14 Nov

Apa itu PHP?

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Pastinya anda tidak asing lagi dengan PHP (Hypertext Preprocessor), merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan diproses di server dan hasilnyalah dikirim kepada klien tempat pemakai menggunakan browser. Begitulah sedikit pengertian mengenai PHP. Secara khusus PHP dirancang untuk membentuk aplikasi web dinamis, yang lebih flexibel karena dia dapat memenuhi permintaan tampilan terkini, misalnya anda menampilkan isi data base ke halaman web. Sebenarnya pada prinsipnya dia mempunyai fungsi yang sama dengan skrip-skrip seperti ASP(Active Server Page), Cold Fusion ataupun Perl. Namun perlu diketahui bahwa PHP sebenarnya bisa dipakai secara command line, artinya dapat dijalankan tanpa melibatkan webserver maupun browser.

Menilik dari kemunculan PHP oleh Rasmus Lerdorf yang mencoba membuat sejumlah skrip Perl yang dapat mengamati siapa saja yang melihat-lihat daftar riwayat hidupnya, pada tahun 1994. Selanjutnya berkembang skrip-skrip tadi dikemas menjadi tool yang disebut Personal Home Page, paket inilah yang nantinya jadi cikal bakal PHP. Tahun 1995, Rasmus membuat  PHP/FI versi 2, kemudian pada versi inilah pemrograman dapat menempel kode terstruktur didalam tag HTML, yang lebih menarik lagi kode PHP dapat dikomunikasikan dengan database dan melakukan perhitungan-perhitungan yang cukup komplek dengan berjalanya waktu.

Saat ini PHP cukup populer sebagai piranti pemrograman web, terutama di lingkungan Linux,walaupun demekian PHP sebenarny7a juga dapat berfungsi pada server-server yang berbasis UNIX, Windows dan Macintosh. Pada awalnya sebenarnya PHP dirancang untuk diintegrasikan dengan web server Apache. Namun belakangan PHP juga dapat bekerja dengan web server seperti PWS(Personal Web Server), Xitami, IIS (Internet Information Server).

Hebatnya lagi penggunaan PHP tidak harus memakai kekususan untuk menjalankannya, cukup dengan komputer biasa tanpa hharus memakai komputer canggih server. Dan anda juga jangan takut untuk dikenai biaya karena untuk menggunakanya tanpa harus membayar alias free.

Please rate this



Share this