30 Oct

AI ada di sini untuk tinggal dan inilah yang perlu Anda ketahui

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Kita berada di awal gelombang revolusi industri berikutnya. Kali ini, gelombang tersebut digerakkan oleh Artificial Intelligence (AI).

Lihatlah ke sekeliling, AI sudah ada di banyak bagian kehidupan kita. Apakah Anda memiliki pertanyaan mendesak? Google bisa menjawabnya lebih baik dari siapapun yang Anda kenal. Ingin tahu cerita terbaru? Facebook dan Instagram memberi Anda aliran informasi pribadi yang lebih relevan untuk Anda dibandingkan dengan apa yang ada di televisi. Sebagian besar, kebangkitan perusahaan teknologi besar ini disebabkan oleh keberhasilan penerapan AI, dan yang telah kita lihat baru awal era baru ini.

Jadi, apa itu AI? Singkatnya, AI adalah kemampuan yang memungkinkan komputer atau mesin untuk melakukan penalaran dan melakukan tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia.

Sementara saat ini, kita masih sangat jauh dari AI mirip-sci-fi yang bisa meniru setiap aspek kecerdasan manusia, ada beberapa domain di mana AI telah jelas membuat kemajuan besar. Misalnya, bidang seperti pencarian semantik, pemahaman bahasa alami, persepsi visual, dan rekomendasi pribadi telah sangat dipengaruhi oleh AI, dan semua perusahaan teknologi besar saling berpacu untuk menggunakan lebih banyak kemampuan AI ke berbagai aspek operasi mereka.

Sederhananya, penggunaan AI yang tepat memungkinkan perusahaan teknologi ini menciptakan pengalaman baru dan beroperasi dengan lebih efisien. Pertimbangkan ini: lima perusahaan teknologi teratas di Amerika Serikat (Apple, Google, Microsoft, Facebook dan Amazon) menghasilkan pendapatan tahunan sebesar US $ 550 miliar dengan hanya 660.000 karyawan. Ini berarti, setiap karyawan menghasilkan sekitar $ 833.000 pendapatan per tahun, yang 15 kali lebih tinggi daripada produk domestik bruto (PDB) per kapita AS.

Kesenjangan produktivitas yang besar ini hanya akan meningkat karena perusahaan-perusahaan ini menerapkan lebih banyak AI dalam operasi mereka. Sama seperti revolusi industri sebelumnya membawa manfaat besar bagi mereka yang menguasai teknologi, meningkatnya penerapan AI akan memiliki dampak yang luar biasa pada ekonomi, masyarakat dan tatanan sosial.

Beberapa dari kita mungkin skeptis tentang dampak potensial AI. Bagaimanapun, AI memiliki sejarah overpromising dan under delivering. Jadi, apa yang menyebabkan kemajuan yang tampaknya cepat ini dan mengapa kita harus terus berlanjut? Kemajuan besar di AI saat ini berasal dari pembelajaran mesin, bidang yang mempelajari bagaimana kita dapat melatih komputer untuk melakukan tugas tertentu dengan menggunakan sejumlah besar data.

Tiga hal – yang berbeda hari ini dibandingkan dengan masa lalu – mengusahakan kesuksesan pembelajaran mesin.

Yang pertama adalah algoritma yang lebih baik. Periset telah menemukan model pembelajaran mesin yang lebih baik dan cara yang lebih baik untuk melatih model ini dari data.

Selanjutnya, adalah peningkatan besar dalam daya komputasi. Kami memiliki mesin yang lebih kuat saat ini yang memungkinkan kita melatih model pembelajaran mesin yang lebih kompleks.

Aspek terakhir adalah tersedianya sejumlah besar data. Setiap hari ada lebih banyak data yang dikumpulkan, dan data adalah kunci untuk melatih model pembelajaran mesin yang bermanfaat. Beberapa perusahaan bahkan bersedia memberikan layanan mereka secara cuma-cuma kepada pengguna sebagai sarana untuk mengumpulkan data berharga.

AI dapat digunakan untuk menciptakan produk yang lebih baik, mendapatkan wawasan yang berarti dari data dan mengotomatisasi operasi yang ada. Seiring perkembangan teknologi, AI akan mengganggu industri yang semakin banyak.

Tentu saja, ada keterbatasan pada jenis pekerjaan yang bisa diotomatisasi dengan AI hari ini, tapi ini adalah aturan praktis yang bagus: tugas yang dapat dipecahkan dengan dua sampai tiga detik pemikiran kemungkinan besar bisa dilakukan secara otomatis sekarang atau di masa depan. dua tahun.

Ini hanya masalah menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk membangun AI khusus untuk tugas-tugas tersebut. Kami akan segera mulai melihat lebih banyak otomatisasi dalam pekerjaan padat karya, terutama yang memerlukan penerapan keterampilan berulang.

Pekerjaan kasar tidak akan menjadi satu-satunya yang terpengaruh AI. Untuk satu, bidang medis adalah area yang juga sudah matang untuk gangguan. Sejumlah proyek penelitian menunjukkan bahwa kita dapat melatih komputer untuk mendeteksi penyakit tertentu dalam citra medis dan juga dokter terbaik. Ini tentu sesuatu yang bisa memberi nilai luar biasa bagi masyarakat, karena teknologi ini bisa menjadi langkah menuju membawa layanan medis berkualitas kepada masyarakat.

AI juga akan sangat mempengaruhi berbagai industri lainnya, seperti manufaktur, logistik, otomotif dan bahkan pertanian. Adalah aman untuk mengatakan bahwa AI akan menjadi bagian yang semakin besar dalam kehidupan kita.

Sebagai negara berkembang, Indonesia harus mulai memikirkan bagaimana memposisikan diri di era revolusi teknologi ini. Ingat ketiga komponen yang mendorong kesuksesan AI saat ini: algoritma, daya komputasi dan data. Memang adil untuk mengatakan bahwa Indonesia masih tertinggal di semua wilayah tersebut.

Kami kekurangan ahli dalam domain ini dan juga infrastruktur komputasi. Data bisa menjadi salah satu area yang bisa kita bangun, asalkan kita mulai berpikir cermat untuk mengumpulkan data jenis yang tepat.

Secara keseluruhan, kita perlu berpikir strategis

Please rate this



Share this

Leave a reply