocokkan pencarian untuk ‘membeli topi wanita’.

Pencocokan Tepat: Opsi yang paling bertarget yang akan cocok dengan orang yang menelusuri kata kunci Anda, sama seperti Anda mengetiknya mis. ‘Topi wanita’ hanya bisa mencocokkan pencarian untuk ‘topi wanita’.

Pencocokan Negatif: Menggunakan kata kunci negatif dapat mengurangi klik terbuang dengan mengecualikan kata kunci yang tidak terkait dengan bisnis Anda mis. Jika Anda menjual kacamata baca dan menggunakan ‘kacamata’ sebagai kata kunci Anda, iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang juga mencari ‘gelas anggur’, menambahkan ‘anggur’ sebagai kata kunci negatif akan menghilangkan masalah ini.

Jenis Kampanye

Penting untuk memahami perbedaan karena fungsinya sangat berbeda.

Hanya Jaringan Penelusuran: Targetkan orang-orang yang secara aktif mencari produk atau layanan Anda. Ini dianjurkan untuk pemula.

Hanya Display Network: Menargetkan orang yang menjelajahi situs web yang berisi konten yang terkait dengan produk atau layanan Anda. Dari pengalaman saya, ini efektif untuk kampanye jangka pendek untuk promosi tertentu mis. Iklan toko hewan peliharaan online untuk pengiriman gratis selama 7 hari berikutnya dapat muncul di samping artikel tentang bagaimana mengelola agresi pada anak anjing.

Jaringan Penelusuran & Display Network: Merupakan kombinasi dari keduanya, secara pribadi saya lebih memilih agar kampanye tidak terpisah untuk pemantauan kinerja yang lebih efektif.

Belanja: Merupakan keharusan jika Anda menjual produk secara online dan memerlukan pembuatan akun Google Merchant dan beberapa set-up untuk membuat umpan produk. Hal ini memungkinkan produk Anda tampil secara visual dengan hasil pencarian teks.

Menulis Iklan Anda

Jelaskan mengapa calon pelanggan harus membeli produk Anda atau menggunakan layanan Anda alih-alih pesaing. Sertakan kata kunci Anda sehingga menarik perhatian. Batas karakternya sangat ketat, tapi usahakan yang terbaik untuk membedakan diri dari iklan lain.

Google memiliki pedoman periklanan yang ketat untuk memastikan iklan berkualitas baik, namun saya telah melihat tata bahasa yang cerdik. ‘Saya akan memberi Anda saran terbaik’, akan menghalangi orang-orang yang mengetahui perbedaan antara nasihat dan saran.

Ajakan bertindak juga penting bagi calon pelanggan untuk memahami tindakan yang Anda inginkan dan untuk menyaring orang-orang yang belum siap untuk melakukan tindakan yang diinginkan, mis. Beli sekarang, telepon hari ini, minta penawaran, pelajari lebih lanjut, telusuri sekarang.

Laman yang Anda tautkan ke situs web Anda juga penting, buat halaman ubahsuaian jika perlu untuk mencocokkan iklan Anda. Jika iklan Anda mempromosikan 20% pemanggang roti, pastikan iklan Anda mengarah ke kategori toaster dengan spanduk yang menonjolkan diskon 20%. Permudah orang untuk mengambil tindakan yang Anda janjikan di iklan Anda.

Tautkan ke Google Analytics untuk Pelacakan Konversi

Akses ke analytics sangat penting untuk mengelola AdWords Anda secara efisien – tanpa itu tidak ada cara untuk mengetahui apakah Anda mencapai tujuan Anda, atau kampanye, grup iklan dan kata kunci mana yang berhasil dan mana yang tidak. Saat membuat akun Google Analytics, Anda harus menambahkan kode pelacakan singkat ke situs web Anda dan kemudian Anda dapat menautkan akunnya bersama-sama.

Pelacakan konversi menyediakan data penting yang berkaitan dengan apa yang dilakukan seseorang setelah mengeklik iklan Anda. Apakah mereka membeli, mengajukan pertanyaan, mengunduh aplikasi Anda? Informasi ini membantu Anda menentukan keberhasilan Anda.

AdWords bukan platform “set and forget”, dan perlu dipantau dan dikelola dengan hati-hati, terutama saat Anda memulai pertama kali.

Biasanya, saya sarankan untuk menjalankan AdWords setidaknya selama 2 bulan dan berkomitmen untuk memantau setiap minggu untuk menentukan apakah bisnis Anda sesuai dengan keinginan Anda. Anda butuh waktu untuk memberikan kesempatan terbaik untuk sukses.

Tempat untuk belajar lebih banyak

Saya tidak dapat menutup segala hal tentang AdWords. Saya menghabiskan 3 minggu mempelajari pekerjaan penuh waktu saya untuk ujian sertifikasi Google AdWords Fundamental, Google Penelusuran dan Google Display untuk memastikan pengetahuan saya paling mutakhir.

Sebaiknya Anda setidaknya membaca panduan belajar Dasar-Dasar Google AdWords untuk lebih memahami penataan akun, strategi penawaran, skor kualitas, penargetan lokasi.

Setelah Anda mengaktifkan iklan Anda, saya sarankan untuk memeriksa kemajuan setiap hari selama minggu pertama untuk mendapatkan pemahaman tentang seberapa cepat anggaran Anda dikeluarkan dan tingkat bouncing untuk kata kunci Anda. Angka pentalan tinggi umumnya menunjukkan bahwa laman web Anda tidak relevan dengan penelusuran, coba sesuaikan kata kunci, jenis pencocokan atau jeda saja.



Share this

Leave a reply