20 Jan

beberapa macam platform blog

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Panduan Pilihan Platform Bloging Terkenal

 

Jika anda pernah mendengar tentang beberapa macam platform blog, anda mungkin bertanya-tanya apa saja beda diantara masing-masing. Kemudian, manakah yang paling menguntungkan untuk anda gunakan.

Disini kami akan memberikan gambaran mengenai 5 platform blog yang bisa anda pergunakan. Kelimanya masing-masing memiliki layanan blog gratis jika anda hanya ingin mencoba terlebih dahulu. Jika telah anda coba, anda bisa membandingkan mana yang paling cocok untuk keperluan anda.

5 platform blog tadi sebenarnya tidak semuanya cocok jika anda hanya ingin menulis blog saja. Jika anda memiliki keperluan lain, maka kelima platform tadi menyediakan platform blog juga sebagai bagian dari platform mereka.

  1. com

WordPress.com adalah layanan blogging dari wordpress yang menyediakan hosting gratis dan subdomain gratis juga. Platform ini cocok apabila anda baru mulai mencoba untuk membuat blog. Platform ini sangat mudah dipergunakan dan bisa bertahan bertahun-tahun selama kita tidak melanggar peraturan wordpress.com. Atau, platform kita bisa bertahan bertahan lama online selama wordpress masih ada.

Karena wordpress sebagai CMS (Content Management Sustem) dipergunakan lebih dari 30% blog dan website yang ada di dunia, maka kita bisa berharap bahwa platform ini akan bertahan lama.

Untuk wordpress.com, tersedia juga plan bisnis dan plan bagi enterprise. Plan tersebut tentunya berbayar namun anda juga bisa dengan mudah memindahkan website anda ke server hosting anda sendiri jika diperlukan.

Bagi anda yang hanya perlu untuk sekedar menulis blog saja, platform ini lebih cocok untuk anda pergunakan.

Kerugiannya, anda tidak bisa memakai plugin dan mengunggah theme sendiri. Jadi, untuk tampilan dan fungsionalitas, anda akan banyak tergantung kepada wordpress.com meskipun pilihan theme juga sangat banyak.

  1. org

Ini adalah platform blog dengan hosting dan domain berbayar. Dengan memakai wordpress.org sebenarnya anda hanya mempergunakan Content Management System(CMS) saja. CMS wordpress ini bisa anda unduh langsung ke server anda dari website wordpress.org atau bisa anda unduh ke komputer anda terlebih dahulu. Keuntungan mengunduh langsung CMS ini dari wordpress.org ke server adalah menghindari virus. Virus ini mungkin ada di komputer anda dan menginfeksi file CMS anda. Dan jika diunggah ke server sebagai website, akan menyebabkan website atau blog anda ikut terinfeksi virus.

Mrnggunakan platform wordpress.org akan memberikan anda fasilitas yang jauh lebih banyak daripada yang bisa anda dapatkan dari wordpress.com.

Anda bisa menginstal theme custom, memasang plugin dan juga memasang iklan anda sendiri.  Di wordpress.com, iklan yang ada adalah iklan milik wordpress.com yang muncul juga di blog anda.

  1. Blogger dan blogspot

Blogger.com dan blogspot.com keduanya adalah milik google. Keduanya mungkin sepintas sama seperti wordpress.org dan wordpress.com yang biasa disebut wordpress saja. Tetapi, sebenarnya keduanya berbeda dan perbedaannya tidak seperti wordpress.org dan wordpress.com

Untuk blogger, ini adalah platform blogging gratis milik google. Jika anda mengetahui beda hosting dan domain, maka blogger adalah hostingnya. Blogger ini yang menampung data blog kita termasuk gambar, tulisan dan sebagainya. Blogspot adalah nama domain yang dipergunakan google untuk hosting atau platform blogger ini.

Blogspot adalah nama domain utama (Top Level Domain) yang digunakan untuk platform blogger.

Jika kita membuat blog di blogger, maka kita akan secara otomatis mendapat domain yang berupa subdomain dari blogspot. Bentuknya tentu saja adalah: namadomainanda.blogspot.com.

Blogger adalah platform yang bisa dengan mudah kita pakai seperti memakai facebook. Platform ini jauh lebih sederhana dibandingkan dengan wordpress dan karenanya cocok bagi anda yang hanya sekedar ingin menulis. Fleksibilitas yang ada pada blogger tentunya terbatas. Anda hanya bisa mengganti kode html yang sebenarnya cuma sekedar mengubah tampilan luar saja. Bagi anda yang suka coding, tidak ada kesempatan mengubah “core” platform blogger.

Tetapi, untuk soal rangking di halaman hasil pencarian Google (SERP), hasil yang bisa dihasulkan platform blogger ini tidak selalu jelek juga. Penulis cukup sering melihat halaman blog platform blogger mencapai rangking atas di SERP juga.

 

  1. Wix

Ini sebenarnya adalah platform website dengan Interface drag & drop yang mudah digunakan. Bagi yang suka menulis blog, anda bisa mendapatkan halaman blog juga sekaligus halaman muka yang terlihat profesional dan sangat mudah di custom. Untuk anda yang bergerak di industri kreatif, platform ini cocok karena dari awalnya sudah diciptakan untuk platform website kreatif.

Kerugiannya barangkali bahwa anda akan cukup sulit memindahkan blog dari Wix ke server anda sendiri karena Wix memang sengaja tidak mengijinkan proses tersebut sejak awal.

 

  1. Squarespace

Platform ini menyediakan fleksibilitas yang tinggi juga seperti halnya wordpress. Anda bisa mempergunakan berbagai macam desain yang sudah tersedia dengan tampilan yang menarik. Anda bisa mendapatkan dan membangun blog sesuai keperluan anda. Anda bisa memulai ecommerce, membuat blog biasa hingga meluncurkan portfolio. Platform ini fleksibel dan cukup mudah juga digunakan.

Untuk pilihan berlangganan tersedia dari mulai harga 12 USD untuk personal hingga 18 USD bagi bisnis per bulan jika dibayarkan pertahun. Untuk pembayaran perbulan, dikenakan 16 USD bagi personal.

Untuk harga tersebut, anda sudah mendapatkan hosting unlimited yang berbasis cloud dan nama domain sendiri. Disini, anda juga akan langsung mendapatkan SSL yang memungkinkan konsumen anda mengirim data pribadi secara aman.

Kekurangannya, anda tidak bisa mendownload platform squarespace seperti halnya wordpress.org dan menempatkannya di hosting anda sendiri.

Memang ada pilihan untuk mengeksport data, namun tidak dengan platformnya.

Jadi, banyak pilihan bagi kita untuk membangun blog sendiri, dari mulai yang paling dasar hingga yang langsung mendapat hosting cloud tatapi berbayar.

Please rate this



Share this

Leave a reply