19 Apr

Arti Istilah gambar pada Jpeg, Gif, dan PNG

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Saat anda mendownload sebuah gambar pada google mungkin anda akan menemukan dan membaca istilah GIF, PNG, BMP dan JPEG atau saat anda menyimpan gambar pada computer anda maka anda akan di tawari apakah anda akan menyimpan dalam bentuk default yang biasanya berupa JPEG atau anda akan menggunakan ekstensi lain seperti BMP, GIP atau PNG. Namun masalahnya sekarang apakah anda memahami semuah istilah ekstensi untuk gambar tersebut. Untuk itu mari kita bahas satu persatu.

  • Ekstensi JPEG/JPG

Ekstensi jpeg/JPG adalah kepanjangan dari joint photographic expert. Para profesional photograper biasanya menggunakan ini dalam menyimpan gambar hasil jepretan mereka. Kelebihan jpg adalah dia dapat mengkompresi gambar dengan cara mengurangi komponen dan bagian dari gambar kan tetapi kelebihan jpeg juga merupakan kekurangannya juga karena kompresi tersebut bersifat permanen. Jpeg cocok di gunakan untuk gambar-gambar yang memiliki banyak warna dan gradasi warna yang pelahan dan tipis.

Namun apapun kelebihan dan kekurangan jpeg faktanya jpeg paling banyak di gunakan orang dalam menyimpan gambar-gambar mereka. Baik itu didalam sebuah website atau hanya dalam bentuk sebuah file dalam sebuah komputer biasa.

  • Ekstensi GIF

Selanjutnya adalah ektensi GIF saya kira anda sudah mendengar istilah GIF ini tpi taukah anda artinya atau paling tidak kepanjangan dari GIF ini?. GIF adalah sebuah singkatan dari Graphic Interchange format ya hampir sama seperti jpeg namun hak patennya sempat sempat dipermasalahkan karena diduga tekhnologi yang di gunakan menjiplak dari Jpeg. Namun akhirnya bisa diselesaikan. Gif juga termasuk nbanyak digunakan terutama bagi mereka yang biasa ngutak-ngatik Website.

Gif sejatinya adalah berupa gambar dengan 8-bit warna, oleh karena itu gif  dibatasi oleh palet sebanyak 256 jenis warna, yang dapat dipilih dari model RGB dan disimpan ke Color Look Up Tablet (CLUT), artinya “Color Table“ Gif itu aslinya adalah palet warna standar, seperti palet “Web Safe“.

  • Ekstensi PNG

Yang berikutnya adalah ekstensi PNG atau kepanjangan dari Potable network grafic secara tekhnis PNG adalah gabungan dari Jpeg dan GIF. PNG memiliki keindahan dan kualitas gambar yang tidak bisa dimiliki oleh jpeg dan gif. Selain itu gambar dengan ekstensi PNG sangat ramah dengan browser apapun. Namun karena ukurannya selalu besar browser tidak bisa menampilkan terlalu lama gambar ekstensi PNG ini.

PNG sangat cocok untuk gambar anda yang memiliki warna banyak dan juga cocok untuk gambar yang akan anda edit ulang. PNG tidak cocok untuk gambar yang apabila di kompresi dengan jpeg nyaris tidak terlihat penurunan warna gambarnya.

Nah sekarang anda sudah mengetahui fungsi-fungsi dari ketiga ekstensi gambar tersebut. Paling tidak anda bisa menyebutkan kepanjangan dari istilah eksetensi gambar di atas.

Please rate this


  • arti GIF
  • arti png
  • arti jpg
  • arti gambar gif
  • GIF CIUMAN DAN ARTI GAMBAR
  • jpg adalah
  • gif adalah
  • arti dan fungsi jpeg
  • apa itu gif
  • arti dari jpg

Share this

Leave a reply