18 Jan

Apakah CDN itu dan Gunanya Bagi Website Kita

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Apakah CDN dan Gunanya Bagi Website Kita

 

Apakah yang dimaksud dengan CDN dan apa gunanya bagi website kita? Mungkin ini pertanyaan yang kita ajukan saat mendengar tentang CDN untuk pertama kalinya.

CDN adalah kependekan dari Content Delivery Network. Ini adalah network dari server-server yang terpisah secara geografis yang mengirimkan cached content berdasar lokasi pengunjung, berdasar lokasi asal konten statis dan lokasi server sendiri.

Prinsip kerjanya adalah, Jika seorang pengunjung mengunjungi website kita, makas dia akan diarahkan ke server kita, misal di merapihosting.com. Jika jumlah pengunjung yang datang sangat banyak, maka server bisa menjadi overload dan terjadi gangguan. CDN adalah jaringan dari netword server yang terletak berjauhan diberbagai tempat di dunia. Jika kita mempergunakan CDN ini, maka pengunjung kita akan dilayani oleh server yang terdekat dengan lokasi pengunjung tadi oleh jaringan server yang ada. Caranya, masing-masing menggunakan cached konten dan data kita untuk ditampilkan pada pengunjung yang datang.

Karena konten kite sudah disimpan di cache, maka tidak ada keperluan untuk melihat atau membuka server aslinya lagi. Jadi, kecepatan sambungan internet akan meningkat tajam. Terutama karena masalah jarak yang menjadi dekat dan beban yang dibagi pada banyak server.

Misalnya, jika pengunjung anda datang dari Durham, maka dia mungkin dilayani oleh server yang ada di kota London. Jika server anda terletak di amerika sekalipun, tidak ada keperluan untuk mendatangkan pengunjung itu langsung ke server anda di Amerika. Dengan server yang berada di kota London, maka pengunjung tadi dapat membuka website anda lebih cepat dan server andapun tidak akan mendapat beban apapun.

Jadi, semakin dekat server CDN kita, semakin cepat seorang pengunjung dapat membuka website kita.

 

Pada gambar diatas, ilustrasi CDN digambarkan pada gambar sebelah kanan.

Lalu, apa gunanya server CDN untuk kita? Dengan penjelasan diatas, CDN akan banyak berfungsi sebagai berikut:

  1. Lebih cepat

Dengan layanan CDN maka website kita akan menjadi jauh lebih cepat karena konten kita jika diakses oleh mereka yang jaraknya jauh, akan dilayani oleh server yang paling dekat juga dengan pengakses.

  1. Kemungkinan Crash kecil. Karena beban pengunjung terbagi pada banyak server, maka kemungkinan server crash menjadi jauh lebih kecil.
  2. Meningkatkan user experience

Website yang cepat dibuka akan menyebabkan pengunjung lebih nyaman untuk mengunjunginya. Hal ini mungkin bisa mengurangi “bounce rate” yang terjadi pada website kita dan memperpanjang lama kunjungan pengunjung kita.

  1. Menaikkan ranking SEO

Dengan situs yang cepat, maka rangking SEO akan naik. Ini telah dinyatakan sendiri oleh google bahwa situs webstite yang cepat cenderung memiliki rangking lebih baik.

  1. Lebih aman dari serangan hacker

Bisa menggambarkan sendiri tentunya kan? Jika hacker hanya mengakses versi cache dari website kita, maka akan lebih sulit untuk membobol keamanan yang ada di website kita juga. Fitur keamanan ini lebih khusus mengamankan kita dari serangan DDOS. Serangan ini yang dalam berbagai bentuknya berusaha menghabiskan sumberdaya server kita sehingga tidak bisa diakses.

Jika anda menginginkan server CDN, apa yang perlu anda lakukan? Ya, tentunya membeli. Namun berapa harganya? Soal harga memang jauh lebih mahal daripada harga server biasa dan bahkan server dedicated (DS).

Jika pengunjung anda memang banyak dan website anda betul-betul menguntungkan, anda bisa mencoba CDN ini. Namun apabila trafik website kita masih biasa-biasa saja, kita juga masih baik-baik saja mempergunakan server biasa.

Please rate this



Share this

Leave a reply