25 Jan

Alasan untuk Tidak Memakai Website Gratisan / Free Website

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

 

 

Panduan untuk Free Website – 30+ Alasan untuk Tidak Memakai Free Website

 

Untuk anda yang ingin serius memiliki website, anda sebaiknya tidak memulai website anda dengan free website / website gratis karena beberapa alasan. Anda bisa saja mendaftar dan coba-coba free website yang ada untuk belajar. Semua pemilik website pasti pernah melewati fase ini. Tetapi, untuk keperluan serius, perlakukanlah bisnis anda dengan serius juga termasuk website anda.

Karena semua yang terlihat gratis didepan tadi, mungkin bisa merugikan kita dikemudian hari. Untuk kebaikan anda sendiri, gunakan website di hosting berbayar dan Domain berbayar juga untuk menjaga merk anda.

Jika anda mulai mengecek di google, layanan website free atau gratis ini banyak ditemukan. Tetapi, apabila kita kunjungi link yang ada, maka akan anda temukan bahwa kata “gratis” tadi adalah bagian dari marketing saja. Atau, layanan yang ada sangat terbatas kapasitasnya dan sulit pula dipindahkan atau migrasi ke server berbayar.

Kita juga mungkin akan menemukan layanan gratis yang hanya berlangsung beberapa bulan saja.

Jika ada website atau blog gratis yang berhasil, ini karena pemiliknya yang sangat kompeten. Misal, seorang dokter yang membagikan tips kesehatan atau tanya jawab kesehatan di Blogger. Untuk anda yang level kompetensinya tidak sebagus ini, orang masih akan sangat mempertimbangkan website anda gratis atau tidak gratis untuk bisa mempercayai anda.

Tetapi, siapapun anda, ada banyak sebenarnya batasan untuk kita jadikan alasan untuk tidak memakai free website atau blog gratis, diantaranya adalah:

  1. Biasanya lambat dan bisa jadi sangat lambat
  2. Alamat website dengan subdomain yang tidak meyakinkan
  3. Jangka waktu gratis terbatas
  4. Biaya tersembunyi untuk website gratis
  5. Penyedia layanan bisa mengunci anda sewaktu-waktu, termasuk semua data anda
  6. Iklan penyedia web gratis di halaman anda
  7. Bisa mem-banned akun anda sewaktu-waktu
  8. Ada perusahaan gratis yang bisa tutup sewaktu-waktu
  9. Anda akan kehilangan alamat website anda
  10. Penyedia layanan gratis bisa menjual data anda
  11. Tidak ada fasilitas untuk membangun website yang memadai
  12. Instalasi CMS yang terbatas atau tidak ada sama sekali
  13. Malware
  14. Bisa menjadi bagian dari “Link Farm”
  15. Bandwidth terbatas
  16. Space server kecil
  17. Rawan terhadap serangan hacker
  18. Ada yang menawarkan hanya beberapa halaman HTML statis
  19. Pilihan desain dan fungsi terbatas
  20. Tanpa customer support
  21. Tidak bisa dipasang iklan
  22. Tanpa backup data
  23. Pada beberapa layanan sulit untuk menghapus website yang sudah dibuat
  24. Tanpa statistik atau analityc memadai
  25. Ada email penawaran yang bermacam-macam
  26. Tanpa dukungan atau support untuk perangkat mobile
  27. Email tanpa merk anda
  28. Banyak yang tidak memiliki contact form yang baik atau email tidak bisa diforward ke email utama anda
  29. Upload file terbatas
  30. Tidak bisa seting redirect
  31. Membatasi pertumbuhan website anda

Untuk daftar diatas, kita bahas satu- persatu.

  1. Biasanya lambat dan bisa jadi sangat lambat

Untuk layanan website free kecepatannya selalu, jika boleh dikatakan, selalu lebih lambat daripada rata-rata yang berbayar. Untuk layanan terternu, bisa jadi akan menjadi sangat lambat yang menyebabkan pengunjung batal berkunjung karena bosan menunggu.

Setiap yang ada di dunia ini, pada prinsipnya memerlukan uang supaya operasionalnya berjalan. Memberikan layanan gratis 100% tentunya biayanya sangat besar. Karena itu, perusahaan semacam itu biasanya memiliki layanan berbayar lain dan layanan gratisnya kurang berkualitas.

  1. Alamat website dengan subdomain yang tidak meyakinkan

Jika kita berkunjung di website gratis yang berupa toko online, maka kita mulai berfikir bahwa toko semacam itu mudah dibuat dan pemiliknya tidak jelas. Jadi, kemungkinan kita tidak jadi membeli dari toko tersebut meskipun kita menginginkan apa yang dijual. Inilah kerugian yang sebaiknya tidak usah kita coba sendiri.

  1. Jangka waktu gratis terbatas

Ada beberapa perusahaan yang meberikan layanan gratis hanya untuk 3 bulan. Ada juga yang menyebutkan dengan “Trial”. Namun, pada akhirnya kita membayar juga.

  1. Biaya tersembunyi untuk website gratis

Perusahaan penyedia layanan gratis ini juga membutuhkan uang, jadi nantinya akan ada layanan berbayar untuk hosting gambar, akses FTP atau transfer website. Jika kita salah pilih, maka biaya lain ini bisa sangat tinggi.

  1. Penyedia layanan bisa mengunci anda sewaktu-waktu, termasuk semua data anda

Jika anda mulai dengan yang gratis, suatu saat mungkin website anda besar dan anda ingin pindah ke yang berbayar. Masalahnya, ada penyedia layanan yang sejak awal tidak menginginkan anda migrasi ke hosting anda. Jadi, anda tidak diberikan tools apapun untuk keperluan tersebut. Jadi, anda harus melakukannya sendiri, manual jika anda tidak tahu caranya, atau membayar orang lain.

Untuk penyedia layanan gratis yang terhitung besar, soal migrasi dan semacamnya suda ada pada TOS mereka. Usahakan anda baca dahulu TOS mereka sebelum memutuskan memakai jasa gratis mereka.

  1. Iklan penyedia web gratis di halaman anda

Untuk layanan gratis, yang termudah bagi mereka adalah memasang iklan di halaman anda untuk mendapatkan uang selain beberapa cara lain. Iklan ini bisa relevan atau tidak samasekali dengan konten anda.

  1. Bisa mem-banned akun anda sewaktu-waktu

Jika anda dianggap melanggar peraturan mereka, anda bisa di-banned sewaktu-waktu. Yang agak susah, website andapun datanya bisa ikut hilang.

  1. Ada perusahaan gratis yang bisa tutup sewaktu-waktu

Perusahaan semacam ini, khususnya yang kurang terkenal bisa tutup sewaktu-waktu dan anda bisa kehilangan website dan data anda. Susahnya, saat anda mendaftar, ada TOS yang menyatakan bahwa kehilangan semacam ini tidak bisa diklaim.

  1. Anda akan kehilangan alamat website anda

Jika website anda hilang, alamat website anda juga ikut hilang bersama semua pengunjung anda.

  1. Penyedia layanan gratis bisa menjual data anda

Penyedia jasa hosting website gratis biasanya akan menjual data pelanggan mereka untuk mendapat biaya bagi service mereka.

  1. Tidak ada fasilitas untuk membangun website yang memadai

Hingga hari ini, tools yang tersedia untuk layanan gratis terbatas hanya pada seting tampilan website dan beberapa fungsi di “front end” saja.  Jadi, anda hanya maksimal bisa mengganti warna, mengganti theme dan menambah beberapa fungsi seperti galery gambar. Inipun berlaku hanya untuk sedikit website gratis. Jika anda ingin memiliki fungsi berbeda dari yang sudah ada, maka tidak ada tempat bagi anda untuk menambahkannya.

  1. Instalasi CMS yang terbatas atau tidak ada sama sekali

Tidak memungkinkan bagi kita menginstall wordpress atau jomlaa misalnya. Ini karena keperluan untuk wordpress atau jomlaa lebih besar daripada yang bisa disediakan yang gratis. Jika ada yang menyediakan instalasi CMS, maka akan sangat terbatas fungsinya.

  1. Malware

Website gratis banyak yang terkenal sebagai tempat yang banyak diinfeksi malware. Ini bisa jadi karena keamanan yang mereka miliki tidak bagus. Jika menulari website anda, maka rangking SEO anda akan jatuh.

  1. Bisa menjadi bagian dari “Link Farm”

Ada saja penyedia layanan website gratis yang menjual link dari halaman anda ke beberapa website judi dan sebagainya.

  1. Bandwidth terbatas

Untuk penyedia website gratis, biasanya selain space yang terbatas, juga memiliki bandwidth terbatas. Jadi, anda tidak akan pernah benar-benar mendapatkan pengunjung dalam jumlah memadai.

  1. Space server kecil

Space server yang disediakan untuk data biasanya kecil dan terbatas. Ini karena tentunya layanan tersebut gratis. Jika layanan blog gratis tadi cukup besar, maka anda bisa mendapatkan juga yang memiliki space agak masuk akal meskipun batasan lain juga biasanya berlaku.

  1. Rawan terhadap serangan hacker

Jika anda hanya bisa mengupload posting saja untuk web gratis ini, maka soal keamanan yang ada tidak bisa anda harapkan. Anda tidak akan punya jalan untuk mengakses Cpanel misalnya. Sehingga, sekali kena serangan hacker, bisa berarti tamat juga website anda.

  1. Ada yang menawarkan hanya beberapa halaman HTML statis

Ada penyedial web free yang hanya menyediakan space untuk beberapa halaman HTMl statis saja. Yang seperti ini tentunya hanya bermanfaat untuk belajar dasar html saja.

  1. Pilihan desain dan fungsi terbatas

Kita biasanya hanya bisa mengakses bagian seting website atau blog saja. Kita tidak punya peluang mengedit atau menambahkan plugin yang bermacam-macam. Untuk wix, terdapat plugin untuk menambah fungsinya namun kita akan sulit juga menambah buatan pihak ketiga jika memerlukannya. Plugin pihak ketiga ini mungkin kita perlukan jika kita membutuhkan fungsi khusus yang hanya bisa dipenuhi jika kita membuat plugin khusus ke developer.

  1. Tanpa customer support

Untuk layanan gratis apapun, sampai hari ini masih sangat mahal untuk bisa memberikan customer support. Ini berlaku dari google hingga layanan web gratis dari perusahaan yang lebih kecil.

  1. Tidak bisa dipasang iklan

Web atau blog gratis tidak bisa digunakan untuk iklan adsense ataupun affiliate marketing. Hal ini tentunya anda jadikan pertimbangan jika anda berniat mencari uang dari internet.

  1. Tanpa backup data

Layanan gratis website atau blogging wajar jika tidak ada yang menyediakan backup data. Terlebih, jika anda ingin fasilitas khusus seperti backup data untuk data terbaru saja dan ditambahkan ke data lama yang sudah ada tanpa backup semuanya lagi dari awal.

  1. Pada beberapa layanan sulit untuk menghapus website yang sudah dibuat

Jika ternyata layanan gratis anda menjual link atau space iklan ke pihak ketiga, maka mereka bisa membuat halaman website anda sulit dihapus. Padahal, misalnya anda berencana memposting ulang artikel anda di tempat lain. Jika anda tetap lakukan maka website baru anda akan dianggap duplikat oleh google.

  1. Tanpa statistik atau analityc memadai

Seberapa pentingnya statistik website? Itu tergantung pemilik website sendiri. Tetapi statistik web yang baik bisa memberikan arahan kepada pemiliknya tentang hal yang perlu dilakukan selanjutnya untuk meningkatkan pengunjung atau meningkatkan penjualan. Web gratis tidak memungkinkan kita memasang bermacam-macam script statistik yang bisa membaca pengunjung dan apa yang mereka lakukan di website kita.

  1. Ada email penawaran yang bermacam-macam

Jika kita mendaftar di suatu web gratis, maka kita akan mendapatkan penawaran berbagai macam lewat email pendaftaran kita.

  1. Tanpa dukungan atau support untuk perangkat mobile

Banyak sekali penyedia web gratis yang memakai desain lama yang sulit untuk dilihat apalagi diposting melalui smartphone. Untuk penyedia layanan web gratis besar seperti blogger, wordpress.com atau wix, mereka telah memiliki desain versi mobile yang baik.

  1. Email tanpa merk anda

Email yang bisa kita dapatkan dari layanan gratis ini tidak memiliki tampilan seperti: manager@domainanda.com. Email yang kita gunakan biasanya email gratis juga atau email lain milik kita.

  1. Banyak yang tidak memiliki contact form yang baik atau email tidak bisa diforward ke email utama anda

Contact form yang baik akan mampu memfilter komentar spam. Jika anda hanya sekedar menyambungkan alamat email ke contact form standar, maka tinggal tunggu saja ribuan email spam yang dikirim secara otomatis masuk ke email anda.

Email dari web gratis ini juga tidak memiliki fasilitas untuk memforward email masuk ke email utama anda atau yang anda inginkan.

  1. Upload file terbatas

Tujuan dari penyedia web gratis jelas karena alasan dibawah ini:

  • Space hardisk kecil
  • Supaya tidak ada file besar yang mengambil resource server berlebihan

Hal diatas fair saja, namun terkadang kita perlu juga upload bulk file atau banyak file sekaligus ke website kita.

  1. Tidak bisa seting redirect

Untuk kebanyakan layanan web gratis, domain lama yang berupa subdomain itu alamatnya tidak bisa di-redirect ke domain baru yang anda beli setelah upgrade dari layanan gratis bersangkutan. Jadi, pengunjung di web gratis lama tidak bisa dipindah ke yang baru juga. Bagaimana? Asyik kan? Tapi, ini memang hanya untuk kebanyakan dan terutama yang kurang terkenal jadi tidak untuk semua.

  1. Tidak bisa menggunakan CloudFlare

Untuk anda pemilik website hosting berbayar, anda bisa mempergunakan CloudFlare untuk keamanan dan mempercepat website anda tampil saat dibuka pengunjung.

  1. Membatasi pertumbuhan website anda

Dengan semua pembatasan diatas, maka akibat langsungnya adalah membatasi pertumbuhan website anda.

Jika anda masih mau mencoba yang gratis, silahkan saja untuk belajar. Tetapi jika ingin serius, maka minimal milikilah domain sendiri. Untuk contoh blogger dari dokter diatas, anda lebih baik mulai marketing anda dari sosial media dan bukan dengan SEO. Website dari blogger cukup lambat dan kecuali anda hanya ingin posting artikel, anda akan kesulitan bersaing di SEO dengan website lain yang cepat.

Please rate this



Share this

Leave a reply