11 Jan

Cara membuat radio streaming – cara membuat radio online

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Bagaimana Cara Membuat Radio Streaming Sendiri langsung Online

 

Semakin banyaknya pengguna internet juga mendorong banyaknya website yang menyediakan layanan berbagai macam. Saat ini anda bisa menjumpai dari mulai website sosial media besar hingga komunitas kecil dan khusus. Juga berbagai macam website yang menyediakan game online dan sebagainya. Salah satu yang cukup terkenal, adalah website radio streaming online.

Apabila dahulu kita mendengarkan radio, maka kita akan benar-benar mempergunakan radio atau radio dari hp. Namun saat ini, banyak yang mempergunakan radio secara online. Ini karena radio online streaming tidak terbatas jangkauan wilayahnya. Radio straming online bisa diakses dari semua tempat yang menyediakan layanan internet yang cukup kecepatannya.

Ada kesenangan tertentu bagi penulis mendengarkan radio dari luar daerah dan mendengarkan berita daerah tersebut. Nah, untuk anda yang tertarik memiliki radio streaming online sendiri, ini adalah tutorial untuk membuat streaming radio online sendiri. Dengan meluangkan waktu 1 jam utak-atik, semoga radio streaming anda segera bisa online.

  1. Anda memerlukan aplikasi winamp dari nullsoft yang bisa didownload melalui http://www.winamp.com/.
  2. Anda juga memerlukan aplikasi Shoutcast DSP plugin yang bisa diunduh dari http://download.nullsoft.com/shoutcast/tools/shoutcast-dsp-2-3-2-windows.exe.

http://download.nullsoft.com/shoutcast/tools/sc_serv2_win32_07_31_2011.exe

Kedua software tersebut mesti terinstal dio komputer anda.

  1. Anda memerlukan koleksi lagu dan materi siaran dalam bentuk MP3.
  2. Mendaftar ke www.listen2myradio.com dan dan pilih “sing up for free.” kemudian isi data anda.
  3. Konfirmasi pendaftaran anada melalui email. kemudian login. email yang anda daftarkan menjadi username dan passord bisa anda pilih.
  4. Jika keluar halaman untuk install program radio online anda, klik install.
  5. Anda perlu membuat 2 password. Yang pertama adalah broadcaster passowrd untuk pengaturan winamp saat siaran dan juga admin passordw.
  6. Kemudian anda perlu membuat URL radio anda. Ini yang penting karena anda perlu membuat yang mudah diingat. Nama akhirnya akan menjadi seperti merapihosting.listen2myradio.com, kemudian klik tombol untuk install.
  7. Kemudian lakukan proses seperti panduan di website tersebut.
  8. Untuk server, anda perlu memilih yang paling bagus sekalian, pilih server UK.
  9. IP address dan port yang ada perlu dicatat secara detail. hal ini sangat penting untuk setting selanjutnya. Jika anda sudah melihat tulisan “stream is on” berwarna hijau, maka radio anda sudah siap mengudara.
  10. jika anda telah menginstal ketiga software diatas, anda perlu mengaktifkan winamp sehingga jendela Nullsoft juga keluar. Jendela ini mungkin tertutup jendela winamp sehingga bila jendela Nullsoft tidak terlihat, anda perlu mengecilkan jendela winamp atau menggesernya.
  11. pada jendela Nullsoft, pilih tab Output dan pilih salah satu output yang ada. Untuk Tab connection, masukkan data alamat IP dan port yang ada tadi. Lalu masukkan broadcaster username dan password anda.
  12. Karen materi kita berupa MP3, maka pada bagian encoder kita pilih MP3 dan centang “auto connect.”
  13. Untuk tab input, pilih winamp jika kita sekedar ingin memutar lagu-lagu yang ada. Atau, pilih “souncard input” jika kita ingin mempergunakan microphone.
  14. Jika setting anda benar, maka jendela status di Nullsoft akan menunjukkan “sent ….bytes.”
  15. jika anda log out dan ingin siaran lagi, anda harus membuka dan login lagi di http://www.listen2myradio.com/ dan klik “Turn on klik here.”

Lalu, masalahnya dimana jika kita ingin online dengan cara ini? tentunya masalah terbesar kita adalah bandwith internet yang kurang mencukupi.

Yang pertama, anda harus mengonlinekan konten anda ke server streaming. Ini membutuhkan bandwith internet dari rumah yang lumayan.

Yang kedua, anda perlu server streaming yang bandwidthnya besar. Ini berguna ketika pendengar mengakses streaming online kita. Untuk itu, jika anda mau serius, belilah server streaming yang baik. Harganya tidak terlalu murah tetapi kita bisa mendapat audience yang lebih banyak daripada yang ditawarkan server streaming gratis.

Seberapa banyak bandwidth yang kita perlukan? nah ini tergantung jumlah audience kita. Untuk http://www.listen2myradio.com/ hanya menyediakan sampai 5000 audience saja.

Untuk jumlah audience yang lebih banyak, anda mesti membeli layanan server khusus radio streaming yang menyediakan unlimited bandwidth.

Ok, itulah cara streaming radio yang bisa dilakukan dengan komputer anda. Dari komputer anda, siaran anda akan dilanjutkan ke server radio dan dari server radio ini (dalam hal ini http://www.listen2myradio.com/) kemudian akan dapat didengarkan oleh pendengar anda.

Kurang? yah, saya yakin sebagian dari anda akan bertanya tentang website yang memiliki siaran radio dari berbagai stasiun radio. Bagaimana membuatnya? Kalau untuk yang ini, masalahnya adalah anda menstreamingkan siaran radio dari stasiun terkenal. Jadi masalahnya adalah apakah stasiun radio yang anda ingin streamingkan itu sudah online atau belum.

Jika sudah, Anda semestinya meminta link untuk streaming radio tersebut dari radio bersangkutan. Ya, jadi dihubungi satu persatu begitu, ini tentunya demi kita bisa menjunjung etika yang baik mengenai hak cipta dan sebagainya. Apakah ada bayarannya? yah, untuk itu saya belum tahu tetapi, minimal disini saya akan menulis tentang cara setting website yang bisa dipergunakan untuk streaming banyak stasiun radio.

  1. Yang pertama, kita harus login ke Radio.co, atau sign up jika belum memiliki account.
  2. Klik Media kemudian pilih Relay
  3. klik add relay kemudian setelah pop up muncul, diisi dengan nama streaming yang anda pilih. Nama ini juga berguna untuk membuat jadwal dikemudian hari.
  4. Tambahkan pada relay”stream URL” yang didukung oleh Radio.co. stream URL ini adalah link streaming milik radio yang ingin anda masukkan di website anda. kemudian test dengan mengklik tombol “Test Connection.”

Klik “create untuk menyimpan relay tersebut

Untuk Radio.co, terdapat kemampuan untuk menjadwalkan kapan streaming tersebut di broadcast. Jadwal ini bisa disetel untuk sekali saja ataupun disetel berulang.

5/5 (2)

Please rate this



Share this

Leave a reply